Monday, 15 January 2018

Rafting di Sungai Elo Magelang



Rafting di Sungai Elo, haha,,,, sebenarnya ini dadakan karena menghadiri sahabat kuliah yang mau nikah ceritanya begini kami berlima bersahabat semenjak kuliah semester satu, dan ke 4nya ini anak rantau,  ada yang dari Jogjakarta, Magelang, Bandung dan Surabaya masih sekitar jawa sih, tapi ya tetep saja rantau karena jauh dari orang tua. Kami 3 cowok dan 2 cewek punya nama genk xyz, itupun terbentuk karena 1 kelompok ngerjain tugas kuliah bareng dan akhirnya jadilah cocok.

Nah,,, Septi ini dua bulan lalu menikah,, yah karena memang sudah lama ngga bertemu akhirnya kita janjian untuk kasih surprise datang bersama ke acara pernikahannya. Haru birulah suasananya karena hampir 6 tahun tidak ketemu, dan mau ngga mau setelah acara pernikahan,  pengantin ini akhirnya jadi tour guide seputaran Magelang. Dan pada akhirnya Rafting di Sungai Elo jadi pilihan, mengenang masa kuliah kita berlima ini bisa dikatakan “anak gunung” karena ngga bisa diam kalau weekend, pasti traveling walau masih seputuran pulau Jawa.

Sungai Elo mempunyai jarak 12 km, dengan waktu wisata arum jeram sekitar 2,5 jam – 3 jam untuk mengarungi panjangnya track di sungai Elo, sungai ini mempunyai tingkat keekstriman arus aliran sungai yang berbeda-beda. Tapi jangan khawatir yang tidak begitu bisa berenang seperti saya. Aliran arus sungai Elo ini cukup mudah ditaklukan. Kata guidenya sih sungai elo ini adalah jeram-jeram termasuk kelas 2 sampai dengan 3, artinya mempunyai kelas jeram-jeram yang memiliki tingkatan bahaya yang rendah.

Oh iya  untuk rafting di sungai elo ini kisaran harga  Rp 750.000,- sampai Rp. 1.500.000,-  dan itu sudah all in termasuk peralatan lengkap mulai dari helm, rompi pelampung, dayung, paket konsumsi dan jika ingin diabadikan melalui foto atau video hanya menambah uang sekita Rp 100.000 an. Sebelum berangkat biasanya kita dibriefing mengenai teknis-teknis kesalamatan saat berada di sungai nanti.

arusnya sungai elo keren banget  foto Tya

Beneran deh di sungai ini cocok banget untuk berwisata meniktmati keseruan sungai. Nanti ditengah perjalan biasanya kita diajak berhenti di pos peristirahatan di suguhkan kelapa muda beserta makanan ringan khas tradisonal. Setelah finish tepatnya di Jembatan besar kita akan di jemput mini bus kembali ke pos pertama, untuk makan siang sekaligus bersih-bersih.  Oh iya startnya ini mulai dari candi Mendut.

Walaupun Basah-basah pokoknya dijamin seru, dan pemandunya keren banget sudah paham celah sungai elo ini walaupun kita banyak teriaknya ketimbang dayungnya, mas guidenya jadi ikut teriak dan ketawa-ketawa seru pokoknya jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Waktu itu kami memakai jasa rafting CitraElo Rafting, ramah banget pelayanannya makan siang yang disediakanpun enak, mungkin karena tenaga terkuras jadi bawaanya laper juga. Perlengkapan yang mereka punya sudah memenuhi standart internasional.


start foto by Tya

Pokoknya Sungai elo adalah salah satu sungai yang sangat ideal untuk berwisata arung jeram di kawasan Magelang, karena karakter aliran dan banjir yang relatif stabil dan relatif aman untuk diarungi baik di musim kemarau atau musim hujan.  Sungai Elo berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Paket wisata arung jeram sungai elo ini tersedia di semua musim, baik musim panas atau hujan.


xyz rafting sungai elo foto Tya
Tapi yang paling enak berarum jeram sih antara bulan November – Januari airnya agak banjir karena pengaruh musim penghujan.  Berarum Jeram atau rafting ini bisa jadi pilahan bareng keluarga, sahabat juga tetapi jangan mantan ya.

Info dan Reservasi
CitraElo Rafting – Arung Jeram Magelang
Jalan Raya Mendadut – Sendangsono km 0,2
Borobudur, Magelang, Indonesia Ph 0293. 788. 435

Semoga bermanfaat ya...



8 comments:

  1. seru banget, mba!! aku pernahnya yg di dufan :v jaraknya pendek-ngga puas.. jadi pingin rafting di sungai yg deras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuks Annafi kapan-kapan kita rafting bareng, seru banget memang

      Delete
  2. Seru ya, tp saya mah serem soalnya ga bisa berenang hehe

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. yuks kita ngetrip bareng, kapan2 kita bikin skedule ya kalau ketemua

      Delete
  4. Waaa kok kayaknya serem tapi seru. Eh tapi ini bukan termasuk lintas yang bahaya banget ya. Kayaknya bakalan seru teriak2 di tengah sungai gini, haha...

    ReplyDelete
  5. Ihhhh udah lama bgt ga rafting. Trakhir rafting di sungai citarik sukabumi, itu aku baru aja 3 bupan lahiran hahahaha.. Saking stressnya ga bisa ngapa2in, nekad lgs main rafting.. Dan seruu yaaa.. Pada dasarnya aku memang suka permainan yg beradrenalin gini :D.

    ReplyDelete
  6. Aku udah dua kali rafting dan suka banget. Mau ah kapan-kapan rafting lagi bersama keluarga :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,