Kamis, 25 Agustus 2016

ANTING BELAH ROTAN,,,,,,



Kisah ini bermula dari seringnya suka ngintip kerjaan suami yang bergaul sama artis... Kala itu sedang striping sebuah sinetron di sebuah tv swasta yg katanya tv sinetron d indononesia saya sendiri dn suami tidak pernah nonton sinetron... di sini saya bertemu seorang asisten ptoduksi sebut saja namanya bang rudi klo melihat penampilangny hiks kayak preman atau rocker kali ya.. dg rambut panjang sebahu anting di hidung dan di telinga tentuny tato yang menghias di kedua tangannya.. (dah bisa ngebayanginkan...)

Tapi dari sekian crew atau artis saya perhatikan cuma dia yang paling ramah kalau salaman dia yang selalu menghampiri dn mngangkat tangan terlebih dulu..(ramah bsngets kan) bahkan ada artis yang lewat menegur kami pun tidak selonong boylah padahal jelas dia lewat di depan kami... mungkin karena suami cuma kbetulan muridny mnjadi salah satu pndukung utama di sinetron ini... Kita gak ngebahas itulah.. kembali ke bang rudi... suatu saat ketika saya kebutulan datang dia berkata

"Istri bang irvan?"
"Iya bang!"
"Maaf ya teh saya ngerokok!"
"Iya bang gak apa2"

Ketika dia sedang menikmati asap rokok.sambil memandang crew yg lain bekerja tiba2 hpnya berbunyi..

"Astaghfirullah gw blum sholat ashar..!teriakny sambil menepuk jidad. "Liat van siapa yg sms gw!" Kata bang rudi sambil mrmperlihatkan layar hp kpd suami saya.

"Bro dah sholat ashar belum?" Baca suami saya pelan dn menyebutkan nama artis besar inisial aja TP (silahkan tebak sendiri pasti bisa)

"Ini orang yang bikin gw balik sama Tuhan.. nti gw ceritain ya.. gw sholat dulu..!" Sambil berjalan ke mushola terdekat bang rudi berteriak "yang belum sholat ikut gw ke mushola break dulu break...!"

 Kami hanya memandang tersenyum ketika para crew berhenti dan tergesa2 mngikuti langkah bang rudi. Kebetulan memang kami berangkat ke sini stelah sholat ashar.

Tidak menunggu berapa lama akhirnya bang rudi menghampiri kami lagi..
"mau dnger ceritanya van?"
"Mau bang?"
"Begini.. ya teh .. van.. seinget gw terakhir gw sholat tuch SMP klas 1, sampeee usia gw mnjelang 40th sekarang baru 2 bulan kmaren gw mulai sholat.. ini gara2 si TP waktu itu gw ngerjain layar lebar dan dia sebagai pemeran utama setiap ketemu gw pasti ngajak gw sholat.. kbutulan shootingny itu satu bulananlah..gak shubuh isya maghrib zuhur n ashar selalu ngajak gw sholat.. gw bilang sama si TP bahwa gw terakhir sholat tuh SMP, gw dh lupa bacaannya!"

"Lo jadi makmum gw tinggal ngikutin gw aj!"
Dan sambil menggerutu sumpah serapah akhir gw ngikutin ajakan dia untuk sholat karna kuping gw dah panas tiap waktu di teriakin dia sholat mana depan anak2 buah gw lg.. Dan lo tahu van.. ketika rakaat pertama entah kenapa tiba2 gw hapal dan lancar bacaan sholat padahal gw dh lama banget gk sholat di situ hati gw brasa ser2x atau apalah rasanya..?" Dan entah kenapa ketika habis sholat gw cium tangan si TP..

 TP cuma bilang "ngapain lo cium tangan gw sebelum sholat lo pasti maki2 gw kan!: Terus dia ngomong gini "gw mo ngasih hadiah ke lo Rud... kota atau negara mana yg blum lo kunjungin gw bayarin.. ini serius..!"


Dan entah kenapa tiba2 gw ngomong "Gw mau umroh bang!"
 Itu keinginan tiba2 muncul hanya karena gw cuma sholat zuhur waktu itu klo gk salah..

“'Alhamdulillah seriusan lo.. ya udah bulan depan lo bisa jalan kebetulan adik gw punya travel umroh dan haji"!

 Bulan berikutny gw bneran umroh di sana Allah beri gw kemudahan gw sholat khusyu banget gw bener2 tobat istilahnya.. ya udah sampe sekarang TP ini selalu rajin sms gw dah kayak adzan alarm di hape gw... gw gak tau kalo gk ada TP apa jadinya gw.. dan herannya sekarang semua sinetron dan layar lebar yang gw kerjain relegi semua seakan2 Allah ngasih kemudahan untuk mngingatNya lewat kerjaan gw... "Begitu van... teh cerita gw"

"Wah boleh tuh bang dijadiin sinetron!" penuh inspirasi" celetuk suami saya
"Bolehlah suatu saat gw akan tulis kisah gw mudah2an menginspirasi banyak orang.!" "Ngomong2 Lo dah pada pergi haji atau umroh?"
" Belum bang..insyaAllah pengenny sama istri dn anak."
"Aamiin gw doain secepatnya!" Itu awal prjumpaan penuh hikmah dan plajaran

Dua minggu setelah itu tiba2 suami membawa anting belah rotan milik bang rudi ..

"Buat anak kita bun..! Dia bilang gw punya anak cowok dia negor gw..katanya "pa.. Allah gk suka klo laki2 meniru perempuan begitu pun sebalikny.. papa ngaca deh rambut papa sama panjangny sama mama.. mama pake anting kenapa papa juga ikut2an?" Gw berasa di tampar krn ank gw br klas 4SD dah bs ngomong seperti itu..Allah baik banget sama gw punya temen yg selalu ingetin sholat punya anak yg berani negor gw" buat anak lo aja van...!" "Gitu ceritanya... sekarang pnampilanny berubah 360° rambut rapi.. walaupun di kecengin temen2 di lokasi syuting bang rudi cuma nyengir dan sekarang dia mulai menghapal qur'an.. ngomongny dh gk teriak2.. salut bun!"

"Alhamdulillah...!"

Mudah-mudahan kita semua juga begitu bisa istiqomah dalam kebaikan sampe akhir dan jangan pernah mengjudge seseorang lewat pnampilan karna kita tidak tahu posisi taubat dia di hadapan Allah.

Dan apakah kita berani menyuruh berbuat kebaikan seperti sholat kepada orang-orang di sekitar kita seperti orang tua, saudara, apalagi anak-anak kita tanpa bosan, tanpa lelah , tanpa henti sampai benar-benar mereka berubah seperti bang TP, mudah-mudahan ada banyak TP..TP.. lainnya di dunia ini dan ada banyak Rudi pada akhirnya, semua tidak ada kata TERLAMBAT untuk menuju kebaikan,

(Utie adnu 08577586676)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,