Wednesday, 25 October 2017

Liburan Asik di Jakarta, Berkeliling ke Museum Edukatif dan Bersejarah


Jakarta dikenal sebagai kota paling sibuk di Indonesia. Kota metropolitan ini dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit di berbagai penjuru. Tidak heran kalau berbagai perusahaan terkemuka berskala internasional ataupun nasional mendirikan kantornya di sini. Kondisi tersebut membuat alur wisatawan bisnis keluar masuk Kota Jakarta sangat tinggi.

Namun, jangan salah. Kota Jakarta tidak hanya ramai oleh para wisatawan bisnis. Tak sedikit pula individu maupun keluarga yang menyempatkan waktu liburannya berkunjung ke Jakarta. Apalagi, kota ini juga memiliki deretan tempat wisata yang menarik. Termasuk di antaranya adalah kunjungan ke berbagai museum sebagai aktivitas wisata edukatif.

Penasaran dengan deretan museum-museum tersebut? Simak ulasannya berikut:

1. Museum Joang '45 Jakarta



Museum Joang ’45 Jakarta berlokasi di Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Menteng, tak jauh dari Tugu Tani. Gedung museum ini dulunya dikenal dengan nama Menteng 31. Ada yang mengatakan bangunan ini didirikan pada tahun 1938, ada pula yang menyebutkan tahun 1920.

Gedung ini pun memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan RI. Di sinilah para pemuda mendapatkan pendidikan politik selama masa pendudukan Belanda. Nama seperti Sukarni, Chaerul Saleh, dan Adam Malik tercatat sebagai sosok pemuda yang mendapat gemblengan pendidikan politik di sini.

Di dalam museum, wisatawan bisa menjumpai diorama yang menggambarkan situasi masa-masa perjuangan. Termasuk di antaranya adalah diorama yang menggambarkan situasi saat Soekarno membacakan pidato singkat di Lapangan Ikada pada 19 September 1945.

2. Museum Nasional Indonesia


Museum yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat nomor 12 ini juga dikenal dengan nama Museum Gajah atau Gedung Gajah. Di depan gedung terdapat patung gajah yang merupakan hadiah Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang melakukan kunjungan ke sini di tahun 1871.

Museum ini pun memiliki peran penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Keberadaannya diawali dengan pendirian organisasi Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen pada 24 April 1778.

Di sini, para wisatawan bisa menjumpai beragam koleksi benda bersejarah. Termasuk di antaranya adalah globe dari abad ke-18, peta Selat Sunda dari tahun 1729, hingga pistol navigasi dar abad ke-19. 

3. Museum Wayang

Museum ini didirikan pada 13 Agustus 1975 di atas puing bangunan Gereja De Nieuwe Hollandse Kerk yang hancur akibat gempa bumi. Tempat ini menjadi lokasi pengumpulan berbagai jenis serta bentuk wayang yang berasal dari berbagai penjuru di Nusantara. Termasuk di antaranya adalah wayang dari bahan kulit, kayu, dan lainnya.

Wisatawan tidak hanya bisa menyaksikan wayang dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri, misalnya dari Republik Rakyat Tiongkok. Selain itu, ada pula koleksi boneka yang dikumpulkan dari negara-negara di Eropa. Total, ada sebanyak 4.000 koleksi wayang di museum ini.

Tidak ketinggalan, ada pertunjukan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung. Pihak museum mengadakan pertunjukan wayang secara rutin pada minggu kedua dan ketiga setiap bulan.

4. Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri yang terletak di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat juga tidak kalah menariknya. Bangunan ini termasuk bagian dari cagar budaya di kawasan Kota Tua Jakarta. Di dalamnya, para pengunjung bisa menyaksikan beragam koleksi yang berkaitan dengan aktivitas perbankan zaman dulu.

Selain memiliki daya tarik pada koleksinya, museum ini juga punya desain arsitektur yang unik. Gedung ini dibangun pada tahun 1929 hingga 1933. Dalam pengerjaannya, gedung yang awalnya disebut dengan nama Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) ini melibatkan tiga arsitek Belanda sekaligus.

5. Museum Satria Mandala
Berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Museum Satria Mandala merupakan tempat yang menarik untuk melihat koleksi peralatan militer tempo dulu. Wisatawan bisa menjumpai beragam koleksi seperti rudal, ranjau, tank, helikopter, meriam, serta pesawat terbang.

Selain itu, museum ini juga berada satu kompleks dengan Museum Waspada Purbawisesa. Di sana, wisatawan dapat menyaksikan diorama yang menggambarkan penumpasan gerombolan separatis DI/TII oleh TNI bersama rakyat. Tidak ketinggalan, wisatawan juga bisa membawa oleh-oleh berupa cendera mata khas militer dari tempat ini.

