Menikmati Pagi di Jalan Malioboro Jogja

Menikmati Pagi di Jalan Malioboro Jogja
Datang ke Jogjakarta terasa tidak sah jika tidak mempir ke Malioboro, karena Malioboro selalu mempunyai ciri khas yang membuat kita ingin datang terus, walaupun sama halnya dengan Jakarta banyak pedagang kaki lima di pinggir jalannya. Tetapi ada sensasi yang beda jika kita menelusuri dan menikmati setiap langkah dan keramahan para pedagang-pedagangnya, 

Dua bulan yang lalu kebetulan datang ke Jogja mengunjungi teman dan menginap di hotel Jayakarta Jojga. Sampai ke Jogjakarta kira-kira pukul 04:30, setelah sholat shubuh di masjid stasiun Tugu saya tidak langsung ke Hotel melainkan jalan kaki menuju jalan Malioboro, menikmati hawa sejuk pagi Jogja menerpa. Malioboro masih sangat lenggang, hanya ada beberapa angkringan yang mulai buka untuk menjual sarapan. 

menikmati pagi di jalan malioboro jogja
Pukul 05:00 pagi Malioboro

Sayapun langsung duduk di pinggir jalan Maliboro sambil memesan secangkir teh dan gorengan issh,,, jangan ditiru ya, tapi kalau mau coba boleh sih minum teh sambil makan gorengan pisang dan tahu hangat yang harga hanya Rp 500,- ini. sesekali nikmat banget kok. Dan melihat dari kejauhan mulai bergeliat para pedagang satu persatu membuka tokonya. 

Konon Jalan Malioboro juga memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di sisi selatan Jalan Malioboro pernah terjadi pertempuran sengit antara pejuang tanah air melawan pasukan kolonial Belanda yang ingin menduduki JogJa. Pertempuran itu kemudian dikenal dengan peristiwa Serangan Umum 1 Maret yaitu keberhasilan pasukan merah putih menduduki Jogja selama enam jam dan membuktikan kepada dunia bahwa angkatan perang Indonesia tetap ada.

Dan kata Malioboro dalam bahasa sansekerta bermakna karangan bunga. Kata Malioboro juga berasal dari nama seorang kolonial Inggris yang bernama Marlborough yang pernah tinggal dikala itu, pendirian jalan malioboro bertepatan dengan pendirian Kraton Jogjakarta.
menikmati pagi di jalan malioboro jogja

Akhirnya saya mulai melangkah medekati para pedagang yang sedang menata dagangan dan 2 outer batik pun pindah ketangan dengan harga yang jauh lebih murah tentunya, katanya sih penglaris. Setelah puas menyusuri jalan maliboro masuk ke Pasar Bringharjo. bau khas batik menerpa, walaupun masih pagi tetapi pembeli sudah banyak berdatangan mungkin bersamaan dengan weekend, kesini hanya melihat-lihat awalnya. Mampir kelantai 2 akhirnya beberapa proofs untuk photopun dibeli.

Jam sudah menunjukan pukul 11.00 perut sudah mulai memanggil, tadinya mau makan diangkrian tapi kangen sekali dengan Gudeg Yu Djum, terakhir makan disini dulu bareng-bareng teman kuliah. Tempatnya tidak banyak berubah. Dan rasanya dari gudegnya pun sama. Hampir 1 jam saya disini sambil melepas lelah berjalan tadi, Dan menunggu jemputan hotel.

menikmati pagi di jalan malioboro jogja

Oh iya booking hotel Jayakarta saya melalui Pegipegi lumayan nih selalu ada promo sudah gitu banyak pilihannya juga, tinggal pilih lokasi kemudian ditawarkan beberapa hotel rekanan yang tepat plus sesuai budget kita.

Mulai dari hotel murah, boutique sampai hotel bintang 5. Mau hotel seperti apa pokoknya Pegipegi menawarkan banyak pilihan. Kalau kamu baru pertama kali memesan mudah kok baca saja review yang dikirim langsung oleh setiap pemesan buat bahan perbandingan. Selain itu juga cara pembayarannyapun sangat mudah sama halnya dengan membeli tiket perjalanan. Mulai dari transfer bank melalui ATM, perbankan online dan bisa juga dimini market terdekat.
menikmati pagi di jalan malioboro jogja
Hotel Jayakarta Jogja
Memilih Hotel Jayakarta ini karena sudah beberapa kali langganan dan hotelnya pelayanannya lumayan nyaman. Juga lokasinya yang strategis tentunya.

Sampai ketemu lagi di cerita Jogja yang akan datang ya, jemputan hotelku sudah datang. Pointnya lagi nih kalau di hotel ini kita bisa dijemput sesuai keinginan kita. Bisa dari stasiun kedatangan, jalan Malioboro, atau bandara. Nah untuk pulangnya juga kamu diantar ketempat semula. Menikmati pagi di jalan malioboro Jojga ini suatu saat saya akan ulang kembali.

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