Wednesday, 2 August 2017

Anmum Menjadi Inspirasi Seluruh Ibu



Seorang Ibu dapat merasakan kehamilan dan melahirkan adalah merupakan moment yang terindah yang pasti akan selalu diingat, perasaan lelah, sedih dan gembira menjadi satu. Kebahagiaan memiliki anak yang sehat dan cerdas itu adalah point pertama tugas kita sebagai orang tua apalagi dapat memberikan ASI sampai usia dua tahun.

ASI adalah kebutuhan utama bagi setiap bayi baru lahir hingga usianya 6 bulan. Selanjutnya, Si Kecil tetap mendapatkan ASI dan mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI untuk mencukupi kebutuhannya akan zat-zat gizi. ASI sudah diyakini kaya akan zat gizi.  Kandungan ASI terdiri dari air, protein, karbohidrat, DHA/ARA, lemak, vitamin, mineral, enzim, hingga antibodi yang sangat diperlukan bayi baru lahir., menyusui adalah salah satu langkah pertama bagi seorang manusia untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dan sejahtera

studi tahap seorang ibu  hamil hingga menyusui


Pada tanggal 1 Agustus 2017 Anmum mengadakan “celebrate  the extraordinary untuk merayakan Pekan ASI Sedunia 2017, dengan tujuan untuk memperdayakan dan menginspirasi para ibu dan keluarganya melalui pengetahuan dan perhatian yang tepat, baik dari dari aspek dukungan nutrisi dan sosial sepanjang perjalanan sejak masa kehamilan hingga menyusui, sekaligus memperkenalkan varian rasa baru dari Anmum Materna  rasa coklat.

Anmum adalah rangkaian produk susu, Anmum pertama kali diluncurkan dengan memperkenalkan Anmum Materna, susu untuk kehamilan di tahun1990. Produk Anmum Materna diformulasikan berdasarkan studi terbaru saat itu, yang menekankan pentingnya kinsumsi folat pada periode kehamilan untuk membantu mencegah cacat tabung (neural tube defect/ NTD ) pada janin


Dr, dr Ali Sungkar SPOG (K)
Anmum mengerti bahwa potensi seorang anak siap berkembang tepat saat ia dilahirkan. dan  mengerti bahwa hadiah terbaik yang dapat ibu berikan kepada si kecil adalah dengan membantu mereka menemukan dan mengembangkan bakat alami mereka. Karena itulah, Anmum meluncurkan berbagai rangkaian produk yang membantu para ibu memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, mulai dari masa awal kehamilan, menyusui, sampai masa kanak-kanak si kecil.

Hadir sebagai pembicara pertama Dr. dr . Ali Sungkar SpOG (K) mengatakan bahwa selama ibu sedang masa kehamilan dan menyusui, semuanya pasti mengalami perubahan fisik dan psikologis ataupun rasa emosional, dan amat sangat diperlukan dukungan dari sekitarnya, keluarga terdekat terutama suami. Karena kesemuanya akan mempengaruhi  kesehatan yang tentunya berpengaruh kepada perkembangan si anak kelak.

Efek jangka pendek dan jangka panjang jika terjadi nutrisi buruk pada calon bayi dan anak
· 
  • Perkembangan otak – kemampuan kognitif dan edukasional berkurang
  • Pertumbuhan dan massa otot, komposisi tubuh –  mempengaruhi imunitas  dan kemampuan kerja
  • Pengaturan metabolisme glukosa, lipid, protein dan hormone – mudahnya terjadi penyakit diabetes, obesitas, jantung, tekanan darah tinggi

Adapun faktor hambatan yang mendukung menyusui dipaparkan Dr dr Ali Sungkar sebagai berikut
  •  Kurangnya dukungan luas dari lingkungan
  • Kurangnya pendidikan prenatal mengenai menyusui
  • Media atau iklan menyiarkan menyusu botol adalah normal.
  • Kebijakan rumah sakit yang kurang mendukung ibu bekerja juga promosi susu formula yang sangat luas


Sebagai orang tua yang cerdas tentunya akan melahirkan anak yang cerdas pula, yang ditentukan dengan asupan gizi yang baik juga tentunya ASI selama dua tahun terhitung awal mula kecerdasan di mulai dari 1000 hari pertama yang merupakan fondasi penting bagi masa depan anak.adalah 270 hari masa kehamilan + 365 haru usia 1 tahun + 365 usia 2 tahun, jadi sebagai orang tua di 1000 hari pertama kita harus benar-benar memberikan asupan yang bergizi untuk anak kelak.
.
Kemudian dilanjutkan oleh Rohini Behl, selaku marketing Technical Advisor, Fonterra Brands Indonesia, “melalui kampanye Anmum celebrate the extraordinary” kampanye ini sekaligus untuk mengajak kepada seluruh ibu, bahwa masa kehamilan dan masa menyusui adalah sebagai moment yang indah walaupun penuh tantangan  dan perjalanan yang luar biasa  dan anmum akan selalu turut mendukung.” Ujarnya.

