Floating Market, Cikole dan Punclut Wisata Kekinian di Bandung

Assalamualaikum…

Siapa diantara sahabat yang tidak pernah ke kota Bandung?, Paris of Java, surganya tempat wisata dan kulineran.  Kemarin ceritanya 1 hari 1 malam explore Bandung ke 3 tempat yang sudah terkenal banget di dunia media sosial Floating Market, Cikole dan Punclut yang merupaka wisata kekinian di Bandung.

Pukul 23:30 kita jalan dari Jakarta 3 mobil beriringan, perjalanan lancar karena memang melawan arus mudik yang balik ke Jakarta 4 jam lebih sedikit atau tepatmya pukul 03:45 kita sampai di Masjid Agung alun-alun Lembang, berharap bisa masuk masjid untuk sholat malam akan tetapi masjid baru dibuka 30 menit menjelang shubuh akhirnya kita istirahat di parkiran di dalam mobil sambil menungg pintu gerbang masjid di buka.
masjid agung alun2 Bandung
Setelah sholat shubuh, melanjutkan perjalanan ke penginapan ke daerah lembang yang tidak jauh letaknya dekat Floating Market, setelah beristirahat sebentar dan membersihkan diri akhirnya kita menuju destinasi yang pertama yaitu Floating market

Floating Market

Sekilas dari Namanya saja kita pasti sudah mengira yaitu berupa pasar terapung. Konsep Floating Market ini beda karena letaknya didaerah pegunungan. menyajikan konsep wisata yang menggabungkan antara perpaduan alam lembang yang mempesona dengan pasar terapung tradisional seperti yang ada di Bangkok Thailand, sungai kuin Banjarmasin dan Langkat Sumatra Utara. Disini kita  dapat merasakan sensasi belanja diatas perahu yang terapung di danau seperti membeli makanan tradisional khas jawa barat, sayur mayur, ikan segar dan lain-lain. Untuk transaksinya kita menukar uang rupiah dengan koin yang telah disediakan di kasir. Oh iya sebelum masuk Floating Market perorangnya dikenakan biaya Rp 20.000,- per orang. Dan untuk ticket masuknya dapat ditukarkan dengan segelas soft drink, lemon tea, hot cappuccino dan hot chocolate
taman bunga floating market
Di Floating Market ini juga disediakan tempat belanja aneka cendramata berupa kaos, dan kerajinan khas Bandung, ada juga permainan untuk anak-anak dan dewasa seperti perahu air, kereta air dan outbond.

Selain tempat belanja disana juga bisa menikmati hamparan taman bunga yang beraneka macam, tempatnya agak naik keatas dan perorangnya dikenakan biaya Rp 10,000, nah disini tempatnya instagramable buat foto-foto, siapapun akan betah berlama-lama menikmati warna-warni bunga yang disuguhkan.

Untuk fasilitas umum di Floating Market ini cukup lengkap ada mushola (hanya sayangnya tempat wudhu perempuan dan laki-laki tidak  terpisah), sedangkan toilet harusnya diperbanyak karena kebetulan weekend agak penuh jadi untuk buang air kecil cukup lama mengantri.

Setelah selesai menyusuri track sekitar Floating Market dan makan siang, akhirnya lanjut ketempat wisata kedua yaitu Cikole Grafika Lembang.
cikole
Cikole Grafika Lembang

Cikole adalah nama sebuah kecematan di kota Lembang, untuk masuk ketempat kita tidak dikenakan biaya alias free, masuk melelaui  depan resto yang menyajikan makanan khas Jawa Barat, karena kebetulan sudah makan di Floating Market akhirnya kita hanya memesan teh manis hangat sambal menunggu hujan  deras yang tiba-tiba turun. Dibelakang resto kita bisa menikmati jajaran hutan pinus yang berbaris rapi dan lintasan orang-orang yang tengah menaiki lintasan outband di derasnya hujan.  

Tidak lama kemudian akhirnya kita  turun melihat dari dekat hamparan pohon pinus dan rumah hobit yang unik yang dapat kita sewa untuk sehari semalam harganya sekita Rp 450.000.- tentunya ada sensasi lain yang bisa kita rasakan kalau menginap disini ya, next akan datang lagi dan bermalam.
rumah hobit cikole
Selain jajaran pinus Cikole juga terkenal wisata outbond  yang  sudah  termasuk dalam jaringan kelas dunia. Dengan berbagai tipe lintasan, bisa memilih mana yang paling menantang. Meluncur dari ketinggian hingga 8 meter. Belum lagi wahana lain yang tidak kalah seru. Keamanan tidak perlu dikhawatirkan  karena peralatannya sudah sangat lengkap, Sayangnya karena bekas hujan jadi kita tidak bisa duduk dengan nyaman dibangku yang berupa belahan pohon pinus yang telah disediakan karena basah.

