Sunday, 21 May 2017

"Workshop Food Styling with" Bloggercrony




Siapa yang hobi selfie? pasti semua menjawab saya,,, apalagi kalau ada event atau media gathering terus teman ada yang bawa tongsis, pasti berebutan untuk difoto,  selfie dan foto pasti berhubungan tapi kalau hobi photography beda ya, karena kadang yang punya hobi selfie belum tentu suka dengan photography.  Nah kebetulan saya ada diantaranya, sesekali suka selfie tapi penasaran banget kepingin belajar tentang photograpy.

Menurut informasi untuk belajar lebih  dalam mengenal photography biar hasilnya lebih bagus atau keren harus tahu jenis-jenisnya, karena begitu tahu tidak akan bingung mau memotret apa karena ada banyak tema yang bisa dipilih. Karena pemilihan tema sangat penting supaya kita bisa lebih fokus dalam memotret dengan demikian foto yang dihasilkan akan memiliki nilai estetika dan makna yang bisa diapresiasi oleh orang yang melihat. Ini saya tahu dari hasil workshop dengan camera bermerk canggih itu, sekalian berbagi ilmu photography ada beberapa jenis antara lain :

  1. Human Interest yang sujcet utamanya adala manusia yang menonjolkan sisi kehidupan dan interaksi manusia dengan lingkunag.
  2. Potrait Photography biasanya wajah seseorang menjadi fokus utama agar pencahayaan maupun gesture juga tidak bisa dilupakanawat
  3. Stage Photography biasanya jenis ini seseorang yang suka dengan pertujukan teater, musik, pngambilan foto ini harus mempunyai kecepatan yang tepat dalam mengambil gambar karena objek pasti bergerak yang gerakannya sulit diprediksi.
  4. Landscape Photography biasanya memotret pemandangan alam dan perlu mempertimbangkan moment yang tepat seperti matahari terbenam atau terbit jika cuaca sedang cerah.
  5. Wildlife Photography memotret kehidupan alam liar misalkan harimau ditengah hutan, atau hewan jenin lainnya.
  6.   Macro Photography objek-objek yang berukuran kecil seperti serangga. Tumbuhan atau bunga yang sering kali luput dari kasat mata, namun bagi pecinta macro photography yaitu melihat subjek berukuran kecil terlihat sangat dekat dan menampilkan detail yang tinggi.
  7. Street Photography merupakan suatu pendekatan yang berusaha menampilkan realitas sesungguhnya yang terjadi di ruang public secara spontan.
  8. Food Photography, keahlian kita untuk memoto makanan untuk lebih cantik dan elegant dilihat yang memerlukan kreatifitas atau skill yang terampil dalam menata makanan agar menarik.
  9. dll..^^
picture by ig bloggercrony

Sebenarnya ada banyak jenis-jenis photography,  kalau ingin disebutkan satu persatu, tapi kali ini saya akan bercerita tentang  workshop “Food Photography”  bersama Bloggercrony dan  Pancious dengan pangajar Mas Asykur yang ternyata beliau adalah seorang koki yang juga menekuni “Food stylist” oh iya sebelumnya Food Photography ini memakai kamera handphone ya, selain praktis karena kalau membawa kamera agak berat, bisa memakai aplikasi editing yang ada di handphone.
Tips-tips dalam mengambil foto agar menarik adalah sebagai berikut :
  • Perhatikan apa yang akan di foto, pastikan hidangan ini dapat menggugah selera  walau dari segi pengambilan.
  • Alat-alat pendukung/property  harus sesuai dengan tema makan yang kita akan foto sebagai pemanis objek utama, seperti sendok, garpu, alas, kain lap atau yang lainnya.
  • Pengambilan sudut pandang atau angle adalah hal yang mutlak harus dimengerti karena jika sembarangan memotret suatu objek tanpa memperhatikan arahnya, maka hasil yang didapatkan juga tidak sempurna atau terkesan sangat standar.
  • faktor pencahayaan juga perlu dipahami dan dipelajari karena dengan mengerti arah jatuh atau arah datang cahaya, maka foto yang dihasilkan akan lebih menunjukkan karakternya. Namun ketika harus dihadapkan pada kondisi tempat yang minim cahaya, maka akan menjadi satu hal yang merepotkan juga
sebagian property yang digunakan untuk food photography

Itu tips-tips yang diberikan Mas Asykur yang saya dapat simpulkan, karena kemarin agak kesorean jadi kita sedikit kesulitan untuk mendapatkan cahaya yang bagus, tapi walau demikian cukup puas karena ilmunya sudah diberikan ke kita semua, tinggal kita katanya yang harus sering-sering foto dan melihat-lihat “Food stylist” agar skill kita terasah. oh iya adalagi dalam hal ini, kita  harus menggunakan perhitungan waktu yang cepat, karena semakin cepat kita mengabadikan objek berupa makanan atau minuman, maka kesegaran atau aura makanan yang baru disajikan akan lebih mudah tertangkap daripada  harus menunggu beberapa saat. 


blue chesse chicken salad menu at @panciospancious picture by me

 
hasil belajar dari mas asykur

Kalau ingin belajar banyak bisa melihat akun instagran @asykur_foostylist boleh DM pasti akan menjawab kalau kita konsultasi, terima kasih @bloggercrony sudah diberikan kesempatan belajar food photography dan  @panciouspancious yang menghidangkan makanan lezatnya.  

 
peserta workshop epicture by Ig boggercrony

Baca blog saya selanjutnya masih tentang photography..

6 comments:

  1. Cakep styling foto by mba utiiii :)
    Aku nggak bisa ikutan iniii >.< pengin banget.
    Wah boleh DM, baiknya ... ^^ makasih udah sharing yaa mba utiii

    ReplyDelete
  2. Aku jg pernah ikut workshop food photography,mba.Kata mentornya yg sbnrnya 'mahal' itu ngestyling nya. Bayaran food stylist itu tinggi loh ternyata.

    ReplyDelete
  3. Ilmu mahal ya.. Beruntung bisa ikut hadir dan belajar dr pakarnya.

    ReplyDelete
  4. Food styling sm food photography sohib deket bgt sih yah sampe susah misahinnya. Belajar food styling tetep diajarin trik fotografi jg ya mbak. Teknik food styling emang enaknya ketemu lgs pakarnya ya mbak

    ReplyDelete
  5. Foto pastanya menggiurkan... Makasih ilmunya.

    ReplyDelete
  6. Asik mba kalau bisa belajar memotret makanan secara apik, mba. Mau ah aku belajar lagi. Makasih ilmunya mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,