Menikmati Telaga Biru Situ Cicerem

Hai bertemu lagi ini tulisan saya di bulan Januari, lama banget tidak nengok blog… nah kali aku mau berbagi pengalaman saat mengunjungi Telaga Biru Situ Cicerem, Cicerem sendiri mempunyai arti karam, namun belum diketahui yang pasti nih, mengapa disebut situ cicerem.

Telaga Biru Situ Cicerem ini awal-awal booming pada tahun 2005, karena walaupun saya orang Cirebon dan sering bolak-balik cirebon -Jakarta belum pernah mendengar tentang Telaga Biru Situ Cicerem, atau mungkin saya kurang piknik kali ya,, karena kalau ke Cirebon seharian tidak kemana-mana hanya ingin dekat dengan ibu.


Sejarah Telaga Biru Situ Cicerem

Nah Telaga Biru Situ Cicerem ini mempunyai sejarah yang unik, konon katanya telaga ini dulu hanya sebagai mata air yang kecil dan sebagai pusat tempat penyebaran agama islam di kuningan para ulama atau kyai sering berkumpul di telaga ini dan atas usul mereka telaga ini diperluas hingga bentuknya seperti sekarang.

Hingga akhirnya menjadi sebuah danau yang saat ini menjadi sumber mata air masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. telaga situ cicireum luas sekitar 3 hektar dengan kedalaman air sekitar 5 meter. memiliki air yang sangat jernih. Bahkan kejernihannya itu membuat ikan-ikan serta bebatuan di bagian dasar danau bisa terlihat dari permukaan. Danau yang terletak di Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Banyak Spot Instagramable

Keasrian yang masih terjaga.
Untuk kita nih yang suka dengan suasana alam yang asri, situ Cicerem pasti akan menjadi destinasi yang pas. Telaga dengan warna biru yang dikelilingi oleh pohon yang rindang dan berada di dataran tinggi ini memang masih sangat asri dan alami.

Bahkan ada sebuah mata air yang selama ini masih mengeluarkan air jernih yang menuju ketelaga. Cocok banget kita yang ingin menghilang sejenak dari keriweuhan suana kota.



Terdapat Berbagai Jenis Ikan
Selain warna air yang biru, disini kamu juga akan menemukan banyak jenis ikan air tawar yang menghuni danau Cicerem. Dan yang lebih menariknya, pengujung diperkenankan untuk memberi makan ikan hias yang hidup di danau ini.

Apalagi jika kita saat berfoto di ayunan ikan-ikan ini langsung menghampiri, dan btw ikan-ikan disini tidak boleh dipancing apalagi dibawa pulang, Kita hanya boleh memberi makan.

Fasilitas Telaga Situ Cicerem

Fasilitas penunjang untuk kenyamanan para pengunjung yang datang seperti ketersediaan : Camping Area, ayunan, perahu, spot foto, mushola bersih nyaman, Beberapa bangku tempat duduk kayu untuk bersantai dan jajan di atas sambil menikmati telaga cicerem kuningan . 

Biaya harga tiket masuk cukup murah :
  • Tiket Rp 6.000 per orang
  • Naik ayunan Rp 2.000
  • Perahu Rp 35.000
  • Parkir Kendaraan Rp 5.000
Bagaimana Rute Menuju Telaga Situ Cicerem?

Memang kearah sana belum ada angkutan umum khusus tetapi untuk menuju lokasinya juga terbilang mudah. Jika yang memulai perjalanan dari Kuningan kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Bundaran Ciracas. Kemudian silahkan menuju ke Jl. Mandirancan hingga menemukan tugu Macan Mandirancan. Setelah itu ambil arah menuju Jl. Cirea Pasawahan sampai bertemu dengan pertigaan menuju Paniis. Sepanjang jalan ini kita akan menemukan beberapa tempat wisata lain namun silahkan lanjutkan hingga bertemu masjid Pesawahan

Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga menuju Jl. Pasawahan dan bertemu dengan Polsek Pasawahan. Dari sinilah nanti kita bisa mendapatkan petunjuk arah menuju Situ Cicerem.

Gerbang Telaga Biru Situ Cicerem

Kalau dari rumah ibu saya dari Beber Halimpu lebih mudah juga tinggal menuju arah utara pasar cilimus kemudian menuju bundaran ciracas, dan mengikuti petunjuk arah yang sama dengan yang diatas.

Semoga ini menjadi salah satu ide untuk travelingan bareng keluarga teman atau saudara menikmati Telaga Biru Situ Cicerem yang asri dan indah.


utieadnu


25 comments

  1. Wah telaga birunya benar-benar indaah, airnya biru jernih ya. Cantik sekali, apalagi ada ikannya warna-warni. Anak-anak suka sekali kalau diminta memberi makan ikan, lucu melihat ikan-ikannya pada berebut makanan. Semoga bisa kesini bersama keluarga kalau pandemi sudah tidak ada lagi.

    ReplyDelete
  2. ya ampun mak, indah banget telaga biru situ cicerem, bisa betah aku kalo ke sana menikmati keindahannya.

    ReplyDelete
  3. Ahh Murmer bangeet masuknyaa, masih terjangkau banget, apalagi pemandangan kece2 begituuu telaga biru situ cirerem. Duuh, bakalan betah niih buat poto2 truss.