Tidak terasa sudah menjelang sore akhirnya kita memutuskan untuk makan malam di tempat wisata kuliner yang terkenal yaitu Punclut.

punclut lereng anteng setahun lalu
PUNCLUT

Punclut ternyata kepanjangan dari kata Puncak Ciumbuleuit Namanya memang agak sulit jadi orang-orang lebih menyingkat dengan naman Punclut Bandung yang berati puncak Bandung. Punclut merupakan titik puncak ketinggian di bagian utara Bandung yang sangat ideal bagi yang mencari tempat romantis untuk bersantai sambil menikmati aneka jajanan khas bandung juga bisa menikmati landscape indahnya Kota Bandung dengan ketinggian di atas 1000mdpl,

Dulu setahun yang lalu memang suasana itu masih bisa saya nikmati. salah satu yang menarik adalah Lereng Anteng, coffee spot yang paling ngehits di Punclut,  karena berupa tempat makan dengan  kemah yang transparan. Akan tetapi sekarang karena terlalu banyak tempat makan. Jadi terasa agak padat dan sedikit kurang menikmati.

Atau mungkin juga karena sudah banyak yang tahu daerah Punclut maka orang-orang berbondong datang kesana, untuk mencari meja makan saja kami harus memutari beberapa resto baru 30 menit kemudian dapat.  Itupan letaknya jauh dari pemandangan yang kita harapkan terletak ditengah-tengah. Paling asik sih kalau makan kita dapat menikmati pemandangan lampu-lampu rumah penduduk yang bisa kita lihat dari atas.
track di punclut
Karena hari menjelang maghrib akhirnya sebagian kita sholat di mushola yang telah disediakan , musholanya cukup unik karena ruang bawah untuk berwudhu (lagi-lagi tempat wudhunya campur antara perempuan dan laki-laki) dan disayangkan  untuk naik keatas tampat sholat hanya satu tangga itupun terlalu kecil jadi harus menunggu orang yang diatas turun baru kita bisa naik. Mudah-mudahan dalam waktu dekat mushola ini bisa diperluas mengingat banyak sekali pengunjung yang datang. Makanan yang disajikan cukup lumayan enak walaupun agak menunggu lama.

Oh iya akses untuk menuju ke Punclut ini sudah bagus, namun tanjakannya lumayan tajam. Jadi diminta untuk hati-hati dan kendaraan tentunya dalam keadaan sehat

Rasanya memang kurang kalau seharian untuk explore Bandung dengan puas ya, mungkin next bisa datang lagi ke Bandung di weekday agar bisa lebih leluasa menikmati semua pemandangan yang disuguhkan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, tidak di Jakarta ataupun Bandung tempat wisata kalau weekend itu selalu full orang. Jadi teman-teman bisa ambil ancang-ancang kalau mau ke daerah wisata yang sudah terkenal hindari weekend ya.

Alamat Floating Market
Jl. Grand Hotel No 33. E Lembang

Cikole Grafika
Jl Raya Tangkuban Perahu no 147 Lembang

PUNCLUT
Jalan Rereongan Sarupi, Ciumbuleuit, Cidadap, Pagerwangi, Lembang,


Rujukan Zaman Now dari BPJS Kesehatan

Rujukan Zaman Now dari BPJS Kesehatan

Assalammualaikuam..


Apa kabar semua semoga dalam keadaan sehat ya, kali ini saya akan cerita tentang acara Halal Bi Halal (HBH) dan  Ngopi bareng BPJS Kesehatan, dengan tema Rujukan Zaman Now,  Kata Ibu Maya Amiarny Rusady selaku Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, “Di zaman serba digital BPJS Kesehatan tentunya harus tetap bergerak mengikuti zaman  agar peserta JKN-KIS mendapat pelayanan kesehatan berkualitas, peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang menjadi mitra BPJS Kesehatan pun kian dioptimalkan melalui berbagai pengembangan sistem teknologi. Salah satunya adalah sistem rujukan online."

Nah,  saya yakin semua teman-teman sudah mendownload Aplikasi Mobile JKN, karena banyak sekali kemudahan yang didapat, apalagi dengan rujukan online ini. Karena apabila kita terkena musibah tiba-tiba jatuh sakit  dengan adanya aplikasi mobile JKN banyak kemudahan yang akan kita rasakan, dari antrian online, sistem rujukan online dan juga tentunya ada kemudahan ketika kita lupa membawa kartu JKN-KIS tinggal menunjukkan handphone maka kita kan dilayani dengan cepat dan tentunya harus disertai dengan iuran yang telah di lunasi tiap bulannya.

Rujukan Zaman Now dari BPJS Kesehatan

Ada beberapa faktor Mengapa BPJS Kesehatan  menggunakan sistem rujukan online?
  • Jumlah Rumah Sakit yang terbatas serta penyebaran informasi yang ridak merata pula
  • Kompetensi setiap rumah sakit tidak sama ( jumlah Dokter spesialis dan  sarana prasarana tidak sama )
  • Tidak semua penyakit dapat ditangani di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama  (FKTP)
  • Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta sesuai kebutuhan medis berdasarkan fasilitas kesehata  yang tersedia dan juga hal ini merupakan inovasi yang terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan guna tercapainya perbaikan proses secara (simplikasi, Integrasi data dan informasi, otomasi, digitalisasi dan standarisasi)

Faskes yang sudah mengakses rujukan online
Adapun keuntungan bagi pasien  yang menggunakan sistem rujukan online ini adalah
  • Rujukan real time online dari FKTP ke FKRTL
  • Digital documentation dan potensi paperless  (tidak perlu lagi banyak berkas yang harus dibawa) yang tentunya bisa lebih praktis dan nyaman.

