Kamis, 24 November 2016

Kita dan Bumi,,,,



Seandainya kita mempunyai lahan 2,500 hektar dan hanya berjarak 7km dari Bandara apa yang akan kita lakukan? Tentunya tanpa pikir panjang kita akan membangun lahan tersebut dengan bangunan yang komersial yang kelak akan menjadi pundi-pundi nominal investasi kita.

Tapi tidak bagi seorang perempuan asal Pematang Siantar yang bernama Delia von Rueti lahir dari keluarga petani tradisional, seorang ibu dari tiga anak ini, dia mempunyai mimpi besar yang sangat bijaksana yang mungkin dalam angan sayapun tidak akan mempunyai mimpi sebesar itu, lahan milik pribadinya yang seluas 2,500 hektar yang terletak di Muara Taweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah yang berjarak 7km dari Bandar Udara Baringin di konversasikan menjadi Taman  Hutan Hujan Tropis pertama di Indonesia, dan ini sebagai bentuk sumbangsih untuk Negara kita Indonesia sebagai bukti cinta atas bumi kelahirannya.

Delia von Rueti lebih dikenal sebagai desiner perhiasan yang sudah terkenal di dunia bahkan istri dari presiden Amerika Obama pun pernah memakai rancangannya, dan kini lewat gagasannya melalui  #LoveandO2 dan gerakan #1TshirtFor1tree, untuk mewujudkan Taman Hutan Hujan Tropisnya Delia van Rueti membuat kita tersentak dan bertanya besar apa yang kita telah lakukan terhadap bumi ini. Seperti kita ketahui oksigen yang kita hirup itu kita dapatkan dari mana? 40%nya berasal dari hutan hujan tropis, hutan yang merupakan paru-paru dunia, Dan Indonesia merupakan kawasan yang memiliki hutan hujan tropis yang terbanyak di antara Negara lain di Asia.

Pernahkah kita berpikir sejauh mana kita telah memelihara bumi, sejauh mana kita telah mengeksploitasi isi bumi, tanpa peduli apa akibatnya terhadap bumi ini sendiri, pernahkah kita sadari? Saya pribadipun belum berpikir sejauh itu, lewat acara Media Gathering kemarin tanggal 23 November 2017 di Grand Hyatt Jakarta, sepertinya kita disadari lewat kemurahan hatinya lewat impian besarnya. Bukan untuk saat ini saja tapi untuk generasi berikutnya. karena gerakan ini tidak berhubungan dengan LSM atau organisasi amal lainnya. Ini hanya sumbangan pribadi untuk Negara Indonesia.1 T-shirt untuk 1 pohon ini akan tumbuh dan mudah-mudahan bisa mencapai setiap sudut Indonesia serta seluruh Negara 

Sudah banyak bencana alam seperti kebakaran hutan, longsor, banjir tanpa kita sadari itulah kekecewaan alam atas perbuatan yang kita lakukan mari melalui gerakan yang saya bilang begitu fantastis yaitu  1 T-shirt for 1 tree movement, kita wujudkan bersama ikut membantu demi planet bumi kita tercinta ini, ketika kita membeli 1 tshirt hasil rancangannya berarti kita ikut membantu memelihara bumi ini, 1 tshirt untuk 1 pohon, Hasil dari penjualan T-shirt seharga Rp 100,000,- ini akan disumbangkan untuk membantu menanam pohon serta pemeliharaan Taman Hutan Hujan Tropis. Dan Lahan ini akan ditanami dengan pohon jenis kayu keras seperti kayu ulin, meranti yang merupakan jenis pepohonan yang dapat tumbuh cepat, selain itu akan ditanami pohon buah seperti pohon manggis, nangka, tamarin, ketapang, kemuning, mangga, kemuning dan masih banyak yang lainnya dia ingin menjadikannya sebagai taman paling indah dan diharapkan dengan tumbuh dan berbuahnya pohon-pohon ini, para satwa akan kembali ke habitatnya karena tersedianya banyak buah yang bisa mereka makan. dan hutan ini juga terbuka untuk umum.

