Selasa, 28 Maret 2017

Jangan Baper dan Jaga "Attitude"





Jangan Baper dan Jaga "Attitude"

Tagl 18-19 Maret 2017, sepertinya menjadi hadiah buat saya ada banyak pelajaran dan hikmah yang saya dapat, di acara Bcblogger Day 2017 bareng SoMan sekaligus merayakan  milad blogger crony yang ke 2, pelajaran memahami satu sama lain, bertemu dengan yang berlainan sifat juga bertemu banyak blogger yang tidak membedakan mana blogger yang baru ataupun lama, dan juga usia,  disana kita duduk bersama belajar, menanggalkan attribute rumah atau jabatan semua sama  satu tujuan ingin belajar dan bersilaturahim.

Hujan yang turun sedari pagi menjadi perang batin untuk pergi atau tidak, memaksa pergi diguyur hujan tapi kalau tidak pergi sudah terlanjur janji, dan janji adalah hutang yang harus dibayar.memenuhi janji juga termasuk suatu komitmen.

Sesampai di stasiun  Bogor hujan masih turun walaupun sudah tidak terlalu deras  disambut dengan senyuman Mba Yayat yang kepalanya ditutupi handuk kecil,  kemudian satu kita berkumpul dan berangkat dengan angkot sesuai dengan kloter jam yang sudah ditentukan.




Lebih kurang satu jam perjalanan kami tiba di tujuan yaitu Kampoeng Wisata Rumah Joglo dan  ketika sampai disuguhkan pemandangan yang asri dengan ciri khas bangunan joglo di sela-sela taman indah.

Di acara gathering ini  menghadirkan pembicara-pembicara  yang menurut saya luar biasa mau datang ke tempat yang jauh untuk membagikan ilmunya, sessi pertama pembukaan bareng SoMan yang menjadi partner ship kali ini, tetapi saya akan membahasnya nanti pada blog saya yang berikut.




Setelah makan siang kami semua berkumpul di area yang cukup luas, temanya sangat menarik  yaitu “Medsos Vs Reward“ bersama Mas Ferri Yuniardo Founder & Creator of dikidi.com, kata mas Ferri intinya media sosial adalah bukan seluruhnya hidup kita, kitalah yang menyetir media sosial bukan sebaliknya karena ibarat media sosial itu seperti sponge, tidak ada yang pasti pada intinya.


Jangan Baper ketika berada di media sosial, kalau terlalu senstif ada baiknya tinggalkan media sosial,  kalau mau ada reward yang baik jangan pelit untuk me-retweet, me-,like, account yang memfollow kita sesekali tulis timeline yang inspiring jangan sesekali menebar kebencian lewat sisoal media. Terakhir jadikan content dan gambar kita menarik atau beda dari yang lainnya.

Selanjut dilanjutkan oleh drg Kartini , M. Kes dari Kemenkes Republik Indonesia yang mengajajak kita untuk peduli kepada kesahatan melalui GERMAS hidup sehat denga melatih gaya hidup kita yang teratur antara pola makan dan pola olah raga, karena katanya sehat itu belum tentu bugar, tetapi bugar itu pasti sehat. Dan harus memeriksa kesehatan secara berkala, kemarinpun kita antri dengan rapi untuk memeriksa kadar gula darah dan cek kesehatan.




Dan sessi malamnya ada dari Mba Ririn Rosaline, foeunder of MOMEIRA yang membicarakan masalah PERSONAL BRANDING,  menerut mba Ririn bahwa Personal Branding itu bukan hanya milik artis, tokoh politik ataupun tokoh penting lainnya dan bukan juga pencitraan semu atau menjadikan diri kita bukan diri sendiri dan bukan pula untuk yang berjiwa muda.

Tetapi Personal Branding yang melekat pada semua orang agar orang tahu siapa diri kita sebenarnya mengutif  dari sorang Jeff Bezos founder of Amozon.com. “branding is what people say abaout you, when you are not in room” Jadi siapa diri kita sebenarnya adalah kita yang sesungguhnya yang sedang dibicarakan orang ketika kita tidak bersamanya, mau jelek atau baik itulah kita yang sebenarnya dan diri kitalah yang bisa melakukan itu, bukan  orang lain.