Sedangkan keuntungan bagi FasKes adalah
  • Mengetahui data “calon pasien” lebh cepat sehingga dapat melakukan rencana terapi yang diperlukan
  • Tersedianya data yang akurat untuk analisis money
  • Terjadi koordinasi antar Faskes secara real time
  • Mengurangi biaya administrasi

Nah,, Rujukan Online ini dimulai sejak  tanggal  21 Juni 2018 dan jumlah Fasilitas Kesehatan (Faskes)  yang sudah bekerja sama  sudah hampir 89.3 % (Puskesmas, Klinik Polsri, Kilinik TNI, Kilinik Pratama Swasta, DPP. ES Daerah Pratama) lanjut Ibu Maya menjelaskan, sistem rujukan online sebetulnya sudah dipersiapkan sejak lama.  Namun implementasinya sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur masing-masing fasilitas kesehatan. Menurut Maya, prosedur rujukan online pada dasarnya sama dengan rujukan manual. Bedanya, ada sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki rujukan manual. Pertama, dengan sistem rujukan online, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan karena informasi rujukan peserta sudah terekam dalam sistem online, baik di FKTP maupun di rumah sakit. Hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP dan FKRTL tempatnya dirujuk. Kedua, data peserta sudah tercatat di database antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan peserta JKN-KIS pun menjadi lebih cepat karena data tidak perlu di-input ulang pada saat pendaftaran, termasuk data diagnosa penyakit yang diderita peserta.
Prosedur rujukan online
Prosedur Rujukan Online

Adapun prosedur rujukan online pada dasarnya sama dengan rujukan manual. Bedanya, ada sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki rujukan manual. Pertama, dengan sistem rujukan online, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir jika kehilangan atau lupa membawa surat rujukan karena informasi rujukan peserta sudah terekam dalam sistem online, baik di FKTP maupun di rumah sakit. Hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS, peserta sudah bisa dilayani di FKTP dan FKRTL tempatnya dirujuk. Kedua, data peserta sudah tercatat di database antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan peserta JKN-KIS pun menjadi lebih cepat karena data tidak perlu di-input ulang pada saat pendaftaran, termasuk data diagnosa penyakit yang diderita peserta. Selain itu, peserta JKN-KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas kesehatan yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan

Selain itu, peserta JKN-KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas kesehatan yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan. "Sistem rujukan online ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di fasilitas kesehatan. Nilai plusnya, rujukan online bersifat real time dari FKTP ke FKRTL, serta menggunakan digital documentation dimana data dari P-Care di FKTP langsung terkoneksi ke FKRTL sehingga memudahkan analisis data calon pasien.

Acara kemarin juga dihadiri oleh Ibu Dwi Martininsih selaku Deputi Direksi Bidang jaminan Pembiayaan Kesehatan Primer katanya sistem rujukan zaman now ini juga karena terbatasnya jumlah pegawai di BPJS Kesehatan Degnan sistem ini berharap semua peserta JKN- KIS bisa dilayani dengan sempurna walaupun sistem ini masih terus disempurnakan aplikasi dan prosesnya masih dalam masa transisi  akan tetapi jumlah 18.737 FKTP sudah terhubung jaringan komunikasi datanya dan bisa menerapkan sistem rujukan online.

Walaupun demikin rujukan manual dalam bentuk kertas (hardcopy) masih berlaku, namun rujukan online juga sudah berjalan secara bertahap di sebagian fasilitas kesehatan. Kami sedang berupaya agar dalam waktu dekat mekanisme rujukan online ini dapat diterapkan dengan optimal di seluruh fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Untuk itu, kami juga akan mensosialisasikan kepada petugas fasilitas kesehatan agar paham betul mekanisme rujukan online ini sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS yang membutuhkan.” Lanjut ibu Maya menjawan beberapa pertanyaan dari media maupun blogger.

Semoga apa yang dilakukan BPJS Kesehatan bisa semakin paripurna melayani ribuan bahkan jutaan peserta JKN – KIS, Dan saya berharap sih, semoga kita selalu dalam keadaan sehat waalfiat, sehingga dana yang kita berikan setiap bulannnya untuk iuran BPJS Kesehatan dapat benar-benar membantu orang-orang yang benar-benar juga membutuhkan.

Semoga bermanfaat ya.












Investasi Kesehatan Ala Keluarga Surya

Investasi Kesehatan Ala Keluarga Surya
Ada apa dengan Keluarga Surya?, hmm ternyata Keluarga Surya ini adalah web series yang bergenre komedi dari Sun Life  Financial Indonesia (Sun Life). Nah,  Sun Life ini adalah perusahaan jasa keuangan International yang mempunyai beberapa produk asuransi baik itu perorangan maupun coorporate.

Kenapa Sun Life memproduksi sitkom series Keluarga Surya? Ternyata untuk memberikan contoh mengenai literasi keuangan Hal ini tentu dilakukan karena model visualisasi mudah dimengerti dan digandurungi kaum mileneals/kaum muda apalagi kalau sudah bicara lewat YouTube, yang pasti mudah dicerna dan akan banyak yang melihat, Dan berharap Keluarga Surya ini bisa menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari yang sederhana dan mudah dimengerti.