Cyntia lamusu menceritakan pengalaman melahirkan dan menyusui

Menurut ibu Ines Yumahana Gulardi MSc, Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia, bahwa anmum maternal telah teruji klinis dalam meningkatkan asam folat yang amat dibutuhkan pada masa kehamilan juga menuyusui. Karena anmum materna menyediakan nutrisi makro dan mikro dengan Ganglioside {GA} dan DHA, tinggi asam folat dan mengandung vit B 12, serat pangan (inulin), vitamin B5 yang dapat mengurangi rasa mual saat kehamilan, Zat besi : volume darah ibu dan janin bertambah selama kehamilan dan dibutuhkan zat besi dalam pembentukan sel-sel darah merah, dan mencegah anemia,yang terakhir Kalsium : pembentukan tulang bayi membutuhkan kalsium yang cukup, jika tidak mencukupi, maka akan diambil dari cadangan kalsium pada tulang dan gigi ibu.

Selain itu Ibu Ines juga memberikan strategi makan sehat setelah melahirkan
  • Asupan gizi yang baik sama pentingnya ketika masa kehamilan
  • Makan teratur dengan pola yang sehat dan seimbang, dan ketika masa menyusui adalah merupakan “diet alami” berat badan akan turun dengan sendirinya. Jadi tidak perlu sebagai ibu ketika sedang menyusui melakukan ‘diet” karena tubuh sedang  memerlukan asupan energi yang cukup untuk memproduksi ASI dan untuk kegiatan ibu yang lainnya.


Adapaun ketiga jenis rangkain dari susu Anmum dari masa kehamilan, menyusui dan tahap perkembangan buah hati  adalah :
  • Anmum Materna untuk mendukung pertumbuhan san janun, membantu memenuhi nutrisi tambahan yang dibutuhkan ibu dan san janin , mulai dari awal perencanaan kehamilan danselama kehamilan
  • Anmum Lacta - Untuk Produksi ASI Berkualitas Anmum Lacta untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan yang dibutuhkan ibu selama masa menyusui untuk produksi ASI yang berkualitas.
  • Anmum Essential - Untuk Mendukung Masa Pertumbuhan Si Kecil Anmum Essential untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak pada masa penting pertumbuhannya.
Hal ini terbukti juga dari pengalaman artis Cynthia Lamusu yang melahirkan bayi kembar pada usia 8 bulan, melahirkan bayi kembar yang premature adalah bukan hal yang mudah, tapi karena dukungan suami dan keluarga akhirnya bisa melewati masa-masa kesulitan dalam memberikan ASI, kedua anaknya Ataya Tatjana dan Atharya Bimasena. tumbuh sehat sampai sekarang. Walaupun Bima tidak bisa menyusui langsung seperti Tatjana sempat membuat Cynthia lamusu merasakan down, karena harus memompa ASI untuk Bima, akhirnya karena dukungan dari suami Surya Saputra  melakukan pijat oksitosin. Dengan begitu, produksi ASI Cynthia terbantu jadi lebih lancar dan proses memompa pun jadi lebih mudah.

Di rumah sakit, Cynthia juga Surya memang diajarkan oleh perawat soal bagaimana memberikan pijatan oksitosin?. Kata Cynthia, "ternyata Surya jago banget lho ngasih pijatan ini. Bahkan, Cynthia sampai tidak menyangka sang suami bisa lihai melakukan pijat oksitosin"

Jadi memang kekuatan ibu adalah kekuatan yang bisa membuat kita berkeyakinan kalau yang nomor satu itu anaknya. Tapi, tidak kalah penting juga dukungan dari suami dan keluarga," Kalau Mums,,, ingin dipijat oksitosin, caranya kita duduk menelungkup di sandaran kursi. Terus, si ayah memijat area di bawah leher belakang, terus ke bawah sampai ke punggung sejajar puting. Baiknya, pijatan dilakukan dengan perlahan ya . Bergerak ke kanan ,kekiri, juga berputar-putar.

Hal serupa juga dialami pejuang ASI yaitu Maria Leonnyta Sastra Wijaya, sebagai ibu baru awalnya tentu merasa kesulitan dalam memberikan ASI karena faktor utama keluarga terdekat yaitu ibu juga suaminya malah bisa memberikan ASI yang berlimpah kepada putri kecilnya, dan memompa ASI dalam jumlah yang amat banyak dan bisa mengumpulkan ASI sebanyak 1 lemari es, mungkin menurut akal tidak bisa di percaya tapi itulah hebatnya seorang Ibu karena cinta terhadap anak dan dukungan yang penuh cinta juga dari orang-orang terdekat sesuatu yang tidak mungkin bisa terjadi.

