Wednesday, 4 October 2017

Lewat Pameran Foto Menjadi Sarana komunikasi Infrastruktur


Kegiatan sebuah infrastruktur sebuah negara adalah bukti bahwa negera itu sedang menuju ke arah pembangunan yang maju, walaupun kendalanya inrastruktur belum mencakup secara merata ke semua daerah pedalaman misalnya, perkembangan infrastruktur hanya bisa dilihat di beberapa pusat kota, di berbagai daerah. Berita tentang anak-anak sekolah dipedalaman yang kesulitan untuk jalan menuju ke sekolahnya, dengan melalu jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati, dan beberapa anak yang harus menyebrang sungai dengan sebuah sampan yang terlalu beresiko sepertinya menutup berita bahwa Indonesia kini sedang giat-giatnya melakukan infrastruktur yang menyeluruh untuk kemudahan semua sarana.


Masalah infrastruktur mulai menemukan titik cerah karena pemerintah mampu menyelesaikan segala hambatan birokrasi dan menggulirkan proyek-proyek strategis, termasuk proyek yang sejak lama direncanakan, namun belum teralisasi dan keberhasilan ini kemudian dikomunikasikan pemerintah melaui Pameran foto yang bertajuk Menjelajah Infrastruktur Indonesia 2015-2017 yang digelar selama periode Oktober - Desember 2017 di Jabodetabek, Bandung, Medan, dan Makassar.



Bp.Teten Masduki  membuka pameran foto by timo
Pameran foto ini menjadi sarana komunikasi yang memberi gambaran Iengkap mengenai kemajuan pembangunan infrastruktur yang berdampak langsung terhadap pembangunan ekonomi. Sengaja dipilih pameran foto sebagai sarana komunikasi karena gambar berbicara lebih banyak dibandingkan kata-kata" ujar Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Teten Masduki, yang hadir dan membuka acara tersebut mengatakan bahwa selama ini masyarakat cenderung pesimis dan acuh jika berbicara soal infrastruktur karena dulu banyak proyek yang pembangunannya lambat bahkan terbengkalai. Di Senayan City pada pembukaan pameran foto pada tanggal 29 september 2017.

Foto-foto yang dipamerkan adalah hasil dari kurasi 2000 foto yang telah melaui tahap pemilihan dan jangan heran jika datang ke pameran nanti yang menyukai photography akan berdecak kagum karna bagus dan indahnya setiap angle gambar yang diambil.

Selain itu pameran foto juga dikelompokkan dalam beberapa tema yang dilengkapi dengan narasi sehingga lebih atraktif dan informatif. Ada foto-foto mengenai pembangunan mfrastruktur di pulau-pulau terluar dan perbatasan yang dikemas dalam tema Gerbang lndonesia. Ada juga foto-foto bandara bertema Menghubungkan Indonesia, kemudian jalan tol (tema Penurunan Biaya Logistik), pembangunan jaringan kereta api termasuk di Kalimantan, pelabuhan-pelabuhan modern untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai hubungan logistik intemasional, dan foto-foto pembangunan MRT dan LRT sebagai sistem transportasi massal perkotaan.

Tidak ketinggalan, foto-foto pembangunan infrastruktur di bidang pertanian dan pangan serta ketenagalistrikan. Lebih menarik Iagi, pameran juga menampilkan foto-foto pembangunan trans Papua.
Salah satu foto yg di pamerkan, LRT Jabodetabek
Walaupun kendala dari sebuah infrastruktur MRT dan LRT misalnya yang berdampak kemacetan luar biasa di ruas-ruas jalan tapi yakinlah itu hanya bersifat sementara karena pemerintah sedang mencoba membuat sarana ini untuk kemudahan bagi kita semua kelak. Dan Lewat pameran ini, bisa dilihat bahwa pembangunan infrastruktur tidak harus menggunakan APBN, tapi bisa dibiayai oleh BUMN dan investor. Contohnya Jalan Tol bawen-Salatiga. Kendala Iahan bisa diatasi dan tahapa pembangunannya bisa selesai alam jangka waktu 3 tahun.