Episode  pertama tentang bagaiman mengelola THR, yang harusnya bisa bermanfaat  untuk dikelola agar bisa masuk ke dalam anggaran  keluarga dan tidak langsung habis. Kemudian yang kedua tentang wakaf. Bagaimana berasuransi tetapi  ada nilai ibadahnya yaitu dengan berwakaf lewat asuransi. Dari ke 2 episode ini kita sudah bisa mengambil pelajaran bagaimana sebaiknya mengelola keuangan?, Hal ini yang harus dilakukan sejak dini dan jangan ditunda, betapa pentingnya literisasi keuangan lewat asuransi ini bagi keluarga, yang mana asuransi merupakan bentuk memproteksi, yang kelak akan merupakan payung bagi keluarga.

Investasi Kesehatan Ala Keluarga Surya

Lalu bagaimana dengan episode ke 3? Ini ceritanya tentang Pak Surya dan Fajar anak laki-lakinya yang sedang keranjingan nonton piala dunia sepak bola hingga rela begadang dan tidak memperdulikan kesehatan. Dengan begadang tentunya akan mengurangi hak tubuh untuk berisitirahat yang akan berdampak tidak baik bagi kesehatan, apalagi jika esok harinya akan beraktivitas seperti bekerja atau sekolah.  

Peran Ibu Mentari istri Pak Surya patut dipuji dalam hal ini berkesan ringan tapi mampu, menyadarkan arti kesehatan bagi Pak Surya dan Fajar, Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari 6 jam. Mengapa kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur.

Tidur akan merileksasikan pikiran sehingga ketika bangun, akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara 7 - 8 jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke.  Sedangkan orang yang tidur lebih dari 9 jam setiap harinya merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan. Jadi lebih baik tidur secara seimbang antara 7 - 8 jan sehari, tidak kurang dan tidak lebih karena pengaruhnya yang besar bagi kesehatan tubuh.

Intinya yang dilakukan Ibu Mentari adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Ungkapan lama ini masih relevan hingga sekarang. Sebab, kesehatan itu mahal harganya. Menjaga kesehatan sama saja dengan berinvestasi. Memang, investasi ini tidak menghasilkan uang. Tapi dalam jangka panjang hasilnya bisa jadi lebih berharga daripada investasi dana.

Kesehatan penting terutama buat yang sudah berkeluarga. Iya dong. Lantaran sudah berkeluarga, kesehatan kita bakal mempengaruhi anggota keluarga lainnya. Untuk itu  rajin-rajinlah mengecek kesehatan. Lakukan pengecekan kesehatan sebagai langkah anitisipasi serta juga jaga pola asupan sehari-hari. karena jika sakit tentu butuh biaya yang tidak sedikit, hal itu akan mudah jika kita mempunyai asuransi kesehatan yang tercover untuk keluarga.

Asuransi Kesehatan dari Sun Life

Lalu bagaiman dengan Sun Life apakah ada produk tentang suransi kesehatan PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) meluncurkan produk asuransi yaitu Asuransi X-Tra Flexi Tropical Plus,  Asuransi X-Tra Flexi Bahagia, Proteksi Mikro, Sun Medical  Platinum Syariah, Sun Medical Platinum, yang komprehensif  dengan nilai perlindungan hingga Rp7,5 miliar.

Produk yang merupakan pengembangan dari Sun Medical Executive itu menawarkan perlindungan yang lebih lengkap untuk mengatasi efek samping kemoterapi, terapi okupasi dan terapi wicara untuk penderita stroke.

Sun Life menyatakan, peluncuran produk tersebut mencerminkan komitmen Sun Life untuk memberikan ketenangan pikiran bagi keluarga Indonesia dengan menyediakan berbagai macam produk asuransi jiwa yang inovatif yang memenuhi aneka kebutuhan gaya hidup nasabah. Dengan meluncurkan Sun Medical Platinum menyediakan solusi perlindungan baru yang mengedepankan manfaat kesehatan yang maksimal untuk perawatan rumah sakit dan biaya operasi untuk nasabah menengah ke atas, serta manfaat penting untuk penyakit berat seperti kanker, dialisis ginjal, dan pengobatan Intensive Care Unit (ICU),

Produk itu dilengkapi dengan berbagai manfaat perlindungan asuransi kesehatan yang komprehensif dengan perlindungan hingga Rp7,5 miliar, fasilitas cashless, dan diterima di seluruh dunia. Dengan usia masuk nasabah mulai dari 3 bulan hingga 70 tahun, produk itu memberikan periode asuransi hingga usia 88 tahun. Untuk lebih jelasnya tentang produk-produk perlindungan kesehatan www.sunlife.co.id . Dan sekarang bisa lebih mudah dengan mengunduh apilikasi My Sun Life Indonesia di ponsel kita untuk kemudahan mengakses segala hal yang berhubungan dengan informasi atau polis asuransi nasabah.