6. Museum Bahari

Museum Bahari yang terletak di kawasan Sunda Kelapa, Jakarta Utara adalah lokasi yang menarik untuk menyaksikan kekayaan bahari Indonesia. Di tempat ini, wisatawan bisa menemukan berbagai jenis perahu tradisional dari berbagai wilayah. Termasuk di antaranya adalah kapal dari zaman VOC, kapal pinisi, dan bahkan model mercusuar.

7. Museum Indonesia





Terakhir, ada Museum Indonesia yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah. Museum yang memiliki desain arsitektur bergaya tradisional Bali ini secara khusus menyimpan berbagai hasil kerajinan, benda seni, serta pakaian tradisional dari berbagai tempat di Indonesia.

Gedung Museum Indonesia terbagi dalam tiga lantai. Lantai pertama hadir dengan tema Bhinneka Tunggal Ika, dengan ragam koleksi pakaian tradisional dari 27 provinsi di Indonesia. Sebagai catatan, 27 provinsi tersebut merupakan jumlah provinsi pada rentang tahun 1975-2000. Selanjutnya, lantai kedua menjadi tempat memamerkan berbagai rumah tradisional. Terakhir, lantai ketiga menyimpan berbagai hasil karya seni tradisional.

Saat berlibur keliling museum bersama keluarga, Anda tidak perlu khawatir dalam memilih tempat menginap. Ada beragam hotel dengan fasilitas mewah dan lengkap di Jakarta. Dengan pemilihan tempat bermalam yang nyaman, aktivitas liburan bisa dilakukan dalam kondisi tubuh yang segar dan bugar. Hal ini sangat penting supaya anak tidak rewel saat liburan.

Kunjungan ke berbagai museum di Jakarta ini pun menjadi kesempatan untuk mendekatkan anak dengan budaya asli Indonesia. Bagaimanapun juga, menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak dini adalah peran yang sangat penting bagi orang tua.



50 comments:

  1. ini alternatif yang menarik liburan di jakarta selain mall.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget teh nchie,,, yuk kalau ke Jakarta bareng kita ke museum

      Delete
  2. waaahhh banyak jg ya musium yg bs dikunjungi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba ,,, ajak keluarga liburan ke sini deket lagi

      Delete
  3. Baru tau tnyt di jakarta banyak museum ya

    ReplyDelete
  4. Wah banyak juga museum di jakarta ya, ada museum bahari juga.
    Sekali-kali wisata museum ya, bakal nambah banyak pengetahuan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuks kapan kita berang ke sana kalau liburan ke Jakarta

      Delete
  5. Ternyata di jakarta masih banyak temoat bersejarah yang bisa dikunjungi untuk alternatif jalan jalan ya. Daripada ke mall doang hehehe

    ReplyDelete
  6. Karena biasanya kalo main ke Jakarta cuma ke mall-mall aja, wisata sejarah ke Museum bisa jadi pilihan menarik nih... ^^

    ReplyDelete
  7. Aku pernah kerja di Jakarta hampir 2 taun baru tau, ternyata banyak tempat bersejarah yg bs dikunjungin. Secara aku seneng sejarah. Biar gak nge mall muluk haha :D

    ReplyDelete
  8. Lah..lah..aku belom pernah ke 5 tempat ituu, kemana aja hellow?

    Hayu, ajak aku ke sana lah kalo ke jkt yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga teh nchie siaplah jadi gaet abdi

      Delete
  9. Ku belum pernah kesemuanya hehehe, parah ya... Padahal museum2 itu bagus, cuman karena raya masih kecil jadi blm seru diajak ke museum & cepet bosan, jadi wiken biasanya ke tempat2 yg ada mainan anaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Raya pasti seneng mba sandra hiks belum di coba aja hayuhh barengan biasanya ajak sodara n temen seumuran

      Delete
  10. Aku yang belum ke museum joang 45 sama satria mandala. Museum gajah, wayang, mandiri, bahari udah pernah. Museum fatahilah sama museum Bank indonesia juga keren mbak, aku pasti ke sana kalau lagi ke kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik tempatnya mba foto2 juga keren tetep^^

      Delete
  11. dari 6 museum. Satu yang belum aku datangin. Yaitu yang nomor 4. Liburan seru ini terutama dengan keluarga ajak anak- anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba gita sering2 sekarang ajak anak2 lagi

      Delete
  12. Sudah semua dikunjungi. Pas masih ngajar dan bawa anak2 murid. Kalau anak sendiri baru ke museum bank mandiri dan museum wayang. Kapan2 cobain yang lain aah. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuks ,mba ade kapan lagi coba haha ketmbang ke mall tiap minggu ramein museum kita

      Delete
  13. Alternatif destinasi wisata liburan yang keren nih.

