Monday, 9 October 2017

Pentingnya Kebahagian untuk Tumbuh Kembang Si Kecil




Anak yang bahagia telahir dari orang tua yang bahagia, dan anak yang cerdas sudah pasti bahagia, kok bisa,,, !! karena kebahagian berbanding lurus dengan kecerdasan, anak yang cerdas tentunya dapat mengexplore dirinya dengan berbagai macam kreatifitas dan tentunya didukung dengan rasa dan lingkungan yang menimbulkan rasa bahagia.

Lalu, seperti apa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat anaknya bahagia? Apakah dengan memberikan berbagai barang bagus? Atau, mengikuti setiap permintaan anak? Tentu tidak. Cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membesarkan anaknya menjadi pribadi yang bahagia adalah dengan menerapkan pola pengasuhan yang benar. Kuncinya terletak pada gaya parenting orangtua, karena pengaruh lingkungan dimana anak tumbuh dan berkembang adalah faktor yang paling berperan dalam membentuk kepribadian dan mental seorang anak.

Dan Jawaban yang tepat tentulah untuk kebahagiaan bagi sang anak. Segala upaya, cucuran keringat, dan setiap hal yang dilakukan orangtua salah satunya adalah demi mewujudkan kebahagiaan untuk anak-anaknya. Orangtua memang tidak hanya mengharapkan anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, namun, sudah menjadi keinginan terbesar bagi orang tua untuk dapat melihat anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang bahagia.
Bagaimana menciptakan pentingnya kebahagian bagi anak agar tumbuh kembangnya optimal? Nestle, Lactagrow mengadakan program terbarunya dengan mengadakan survei untuk mengetahui faktor apa saja yang membuat ibu dan anak bahagia, dengan melibatkan psikholog dan beberapa oran tua di Jakarta . tujuan survei ini diharapka dapat menginpirasi para orantua untuk terus mencari cara agar dapat senantiasa menciptakan rasa bahagia pada keluarganya.

Melalui jumpa persnya di Ocha & Bella Restourant Morrissey Hotel Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2017  program terbarunya disebut  “Grow Happy” . dan hasil surveinya dapat diambil kesimpulan bahwa :
  • Bagi anak, dapat menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga adalah salah satu utama penyebab sumber kebahagian, selain bermain dengan teman-temannya.
  • Kemudian bagi ayah dan ibu, keluarga terutama anak diakui sebagai sumber kebahagian yang utama, bahkan sebagian mereka ada yang mengatakan anak adalah alasan mereka untuk hidup.

nara sumber di acara press release program Grow Happy Nestle Lactogrow

Dan menurut Pisikolog Elizabeth Santosa yang hadir pada saat itu ciri dari anak bahagia antara lain :
  1. Aktif
  2. Ceria
  3. Gembira
  4.  Penuh tawa
  5. Mudah beradaftasi
  6. Memiliki semangat
  7. Gizi terpenuhi
  8. Selera makan baik
  9. Kualitas dengan oran tua baik dan
  10.  Kreatif serta inovatif

Anak yang bahagia, kecerdasan sosial dan emosional yang dimiliki ketika mereka dewasa, mereka akan sukses dalam penidikan bahkan karir. Dan ciri-ciri itu sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial positif yang melibatkan anggota keluarga.

Kebahagian tidak hanya kegiatan berkualitas yang dilakukan bersama orang tua “Bounding” tentunya juga berdampak kepada kesehatan, ada beberapa faktor yang tergantung agar anak tumbuh kembangnya berkembang dengan baik dan bahagia.
  •  Nutrisi lengkap dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin
  • Tidur yang berkualitas, anak membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dari orang tua yaitu sekitar 10 – 12 jam.

Apabila faktor tersebut dapat dipenuhi makan tumbuh kembang anak akan optimal ujar DR. dr Saptawati Bardosono MSc, selaku ahli gizi medik di Fakultas Universitas Indonesia.

keluarga Ricky Harun
Dan bagi Ricky Harus bersama istrinya Herfiza Novianti mengatakan sama seperti orag tua lainnya, saya dan istri juga ingin anak-anak kami tumbuh bahagia , kami tidak mengharuskan anak-anak selalu menjadi nomer satu namun yang terpenting mereka bahagia dalam melakukan segala aktifitasnya. Dan caranya yaitu dengan sesering mungkin melakukan bounding time yang berkualitas, bermain bersama anak-anak, membacakan dongeng ada bersama mereka dengan melihat tumbuh kembangnya adalah merupakan kebahagian kami.

Program Grow Happy akan diselenggarakan pada tanggal 4 – 5 November 2017 di Kota Kasablanka, ada berbagai permainan edukatif dan tentunya menyenangkan seperti craft, pampering corner, balloons pool, balloons art yang bisa dnikmati oleh seluruh keluarga. Dan bertujuan untuk mengajak para orang tua di Indonesia terus mendukung kebahagian anak baik dari segi psikologis maupun fisik, untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal dan itu merupakan bentuk komitmen dari Nestle Lactogrow.






6 comments:

  1. Alhamdulilah Neyna masuk kesemua ciri anak bahagia hehehe *emaknya subjektif :p
    tapi memang iya aku setuju anak cerdas pasti dari keluarga bahagia y mba y minimal krn mereka dibekali dg kasih sayang juga stimulasi yang tepat

    ReplyDelete
  2. Belum jadi ibu, jadi masih belajar..he he he...tapi emang sih pas kerja di RS bisa liat karakter anak kalau suka diam, muka cembetut tidak ceria karena situasi di rumahnya nggak bahagia.

    ReplyDelete
  3. thanks for sharing mbak utie, selama ini aku masih bertanya-tanya apakah anakku bahagia atau nggak. dari list yang mbak tulis itu alhamdulillah anakku memenuhi semua ciri anak bahagia. paling bounding sama bapaknya nih yang agak kurang. bapaknya main hape mulu :(

    ReplyDelete
  4. dari 10 ciri anak bahagia di atas, alhamdulillah mada masuk kriteria anak bahagia hehehe cucu pertama dari keluargaku dan keluarga paksu, berlimpah bahagia deh

    ReplyDelete
  5. Anaknya lagi saatnya tumbuh,,
    biuuh,, butuh ekstra pengawasan hehe..

    ReplyDelete
  6. Alhandulillah, 10 ciri itu aku bingitssss

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,