Sunday, 22 October 2017

Profesi Content Writer Bisa Menjadi pilhan




Dalam menyambut HUT ke 31 tahun CNI mengadakan beberapa kegiatan grand bazar, konsultasi kesehatan, Beauty Tutorial, Donor darah , Live music, workshop, seminar dan talkshow. Adapun rangkaian dari semua acara ini disebut sebagai #CNIExtravaganza2017. Yang acaranya sendiri berlangsung dari tanggal 18 – 20 Oktober dan puncaknya pada tanggal 21 Oktober. Yaitu perhelatan akbar bertemunya sejumlah mitra dari seluruh wilayah Indonesia.

Pada kali ini saya berkesempatan datang di acara Seminar dan Talkshow IDEA Preneur, “Jadi Entrepreneur Hebat dengan Manfaatkan Dunia Digital”  dengan tema “Content Writer “ oleh founder ISB teh Ani Berta di Graha CNI Puri Indah kebon Jeruk Jakarta pada tanggal 20 Oktober 2017.

Promotion n Marketing CNI bpk Gusti Alendra
katanya selama ini member CNI belum ada yang menggunakan
media blog sebagai ajang promosi dan ini bisa menjadi peluang
bagi bloger-bloger untuk menjadikan CNI sebagai mitra



Kata Teh Ani Berta seorang content writer itu,  adalah penulis professional yang menulis konten web atau artikel untuk dipublikasikan di internet atau web, content writer bisa diartikan sebagai proses penulisan artikel dengan konten yang isinya disesuaikan dengan target pembaca tertentu dari sebuah website tertentu.

Seorang Blogger bisa menjadikan dirinya sebagai contet writer tetapi tentunya harus tahu beberapa tehnik dan tipsnya. Karena biasanya seorang content writer adalah awalnya seorang blogger atau bisa juga sebaliknya.

Ani Berta founder ISB

Sebelumnya kita harus mengetahui perbedaan seorang content writer dan Blogger.

Perbedaan Content Writer dan Blogger

Sudut pandang penulisan
Content writer menulis dari sudut pandang orang ketiga, sedangkan seorang blogger akan menulis dari sudut pandang orang pertama. Sebuah artikel yang ditulis oleh seorang content writer untuk website tertentu, tidak terarah ke personal. 

Titik berat isi tulisan
Poin satu di atas terjadi karena blogging cenderung mengungkapkan opini ataupun insight pribadi terhadap masalah tertentu yang dibahas dalam artikelnya. Sedangkan seorang content writer lebih menitikberatkan pada data, statistik ataupun bukti aktual lain, dan kemudian menyajikannya pada pembaca melalui sudut pandang seorang ahli.

Tone penyuaraan isi tulisan
Tulisan artikel content writer lebih bernada umum, ketimbang tulisan dalam blog yang bernada personal. Kalau mau lihat tulisan-tulisan content writer, bisa mencari di web-web portal semacam femaledaily, liputan6, blog detik, dan lain-lain. Artikel di web-web portal tersebut mempunyai sudut pandang yang lebih besar,.

Kemudian ada beberapa tips untuk mengisi konten website yang tentunya harus kita ketahui.
Berikut Tips mengisi konten Website
  1. Minimal tulisan 500 kata maksimal lebih dari 1000 kata, sesuaikan gaya penulisan dengan ciri khas website portal.
  2. Tulisan reportase harus merujuk 5 W (Who, What, Where, When dan why) dengan tidak memasukkan unsur opini dan  perasaan kecuali untuk feature story.
  3. Atur jadwal update sesuai kesepakatan kerjasama.
  4. Masukkan keywords yang tepat.
  5. Isi kanal-kanal website sesuai kategori yang dikuasai, baca kemabli setelah menulis draft. Dan harus disertai dengan foto yang berkapasitas high resolution (intinya perbanyak dokumentasi foto, jika pergi kemanapun bawa kamera atau hp ambil foto jika ditemui moment yang menarik)
Lalu apa saja keuntungan menjadi content writer.
Berikut beberapa keuntungan menjadi content writer
  • Tulisannya bisa menyebar lebih luas. artinya tulisan kita akan banyak dibaca lebih banyak orang.
  • Porto Folio. Menjadi seorang content writer bisa menjadi tambahan beberapa pengalaman yang menjadi tambahan nilai skill pada diri.
  • Hobi yang menghasilkan, tulisannya bermanfaat untuk banyak orang kemudian mempunyai relasi yang luas.
  • Menambah pendapatan. Ada. Content-content writer ini disebut sebagai ghost writer. Mereka diminta oleh website tertentu untuk menulis artikel, namun seolah-olah pengurus website itulah yang menulis. Jadi tidak ada kredit untuk si penulis aslinya. Istilahnya, artikelnya dibeli putus. Ya, kalau yang jenis ini sih biasanya buat mendapatkan penghasilan, bukan lagi untuk tujuan eksis.
  • Selalu upgrade skill setiap saat, menambah wawasan dan tentunya meningkatkan skill.
Bagaimana caranya agak kita bisa menjadi seorang content writer?, langkah paling mudah ialah selalu promosikan tulisan kita di media sosial, kenali website portal yang diminati, bisa juga awali dengan mengisi konten gratisan sebagai porto folio, seperti yang sudah dibilang di atas manfaatkan kanal nitezen journalism di media mainsteam seperti kompasiana Indonesia, vivilog, liputan6, blogdetik dan lain-lain. Tentunya itu semua bisa menambah skill kita dalam menulis.

Ada hal-hal yang sangat penting yang tidak boleh dilakukan sebagai content writer lanjut Teh Ani.
  1. Plagiat atau copy paste
  2. Memasukkan opini terlalu personal
  3. Bahasa alay, banyak singkatan.
  4. Menyebut brand secara hard selling tanpa persetujuan pemilik website/portal.
  5. Keluar dari idealisme.
  6. Diskredikan orang lain.
  7. dan terakhir menulis berita atau opini tidak sesuai fakta atau tidak terverfikasi.

Dan Jangan lupa peralatan yang lengkap sebagai content writer sama halnya dengan seorang blogger handphone, kamera, pulpen dan buku catatan, adakalanya ada hal-hal yang harus kita catat sebagai poin-poin untuk menambah sebuah tulisan, kadang ketika mengandalkan handphone ada bagian-bagian yang sering kita lupa misalkan nama dari seorang sumber atau gelarnya. Kemudian seringlah membaca jika kita sedang mandek untuk menulis alur dari sebuah tulisan biasanya kita akan mendapat ide dari tulisan-tulisan yang kita pernah baca.

Jadi tertarikkan untuk menjadi seorang content writer karena peluangnnya masih sangat besar dan terbuka luas selama dunia digital ini masih menguasai,  banyak perusahan yang mempunyai website, kadang  tidak mempunyai penulis-penulis yang handal dikantornya, disanalah kita bisa ambil sebagai celah, untuk mengajukan diri. atau kita juga bisa menjadi tenaga freelance media cetak/online,perlu diingat gunakan media sosial secara bijak karena bisa jadi clien-clien diluar sana mengamati seluruh akunt media yang kita punya.










4 comments:

  1. boleh nih ya approach ke member CNI buat ngurusin blog supaya memasarkan produk CNI lewat online.

    ReplyDelete
  2. CW menjanjikan banget kalo mau ditekuni. Banyak banget lahan yang bisa digarap untuk CW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas,, yuk kita fokus dan berani coba kali aja ada yang lirik

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,