    ReplyDelete
  14. aku belum ke 3 museum di atas. Yuk mbak kita jalan-jalan.

    ReplyDelete
  15. Tempat keren nih. Bisa liburan sambil belajar. Pas, buat liburan keluarga.

    ReplyDelete
  16. Aku udah pernah berkunjung ke museum yang dituliskan oleh mbak Utie nih hehehe... memang berwisata ke museum itu menyenangkan deh bisa refreshing sambil belajar. Biasanya ada quide yang bisa menjelaskan kepada kota tentang museum tsb. Aku kadang bayar quide nya hehehe.

    ReplyDelete
  17. Ya ampooooon ternyata banyak yang belum aku liat selama 6 tahun hidup di Jakarta :(
    Tengkyu info museumnya mbak Utie. Ntr kalau lowong mau ajak anak2 ke sana TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ,,,, ini pilhan lain pergi bareng keluaga

      Delete
  18. Tahu museum ini saat kecil sekolah Dasar. Tapi sampai sekarang belum juga kesampaian ke sana.

    ReplyDelete
  19. Banyak ya museum yang bisa dikunjungi. Jalan-jalan sambil belajar mengenal sejarah.

    ReplyDelete
  20. Halo mba Utie. Kemarin aku baru aja ke Museum Fatahillah dan senang banget bisa puas lihats ejarah kota dan berfoto foto cantik. Hehhee
    Senangnya ad amuseum dan ajak keluarga buat melihat langsung ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin belum ajak anak2 kan mba lida yuks sekarang ajak mereka

      Delete
  21. wah kok aku belum pernah semua kesitu y hahahaha jadi masuk list ni klo pulkam ke Bekasi bisa sempetin ke museum2 itu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap jadi gaet,,, mba yuks kita bareng

      Delete
  22. aku udah ke museum2 di atas XD namanya punya adik banyak, klo ngajak jalan2 kan kudu ke tempat yg hemat tapi dapet banyak manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren euy... sama mending ke museum ya mba banyak ceritanya

      Delete
  23. Aku tinggal Museum Joang 45 yang belum mba Utie.. Padahal suka ngelewatin tapi gak pernah mampir.. :D Jalan-jalan ke museum seru juga ya, jadi banyak yg bisa kita tau.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba Dita, jangan sampai museum kita sepi padahal banyak certa sejarah disana

      Delete
  24. Ajak aku dong kalo ke sana. Blm pernah ke museum2 Jakarta masa. Kecuali Museum Tekstil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu,,,mba liburannya jangan ke mall terus haha

      Delete
  25. Wah bisa jadi next destination untuk libutan keluarga ngga pake jauh dan lama nih hehe.. selama ini baru ke musium bank mandiri dan musium wayang saja.. thanks for sharing ka utie

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mba yuks besok ajak si kecil ke museum

      Delete
  26. Ini nih yg jarang aku lakuin. Ke Museum. Aku lebih memilih piknik ke wisata alam drpd museum. Padahal di museum banyak hal menarik yg bisa diperoleh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bangt edukatif dan murah lagi

      Delete
  27. Wihhh ini mengingatkan aku wktu masih SMA tempat main dulu ke beberapa museum ini

    ReplyDelete
  28. Wihhh ini mengingatkan aku wktu masih SMA tempat main dulu ke beberapa museum ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks jangan samapi anank-anak nunggu SMA yuka ajak sedari kecil apalagi pergi sama keluarga pasti dia senang

      Delete
  29. Udah lama nggak berkunjung ke museum, noted daftar museumnya

    ReplyDelete
  30. belum pernah ke semua lokasi museum. tapi paling penasaran ke museum bahari. Cerita perkembangan kota bisa ditarik dari menelaah sejarah bahari. Seperti penamaan sunda kelapa itu tuh... Kental banget sama sejarah jakarta, bantern, dan jawa barat.

    ReplyDelete
  31. Wah seru banget mbak. Aku belom pernah ke museum ini. Pengen banget deh ajak suami sm si kecil kesana. Makasih infonya mbak. Lengkap banget ��

    ReplyDelete
  32. Ya ampun dari semua list di atas, lebih banyak yang belum dikunjungi. Ayuklah kita berkunjunhg bareng sama anak2.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,