Untuk sumbangsih keikutsertaan kita, kita dapat membeli t-shirt hasil rancangan yang bekerja sama dengan produk lokal T-shirt C59 Bandung ini, pada acara Car Free Day tanggal 27 November 2016 starting point di Gd Arta Loka jam 08;00 pagi. Kita buktikan pada diri kita bahwa kita peduli pada bumi Indonesia ini. atau kita dapat membelinya di  Plaza Indonesia atau via online di loveando2.love

Mungkin di acara Car Free Day nanti Delia von Rueti akan ditemani artis-artis Indonesia yang ikut serta mengagas idenya.dan ini sebagian artis yang kemarin hadir di acara press release


Tanpa kita sadari kita tidak pernah lagi melihat kunang-kunang, mendengar suara jangkrik dan kicau burung ataupun kupu-kupu di depan rumah kita karena telah berubah menjadi bangunan-bangunan rumah yang berdempet-dempet bagaimana kelak anak cucu kita akan mengenal lebih dekat binatang-binatang kecil itu, dan dapat menghirup udara yang benar-benar segar. mari mulai detik ini dengan satu langkah kecil tanamlah pohon, didepan rumah kita, jika setiap orang menanam 4 pohon sepanjang hidup mereka, kita akan memiliki 1 miliar pohon untuk masa depan. Lets together make it happened.

just follow to inf : ig @loveando2/@deliavonrueti
Facebook : love and O2

17 komentar:

  1. Aku teh ngeceng kaosnya, lucu..

    Beneran sosok yang inspiratif ya Mba Delia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang ke cfd tgl 27 ad gratis tshirt

      Hapus
  2. Hal yang kecil dengan hasil yang besar ya mbak..keren..

    BalasHapus
  3. kadang..klo udah jadi kebiasaan... main enak aja..buang bks permen sembarangan... mikirnya sih..kecil gini.. tapi klo yang mikir kaya gitu seribu orang.. jadi sampah juga dimana2..


    mencintai bumi ..berbuat dari hal yg sederhana..

    BalasHapus
  4. Keren ya rancangan kaosnya.. Ide yg kreatif..

    BalasHapus
  5. Kalau bukan kita yang menjaga bumi ini, siapa lagi ya, Mbak?
    Memang kita harus menjaganya, untuk kepentingan anak cucu kita nanti.

    BalasHapus
  6. Menjaga bumi harus kita lakukan mba. Nggak kebayang kan anak cucu kita tak menikmati keindahannya :(
    Tshirtnya kece yaa

    BalasHapus
  7. Iya perlu banget ya menjaga bumi, apalagi ini menyangut masa depan anak-anak kita kelak. Kerenn informasinya Mbk.

    BalasHapus
  8. Eventnya bagus ya ..semoga bermanfaat utk kita semua..

    BalasHapus
  9. jarang ya ada orang seperti beliau, kecintaan terhadap lingkungan diaplikasikan dengan hal2 yang bermanfaat. Semoga kita bisa mengikuti jejaknya ya mba..amiin..

    BalasHapus
  10. Waaah kereeen banget kaosnya.jadi kompak banget. nuansanya emang go green. SEMOGA bisa terus menginspirasi masyarakat sekitar untuk lebih take care to earth.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba,,, mdu2an msh bnyk mrs Delia 2 lainnya

      Hapus
  11. Di kampungku msh ada kunang2, jangkrik dan kupu. Sesuatu yg selalu akubrindukan dan bikin semangat mudik

    BalasHapus
  12. Banyak pohon d rumah biar bisa nti lama2 bisa liat binatang 2 kecil itu

    BalasHapus
  13. Siapa yg ngerusakin siapa yg memperbaiki, mbaknya mulia banget pengen bikin hutan utk kelangsungan hidup anak, cucu kita T_T

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,