Minggu, 27 Agustus 2017

Jadikan Komunitas Rumah Kedua bagi Kita


by pinterest.pt



Kalau ditanya tentang manfaat komunitas buat kamu apa? Dan apa pengaruh terhadap dirimu? Hmm,,,, sebenarnya manfaat komunitas itu enaknya dirasakan bukan ditulis, karena manfaat banyak sekali dari banyak teman, tambah wawasan, tambah ilmu dan tambah rezeki tentunya. Seperti yang ditulis mba Ade Delina Putri manfaatnya banyak dan berdampak positif ke diri kita di tulisan #KEBBloggingCollab.  Nah disini saya akan menulis tentang sisi lain dari sebuah komunitas.

Komunitas itu adalah sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang mempunyai visi dan misi yang sama.

Lalu komunitas itu apakah harus dengan komunitas yang mempunyai hobi yang sama, jawabannya hampir rata-rata ya!,,,,, ada komunitas menulis, pencinta alam, traveling dan lain-lain. Dan semuanya rata-rata awalnya mempunyai hobi yang sama. 

Bagaimana sebuah komunitas itu bisa solid dan terus bertahan?,   komunitas itu terdiri dari beberapa kepala tentunya banyak juga perbedaan, intinya satu kata untuk mufakat, jangan merasa egois karena pendapat kita tidak diterima. Kemudian keluar dari komunitas itu. Tidak banyak loh,, sebuah komunitas akhirnya beberapa anggota mendirikan komunitas lain karena kecewa kemudian mengambil anggota-anggota yang pro kepadanya, dan saya yakin komunitas yang dibentuknya tidak akan berjalan karena masih dibayang-bayangi dengan yang pertama.


foto by helena

Lalu seringlah menyapa sesama anggota, mengadakan acara rutin agar silaturahim lebih terjaga dan memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk maju, jangan merasa menjadi ketua atau pengurus anggota tidak memberi kesempatan yang lain untuk maju, artinya berilah kesempatan yang sama kepada semua anggota baik itu ketua, sekretaris, bendahara,  ataupun anggota-anggota lainnya. Karena dengan memberikan hak yang sama pada anggotanya. komunitas pasti akan mendapatkan nilai positif, karena tidak ada kata ‘pilih kasih’. Tidak melulu orang-orang yang tampil untuk mewakili komunitas tersebut.

Bagaimana tugas kita misalkan sebagai anggota, JAGA NAMA BAIK KOMUNITAS, karena membangun sebuah komunitas kemudian dikenal beberapa brand, itu bukanlah hal mudah semudah membalikkan tangan, butuh waktu dan proses yang lama. mencemarkan nama baik sangat mudah yang sulit adalah menjaganya. Penuhi tata tertib dan syarat dari client yang mengundang kemudian penuhi kewajiban kita.

Dan ini berlaku bukan hanya untuk komunitas blogger, tapi kepada seluruh komunitas yang ada, kekompakkan dari semua anggota adalah modal utama komunitas itu bisa bertahan sampai puluhan tahun. Karena suatu komunitas yang menimbulkan rasa nyaman dengan pastinya semua anggota akan suka rela berkontribusi bersama, dan pastinya komunitas akan terasa menjadi keluarga kedua bagi dirinya





6 komentar:

  1. Bener banget. Komunitas, apalagi kalau orang-orangnya sudah saling akrab, bisa jadi keluarga kedua. Aku pun merasa begitu, di saat salah satu temen susah, tapi yang lain saling bantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner mba,,, huhu bela2in pokonya y krn sdh sehati

      Hapus
  2. Komunitas memang seperti rumah kedua yang membuat kita nyaman untuk bersosialisasi dan menimba ilmu blogging ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy mba,,. Aplg klo bnyk temen n wawasan mkn betah deh

      Hapus
  3. Karena komunitas juga yg kemudian mempertemukan kita :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,