Thursday, 16 November 2017

Memilih Obat Generik Sebagai Langkah Kesembuhan, dan Kemasan Biru HjGenerik



Sehat adalah segalanya, aktifitas apapun bisa  kita lakukan jika dalam keadaah sehat. Sungguh sehat itu mahal harganya dan tidak dapat dinilai dengan uang seberapa besarpun. Lalu bagaimana jika kita jatuh sakit? Iya,,, salah satunya pasti pergi ke dokter untuk mengobatinya. Dan untuk sembuh biasanya kita diberi resep untuk menebus obat Dan sebagai ibu hematpun saya lebih memilih obat generik yang tentu harganya jauh lebih murah ketimbang obat paten.

Nah,,, kali saya akan menceritakan tentang kunjungan saya ke Pabrik obat di daerah Cikarang yang khusus memproduksi “Obat Geberik” tepatnya di PT, Hexpharm Jaya (HJ) anak dari PT. Kalbe Farma Group. 

Tentang PT Hexpharm Jaya

Pabrik  yang berdiri pada tahun 1971, secara khusus bergerak dalam bidang pengembangan, produksi, dan pemasaran obat. Dan masuk kedalam 20 perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan termasuk juga 3 perusahaan fasrmasi generik terbesar di Indonesia. 

Bapak Parlindungan DS Site Head PT Hexpaharm Jaya

Pada tahun 2002 membangun pabrik di daerah kawasan EJIP Cikarang  Dengan misi ingin membangun masyarakat yang lebih sehat, HJ menyediakan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, dengan tetap mempertahankan mutu mulai dari pengembangan hingga proses produksinya. Hal ini didukung dengan semangat pelayanan dan integritas yang tinggi, serta melalui proses perbaikan yang berkesinambungan, sehingga dapat menciptakan produk-produk kesehatan yang bermanfaat dan berkhasiat bagi masyarakat Indonesia.

Dengan misinya itu ketika saya di ajak mengeliling pabrik secara tidak langsung membuat saya berdecak kagum atas sistem dan manajemen dalam pengolahan awal obat sampai pengemasan semuanya diatur serba automaticly dan dijaga kebersihannya juga setiap ruangan sangat dijaga suhu kelembabannya sampai arah mata anginpun  dibuat satu arah agar obat tidak terkontaminasi oleh debu ruangan. Dan ketika berada di ruang penimbangan obat, jika beda timbangan 0.0 sekian milipun obat tidak akan diproduksi. Takarannya harus pas sesuai standar yang telah ditetapkan.

Mesin-mesin yang digunakan untuk produksi didesain sesuai  dengan tekhnologi terkini sesuai spesifikasi yang ditetapkan oleh Good Manufacturing practice. Mesin dirawat dan dijaga kebersihannya sehingga membuat mesin bertahan lama dan hampir semua mesin produksi berasal dari dalam negri (buatan Indonesia) dan hanya satu mesin buatan Jerman. mungkin itu salah satunya yang membuat harga obat generik lebih murah ketimbang obat paten. Karena biaya produksi terbantu dengan bertahannya mesin.

Perlu diketahui ya,,, untuk membuat  obat generik ini perusahaan tidak perlu membeli hak paten selama 20 tahun yang berdasarkan Jaminan pemerintah, namun tetap dalam pengawasan  melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM). Salah satunya lewat instrumen sertifikat CPOB (cara pembuatan obat yang baik). Melalui sertifikasi CPOB terhadap pabrik obat, Badan POM memastikan pabrik tersebut memenuhi berbagai persyaratan ketat yang harus dipenuhi dalam memproduksi obat. Jadi, obat yang diproduksinya berkualitas, memiliki tingkat efikasi (manfaat) yang tinggi, serta aman.

Kemasan baru obat generik HjGenerik

Ada tiga jenis obat yang beredar di Indonesia. Ketiganya ialah obat paten, obat generik bermerek, dan obat generik berlogo (OGB). Obat generik, baik yang bermerek maupun berlogo, merupakan tiruan dari obat yang telah habis masa patennya. Saat diproduksi satu perusahaan dan diberi nama oleh perusahaan tersebut, jadilah obat itu menjadi obat generik bermerek (branded). Jika obat tersebut diberi nama sesuai dengan zat aktif yang dikandungnya, jadilah obat generik berlogo (OGB). Dan OGB merupakan program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan akan obat yang berkualitas dengan harga terjangkau. Dan juga salah satu tujuan dalam memproduksi obat generik ini juga untuk menyukseskan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), Menurut Bapak Parlindungan selaku Site Head PT. Hexpharm Jaya. seiring dengan berjalannya program JKN, kebutuhan obat terus meningkat. Terlebih nanti pada 2019 ketika semua penduduk Indonesia wajib tercakup sebagai peserta BPJS Kesehatan selak penyelenggara JKN.

Bisa diambil kesimpulan PT. Hexpharm Jaya telah menerapkan sistem

Sistem Yang Handal  : Good Manufucturing Practice yang terkini dengan standarPIC/S
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 ; 2015
Sistem kesehatan dan  keselamatan kerja OHSAS 18001 ; 2007
Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 ; 2004
Lean Manufacturing dan Total Productivw Management (TPM)

Infrastruktur Yang Handal, mesin-mesin yang digunakan diproduksi sesuai dengan teknologi terkini sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Good Manufucturing practice.
Fasilitas laboratorium yang menunjang pemeriksaan produksi baik sebelum, selama dan setelah proses produksi yang dilakukan.
Sistem Penunjang seperti HVAC. PWG, Clean Steam, IPAL, yang menjamin proses produksi yang berjalan sesuai speks, dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan

perlengkapan ketika mengelilingi pabrik PT. HJ
foto by Alida

Keliling Pabrik HJ.