Nah,  kembali ke web series Keluarga Surya episode ke 3 ini,  jika kita masih terus nih mau begadang yang ternyata tidak banyak manfaatnya. Orang yang sering begadang lama-kelamaan akan muncul ciri-ciri fisik dalam tubuhnya, misalnya saja adalah wajah yang lesu, kantung mata menghitam, dan mata merah. Orang yang begadang juga selalu tidur larut malam dan baru bangun pada siang hari, bukan pagi hari. Kebiasaaan semacam itu harus dihindari, karena dengan bangun pagi, Kita merasa fresh dan siap menjalani aktifitas.

Ketika bangun pagi, tentunya dapat melakukan kegiatan-kegiatan pagi. Yaitu seperti sarapan pagi. Sarapan pagi sangat diperlukan untuk tubuh. Sarapan pagi yang ideal adalah tidak lebih dari jam sembilan pagi hari. Jika begadang, maka sudah bisa dipastikan  tidak bisa sarapan pagi dan selalu melewatkan kesempatan tersebut karena baru bangun pada siang harinya. Pola makan yang tidak teratur juga akan membahayakan kesehatan. Semua dampak negatif yang timbul dapat disebabkan karena satu hal, yaitu begadang. Maka dari itu, hal ini harus menghindari begadang atau menghentikan kebiasaan begadang mulai sejak dini sebelum menimbulkan dampak yang merugikan. Dan tentunya jangan dilupakan yaitu olah raga dengan teratur.
Olah raga ringan yang rutin dilakukan akan berdampat baik
bagi kesehatan
Ini Resep Agar Kesehatan Tetap Terjaga
Hindari Kebiasaan Tidak Sehat
Jika ingin memperoleh tubuh yang sehat tentunya harus menghindari kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat. Perlu diketahui bahwa kebiasaan yang tidak sehat akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kualitas kesehatan kita. Mulai dari sekarang jauhilah kebiasaan tidak sehat seperti begadang, mengkonsumsi makanan cepat saji yang berlemak, merokok, konsumsi gula berlebih dan minuman beralkohol.
Rutin Olahraga
Bukan Menjadi rahasia lagi jika kebiasaan berolahraga akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Banyak jenis olahraha yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan seperti berenang, bersepeda, lari pagi dan lain-lain. Dengan ,rutin berolahraga maka akan memperlancar sirkulasi darah, meminimalisir lemak tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat.
Biasakan Tidur Lebih Awal
Istirahat yang cukup menjadi salah satu kunci hidup sehat. Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dari padatnya aktivitas dan juga tidur berguna untuk proses peremajaan sel-sel didalam tubuh kita.
Perbanyak Konsumsi Air Putih
Tubuh kita membutuhkan asupan cairan setiap harinya dalam jumlah yang cukup. Kekurangan cairan beresiko terhadap dehidrasi dan penyakit anemia. Oleh karena itu supaya tubuh Anda tetap fit dan sehat maka konsumilah air putih minimal 2 liter setiap harinya.
Konsumsi Makanan Sehat
Setiap makanan yang kita konsumsi hendaknya mengandung zat gizi. Mulailah hapuskan kebiasaan makan asal kenyang. Makanan yang kita konsumsi bukan sekedar untuk membuat perut kenyang namun harus bisa menutrisi dan melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.
Biasakan Sarapan Pagi
Jangan pernah menyepelekan sarapan pagi sebab manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan. Sarapan pagi merupakan salah satu kunci sukses untuk memulai setiap aktivitas. Kabiasaan meninggalkan sarapan pagi akan membuat tidak bisa berkonsentrasi dan membahayakan kesehatan pencernaan. Maka dari itu biasakan sarapan pagi dengan menu makanan yang bergizi supaya aktivitas yang dijalani bisa berjalan lancar.
Hindari Stres
Stres akan memicu gangguan kesehatan pada tubuh. Seimbangkan antara pekerjaan dan waktu istirahat untuk menghindari stres. Dengan bagitu hidup kita akan lebih sehat dan tentunya selalu bahagia.

Oh iya disetiap episode web series Keluarga Surya ada quiz yang bisa kita ikuti dengan hadiah yang lumayan, yang pertanyaan sekitar drama tersebut jadi nonton di channel YouTube @sunlife_id dan instagramnya juga. Nah sebagai bocoran episode Keluarga Surya ini sampai 8 episode, jadi celah untuk mendapatkan kesempatan quiz akan lebih banyak.

Semoga bermanfaat ya.

Buka dan Sahur dengan Kreasi Menu So Good



Assalammualaikum,,,

Ramadhan tinggal menghitung hari ya, tinggal 3 hari lagi akan berlalu. dan ramadhan tahun ini terasa banget bedanya, biasanya kita berempat berkumpul berbuka puasa dan sahur,  tetapi sekarang minus Abang karena sedang mondok, pas hari pertama buka terasa  dihati ada yang hilang (ada rasa ser-ser menahan sesuatu), dan ketika buka seperti ada yang mengganjal makanan terasa menyangkut ditenggorokan. Rasa sedih tertahan dan tetiba kepikiran buka dengan apa Abang? Biasanya dia yang paling heboh minta ini dan itu untuk buka dan sahur.

