Waspada Investasi Ilegal Dalam Industri Direct Selling

Waspada Terhadap Investasi Ilegal Dalam Industri Direct Selling
Hai semua nah artikel merupakan lanjutan dari Talkshow APLI ke-3. Bersyukur banget bisa ikut acara ini jadi tambah wawasan ilmu, berita diluaran tentang MLM ternyata tidak ada. Masih banyak perusahaan MLM yang nyatanya memang professional. Dan mampu mensejahterakan seluruh membernya. 

Jadi Ingat dulu saya pernah ditawari MLM dengan skema piramid yang nyata itu berbulu domba, selintas memang tidak tahu secara seksama kita akan untung tinggal menyetor uang, cari anggota kemudian duduk manis kemudian keuntungan sekian persen setiap bulannya. Alhamdulillah tidak jadi masuk. Dan di acara talk show APLI ini lah baru tau skema skema piramid sama saja dengan investasi bodong. Dan bukan MLM. 

Apa itu Skema Piramida? 
Skema Piramida adalah sistem (ilegal) dimana banyak orang yang berada pada lapisan terbawah dari piramida sejumlah uang kepada sejumlah orang yang berada di lapisan piramida teratas. Setiap anggota baru memperoleh peluang untuk naik ke lapisan teratas dan mendapat keuntungan dari orang lain yang bergabung kemudian 

Sebelum acara dimulai dibuka oleh Bpk joko sebagai Dewan Komisaris APLI Indonesia yang mengatakan sebelum kita masuk atau terjun ke bisnis MLM ada baiknya kita cari tau terlebih dahulu, apakah perusahaan tersebut benar-benar resmi, dan ada produk yang dijual terutama lagi yang terdaftar di APLI Indonesia . 

Disini APLI. sebagai organisasi independent yang merupakan wadah tempat berhimpunnya para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling) termasuk perusahaan yang menjalankan penjualannya dengan sistem berjenjang (MLM), APLI tak hanya menjadi narasumber terpercaya mengenai serba serbi bisnis Direct Selling namun APLI juga menggelar edukasi ke anggota dan masyarakat luas seperti APLI Talkshow. Dan yang pasti APLI membuka secara transparant daftar perusahaan-perusahaan yang murni menjalankan Direct Selling. 

Jadi jika ingin masuk ke bisnis MLM lihat daftar seluruh perusahaannya di https://www.apli.or.id/ Pada talk show ke-3 ini mengangkat tema “Maraknya Investasi Ilegal dalam Industri Direct Selling” hadir sebagai pembicara yang bukan hanya ahli bicara tetapi ada aksinya. 
  • Roys Tanani Dewan Komisaris APLI 
  • AKBP Juliarman EP. Pasaribu, S.Sos., SIK., NCB Interpol Indonesia Divhubinter POLRI 
  • Uus Mulharja, SH., MH., SE., MKn., CLA Head Legal Consultant APLI 
Ketika Investasi Ilegal terbongkar. 
Pengalaman dari Bpk AKBP Juliarman, yang pernah membongkar kasus wonder mind yang merupakan investasi bodong berkedok MLM, di vonis 10 tahun dan dengan denda 15 M, dan ini merupakan kasus pertama yang bisa membongkar kasus ini. Ada 5 orang tersangka dengan owner seorang perempuan. 

Kasus ini sangat rumit karena belum ada pasal pidananya. Pada akhirnya berhasil memberikan sanksi hukum dan menuntaskan sampai ke akar-akarnya. Dengan Undang-undang No7 th 2014 pasal 101-106 sebagai ancaman pidana tentang skema piramida dan pencuncian uang. 

Tersangka pendiri woder mind seorang perempuan
Contoh kasus Wonder Mind cara ini mereka mengaku berasal dari perusahaan Los Angeles dan mempunyai sistem papan, dengan awal setoran Rp. 3.750k dan bonusnya mereka mendapatkan langsung dari perekrutan dan hasil dari perekrutan ini customernya mendapat bonus yaitu vocher hotel dan vocher pesawat senilai Rp 700k. Dan selisihnya dibayarkan bonus-bonus untuk anggota yang direkrutnya. Jadi intinya mereka mendapatkan keuntungan dari perekrutan anggota. Yang padahal kalau kita pikir justru merugi. 

