Monday, 17 December 2018

Tips Rencana Liburan Bersama Keluarga



Assalammualaikum…

Sudah pembagian raport anak-anak berbarengan juga dengan libur besar natal dan tahun baru artinya tiba liburan panjang. Terus punya rencana kemana nih  teman untuk liburan?. Tahun kemarin kebetulan saya pergi liburan ke puncak bersama keluarga besar suami. Nah sekarang maunya liburan ke kota Jogjakarta lanjut ke Cirebon kerumah ibu. Hanya dengan keluarga inti saja.

Liburan bersama keluarga ini menjadi agenda rutin buat saya , selain bisa refreshing dari kegiatan sehari-hari, travelling juga bisa mempererat bounding/kedekatan. Pastinya banyak cerita dan pengalaman seru, yang akan berkesan dan tentunya akan diingat seumur hidup untuk anak-anak dan jadi happytirp tentunya. Ada beberapa tips rencana liburan bersama keluarga yang sudah susun jauh-jauh hari.

Tips Recana Liburan Bersama Keluarga

Tentukan tujuan liburan  
Seperti yang sudah saya katakan diatas tujuan liburan kali saya akan pergi ke Jogjakarta, menginap beberapa hari di hotel pusat kota dan mengajak anak-anak untuk melihat cagar budaya disana. Anak-anak belum pernah explore disana sebelumnya. Kemudian berkunjung kerumah ibu saya di Cirebon untuk seminggu kedepan. Liburan ini jarak dekat saja agar anak-anak juga tidak merasa jenuh diperjalanan.

Walaupun ada sih ,sebagian keluarga memilih melakukan liburan secara spontan. Meskipun ada keseruan tersendiri dalam gaya liburan seperti ini, namun merencanakan liburan dari jauh-jauh hari juga memberikan keuntungan sendiri. Salah satunya adalah memberikan kita banyak waktu untuk mempersiapkan rencana liburan dengan matang. Dengan melakukan perencanaan, kita bisa mempelajari detail objek wisata yang akan dikunjungi, termasuk lokasi wisata, fasilitas pendukung, jam operasional hingga harga tiket masuk. 

Bisa lebih menghemat biaya
Menyiapkan rencana liburan dengan baik ternyata juga membawa keuntungan bagi kantong kita. Memesan tiket perjalanan baik itu pesawat ataun kereta. Harga tiket jauh lebih murah dibandingkan ketika memesan tiket pada hari libur. Selain itu, liburan yang sudah terencana dengan baik memudahkan kita untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan. Kalaupun ada pengeluaran di luar rencana, kita  sudah bisa memprediksinya.

Cari kegiatan yang menyenangkan Menyenangkan
Karena kebetulan anak-anak sebelumnya belum pernah explore ke Jogja, beberapa tempat yang akan saya datangi seperti Candi Borobudur, Prambanan, Mendut, jalan-jalan ke Malioboro dan akan mampir ke Kalibiru kulonprogo.

Bawa semua perlengkapan yang dibutuhkan
Bagi anak-anak kenyamanan adalah nomor satu. Jangan lupa membawa berbagai perlengkapan khusus mereka, mulai dari obat-obatan. Baju renang, topi dan beberapa pakaian ganti. Walaupun nanti terkesan lebih banyak. Akan tetapi bisa lebih hemat dibandingkan membeli pakaian di tempat wisata. Saya biasanya membiarkan anak-anak untuk memilih pakaian favoritnya agar mereka nyaman.

Pilih hotel yang cocok untuk keluarga
Biasanya saya memilih hotel yang cocok untuk keluarga adalah hotel yang dilengkapi fasilitas ramah anak. Oleh karena itu, biasanya saya memilih yang dilengkapi kolam renang khusus anak, taman bermain, kamar keluarga, atau menyajikan pilihan menu makanan untuk anak.   Selain punya fasilitas lengkap, pilihlah juga hotel yang tidak memberatkan kantong.

Dan terakhir adalah perlindungan selama perjalanan yaitu dengan HappyTrip
Walaupun sudah terencana dengan sedemikian matang kita tidak tahu akan yang terjadi nanti ketika liburan, entah itu kehiangan bagasi di bandara atau kejadian yang tidak mengenakkan akan tertajdi. Tapi semuanya akan teratasi jika sudah ada asuransi perjalanan dari Happyone.id yang semuanya lengkap meliputi
  • Pembatalan dan perubahan perjalanan
  • Biaya medis kecelakaan
  • Keterlambatan penerbangan
  • Jaminan bagasi dan barang pribadi


Semoga tips diatas bermanfaat ya. Selamat berlibur bersama keluarga tercinta, manfaatkan waktu yang untuk dekat dengan keluarga terutama anak-anak tercinta




52 comments :

  1. Biasanya kalau mau liburan akhir tahun begini persiapan mesti banyak karena semua biasanya kepengen liburan terutama hotel dan tempat wisata. mesti bener bener telita ya kak. oh yaaa... jangan lupa asuransi perjalanan sih ya