“Bunda ini mah kesukaan Abang roti gulung naget bakarnya!” kata Ade
“Iya, tapi bunda juga suka, Abang buka dengan apa ya De!” suara saya agak pelan menyahut.
“Pasti makan enaklah,, Bund…!” kata Abi begitu melihat kilatan airmata saya tertahan.

Entah seperti kontak batin, tiba-tiba ada WA dari ustadz Arif. Pembina kamar Abang Azka dipesantren. Bunda ini Abang, Bund,, nanti Abang kirimin roti gulung naget yang biasa Bunda buat itu, Abang kangen  masakan bunda!” 

Sontak saya mengucapkan Alhamdulilah di hati dan agak tergugu ketika suami saya berkata “Tuh,, Bund makanya jangan suka mikir bukan-bukan , anaknya jadi kepikiran jugakan!” Saya hanya tersenyum tertahan dan hati sedikit tenang. Berjalan ke dapur untuk melihat persedian So Good buat roti gulung yang akan dikirim ke pesantren Abang besok. Jarak  pesantren  Abang dari rumah memang tidak terlalu jauh hanya 1, 1/2 jam jika ditempuh dengan motor, masih daerah Depok. Tetapi memang peraturannya orang tua tidak boleh menjenguk dan hanya sesekali boleh mengirim makanan kesukaan santri.

Buka dan Sahur dengan Kreasi Menu So Good

So Good Naget Ayam adalah salah satu makanan siap saji kesukaan anak-anak dan memang praktis banget membantu saya dalam menyediakan menu sehari-hari. Selain kandungan protein hewaninya lengkap dan produk-produk So Good telah memenuhi standar utama yaitu produk diolah dari daging segar, kemasannya baik dan utuh, disimpan pada suhu sesuai petunjuk/informasi pada label, ada nomor MD atau ML atau PIRT dari lembaga berwenang, ada jaminan Halal dari MUI, dan yang lebih penting lagi ada tanggal kadaluarsanya. Itulah yang membuat saya selalu prepare So Good di lemari Es. Untuk diolah dan dikreasikan buat cemilan atau untuk  lauk pauk makan.


Dan salah satu favorit anak-anak waktu buka puasa adala "Roti Gulung Naget So Good” , Biasanya saya membuat menu untuk buka puasa karena sudah terbiasa membuat ini jadi seperti menu wajib di bulan puasa walaupun tidak setiap hari. Roti Gulung Naget So Good ini saya buat 2 macam ada yang dibakar dan tidak, itupun karena  Abang dan saya suka sama yang dibakar sedang Ade sama dengan ayahnya. Walaupun beda tetapi tidak buat repot karena buatnya mudah banget.
 
Roti Gulung Naget So Good
Roti Gulung Nugget So Good.

Bahan-bahanya
Chicken Stick Nuget Ayam
Daun salada / lettuce
Tomat
Keju Lembaran/Batangan di parut
Mayones
Saus Cabe atau saus Tomat

Cara membuatnya
Goreng Chicken Naget Stick So Good sampai matang dan berubah warna agak kekuningan. Letakkan lembaran roti + selada + Chicken Nugget Stick + Tomat + Parutan Keju. Gulung. Nah untung menggulung supaya menempel biasanya saya tekan ujungng roti atau dibantu dengan tusukan gigi.
 
Roti Gulung Naget

Siap dihidangkan dimakan dengan cocolan saus dan mayones, nah kalau Abang Azka suka dengan yang dibakar. Cara membuatnya juga mudah, sediakan wajan anti lengket/Teflon beri sedikit mentega kemudan letakkan roti diatasnya, bakar hingga roti agak kecoklatan. Siap dihidangkan.
 
Roti Gulung Naget Bakar
Kemudian untuk sahur ada juga menu favorit kami berempat inipun hampir sering saya buat selama bulan ramadhan steak asem manis siram So Good. Buatnya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Steak Asem Manis Siram So Good

Bahan-bahannya
Chicken Stcik Nuget Ayam (biasanya saya gunakan setengah dari isi kemasan)
Kentang siap goreng
Wortel 50 gr iris berbentuk stick
Buncis 50 gr iris sesuai selera

Bumbu Siram
1 Siung Bawang Bombay
3 Siung Bawang Putih
3 sdm Saus Tomat
3 sdm Saus Sambal
½ sdm Saus Tiram
Garam, gula dan air secucukupnya.
Steak Asem Manis Siram so Good
 Cara membuatnya
  • Goreng Chicken Stick Naget hinga matang dan berubah warna  (ini bisa naget dalam bentuk tidak harus stick) dan goreng kentang juga hingga matang kemudian rebus/kukus wortel dan buncis.
  • Iris bawang putih dan bawang bombay setelah selesai tumis dengan 2 SDM minyak sayur setelah sedikit harum masukkan saus tomat + saus sambal + saus tiram tambahkan gula dan garam jika agak kental beri sedikit air, kemudian setelah di rasa pas. Matikan kompor
  • Susun chicken stick nuget + kentang + wortel + buncis kedalam piring saji, siram dengam bumbu diatasnya sajikan hangat-hangat.