Dan korban dari penipuan ini sekitar 3000 orang, karena bukan hanya di Papua juga ada di daerah Banyuwangi. Bayangkan banyak sekali keuntungan dari pendiri wonder mind sampai mereka bisa membeli 2 buah pesawat pribadi, rumah mewah dll. Memperkaya diri sendiri. 

Sedangkan kata Bpk Roys juga mengatakan bahwa ancaman 15 tahun ini sebenarnya kurang sedangkan di beberapa negara lain itu hukumannya bisa lebih dari 100 tahun. Karena jika mereka keluar penjara, saya yakin mereka akan berbuat seperti itu lagi. 

Nah intinya teman ada tips agar terhindar dari investasi bodong yang menyerupai MLM. 
  • Pastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan. 
  • Pastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar. 
  • Pastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
Lagi pula ingin kaya itu harus ada proses dan tentunya harus capek dulu tidak ada orang yang mendadak kaya dengan duduk manis terkecuali mereka sudah mempunyai orang tua yang kaya raya sebelumnya. Walaupun seperti jika uang tidak dikelola tentu akan habis jika kita hanya duduk manis saja. 

Dan terakhir, jika ingin ikut MLM, perusahaan tersebut menghasilkan produk dan terdaptar di APLI Indonesia . Sekali lagi waspada terhadap Investasi Ilgegal dalam Industri direct selling. 

Semoga bermanfaat
Utieadnu.

23 comments

  1. Makanya ada pepatah, berakit2 ke hulu, berenang2 kemudian itu bener2 kudu kita terapkan ya. Artinya kita emang kudu kerja keras untuk bisa 'kaya'.
    Emang gak ada sih orang yg tiba2 kaya. Ya kecuali dapat warisan kaya mendadak itu judulnya :D

    ReplyDelete
  2. Noted ini, jika ingin ikutan MLM pastikan perusahaan menghasilkan produk terdaftar di APLI Indonesia. Jadi jangan asal dan akhirnya tertipu sama yang abal-abal..yang ternyata penipuan. Duh!

    ReplyDelete
  3. Mesti hati2 banget kalo urusan investasi ini, jangan sampe tergiur hanya dengan nilai yang besar saja, tapi perlu diperhatikan tips di atas jugaa. Makasih loh ku baru ngeh kalo ikutan MLM benran perusahaannya terdaftar di APLI, agar aman.

    ReplyDelete
  4. Hah, hukuman di negara lain bisa mencapai 100 tahun? DI kita aja ya cuma sebentar hihihi :) Memang sih hari gini kadang orang tergiur berinvestasi yang hasilnya langsung besar. Padahal untuk mendapatkannya kan ga semudah itu. Ngeri kalau MLM dll yang bodong2 ih serem ya. Tetap waspada nih.

    ReplyDelete
  5. Duuhh skema piramida gini ngeri banget sih emang. pernah ada tetangga yg terlibat model skema piramida gini, awalnya kliatan banyak untungnya, tau2 jadi dikejer2 ama downline dibilang penipuan padahal dia sendiri juga nggak ngert apa2. akhirnya malah ikut rugi karena dipaksa ganti

    ReplyDelete
  6. Waah sekarang lebih mudah ya mbak kalau mau cek perusahaan MLM yang baik. Pakai skema piramida atau nggak. Ada APLI dan websitenya yang bisa kita cari informasinya di sana. Thanks infonya mbaak.

    ReplyDelete
  7. Senang sekarang APLI menggandeng blogger, supaya pemahaman mengenai mana MLM dan mana yang abal2 bisa diketahui secara luas soalnya banyak yang masih negatif.