Setelah mendengarkan tentang riwayat PT. Hexphram Jaya dan bagaimana  dari Bapak Parlindungan dan keterangan bagaimana tubuh menyerap obat generik dari Dr. Artati,  kita juga diajak keliling pabrik,  Ketika memasuki ruangan dari alas kaki, baju khusus yang dikenakan harus steril juga menggunakan penutup kepala dan masker. sampai masuk ruanganpun tangan harus dibersihkan dulu.

Kemudian tidak diperkenankan membawa barang yang berbau logam di tubuh, (perhiasan yang ada harus dilepas) semua proses itu dilakukan agar terjaga standarisasi, dan kualitas obat yang diproduksi.

salah satu mesin produksi PT. HJ


Ruangan Qualiti Control (QC)  pada ruangan ini kita diterangkan bagaimana proses QC semua obat diuji samplenya, sampai memenuhi standart obat yang telah ditentukan,dari mutu hingga tidak ada obat terkontaminasi oleh benda apapun termasuk air.

Ruangan Produksi. nah ,, ditempat ini kita menyaksikan mesin-mesin produksi yang berkualitas dan hamper 90% mesin ini di produksi di dalam negri. Dan hanya satu buatan Jerman seperti yang telah saya jelaskan diatas. Selain itu juga ada mesin yang didesain khusus  yang bisa mendeteksi langsung jika ada  kesalahan dalam pengemasan obat.

Setiap ruangan ini ada pengatur kelembaban suhu dan ada hexos fan yang mengatur suhu juga sirkulasi udara.

mesin kemas automatic


Beralih ke Obat Generik

Begitu melihat semua proses obat , yang menurut saya begitu rumit karena benar dijaga mutu dan kwalitasnya agar sesuai dengan standar dari pemerintah mulai saatnya kita beralih ke obat generik yang ternyata memang semua prosesnya tidak asal atau sembarangan.

Mengapa Harus HJ Generik ?

  • Sudah memenuhi standar produksi yang ditetapkan pemerintah
  • Setara dengan obat paten
  • Terjamin kwalitasnya
  • Diproduksi di pabrik yang modern
  • Memilik rangkaian produk generik yang lengkap


obat dilakukan pengujian

Kemudian ada tips JELI ketika membeli obat generik

  • Jelas produsennya, pastikan diproduksi oleh pabrik farmasi yang tersertifikasi CPOB, berpengalaman dan terpercaya
  • Efektif Khasiatnya, kualitasnya setara dengan obat paten
  • Lihat kemasannya, pastikan dalam keadaan terkemas dengan baik dan lengkap informasinya
  • Ingat belinya ditempat yang resmi, untuk memastikan kualitas dan melindungi dari obat palsu


Nah,, untuk memudahkan kita mengetahui obat generik yang berkualitas paten dan di produksi oleh PT . Hexpharm Jaya. Obat generik dikemas dengan kemasan baru berwana BIRU yang sebelumnya berwarna putih. Dan pastikan berlogo HJ.


Jadi dari keterangan diatas mudah-mudahan ada manfaatnya bahwa menggunakan obat generik jika kita sakit sudah tidak diragukan lagi baik kwalitas ataupun mutunya karena benar sesuai standar dari Pemerintah.

foto didepan PT Hexpharm Jaya

16 comments:

  1. Bener2 proses oembuatan obat generiknya profesional banget ya. Kualitas dijaga sekali. Hebat iih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ade pengalam luar biasa bisa melihat langsung pembuatannya

      Delete
  2. Seneng banget bisa langsung melihat proses produksi obat di HJ. Dijaga bener ya lokasi pembuatan obatnya, jg mesin2nya canggih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pengalaman baru ternyata mendetail pembuatannya dari kebersiahan, suhu, ruangan juga mesinya

      Delete
  3. Semoga Indonesia juga bisa bikin mesin yg kyk mesin bikinan Jerman itu ya mbak Utie aamiin :D

    ReplyDelete
  4. Karena menggunakan mesin mesin canggih dan dirawat dengan baik maka ikut kurangi biaya produksi ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba,, produksi biayanya bisa berkurang karena mesin terawat

      Delete
  5. Eh kabarnya nggak semua mesin buatan luar ya? Seru banget ada dalam pabrik ini. Apalagi bajunya hahaha mirip astronot tinggal melayang. Sukses HJ dengan kemasan barunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba ngga kalah kok buatan Indonesia sama Luar bisa terbukti lagi kwalitas yang dihasilkan sperti obat generik Hj ini

      Delete
  6. Sekarang jadi makin yakin ya kalau obat generik sama kualitas nya dengan obat paten

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget dari kualitasnya ngga kalah dari obat paten

      Delete
  7. Pabriknya bagus, mesinnta canggih. Ga ragu lagi pake obat generik. Ga asalwan loh bikinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener baru tahu pengalamnya dan lihat langsung prosesnya ribet ternyata penuh ketelitian

      Delete
  8. Jadi tahu proses pembuatan obat generik..Thanks infonya Mbak!
    Kemasan obat biru dan ada logo HJ..noted!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba proses sangat teliti banget dari penimbangan, kuality controlnya sampai pengemasan steril banget

      Delete
  9. Generik dan obat paten sama ya, bu, kandungannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,