Tips Keluarga Cerdas Berinternet Bersama Google

Tips keluarga cerdas bersama internet bersama google
Mom’s pernah kesal karena melihat buah hati bermain handphone terus, dan kita bingung bagaimana menghentikannya? Apalagi khawatir jika si anak membuka video-video yang tidak kita inginkan, lupa waktu, lupa makan karena keasikan main games

Ada cara jitu yang diberikan Lucian Teo, User Education and Outreach Manager, Trust & Safety, Google APAC dan Tari Sandjojo, Direktur Akademik Sekolah Cikal dan Co-Founder Yayasan Matahati, di acara Google #KeluargaCerdasBerinternet kemarin pada tanggal 8 Agustus 2019 di Jakarta.

Tips keluarga cerdas berinternet


Anak-anak kita terlahir dan tumbuh besar dengan teknologi. Pemahaman mereka lebih cepat dan lebih peka akan informasi digital bukan seperti kita yang masih terus beradaptasi. Kita sebagai orangtua tentunya tidak ingin hampir 90% waktu si anak ini terus dengan gadget atau laptopnya. Memarahi mereka tentunya bukan jalan keluar yang benar karena teknologi akan terus berkembang dan mereka akan maju bersamanya. Kalau kita tidak memperkenalkan teknologi tentu anak akan tertinggal jauh lalu bagaimana caranya?
tips keluarga cerdas berinternet
Lucian Teo
Menurut Lucian Teo. “Kemajuan teknologi telah membuat hidup kita lebih mudah, dan kami percaya dalam bekerja sama dengan orang tua untuk membantu keluarga mengadopsi teknologi secara bijak dan aman. Perlindungan dan pengaturan telah dikembangkan dan integrasi ke dalam banyak produk kami untuk memungkinkan orang tua memilih pengalaman dan pengaturan yang tepat untuk keluarga mereka.”

Berikut 5 tips keluarga cerdas berinternet. 

Tetapkan aturan digital dengan Family Link
Family Link dapat membantu kita memahami dengan lebih baik perilaku anak saat menjelajahi internet, sekaligus membantu mengelola akun mereka dan perangkat yang kompatibel. kita dapat menetapkan batas-batas yang sesuai kebutuhan keluarga kita dengan cara:
  • Mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian.
  • Memuaskan rasa ingin tahu anak dengan beragam aplikasi yang direkomendasikan para guru.
  • Mengunci perangkat anak  dari jarak jauh.
  • Melihat aktivitas mereka.
  • Melihat lokasi keberadaan mereka.
  • Mengelola akun dan aplikasi yang mereka gunakan.
Blokir situs dewasa di Google Search dengan filter SafeSearch
Setelan SafeSearch dirancang untuk memblokir gambar, video, dan situs dewasa dari hasil penelusuran Google Search untuk menghindari konten pornografi dan kekerasan. Tetapi, SafeSearch bukanlah alat yang sempurna, dan kita mungkin masih menemukan hasil penelusuran eksplisit. Jika demikian, kita dapat melaporkannya. Laporan dan masukan kita nih, dapat membantu kami menyempurnakan SafeSearch agar lebih baik bagi semua orang. 

Temukan aktivitas untuk dinikmati bersama keluarga menggunakan Asisten Google
Asisten Google memiliki beragam aktivitas untuk menghibur keluarga, mulai dari memberikan saran permainan untuk dimainkan bersama keluarga, hingga permainan seperti tebak gambar. Saat ini ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families. Setiap aktivitas ini telah ditinjau dan disetujui oleh tim Trust and Safety, supaya kita yakin bahwa permainan ini cocok untuk keluarga. 

Tidak hanya itu, dengan menggunakan Family Link, kita bisa memblokir akses anak-anak agar tidak bisa melakukan transaksi keuangan, dan orang tua dapat menentukan apakah anak-anak diperbolehkan mengakses aplikasi pihak ketiga di Asisten atau tidak.