Biasanya anak-anak dirumah makan ini tidak dengan nasi karena sudah ada kentang goreng tetapi jika mau disajikan dengan nasipun bisa, selamat mencoba ya, mudah-mudahan ramadhan membawa kebahagian dikeluarga,

Oh iya waktu roti gulung naget tiba dipesantren Alhamdulillah teman-teman abang  dan ustadz suka semua. Dan jadi rekomendasi catering yang ada dipesantren untuk menambah menu ini disana. Setelah ustadz Arif menanyakan resepnya. Untunglah lewat  So Good membawa rindu saya ke Abang Azka terwakili. 

Semoga bermanfaat ya, sajikan yang sehat dan bergizi untuk keluarga walaupun kadang sahur anak-anak sulit makan biasanya saya selau bertanya mau dibuat apa untuk buka dan sahur? agar puasa mereka penuh semangat. Selamat mencoba!



AXA Mandiri Memberikan Dana Tabbarunya Untuk Baznas


Assalammuaaikum,,,

Pernah mendengar tentang hadist “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Tentunya kita sebagai manusia ingin sekali bahwa kehadiran kita dunia bermanfaat bagi orang lain, terlebih bermanfaat bagi keluarga sendiri kemudian tetangga baru lingkungan sekitar. Jika kita berbuat baik, sesungguhnya berbuat baik bagi diri sendiri. Hal ini menjadi indikator bagaimana menjadi seorang yang sebenarnya. Eksistensi seseorang sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya pada yang lain. Adakah dia berguna bagi orang lain, atau malah sebaliknya menjadi parasit buat yang lainnya?. Setiap perbuatan maka akan kembali kepada orang yang berbuat. Seperti kita Memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri dan juga sebaliknya atau dengan kata lain tabungan untuk kita.

Begitupun yang dilakukan  PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) kembali memberikan dana tabbarunya Untuk  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam penyaluran dana surplus underwriting atau bagi hasil penjualan produk asuransi syariah sebesar Rp 847 juta.  Saya dan teman- teman blogger hadir di acara tersebut pada tanggal 5 Juni 2018 di Jakarta.

PT. AXA Mandiri
Berawal dari bisnis asuransi jiwa di tahun 2004, kesuksesan AXA Mandiri dilanjutkan dengan dibangunnya bisnis asuransi umum pada tahun 2011. AXA Mandiri kini semakin lengkap dan kuat dan terus berfokus untuk menyediakan berbagai solusi sesuai kebutuhan Nasabah, baik disegi layanan keuangan dan investasi, maupun solusi perlindungan jiwa dan aset.. AXA Mandiri terdiri dari bisnis asuransi jiwa, yaitu PT AXA Mandiri Financial Services dan bisnis asuransi umum, yaitu PT Mandiri AXA General Insurance, yang keduanya adalah sebuah perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan AXA Group.

AXA Mandiri  beroperasi dengan fokus pada asuransi jiwa, asuransi umum dan manajemen aset melalui beragam jalur distribusi dibawah PT AXA Financial Indonesia, PT AXA Life Indonesia, PT Asuransi AXA Indonesia, dan PT AXA Asset Management Indonesia.

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA, yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). AXA Mandiri yang menjalankan model bisnis bancassurance memiliki jalur distribusi in-branch, telemarketing dan korporasi. Pemasaran produk dilakukan melalui lebih dari 2.300 Financial Advisor di lebih dari 1.300 cabang Bank Mandiri dan 200 cabang Bank Syariah Mandiri di seluruh Indonesia, serta didukung lebih dari 500 Sales Officer pada jalur telemarketing dan korporasi. AXA Mandiri juga telah memanfaatkan dunia digital untuk penjualan produk secara online, serta memberikan pelayanan purna jual untuk nasabah.
 
Bpk Hengky Oktavianus
Hadir  pada saat itu Bpk. Henky Oktavianus selaku Director of In Branch Channel AXA Mandiri mengatakan bahwa pemberian dana tabbaru ini merupakan komitmen untuk menyalurkan dana surplus underwriting itu. Kami berharap bisa menyampaikan amanah nasabah dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Dan dana tersebut meningkat 32% dari tahun sebelumnya. Terbuktikan sahabat jika kita memberi maka balasannya akan berlipat hal itu yang di alami AXA Mandiri dengan bertambahnya pemegang polis asuransi  AXA Mandiri.

Selain itu AXA Mandiri juga memberikan sebagian dananya  digunakan untuk menyediakan 1.200 paket Ramadhan Bahagia, yang berisi makanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga hari raya Idulfitri. Paket ini diserahkan kepada masyarakat melalui Yayasan Cerdas Mandiri, Masjid Raudhatul Falah, Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta, petugas keamanan dan kebersihan serta masyarakat yang ada di lingkungan AXA Tower Kuningan, Jakarta.

Dana surplus underwriting "merupakan selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu". Dan kerja sama penyaluran surplus underwriting bersama Baznas, sudah berlangsung selama tujuh tahun. Program ini memberikan manfaat bagi banyak orang, karena disalurkan ke sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kemanusiaan.

AXA Mandiri sendiri, juga mencatatkan peningkatan jumlah polis asuransi syariah. Pada tahun 2017, perseroan memberikan perlindungan asuransi kepada 59 ribu polis, naik 80% dari tahun lalu. Dari jumlah peserta polis tersebut, telah menyumbang pendapatan sebesar Rp 46,7 miliar, naik 12,8% dibandingkan tahun 2016.