Ada juga jalan Trans Papua sepanjang 4.300 kilometer yang kata Bapak Teten Masduki akan segera selesai, sehingga bisa meningkatkan konektivitas antar wilayah di Papua, yang akan membuka kawasan yang selama ini terisolasi yang efeknya akan menekan biaya logistik. 

Selain pameran foto hasil kurasi ada juga pameran foto-foto digital dari masyarakat di media sosial. Serta games seru yang bisa dinikmati oleh pengunjung, Pameran foto infrastruktur ini diselenggarakan di 10 titik mall secara bergiliran selama 5 hari di tiap titiknya. Pertama di Senayan City (27 September-1 Oktober), Central Park (4-8 Oktober), kemudian Kota Kasablanka (11-15 Oktober) dan berakhir di Makassar (27-31 Desember).

20 comments:

  1. aku suka kalau ada pameran foto, bisa lihat tempat/kejadian menarik sekaligus mempelajari angle kameramen yg membidik foto2 tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mba dtg msh Ada d central park dan kokas

      Delete
  2. Cara mengenal pembangunan dan infrastruktur baru nih menggunakan foto, Kita bisa melihat pembangunan fasilitas dengan aroma estetis yang berbeda

    ReplyDelete
  3. Saya kalau "lapor" kondisi jalan khususnya di cianjur selatan juga lewat foto. Publish dan mention deh instansi terkait atau pemerintah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bner teh foto lebih bnyak bicara dan buktiny kongkrit bngt

      Delete
  4. Pameran foto bisa jadi saksi bahwa pembangunan Terus di Rencakanan sesuai dengan kebijakan Pemerintah Dan Indonesia itu merupakan negara berkembang

    ReplyDelete
  5. Seru ya mba ngikutin progress infrastruktur. Yang paling ditunggu kayaknya MRT n trans papua yaa. Ikutan ga sabar ngeliat hasilnya

    ReplyDelete
  6. Aduh seru ini. Aku paling suka ke pameran foto. Minggu depan berarti di Kokas ya? Insya Allah meluncur ke sana ah.

    ReplyDelete
  7. suka lihat sekarang banyak infrastruktur yang dibangun dan membuka desa terpencil

    ReplyDelete
  8. Semoga semakin banyak infrastruktur yang dibangun, sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa turut menikmati infrastruktur tersebut. Papua terutama.. ^^

    ReplyDelete
  9. Foto kalau diambil sama profesional bisa bercerita banget ya mba. Bisa menampilkan mozaik2 dari gambaran yang sebenarnya. Semoga pembangunan aslinya seperti semangat dalam pamerannya ya biar infrastruktur kita makin baik. :-)

    ReplyDelete
  10. Penasaran yang Trans Papua itu kyk apa.
    Berharapnya moga pembangunan di seluruh Indonesia merata, jd arus urbanisasi bisa dibendung, semua kota layak ditinggali krn udah maju semua aamiin

    ReplyDelete
  11. Infrastruktur itu memang bagian vital banget untuk kemajuan sebuah daerah. Dengan infrastruktur yang baik, akan memudahkan akses dan komunikasi yang kemudian dapat meningkatkan taraf perekonomian penduduknya

    Semoga Indonesia makin maju

    ReplyDelete
  12. Ah nyesel ngak ikutan, acaranya keren ya mbak nambah banyak ilmu deh pastinya :)

    ReplyDelete
  13. Pasti udah banyak infrastruktur yang dibangun dari Sabang sampai Merauke. Wah jadi penasaran sama hasil pembangunan LRT jabodebek. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 tahun lg rampung mba kita tunggu Aja akupun gk sabar canggih sptny

      Delete
  14. Dulu eaktu remaja hobby banget datang ke pameran foto sampai di TIM, galeri Antara, Kemang, dan lain-lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang mba kokas deket nih jaraknya Dr rumah

      Delete
  15. berarti bentar lagi yang di Kokas ya. Aku ingin lihat pameran fotonya sambil mengenalkan anak ke infrastruktur di Indonesia.

    ReplyDelete
  16. aku tuh suka banget nonton pameran dulu... duluuuu...

    semua memberi insight tentang ide ide

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,