Monday, 22 January 2018

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo Jogjakarta




Travelling kali ini masih berlanjut  setelah kita rafting di sungai elo Magelang mumpung kumpul dan  masih ada hari libur akhirnya kita berangkat lagi menuju Jogjakarta awalnya mau jalan-jalan ke Malioboro karena memang sudah lama banget tidak singgah dan menikmati malam di Jogjakarta, tetapi sampai di tengah perjalanan ada yang usul. bagaimana kalau kita ke Wisata Alam Desa Kalibiru Kulonprogo?

Dan akhirnya dari stasiun wates kita menyewa kendaraan online menuju Kulonprogo, ternyata perjalanan lancar, tidak lebih dari 1 jam kita sudah sampai di tempat,  perjalanan yang kita lalui ini penuh dengan tanjakan serasa turun naik bukit, jadi kalau mau ke Kalibiru menggunakan mobil pribadi, kendaraan kondisinya harus benar-benar prima untungnya mobil yang kita sewa sudah sering ke Kalibiru jadi drivernya cukup handal.  

Kalibiru adalah objek wisata alam paling terkenal, populer dan nge-hits di Kabupaten Kulon Progo, dalam beberapa bulan terakhir ini. Benar juga sesampai di kalibiru mata kita dimanjakan dengan hamparan pemandangan yang indah luar biasa, masyaAllah mulut tiada henti berdecak kagum, semakin terasa kecil diantara ciptaanNya yang begitu sempurna, yang suka ketinggian cocok ini dijadikan tujuan. Tiket masuknya cukup murah yaitu :

Rp 5.000/orang (hari biasa)
Rp 10.000/orang (akhir pekan, weekend)
Rp 5.000/orang (retribusi Waduk Sermo)

pemandagan dari atas 

Dan untuk biaya parkirnya pun murah hanya Rp 5000,- untuk mobil. Karena kita kesana pada saat weekday jadi tidak terlalau ramai dan untuk naik keatas tidak perlu antre. Konon katanya jika hari libur antriannya cukup panjang, untuk naik ke atas ada beberapa spot yang ditawarkan papan berbentuk kotak, hati ,, nah untuk mengambil spot foto diatas cukup dikenakan biaya sebesar Rp 15.000/orang dan tarif tersebut sudah termasuk fasilitas alat pengaman selama berada di atas pohon.

Spot foto diatas pohon pinus ini sebenarnya agak ngeri, bagi yang punya phobia ketinggian seperti saya, ngga mungkin dong kalau sudah samapi disini terus tidak naik ketas, hitung-hitung  ini sebagai obat terapi, mesti deregdeg entahlah itu istilah apa, tapi terbayar dengan pemandangan liuk indah Waduk Sermo dibingkai perbukitan Menoreh yang memanjakan mata.

Waktu kesana semesta mendukung sekali hari yang cerah dan gumpalan awan , langit biru menjadi semakin sempurna . apalagi jika ingin menikmati senrise dan sunsite kata Mas Bayu petugas yang membimbing  kita naik keatas pemandangannya lebih indah. Cahaya kemasan dari sinar matahari dan kabut jadi satu dan  kalau senja warna langit dan waduk menjadi kuning keemasan,,, disini ada kok penginapan harganya cukup murah hanya Rp 120.000/kamar. Pintar sekali deh promonya, membuat kita menimbang-nimbang untuk lebih lama di Kalibiru ini.

kalibiru


Selain spot foto di atas pohon pinus ada juga paket wisata outdoor Rp 35.000/orang, mendapatkan fasilitas climbing, sling1, spider web, flying fox, dan wooden bridge. Intinya di Kalibiru ini yang suka ketinggian dan keindahan bisa dijadikan alternative untun tujuan refresing bersama keluarga ataupun teman. Dan kalau sudah kesini kepinginya berlama-lama duduk diatas dan menikmati suguhan pemandangan yang indah.

Mudah-mudahan bermanfaat ya, dan bisa dijadikan tujuan traveling, benar deh kalau sudah ke Kalibiru pasti ketahigan untuk balik lagi.






4 comments :

  1. Cantik banget pemandangannya, mbaa. Semoga makin banyak tempat wisata alam seperti ini ya ^^

    ReplyDelete
  2. Cakep viewnya. Aku suka wisata alam sih. Liburan kemarin belum sempat kesini. TFS ya. Yogya selalu bikin kangen.

    ReplyDelete
  3. Bagus banget, udh lama bgt ga ke jogja, klo ke jogja lagi wajib ke kalibiru hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku dan suami lebih suka jalan ke pegunungan begini mba daripada kelaut. Mikirnya kalau laut udah panas aja.. klo gunung kan panas pun tetap dingin. Udaranya... Ya kan mba heheh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,