    ReplyDelete
  4. Asli Cirebon to Mbak. Cirebon banyak menyimpan keindahan alam dan keindahan peninggalan sejarah ya. Aku pernah ke Cirebon mampir ke keraton dan nginep di hotel yang bangunannya ada mallnya. Lupa eiy nama hotelnya

    ReplyDelete
  5. Dududu itu ikannya berlimpah ruah yaaaa... jadi kepengen mancing hahaha :) Kudu didatangi nih Telaga Situ Cirerem. Wisata alami saat pandemi gini sepertinya boleh ya mbak? Betah pepotoan lah ga mau pulang. Trus naik perahu dll. Ih, murce amat tiketnya hehehe.

    ReplyDelete
  6. Lama nggak main2 ke objek wisata macam telaga2 gitu Mbaa seneng jadi baca ulasan sama liat2 fotonya seger banget mana itu ikannya meuni ngarumpul gitu seru pasti klo ada yg naburin makanan ikannya langsung heboh ya ikannya

    ReplyDelete
  7. Wa ini lagi lumayan viral juga, ya. Agak sering saya lihat yang main ke sini di IG. Ikan-ikannya itu yang menjadi salah satu daya tarik

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada tempat ini di cirebon, biasanya aku cuma main di kota soalnya ke rumah bude, dan ini murah banget sik masa ayunan hits gitu bayarnya cuma 2000 duh semoga pandemi cepet berakhir biar bisa main ke bude dan mampir kesini

    ReplyDelete
  9. wah bagus banget view nya mbak..
    telaganya benar benar indah..
    btw aku kok serem klo ayunan spt itu, hehe. ikannya banyak ya

    ReplyDelete
  10. Bener-bener instagramable nih telaga biru situ cicerem. Terbuktu dari foto-foto mbak Utie yang pemandangannya keren-keren banget dah.

    ReplyDelete
  11. Air Telaga Biru Situ Cicerem jernih sekali ya, Mbak. Ikan-ikannya sampai keliatan gitu. Syukurlah ikannya gak boleh diambil, jadi bisa terjaga ekosistem di telaga itu.
    Asyik juga bisa foto di ayunan di atas air itu ya...

    ReplyDelete
  12. Belum pernah ke sini dan senang sekali jika bisa berkunjung ke sini mba. Pemandangannya bagus sekali. Airnya juga bening bersih. Semoga kesampaian berkunjung ke sini

    ReplyDelete
  13. Tiket masuknya murah, pemandangannya bagus, banyak ikannya pula. Tempat wisata alam murah meriah gini nih yang harus dikembangkan oleh pemda

    ReplyDelete
  14. salfok sama tiketnya yang murah nih mba :) senangnya bvisa berkunjung nih di sini mantab yah mba :) jadi pengen ke sini nih

    ReplyDelete
  15. Wow banget brunya dan banyak ikan2. Tiekt masuknya juga murah ya mbak, cuma 6000an.
    Btw kalau mau kemping gtu apa ada biaya2 tambahan mbak? Kyk sewa tempat gtu? Ada paket2an gtu jg kah?

    ReplyDelete
  16. Wah, air danaunya bener bener warna biru ya. Ini fasilitasnya tergolong murah. Apalagi untuk foto foto. Naik ayunan cuma bayar 2000 aja. Spotnya bagus banget buat foto

    ReplyDelete
  17. Masya Allah, cantik amat ya warnanya sampai ikannya juga terlihat cantik...senang deh bisa piknik di sini biar fresh lagi pikiran

    ReplyDelete
  18. Suka banget lihat warna airnya yang biru. Bikin tentram dan betah. Bisa maen lama di sini nih. Aku pernah ke Cirebon tapi cuma kulineran aja, ga sempet wisata gini

    ReplyDelete
  19. Yuhuuu senang sekali lihat pemandangannya yang benar benar bikin fresh meski cuma mandangi foto. Bakalan menyenangkan kalau beneran bisa ke sana juga

    ReplyDelete
  20. Kok kaget liat blognya kak Utie..
    Manglingi...

    Wisata yang menenangkan hati dan pikiran yaa, kak.
    Terasa damai melihat alam dan makhluknya.

    ReplyDelete
  21. Wah ikannya besar besar ya jadi pengen mancing haha. Bagus nih ide wisata alamnya, dipadu dengan wisata edukasi juga cocok buat keluarga

    ReplyDelete
  22. Kepengen banget aku mampir ke talaga biru ini. Lagi ngerayu suami supaya mau roadtrip kesini hehehe. Penasaran banget sama alam dan pemandangannya.

    ReplyDelete
  23. Masya Allah indah banget lokasinya Mbk, jadi makin fresh sudah berkunjung ke sini ya. Banyak ikan dan airnya jernih. Pengen yang naik ayunan itu heheh

    ReplyDelete
  24. Cakep banget Maaak kolamnya banyak banget ikan. Pasti asik deh kalo bisa ngasih makan ikan di sana sambil nikmatin pemandangan alamnya yang asri dan seger :D

    ReplyDelete
  25. Aku penasaran mau liat tepi danaunya dengan ayunan sejauh apa. Krn di foto yg mbaknya naik ayunan, kliatannya ayunan di tengah gitu hhahaha. Udh mikir aja, gimana caranya berayun ke tepi :D.

    Tapi sukaaa bgt liat airnya mba, jernih banget yaaaa. Ini sbnrnya ingetin aku Ama kolam di salah satu kota di Jepang, yg jernih juga, tapi ga sedalam ini. Paling sering difoto jadi wallpaper tuh.

    Danau yg ini ga kalah cantiknya ;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