    ReplyDelete
  8. Sharing seperti ini sangat berguna, agar masyarakat bisa mengetahui mana MLM yang bohongan dan yang beneran nih

    ReplyDelete
  9. Duh masih banyak ya yang mengaku MLM tahunya bodong padahal masih banyak MLM yanv bagus produknya, jelas sistemnya dan tidak merugikan peserta..

    ReplyDelete
  10. Cukup marak ya, investasi bodong mengatasnamakan MLM. Kita perlu jeli banget nih kalau memang mau gabung MLM, itu benran atau bodong.

    ReplyDelete
  11. dari dulu emang investasi bodong berkedok MLM ini meresahkan banget. apalagi yang diincar itu masyarakat menengah kebawah yang menyerahkan uang tabungan bertahun-tahunnya ke oknum oknum ini. kesel deh tiap nonton beritanya

    ReplyDelete
  12. Ngeri emang sih investasi bodong lewat mekanisme MLM...
    Kadang2 yg kena lbh parah yg memiliki banyak kaki tp ternyata tertipu juga.
    Yg untung dan meskipun dipidana masih aantai ya mrk yg ada di top level aja deh...
    Penting banget buat tahu profilnya...
    Klo direct selling dg barang/produk yg jelas sih lbh aman menurutku ketimbnag investasi yg ga jelas bentuk produknua

    ReplyDelete
  13. harus berhati-hati ya mengenai investasi apalagi di era teknologi yang canggih banget begini, jangan sampai ketipu

    ReplyDelete
  14. Baru aja tadi pagi mama saya cerita tergiur iklan bisnis dengan modal cuma 50ribu cuma karena ada foto artis kesayangannya di iklan itu. Ternyata MLM skema piramid dengan modus jualan pulsa. Trus keutungannya dapat dari rekrut member gitu, bukan dari jualan pulsanya.

    ReplyDelete
  15. Dulu karena sempat ikut Oriflame (eh maaaf sebut brand hehehe), jadi sempat dapat deh "materi2" tentang skema piramid dan sebagainya. Investasi bodong dengan skema ponzi ini memang sangat mencoreng sistem multi level marketing yang bener

    ReplyDelete
  16. wah iya ya, klo mau pilih investasi itu haru benar benar jeli
    karena banyak banget ya mbak penipuan berkedok investsi direct selling ini

    ReplyDelete
  17. Serem juga yaa investasi ilegal dengan skema piramida gini. Dan ya emang masih banyak masyarakat kita yang belum paham, jadi pada asal ikut aja deh :( trus endingnya ternyata penipuan dong

    ReplyDelete
  18. Aku dulu pernah doonk ikutan MLM beberapa kali.
    Dan gak nyangka kalau ada yang bodong kaya kejadian-kejadian di atas.
    Heuheu...
    Sekarang, uda gak ikutan lagi siih...

    ReplyDelete
  19. Pokoknya kalau too good to be true itu sudah harus waspada ya mba. Tak ada yang gampang di dalam dunia usaha. Aneh aja masak duduk diam bisa dapet keuntungan kaaann... Apalagi bonus ngrekrut kayak di kasus wonder mind itu, duuhh parah banget.

    ReplyDelete
  20. Dulu marak banget bisnis mlm sekarang masyarakt makin cerdas , lebih suka beli produk langsung krn lebh murah, lebih suka jadi reseller biasa krn tuntutan lebih fokus jualan cari untung bukan cari banyak 'bawahan' yg untung piramid atasnya

    ReplyDelete
  21. Investasi bodong emang lagi trend ya...duh amit2 semoga gak ngalami..Makanya kita kudu hati-hati ya pilih2 investasi...

    ReplyDelete
  22. Bener banget, sebelum join ke MLM yang meskipun sudah terdaftar di APLI tetep kudu waspada. Karena tidak ada bisnis yang mudah dengan penghasilan yang langsung besar. Saya lebih percaya proses membangun bisnis yang mandiri.

    ReplyDelete
  23. Wah, untung aku juga gak mau dulu pas ditawarin MLM yang sistem piramida gitu. Aku dah mikirin sih, kayaknya hanya bikin untung upline.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