Pengalaman pribadi
 
waktu hamil pertama anak saya, masih bekerja di sebuah universitas swasta ternama di daerah Jakarta, juga merasakan morning sickness dan kelelahan, karena mual yang berkepanjangan selama tiga semester pertama, minum susu selalu mual karena bau seng/zat besi dari susu khusus ibu hamil, dan pada akhirnya atas rekomendasi teman kantor untuk mengkonsumsi susu anmum dan pada saat mengkonsumsi susunya bisa masuk bahkan rasanya enak dan memang tidak kentara sekali rasa zat besinya dibandingkan dengan susu yang pertama yang saya minum. dan adarasa co klat yang saya suka.sampai usia ke sembilan bulan selalu rutin minum susu anmum materna.


Ketika melahirkan rasa  was-was bertambah sewaktu anak laki-laki saya lahir karena ASI terasa kurang selalu menangis menjelang malam, mungkin juga karena sewaktu belum menikah katanya saya kurang suka sayur atau mungkin juga  karena mengalami  stress  setelah menikah langsung pindah jauh dari orang tua jadi merasakan kesulitan waktu memberi ASI bingung tidak ada yang membantu pada akhirnya ibu datang kemudian memberikan dorongan moril dan support yang luar biasa juga karena suami yang sabar yang selalu memberi semangat untuk  bisa memberikan ASI akhirnya ASI jadi lancar dan berlimpah.


foto bersama bloger dan semua nara sumber

Selain asupan yang bergizi untuk kita, buah hati dan keluarga jangan lupa melengkapi dengan susu yang tepat dengan rangkaian anmum, yaitu anmum maternal, anmum lacta dan anmum essential yang turut menjaga asupan tambahan yang bermanfaat, karena kecerdasan anak-anak adalah tanggung jawab kita sebagai orangtua. 


53 comments:

  1. ga tau kenapA, kok susu ibu hamil jarang yg enak y? apa bawaan hamil kali y mba. belum nyobain anmum tp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anmum rasanya enak mba,, seperti susu biasa dan yg utama gak buat mual

      Delete
    2. biasanya aku pilih yang rasa cokelat supaya enegnya ga gitu berasa

      Delete
  2. Waktu hamil aku juga inum susu yang cokelat, nggak bisa kalo rasa lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang rasa coklat paling enak mba toast kita sama,,,

      Delete
  3. Waktu pertama ketahuan hamil, aku langsung beli susu bumil...
    Karena katanya nih organ otak yg duluan berkembang Pd janin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba dan kandungan itu semua terdapat pada susu anmum materna sampai yg lacta dan esential

      Delete
  4. Waah pas banget aku lagi promil mak. Makanya concern sama 1000 hari pertama itu.

    Lagi nyari susu kehamilan yg enak dan nggak bikin eneg di perut. Penasaran nnti cobain deh ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba anggun coba minum anmum materna cocok juga untuk program bumil

      Delete
  5. Waktu hamil, saat minum susu ibu hamil saya juga pilih yang rasa cokelat. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan kita teh,,, apalagu susu anmum gak bikin mual ya...

      Delete
  6. Anmum ini rasanya enak. Aku suka. Waktu abis embrio trasnfer, susternya udah tegas banget suruh minum Anmum. Soalnya kan butuh banget nutrisi lebih untuk perkembangan janin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba dian kandungan di dalam susu anmum lengkap dan bermanfaat bangt u. kita dn dede bayi

      Delete
  7. Saya suka nih susu Anmum yang rasa baru. Emang enak kok, gak eneg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan kita mba andy,,,, sehat terus ya

      Delete
  8. Aku suka banget minum susu waktu hamil, tapi belum nyobain Anmum.rasa terbaru ini. Telat. Tapi acara celebratenya sukses banget untuk mendukung ibu hamil & menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. varian ini udah ada sejak lama mba,,, waktu aku hamil 12 th yg lalu rasa coklat sudah ada kok, mungkin ini memperkenalkan lagi,,,

      Delete
    2. Tapi ada juga Anmum yg menyusui rasa coklat juga. Mau coba ahh...