Apakah diri kita dirindukan saat pergi atau malah disukuri ketika kita tidak ada, personal branding adalah yang sesungguhnya melekat pada diri kita, tanpa dibuat-buat  dan hanya kita sendiri yang mampu menjaganya. Lalu bagaimana membangun possitive brand yang bertumpu pada attitude kita. ATTITTUDE IS EVERYTHING ;

1. Respectful apakah dikehidupan sehari-hari kita respek terhadap orang lain, apakah ketika orang berbicara dengan kita, kita bisa menjadi pendengar yang baik.
2. Empathy apakah kita termasuk orang yang mempunyai rasi empathy terhadap kesulitan orang lain atau cuex sama sekali.
3. Optimistic kita termasuk orang yang mempunyai jiwa optimis atau tidak terhadap apa yang dicita-citakan.
4. Politeness ini yang penting dalam sehari-hari sopan, kesopanan biasa identik langsung dengan diri kita, baik dari tingkah laku ataupun gaya bicara, bisa membedakan ketika kita berbicara dengan teman , atasan ataupun kepada usianya yang lebih tua biasanya bisa dilihat langsung pada diri kita.
5. Attentive, adalah penuh perhatian sebenarnya hampir sama dengan respectful.
6. Self Confident, percaya pada diri sendiri sebuah modal utama bagi setiap orang
7. Assertive ; atau tegas,
8. Sincere, ketulusan ini lah sifat yang tidak bisa dibuat-buat, karena tulus yang sebenarnya bisa kelihatan ketika kita membantu seseorang yang sedang tertimpa musibah apakah kita bisa dengan sukarela membantu atau ada maksud lainnya.
9. Hosipitality dan Friendly ; seseorang yang ramah atau tidak bisa bisa terlihat langsung ketika kita bertemu dengan seseorang apakah sekali bertemu dia ingat akan diri kita ataupun paling tidak ketika dia lupa nama kita tapi dia masih tersenyum melihat kita itu ciri kas orang yang ramah.

Itulah  dasar-dasar yang bisa kita bangun untuk menunjukkan personal branding pada diri kita, adapun dalam kehidupan sehari-hari kita sendirilah yang bisa membangun citra positif pada diri kita, Kesimpulan nya kata mba Ririn  HOW YOU LOOK + HOW YOU SPEAK + HOW YOU ACT = YOUR PERSONAL BRAND.



Kemudian sessi berikut ada Mas Anwari Natari  seorang Editor, Trainer & Fasilitator Bahasa dan Komunikasi, walaupun mata sudah lima watt  karena jam sudah menunjuukan pokul 21;30 tetapi karena materinya sangat menarik yaitu bagaimana menulis review yang elegan. Kata Mas Anwari  jika menulis harus menggunakan EYD jangan pernah menulis dengan bahasa gaul, kemudian Judul harus clear atau jelas, dan jangan pernah berhenti belajar 



Dari kempat sessi tersebut semuanya sangat berkesan tambah ilmu, tentunya saya hanya mengucapkan banyak terima kasih kepada Blogger crony dan crew's yang sudah menghadirkan orang-orang yang luar biasa dalam membagikan ilmunya, dan juga telah memberikan banyak waktu tenaga dan toleransi kepada kita-kita yang hadir, yang mungkin kita-kita tidak tahu, bahwa mba wawa dan kawan-kawan rela makan pada giliran terakhir asalkan kita semua sudah kebagian makan,  juga kepada kaka Yosz  Mc yang sangat menghibur dan selalu membuat kita semua  tersenyum. 
 
Pada akhirnya semua tinggal pada diri kita sendiri bisakah kita menerapkan ilmu yang didapat pada kehidupan sendiri dan bagaimana kita mampu menggunakan medsos dengan baik dan tentunya berdampak positif pada diri kita. 



Bagaimana kita mampu membangun citra yang baik pada diri kita yang sebenarnya ada di kehidupan nyata bukan berada di media sosial. Terima kasih Blogger Crony semoga tambah berkah dan selalu penuh inspirasi.

(beberapa gambar di ambil dari ig @bloggercrony)


10 komentar:

  1. waaah terima kasih. setiap kali membaca, sungguh haru jadinya. semoga bermanfaat karena hanya dengan bekal ilmu kita bisa menjadi lebih berguna untuk sesama. salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy mba,,,, maksih juga atas masukannya

      Hapus
  2. Saya bangga menjadi bagian dari bloggercrony.

    BalasHapus
  3. Saya juga senang banget ikutan acara ini. Salam kenal mbak.

    BalasHapus
  4. Banyak ilmu yang didapat dari gathering kemarin

    BalasHapus
  5. seru..rame... dapat ilmu... blogger kroni kece abis..

    BalasHapus
  6. Biar gak ikutan Tapi tetapi dapatin ilmu nya.

    BalasHapus
  7. Kita yang menyetir medsos, jadi jangan baperan ya Mbak ... seharusnya demikian .. setuju hehe

    BalasHapus
  8. Hwaaa materinya bagus bagus banget. Makasih udah buat rangkumannya mbak. Aku mau datang tapi pas ga bisa.

    BalasHapus
  9. moga ilmu-ilmunya bermanfaat dan bisa kita terapkan..

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,