Wednesday, 19 October 2016

SOP Bandeng Belimbing Wuluh


SOP bandeng Belimbing Wuluh

Pengen kasih resep rumahan, tapi rasanya enak dan seger, bagi bunda yang males ngulek kayak saya ini patut di coba, caranya pun mudah banget...dan ngga perlu waktu lama

Bahan
- 2 ekor ikan bandeng (ikan kakap pun boleh)

Bumbu
- 10 buah belimbing Wuluh iris sedang
- 2 genggam daun kemangi
- 1 Batang sereh
- 3 lembar daun salam + 2 lembar daun jeruk
- 2 ruas jari jahe
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabe merah (jika suka pedas)
- 1 sdm minyak untuk menumis
- 2 gelas air

Caranya
- bersihkan ikan potong menjadi tiga bagian tiriskan

Geprek bawah putih dan jahe tumis setelah harum masukkan air 2 gelas masukkan ikan + sereh +daun jeruk + daun salam +1 sdt garam setelah menggolak masukkan belimbing Wuluh + daun kemangi + tomat + cabe rawit merah
Matikan kompor stlh daun kemangi sdkit layu

Sajikan dengan nasi hangat. Selamat mencoba bunda

17 comments:

  1. Wah, pagi2 aku disuguhin bandeng..tau aja aku laper mbak Utie   huaaaa....dimana aku cari bandeng dimari :D

    ReplyDelete
  2. Ikan laut yg lain juga bisa lebih enak lagi^^

    ReplyDelete
  3. Ikan laut yg lain juga bisa lebih enak lagi^^

    ReplyDelete
  4. jadi kangen ikan bandeng. Di sini belum pernah liat ikan bandeng. Kalau di Makassar biasanya ditambah kunyit jadi warnanya menjadi kuning. Namanya pallu mara. Hm, mendadak lapar....

    ReplyDelete
  5. saya dan anak2 kurang suka ikan bandeng, karena durinya yg banyak. sepertinya bisa diganti ikan yg lain ya... soalnya keliatan seger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba ikn kakap enak,,, ngakalin durinya biasanya ditarik bersamaan kepala sm ekornya trus ekorny dipatah2in durinya lsg kimpul d pinggir 2nya

      Delete
    2. Bisa mba ikn kakap enak,,, ngakalin durinya biasanya ditarik bersamaan kepala sm ekornya trus ekorny dipatah2in durinya lsg kimpul d pinggir 2nya

      Delete
  6. Waaah segeeer.. btw bandengnya bisa diganti sama ikan lain kah mba? Aku rada ngga suka bandeng hihihii XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Sandra pake ikan kakap lbh nikmat^^

      Delete
  7. wah bandeng, salah satu favorit saya niihhhhh. besok mau coba ah bikin sup bandengnya. thanks for sharing mbakkk

    ReplyDelete
  8. Sayur ikan ini emang enak sih untuk variasi menu yang enggak digoreng. Cocok juga untuk menu makan anak-anak ya.

    ReplyDelete
  9. ehhh ngecessss nih saya hehehe... Bila berkenan mampir ke blog saya ya hehe...

    ReplyDelete
  10. Waah enak nih kayaknya seger banget mba.. Kebetulan suka banget ikan hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,