    ReplyDelete
  2. Liburan itu memang harus preparenya mateng ya mak, biar aman nyaman deh keluarga kalau ada apa apa juga ada solusinya pun doanya selamat pas jalan dan sampai rumah lagi ya

    ReplyDelete
  3. Sementara ini masih dirumah aja nih mba.. anak-anak sudah libur, tapi bapaknya masih banyak tugas.. setuju mba, agar liburan aman dan menyenangkan harus ditambah dengan proteksi diri dengan asuransi perjalanan juga ya

    ReplyDelete
  4. Musim liburan sudah banyak perencanaan destinasi wisata mana yang akan dikunjungi, jangan lupa memang buat lengkapi dengan asuransi perjalanan, biar asyik traveling nya

    ReplyDelete
  5. Akhir tahun, keluarga besarku sudah mengajak untuk menginap bareng di sebuah villa di anyer dan bareng-bareng jalan wisata. Semoga terencana. Persiapan-persiapa sejak dini memang membantu. Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete
  6. Tadinya akhir tahun ini merencanakan liburn jg tapi ga jadi deh...nunggu liburan usai aja deh awal tahun baru biar ga penuh..

    ReplyDelete
  7. Udh lama gk ngetrip jauuh, aku malah naksir sama happyhome nya deh nba. Hehe

    ReplyDelete
  8. Eeh, akhir th nanti rencana mudik ke Lampung, bisa jg kayaknya deh utk ambil asuransi HappyTrip yaa

    ReplyDelete
  9. Liburan menyenangkan. Jaga jaga lebih baik daripada tidak ada pelindungan saat liburan dan selama terjadinya kecelakan.

    Tips sangat berguna apalagi sebentar lagi dekat dengan liburan akhir tahun

    ReplyDelete
  10. Pengin banget liburan kemana gitu yang jauh, tapi masih di Indonesia aja sih penginnya.
    Akhir tahun kemana mba?

    ReplyDelete
  11. Auransi perjalanan emang penting hehe soalnya kita gak akan tau apa yang bakal terjadi selana perjalanan hehehe. Kaya mya next trip bisa nih nyobain HappyTrip.

    ReplyDelete
  12. Ternyata ydah waktu liburan sekolah ya? Belum denger dari cucu2 nih. Wah, mau bikin rencana ah, kl anak2 mau liburan ke Villa di desa bukan di hotel2 kota biar terasa asrinya.

    ReplyDelete
  13. Penting nih, perlindungan bagi diri sendiri dan juga keluarga selama diperjalanan. Untung dirimu udah punya happyTrip ya :)

    ReplyDelete
  14. Mbaaaa, itu fotonya keren amat, ada gunung, ada jalan yang mengecil.
    Kayak lukisan saya waktu SD hahaha.
    Jadi kangen kampung halaman deh, pengen mudik, butuh suasana seger kayak gini.

    Perlindungan di mana saja itu penting ya mba, terlebih perlindungan saat berlibur.
    Keren banget kalau udah punya happyTrip.
    Liburannya bakalan happy terus deh :)

    ReplyDelete
  15. Sejuk banget tempatnya Mbak, Ternyata jalan-jalan juga ada asuransinya jadi terlindungi Makasih mbk infonya

    ReplyDelete
  16. aku kayake liburan ini gak kemana mana nih mba. karena aku gak santai banget suai juga banyak kerjaan hiks

    ReplyDelete
  17. Liburan akhir tahun 2018 ini bisa dipastikan aku nggak liburan kemana-mana. Padahal pengen banget liburan ke Jogja pas akhir tahun 2018 ini.

    ReplyDelete
  18. tempat menginap apalagi yg ada anak kecil kyk aku wajib diperhitungkan jg. Kalau cuma org dewasa sih ngemper2 gpp asal travelingnya puas hehe

    ReplyDelete
  19. Wah senengnyaaa ngetraveling bareng keluarga pas libur akhir tahun pisan. Ah jd pgn mbaakk. Tp ini blm bisa. Doakn thun dpn bisa yak.

    ReplyDelete
  20. Pertanyaan yang paling sering ku dengar, mau liburan ke mana? Hihi pengennya sih mendaki gunung gitu. Tapi e tapi, cuacanya lagi ekstrem, cocok nih pake Happy Trip ��

    ReplyDelete
  21. terima kasih atas tips dan infomrmasinya, mbak..selamat berlibur

    ReplyDelete
  22. bener banget liburan itu perlu perencanaan. Soalnya, kalau nggak dihitung2 di awal, pengeluaran bisa membengkak

    ReplyDelete
  23. Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba.. Hore.. Hore.. Horee. Jd inget lagu tasya kamila setiap hawa libur gini deh. Met libur ya mak utie

    ReplyDelete
  24. Betul banget mba, kalau liburan sudah direncanakan jauh2 hari, lebih bisa ngirit dan stick sama budget. Beda sama liburan dadakan dan beli2 go show gitu yaa

    ReplyDelete
  25. Sepakat mba, proteksi selama liburan juga penting yaa.. biar bisa berlibur dengan hati tenang, apalagi kalau bawa anak-anak. Selamat berlibur yaa mba :)

    ReplyDelete
  26. Wah asyik jadi kalo tiba2 batal berangkat krn sakit uang bisa kembali?

