Tuesday, 3 October 2017

"Tribute to" Batik Indonesia




Bagian terbaik dari sebuah warisan adalah bagaimana ia menjadi jati diri yang dibanggakan dan terus diletarikan, itulah batik sebagai warisan budaya Nasional yang merupakan kebanggan Bangsa Indonesia, Batik adalah merupakan budaya asli Indonesia yang saat menjadi busana khas dari negara Indonesia. Batik tidak hanya sekedar kain tradisional dengan beragam corak. Didalam batik juga mengandung sejarah dan nilai – nilai tradisi dari bangsa Indonesia yang sangat berharga. Jika dibandingkan dengan kain – kain biasa batik lebih memiliki nilai seni yang sesuai untuk semua kalangan.

Kain batik digunakan sebagai pakaian yang umumnya dipakai ketika ada acara formal. Kain Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Sejak 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia. Pengakuan internasional mebuat bangsa Indonesia bangga akan budaya batik dan tetap melestarikan keberadaan batik dengan semakin luas di Nusantara. Batik merupakan budaya yang berasal dari tanah Jawa yakni Yogyakarta dan akhirnya menyebar keseluruh daerah Jawa Tengah seperti Pekalongan, Magelang, dan daerah lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman busana batik semakin muncul dengan berbagai jenis corak dan juga desain pakaian yang cantik dan menarik.

Ibu Medina Latief CEO Pasaraya

Sejarah Batik Budaya Asli Indonesiaini berasal dari budaya Jawa yang saat itu digunakan untuk pakaian para penghuni keraton khususnya Raja. Pertama kali batik ditrmukan memang di Yogyakarta hingga akhirnya menyebar ke daerah Jawa Tengah. Batik berasal dari bahasa Jawa yaitu amba dan titik. Amba berarti menulis dan titik terknik pewarnaan malam yang menggunakan malam dengan cara di titik – titik. Menurut cerita sejarah keberadaan batik sudah dikenal pada abad lampau dan pada saat itu batik mulai dikembangkan lebih luas. membatik dulu pertama kali pada daun lontar dengan corak berupa simbol tanaman dan binatang.

Di Indonesia Batik terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan teknik pembuatan, kemudian daerah pembuat dan corak yang dibuat. Jika berdasarkan teknik pembuatannya batik dikenal dengan batik tulis , batik cap dan batik lukis. Pada batik tulis kain dihias dengan tekstur serta corak dengan menggunakan tangan dan dalam pembuatan memakan waktu lama dua hingga tiga bulan. Sedangkan pada batik cap adalah membatik dengan cara kain dihias dengan corak serta tekstur batik yang terbentuk dari cap. Sementara pada batik lukis caranya adalah dengan melukiskan corak dan tektur langsung pada kain putih.

Seperti halnya  Pasaraya yang mengadakan event setiap tahunnya yang selalu mengusung tema budaya batik dan kali ini bertepatan dengan hari batik pasaraya selaku salah satu department store terkemuka dan terbesar di Indonesia yang lebih mngedepankan karya seni tradisional dan kerajinan mengusung tema “Pasaraya Tribute to Batik Indonesia” dengan  mengedepankan kali ini Batik Kontemporer yang hendak diperkenalkan pada pasar milineals,

FS Batik Kontemporer

Acara ini berlansung dari tanggal 2 – 8 Oktober 2017 dari pukul 10;00 – 22;00. Kegiatan ini menyuguhkan beberapa acara selain fashion show , ada workshop, loma-lomba yang berkaitan dengan batik juga acara live musik.

Mengapa pasaraya kali ini mengusung tema batik kontemporer? karena motif ini menjadi salah satu jenis yang paling diminati dalam beberapa bulan terakhir, dikalangan designer batik kontemporer ini bukan hanya kemeja, atau kain kebaya, tapi diubah menjadi design yang fasionable yang sangat menarik. Kata Ibu Medina Latif selaku CEO pasaraya.

Batik kontemporer merupakan modifikasi dari motif yang telah ada, seperti gabungan antara motif parang dan klithik atau improvisasi dari motof sekar jagad. Biasanya batik ini diterapkan pada busana batik dengan model yang agak rumit, namun kini lebih mengikuti keinginan masyarakat.

Harapan dari kegiatan Tribute to Batik ini akan semakin memperkenalkan dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik, terutama dari kalangan anak-anak sampai usia dewasa.

7 comments:

  1. Batik salah satu kebanggaan bangsa kita y mba... Jngn sampai d akui pihak lain mk harus benar2 d lestarikan y

    ReplyDelete
  2. Ane Baca ini jadi tahu artinya batik. Nongkrong yuk ke pasaraya

    ReplyDelete
  3. Bangga pakai Batik, setiap tahun di bomingkan membuat generasi muda tidak lupa akan produk negeri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy model n corakny jg skarang bagus jd suka pakai batik kliatan elegant aj

      Delete
  4. Batik kini cuttingnya mulai mengikuti perkembangan jaman dan pasar. Makin keren dan bikin bangga kl pakai batik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy dulu sempet gk suka batik krn model nya gitu2 Aja to skarang vjd modi's bngt Dan fashionable pokonya cinta sm batik

      Delete
  5. Aku suka banget sama kain batik, meski memang semenjak memutuskan bergamis sudah mulai jarang pakai batik. Tapi kayanya mau mulai menjahit kembali kain-kain batik kolleksi aku biar selalu pakai rok batik saat keluar rumah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,