Memasak Jadi Mudah dengan Rice Cooker Cosmos Harmond

Bulan ramadhan pastinya identik dengan memberikan masakan special bagi keluarga apalagi anak-anak agar tambah semangat puasanya. Dan ramadhan kini  sudah memasuki hari ke 20, biasanya memasak mulai kendor karena sibuk membuat kue untuk hari raya. Nah saya akan memberikan tips jitu bagaimana mesak jadi mudah dengan rice cooker  cosmos harmond, cepat dan hemat listrik?
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Kali ini saya akan mencoba memberikan resep memasak nasi uduk yang merupakan favorit keluarga dengan menggunakan rice cooker Cosmos karena terbukti cepat dan praktis. Nasi uduk   adalah favorit keluarga kebetulan karena suami berasal dari Betawi asli, Nasi uduk merupakan menu yang ada setiap minggunya. Bahkan kalau bukan bulan puasa Nasi uduk dibuat untuk sarapan. Jadilan Nasi uduk ini jadi favorit keluarga saya terutama anak-anak.



Lain halnya dengan Ibu saya yang tinggal di Kuningan, Jawa Barat, biasanya membuat nasi uduk dibulan Ramadhan ini dibagikan untuk orang-orang yang membangunkan sahur. Setiap 10 hari pertama, kedua dan ketiga. Dan itu selalu rutin dilakukan setiap tahunnya. katanya sebagai bentuk rasa terimakasih dan rasa syukur.


memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond


Memasak Jadi Mudah dengan rice cooker Cosmos Harmond



Teman pernah mendengan slogan “ingat beras ingat Cosmos”. Slogan itu melekat dari saya kecil hingga saya berkeluarga. Ibu saya mempunyai tempat beras cosmos dan sampai sekarang tempat beras itu masih ada, walapun usianya sudah puluhan tahun. Itu juga nih  yg jadi alasan kenapa saya memilih Rice Cooker Cosmos Harmond variant Cosmos CRJ-6288?



Cosmos CRJ-6288 merupakan rice cooker cosmos yang menggunakan  teknologi Harmond yang artinya rice cooker  tidak menggunakan bahan non stick / anti lengket untuk panci masaknya. Jadi panci Harmond itu dapat disebut sebagai “Panci Sehat” karena tidak menggunakan PFOA – aman bagi kesehatan. 

Apa itu PFOA adalah bahan kimia yang tidak bisa di urai didalam tubuh. PFOA termasuk sangat berbahaya karena bisa mentransfer bahan kimia ke janin. Selama bahan PFOA masih tetap dipakai sebagai bahan baku utama anti lengket, karena hampir semua bahan anti lengket bisa dipastikan menggunakan PFOA.

Nah dengan teknologi Harmond juga anti gores diproses dengan teknologi tinggi dengan pori-pori yang hampir tertutup rapat sehingga sekeras berlian dan tidak dapat tergores. Panci dengan teknologi Harmond ini terbuat dari bahan food grade yang tidak menimbulkan teaksi kimia/racun bagi makanan dan teknologi menjadikan panci dapat menghantarkan panas dengan lebih baik sempurna, merata sehingga lebih menghemat listrik 
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Kelebihan lain dari Cosmos CRJ 6288 ini
  • Tongolan yang mengatur sirkulasi panas untuk nasi yang lebih pulen.
  • Pada tutup ada steam hole lubang luar
  • Dew Collector penampung uap air yang menjaga panci agar tetap bersih
  • Dilengkapi dengan gelas ukur, pengukus dan sendok nasi
  • Daya masukan listrik yang hemat 400 watt
  • Selain memasak nasi Rice Cooker CRJ 6288 ini multifungi, memasak, mengukus, menghangatkan dan menggoreng
Nah kemarin saya membuat Nasi uduk lengkap dengan lauhnya untuk buka dan sahur juga tidak lupa berbagi dengan tetangga.
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Resep Nasi Uduk Betawi
Bahan-bahannya
  • Beras 1 liter
  • Santan kental dari 1/2 kelapa atau 2 buah santan siap jadi
  • Jahe
  • Salam
  • Sereh
  • Garam secukupnya
Cara membuatnya
  • Rendam beras terlebih dulu diwadah terpisah selama kurang lebih 1 jam, kemudian cuci bersih. Sisihkan
  • Masak santan kental tambahkan 2 gelas air belimbing masukkan sereh, jahe yang sudah digeprek, kemudian daun salam tambah garam sedkit, aduk terus jangan sampai santan pecah. Dan ini dilakukan di panci cosmos setelah panas masukkan beras, koreksi air jika, biasanya 2 ruas jari dari permukaan nasi. 
  • Kemudian tekan tombol ke arah cook, tunggu sampai 20 menit Nasi uduk siap dihidangkan. 
  • Atau ada juga cara lain yang santannya tidak dimasak terlebih dulu, kalau saya kenapa santan saya masak? ini dilakukan agar nasi uduk terasa lebih gurih. Bisa juga dengan cara lain yaitu setelah beras dicuci langsung dimasukan ke dalam panci cosmos kemudian tambahkan santan, jahe, sereh, daun salam dan sedikit garam. aduk didalam panci kemudian tekan tombol cook.
Biasanya nasi uduk selalu saya campur degan irisin dadar telur, ayam goreng, bihun goreng dan tempe orek kering, ditambah sambal kacang. Kalau makan ini anak-anak selalu lahab makannya.
memasak jadi mudah dengan rice cooker cosmos harmond

Oh iya 1 liter nasi uduk ini bisa untuk porsi 4 orang untuk buka dan sahur. Selamat mencoba. Dan jangan lupa jika ingin membeli produk Cosmos bisa dibeli toko elektronik terdekat, supermarket, atau e-comerce seperti lazada, tokopedia, bukalapak, shopee (Official Store Cosmos), kisaran harganya kira Rp 410.000,-

Untuk keluarga tercinta tentunya dapur menjadi jantung didalam rumah karena semua sumber yang masuk kedalam tubuh kita olah disana untuk itu sebagai ibu yang peduli dengan keshatan, tentunya harus memilih peralatan memasak yang aman dan sehat untuk keluar seperti Rice Cooker Cosmos CRJ-6288 ini. Yang membuat kita memasak jadi lebih mudah dengan rice cooker cosmos harmond dan hemat listrik lagi.






No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