    ReplyDelete
  27. Jadi dapat senangnya plus dapat tenangnya juga

    ReplyDelete
  28. yang belum aku fikirkan adalah asuransi perjalanan mba hehehe kalau untuk semuanya selalu dipersiapkan matang

    ReplyDelete
  29. Merencanakan liburan dengan anak-anak juga suka saya lakukan. Kan, biar sama-sama senang jalan-jalannya. Selamat liburan, Mbak :)

    ReplyDelete
  30. Nah ini aku kayaknya belum pernah terpikirkan.
    Biasanya cuma asuransi perjalanan dari airline saja yang sering aku beli.
    Yang untuk delay, kerusakan bagasi, pembatalan pesawat dll

    ReplyDelete
  31. Makin aman dan nyaman kalau ada perlindungan selama perjlanan ya & liburan pun makin seru

    ReplyDelete
  32. Wah libiran happy nih kalau delay dpt ganti rugi dari happy begitu kah? Preminya terjangkau ya..

    ReplyDelete
  33. Mari berlibuuurr~
    Happy trip membuat liburan menjadi lebih berkesan dan makin tenang.

    ReplyDelete
  34. Trip dengan keluarga memang beda banget dengan solo trip yang bisa serba spontan, ya. Trip keluarga harus ada perencenaan supaya semua nyaman.

    ReplyDelete
  35. Kalau saat libur panjang harga tiket memang melonjak utk jalur kereta paling ke sisa yg mahalnya
    Melakukan perjalanan bersama keluarga memang harus diterapkan ya mba, utk menjalin kedekatan dan keakraban satu dan lainnya

    ReplyDelete
  36. Pass aku lagi bingung mau ngapain liburan sama anak anak. Ada tips ini membantu banget buat merencanakan liburan berpaedah hehe makasih ya mama utie

    ReplyDelete
  37. Kalau liburan masih suka dadakan tanpa rencana nih, padahal bagus banget ya kalau lebih terencana sehingga bisa hemat juga, makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  38. Liburan bersama keluarga selalu dinanti lebih2 bagi yg ldm
    Btw aku jg suka ngerencanainny detail mb meski cuma liburan biasa

    ReplyDelete
  39. Wahh bulan ini memang bulan liburan yah mba, tapi yah itu harus disiapkan jauh-jauh hari karena kadang klo mendadak semua harga pada naik yah mba.. selamat berlibur mbak...

    ReplyDelete
  40. Aku baru mau berangkat ke Garut besok Minggu. Nyelesein semua deadline dulu baru bisa tenang liburannya.

    ReplyDelete
  41. kalau dengan keluarga itu kebayang rame dan seruuu aja ya Mba..plus banyak cerita or berantemnya hehehe

    ReplyDelete
  42. Pas banget tips nya buat yg mau liburan kyk aku nih. Hepi liburan ya mbaak

    ReplyDelete
  43. Wah, pas-pas nih liburan akhir tahun. Saatnya beli produk asuransi yang bisa cover risiko liburan, ya

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah, ada jaminan bagasinya juga ya ternyata si happytrip dari happyone. Suka khawatir aja klo bepergian dengan barang bawaan di bagasi. Suka baca bagasi pada hilang itu sungguh bikin parno.

    ReplyDelete
  45. Makasih tipsnya kak, aku memang ada rencana liburan sama keluarga nih

    ReplyDelete
  46. Menentukan tujuan di awal itu wajib banget buat bikin budget listnya. Jangan sampai kelewatan dan bikin kantong jebol

    ReplyDelete
  47. Wah selamat liburan ya mbak, semoga perjalanannya menyenangkan dan anak-anak hepi. Aku rencana mau ambil Happy trip kalo traveling keluar negeri tahun depan

    ReplyDelete
  48. Selamat berlibur.. aku libur ini malah belum bisa kemana2 nih.. hehe...

    ReplyDelete
  49. Saya liburannya malah nanti mba. Akhir tahun udah pasti padet dan mayan uga bajetnya. hehe. Tapi saya belum pernah di asuransiin sih kalo liburan, jadi ilmu baru nih. hehe. makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  50. wow liburan. senangnya yang liburan.makasih ya mbak tips nya.apalagi soal perlindungan, selama ini gak kepikiran sama sekal euyyy...tengkyu

    ReplyDelete
  51. Rencana liburan ala te Utie seru nih. Dari Jogja ke Cirebon bakal puas banget dah tuh. Apalagi sudah terlindungi asuransi happyTrip yaa. Selamat bersenang-senang*

    ReplyDelete
  52. Duuh akunya belum otw kayak orang2 nih padahal udah butuh piknik banget tapi anak2 betah mager :((

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