Ciptakan tempat yang nyaman untuk keluarga di Google Play
Untuk membantu kita menentukan konten yang cocok bagi anak, baca ulasan dan cari ikon bintang keluarga di aplikasi atau game. Ikon bintang ini menandakan bahwa konten telah ditinjau dengan saksama, dan aplikasi atau game tersebut dikembangkan dengan mengutamakan anak-anak. Ikon bintang ini juga menampilkan rentang usia yang disarankan untuk konten tersebut.

Periksalah rating konten untuk memahami tingkat kedewasaan suatu aplikasi dan mengatur filter berdasarkan rating tersebut guna menentukan aplikasi yang tepat bagi anak. Jika kita ingin mengetahui apakah suatu aplikasi berisi iklan, memiliki fitur pembelian dalam aplikasi, atau memerlukan izin perangkat, kita dapat memeriksa bagian informasi tambahan di halaman aplikasi tersebut di Play Store. 

Temukan dunia pembelajaran yang menyenangkan dengan YouTube Kids
Google membuat YouTube Kids agar bisa menjadi ruang yang cocok bagi keluarga dan anak-anak di seluruh dunia untuk mengeksplorasi minatnya melalui konten video online. Google juga memudahkan untuk menyeleksi pengalaman menonton konten yang menyenangkan dan cocok untuk keluarga melalui serangkaian kontrol orang tua:
  • Video dan kanal pilihan untuk anak - anak tersedia di aplikasi
  • Pasang timer untuk membatasi waktu anak-anak menonton video.
  • Hanya perbolehkan anak kita menonton koleksi channel yang telah dipilihkan oleh penyedia konten pihak ketiga tepercaya atau oleh tim YouTube Kids.
  • Pantau dan ketahui video apa saja yang ditonton anak melalui fitur “Tonton lagi”.
  • Nonaktifkan fitur penelusuran agar anak hanya dapat menonton channel-channel yang telah diverifikasi oleh tim YouTube Kids.
  • Blokir video atau channel supaya tidak muncul di aplikasi yang dipakai anak kita
Beberapa fitur tersebut ada di Google dan kita bisa mengaturnya lanjut Lucian. Tetapi intinya jika kita berada dekat anak-anak dan keluarga simpan handphone kita bicaralah, saling bercerita, jalan bersama atau makan bersama itu akan lebih baik dari hanya sekedar memegang gadget bersama.
tips keluarga cerdas berinternet
Tengah : Tari Sandjojo
Kemudian menurut Tari Sandjojo Internet adalah platform kuat yang dapat digunakan dalam menyebarkan hal positif atau negatif. Berita baik dan buruk menyebar dengan cepat di internet, tanpa memikirkan anak-anak dan remaja yang mendapatkan berita tersebut. Inilah sebabnya, kita sebagai orang tua harus bisa menjadi teman yang membantu generasi penerus kita menjadi penjelajah dunia yang cerdas dan percaya diri dalam memanfaatkan internet sebaik-baiknya.

Dan ketika dirumah anak bermain gadget tetapkan aturan, berapa lama dia harus bermain games, buat kesepakatan bersama bukan hanya satu pihak. Dekati anak, menjadi teman anak adalah langkah terbaik untuk anak-anak kehal-hal yang tidak baik terlebih misalkan vidoe dalam tanda kutif. Jika si anak dekat dengan ibunya, dekat dengan saudara perempuan maka untuk hal-hal yang negatif, anak ini akan berpikir ulang.
Tips keluarga cerdas berinternet

Kedekatan keluarga dan keharmonisan keluarga adalah kunci untuk keluarga cerdas berinternet. Jika memang dirumah lebih banyak kegiatan ngobrol, saling cerita gadget bukanlah hal utama bagi anak-anak. Dan kitapun sebagai orangtua harus sepakat jika dirumah letakkan handpone raih tangan anak, tatap matanya dan dengarkan anak bicara. semoga tips keluarga cerdas berinternet bersama google dapat bermanfaat. Segera ambil handphone kita ikutin langkah-langkah diatas.

families.google.com/familylink
youtube.com/kids

Utieadnu. 

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