Selasa, 20 Desember 2016

BIJAK MENGGUNAKAN MEDSOS





BIJAK MENGGUNAKAN MEDSOS.
.
Di acara Gathering Blogger kemarin di Buger King Plaza Pestival Kuningan mengenai “THE POWER OF SOCIAL MEDIA” sepertinya membuka pikiran kita selama ini bagaimana kita menggunakan medsos secara bijak, bijak dalam arti untuk diri kita sendiri dan tentunya bagi pembaca.

Acara gathering yang digagas oleh Indonesian Social Blogpreneur/ ISB dan CNI, di isi oleh dua nara sumber yang sudah berkompeten dibidangnya mas Niko Riansyah social media community dari CNI/ PT.NUSA INSAN CEMERLANG dan teh, Ani Berta writer content yang sudah tidak asing lagi namanya di dunia blogger.

Sesi pertama diisi oleh mas Niko yang memaparkan kini CNI membuka pangsa pasar baru dengan menggunakan dunia medsos, yang bisa membidik seluruh lapisan dan memudahkan untuk mendapatkan produk yang dihasilkan oleh CNI. Terus terang dulu mengenal produk CNI waktu masih usia SMA kakak ipar sering sekali mengkonsumsi Ginseng Coffee dan ternyata beliau juga sebagai member CNI. Seperti sekarang-sekarang ini sudah tidak mengkonsumsi lagi karena katanya sulit mendapakan produk CNI jauh dari rumah sih alasannya. Mungkin inilah salah satu alasan CNI untuk mendobrak penjualan dan menyebarluaskn produknya. Mungkin dulu konsumen masih menunggu agar dropshiper membeli banyak baru kita bisa membelinya via telepon janjian dimana baru bisa mendapatkan produk. Kini melalui geraicni.com belanja produk CNI semudah menjentikkan jari, mempermudah akses kita yang bukan memberpun bisa membeli produk CNI tanpa ribet.



Belanja online kini sudah menjadi lifestyle bagi sebagian penduduk Indonesia, yang enggan pergi ke mall atau supermarket tinggal diam dirumah transfers dan menunggu barang sudah diantar berada didepan mata. Lebih efisien waktu dan tenaga. Di gerancni.com kita bisa mendowloadnya lewat smartphone langkah pertamanya kita harus menjadi anggota CNI dan mendaftar akun di geraicni.com, selanjutnya cara mendaftar link afliasi adalah dengan login ke geraicni.com kilk daftar afliasi, dam masukkan link yang ingin didaftarkan. Dengan demikian anggota CNI akan semakin besar kesempatannya mendapatkan konsumen di geraicni.com

Dan jangan salahloh ketika kita belanja melalui geraicni.com selain mendapatkan produk dan harga yang terjamin kita bisa juga mendapatkan poin lebih yang masuk ke rekening kita apabila kita dapat mengajak orang lain untuk ikut serta belanja di geraicni.com  ,  ini juga termasuk salah satu bijak menggunakkan medsos dengan medsos kita bisa menghasilkan benefit selain mempunyai bayak teman.



Selanjutnya sesi kedua diisi oleh teh Ani Berta, terus terang pertama mendengar namanya saya pikir orang sebrang eh ternyata ada campuran urang sundanya samilah dengan saya, urang sunda mah cenah baik tidak pelit ilmu hehe,,, #ups punten sama yang lain ya. Di sesi ini teh Ani Berta memaparkan begitu banyak aplikasi medsos yang kadang kita lupa mengontrol diri untuk menggunakannya sebut saja Facebook, Instagram, twiteer, Path dan You tobe atau masih banyak yang lainnya. Kadang medsos dijadikan tempat curhat keadaan hati yang mungkin ada sebagian pembaca bisa mencibir atau sedikit yang senang, medsos dijadikan ajang diary, setiap menit apa yang kita lakukan pasti di upload duuhhh... tanpa sadar itu bisa membuat follower kita menjadi bosan dan tanpa sadar pula kita di unflollow. Atau kadang kita menggunakan medsos hanya sekedar copas opini yang kita senang, tanpa mencari kebenaran sumber berita tersebut, lalu yang terjadi bisa jadi perang opini dan kita menjadikan medsos sebagai media saling hujat, saling caci, dan merasa apa yang kita copas adalah pembenaran diri, hmmm jadilah kita menjadi punya banyak musuh yang tadi teman jadi lawan ah rugilah kalau begitu.dan tentu saja imeg diri kita menjadi tidak baik.

Lalu bagaimana kita menggunakan medsos dengan baik, bijak dan benar dan tentunya dapat mengguntungkan diri, punya bayak teman relasi bahkan bisa menghasilkan pundi pundi rekening. Sayang bangetkan kita punya ribuan follower tapi tidak bijak memberi brand positif pada diri kita.



Ciptakan Kredibiltas yang Baik artinya, tidak pernah terpengaruh berita bohong, tidak menjadi provokator teliti sebelum copas kemudian beri manfaat apa yang kita tulis.

Optimalkan Sosia Media yaitu tentukan tujuan, jaring follower ( artinya dimanapun kita bertemu misalkan ada acara kopdar maupun gathering  atau event lainnya sikut kanan kiri jangan disikut benaran ya, sapa mereka, depan atau belakang jadikan mereka follower saling follow, jangan asik dengan gadget sendiri) mungkin diantara mereka bisa menjadi rekan bisnis kita dan jangan sekali-kali membeli follower. Jika kita seorang blogger pahami issue yang menjadi viral lalu buat content menarik dan terakhir aktifkan analytics agar kita bisa lebih luas dikenal di dunia google dan siapa tahu brand yang professional bisa mengahampiri kita.

Dan terahir membuat content Plan, kalau saya sih biasa menyebutnya dengan agenda , tentukan waktu, tentukan jumlah konten yang akan dibuat, korelasikan kalimat demi kalimat jangan mengantung waktu membuat status atau time line, artinya harus putus dan benar., siapkan gambar (jangan sekali-kali menggunakan gambar orang lain tanpa izin), yang terakhir siapkan hastag yang bisa menjadi brand kita bisa juga menyisipkan  hastag atas nama kita missal #utieadnu, 



Nah dari acara gathering kemarin sepertinya langkah bijak menggunakan medsos harus sudah dimulai dari diri kita sendiri, perbanyak jaringan perluas pertemanan, optimalkan waktu, jangan setiap menit atau jam gadget ada ditangan kita, sementara kita lupa untuk memperhatikan orang-orang yang kita kasihi lebih memperhatikan mereka teman di dunia maya.

Semoga bermanfaat ^^….

3 komentar:

  1. Duuuh..kalau liat riuhnya linimasa belakangan ini, memang capek ya..
    Sebaiknya kita bijak menggunakan medsos ya, soalnya berpengaruh sama branding diri juga :)

    BalasHapus
  2. sharingnya teh ani bagus tuh buat diaplikasikan.. kita emang kudu bijak di sosmed

    BalasHapus
  3. Yuk bijak ber-medsos :)
    Terima kasih sudah hadir ya Mba. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,