      Delete
  9. Pada dasarnya saya nggak suka minum susu, entah kenapa saat hamil dulu di trimester pertama, masuk ajah minum susu dan nggak berasa eneg. Tapi waktu itu belum nyobain Anmum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. anmum gak buat mual coba deh nti ya buat anak dikau yang ke dua

      Delete
  10. Ini susu Anmum Lacta nya rasanya kayak eskrim yo mba. Aku bukan pribadi yg gak doyan susu tp pas nyobain enak juga..
    Jadi berasa lg gak minum susu busui :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mba Olin inovasi dr Anmum memang Keren bngt bikin perempuan semuanya jd suka

      Delete
  11. Sama... Aku juga gak doyan susu pas hamil. Hehehe... Dan lagi badanku susah balik setelah melahirkan. Meskipun menyusui eksklusif lhoo but tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu anmum enak kok mba ,, aplg yg coklat sukaaa bngt

      Delete
  12. Saya minum anmum lacta sejak usia kandungan 38, trus pas lahiran udah lancar air susunya. Suka yang rasa coklat, biasanya minumnya sama air dingin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diblender pakai es juga enak mba,,, Aku juga suka

      Delete
  13. Perjuangan jadi ibu itu masyaAllah ya mba.... Selalu berkesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnr mba Amalia perjuangan dn pilihan u.jd ibu

      Delete
  14. Aku skrg minum Anmum Materna nih, yg rasa baru lbh enak rasa coklatnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu Aku Hamil juga mba,,,, email gk bikin mual itu yg utama

      Delete
  15. Susu ibu hamil dan menyusui dari Anmum kemarin katanya ada rasa Es Krim ya Mba? :)
    Bagus nih agar para ibu gak ngerasain mual saat minum susu

    ReplyDelete
  16. Selain nutrisi,rasa anmum cocok buat bumil, ga enek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Eni anmum materna cocok juga buat program khamilan

      Delete
  17. eh tapi emang iya sih, pijitan di wilayah punggung tuh selain ngilangin pegel, mringkel, juga bisa bikin rileks dan ASI lgsg cuuurr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin rileks intinya mba ,, jadi kitanya nyaman,,, dn ASI PST jd lncar

      Delete
  18. Ngeri ya efeknya klo smp kurang nutrisi saat hamil.. iya ih kmrn nyoba Anmum ga bau besi yaa

    ReplyDelete
  19. Infonya penting banget nih buat aku yang sedang mempersiapkan kehamilan kembali. Thanks for sharing ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga disegerakan ya mba jgn lupa konsisten Susu materna dn bnyk asupan brgizi

      Delete
  20. Sama kayak aku dulu itu gendong 2 bayi, makanya kudu minum Anmum karena ada 2 yg harus dikasih makan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mba bedanya cuma 18 Bulan,,,sekalian cape,,, haha untungnya Ada anmum yg bntu dn lenkap kandungan ny

      Delete
  21. waktu aku pertama kali tau hamil aku langsung ke minimarket dan akhirnya menjatuhkan pilihan ke susu anmum nii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy teh rasanya itu yg bikin kita suka gk bay zat besi dan enak

      Delete
  22. Alhamdulillah udah masuk trimester 2 ini.
    Selama trimester awal kemarin serba kalang kabut. Yeah, soal hormonal tau sendiri kan mbak hahhaa...

    Susu apapun nggak bisa masuk.
    Makan apalagi, Untunglah sekarang udah enakan dan minum susu ini juga.
    Rasanya enak terus bisa diseduh dingin hehee...

    ReplyDelete
  23. 1000 hari pertama kehidupan memang masa-masa penting ya mak, bahkan dr. Ali bilang sebelum konsepsi.

    ReplyDelete
  24. Kita selalu deg2an kalau anak blm 40hari ya...ternyata justru 1000 hari pertama harus diperhatikan juga.

    ReplyDelete
  25. Gak nyangka juga ya Surya jago mijat buat anak kembar nya. Mungkin karena sang Istri baru pertama Kali punya anak jadi rada rada takut salah.

    ReplyDelete
  26. Waktu hamil, saya rajin minum susu hamil, kalo lupa sering diingatkan mama. Favorit tuh rasa cokelat.

    ReplyDelete
  27. acara Anmum so inspiratif ya, jarang2 ada tempat bermain bayi, ruang menyusui di acara moms. selamat hari asi nasional ❤️

    ReplyDelete
  28. Mba utie.. skrg ashika udah cucah dipegang orang yg baru kenal �� makasih ya dipinjemin jam tangan.
    Aku suka rasa anmum yg baruu ini

    ReplyDelete
  29. perjuangan bumil dan busui itu gak boleh dianggep remeh yaa.

    ReplyDelete
  30. Wah ada Mamanya si kembar. Perjuangan Mba Cynthia hamil dan melahirkan memang luar biasa ya. Keajaiban dari Allah. AnMum sering lihat di supermarket dan ada jenis2nya juga ya sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  31. Hwaaa kompak banget kalian sekeluarga, au jg suka banget rasa Anmum coklat yg terbaru.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,