Tentunya meningkatnya pemegang polis artinya bukan hanya kepada perusahaan akan tetapi semakin banyak masyarakat yang sadar dan pentingnya perlindungan dan perencanaan keuangan masa depan melalui asuransi.

Selanjutnya Ibu Emmy Hanidiyah selaku Komisaris Baznas yang menerima langsung dana surplus tersebut mengatakan “kami sangat mengapresiasi dan terus mendukung komitmen AXA Mandiri untuk menghibahkan dana surplus underwritingnya demi kebaikan masyarakat luas dan kerja sama ini sangat penting bagi upaya kesejahteraan masyarakat melalui program-program Baznas.
 
Bpk Hengky dan Ibu Emmy

Sekilas tentang Baznas
Baznas adalah Amil Zakat Nasional (BAZNAS) lembaga yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Pembentukan Baznas pertama kali ditetapkan dengan Keputusan Presiden No 8 Tahun 2001 dan sekarang  Baznas berstatus sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Baznas merupakan satu di antara sedikit lembaga nonstruktural yang memberi kontribusi kepada negara di bidang pembangunan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan melalui pengelolaan dana zakat.  Baznas berperan sebagai penyedia bantuan jaminan sosial bagi fakir miskin di tanah air kita. Kehadiran lembaga ini menopang tugas negara dalam mensejahterakan masyarakat, sehingga sewajarnya disokong oleh pemerintah.

Peran dan kontribusi Baznas kepada masyarakat, khususnya umat Islam, tidak hanya dalam ukuran yang bersifat kuantitatif, tetapi juga ukuran yang bersifat kualitatif, terutama peran Baznas dalam menyebarluaskan nilai-nilai zakat di tengah masyarakat. Yaitu nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, etos kerja, etika kerja dalam mencari rezeki yang halal dan baik, serta nilai-nilai zakat yang terkait dengan pembangunan karakter manusia (character building) sebagai insan yang harus memberi manfaat bagi sesam.. Selaku pribadi kita sendiri juga bisa menyumbang zakat 2,5% kita kepada Baznas,
 
Jajaran Manajemen PT AXA Mandiri, PT Bank Mandiri dan Baznas
Rangkaian yang dilakukan AXA Mandiri adalah merupakan dari program Ramadhan Juara yang dilakukan AXA Mandiri  yang bertujuan menyemangati masyarakat untuk senantiasa giat beribadah dan berlomba menjadi individu yang bermanfaat bagi sesama, sehingga menjadi juara pada hari kemenangan.

Selain itu AXA Mandiri juga mendukung masyarakat juara dalam financial yang artinya  bisa mengantisipasi kerugian financial akibat risiko hidup.  Melalui produk asuransi syariah, AXA Mandiri memenuhi kebutuhan perlindungan yang dikelola dengan prinsip syariah tentunya bebas dari riba bagi keluarga muslim. Ada berbagai jenis produk asuransi berbasis syariah yaitu 
  • Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan Syariah
  • Asuransi Mandiri Rencana Sejahtera Syariah
  • Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah
  • Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah.
Dan produk-produk tersebut dipasarkan melalui lebih dari 200 cabang Bank Syariah Mandiri. Selain memasarkan produksi asuransi AXA Mandiri juga memberikan edukasi dan literasi mengenai asuransi Syariah kepada masyarakat, karena tingkat penggguna produk dan jasa keuangan Syariah  di Indonesia masih berada pada 11,06% dengan indeks  literasi keuangan Syariah sebesar 8,11%. Hal itu sama saja dengan 100 orang di Indonesia baru 11 orang yang sudah menggunakan produk dan jasa keuangan syariah dan 8 orang yang sudah teredukasi mengenai keuangan Syariah.
 
Contoh hitungan zakat profesi
yang disimulasikan oleh Baznas

Angka yang sangat kecil ya, mudah-mudahan dengan adanya literasi dan edukasi masyarakat Indonesia kian menyadari betapa pentingnya asuransi itu. Baik dari segi kehati-hatian juga sebagai payung yang kelak berguna untuk keluarga.

So,, sudah sejauh mana peran kita dalam hal berbuat kebaikan kepada lingkungan sekitar, melihat nominal yang dikeluarkan AXA Mandiri  untuk Baznas diam-diam dalam hati berucap kapan saya akan akan berzakat dengan nominal tersebut?. Bismillah,,,, suatu saat pasti bisa.

Semoga bermanfaat ya

















Mudik Lebaran Nyaman Bersama BPJS Kesehatan



Ramadhan tinggal hitungan hari, tentunya rencana mudik sudah didepan mata, untuk bertemu orang-orang tecinta dikampung halaman. Untuk bekal mudik selain kendaran yang sehat juga orangnya harus sehat tentunya. Adar mudik menjadi aman dan nyaman sampai tempat tujuan. Akan tetapi jika sesuatu terjadi di jalan atau jatuh sakit sampai tempat tujuan tidak perlu khawatir karena BPJS Kesehatan mendirikan posko mudik di beberapa titik padat pemudik yang dilalui. Jadi bisa mudik lebaran nyaman bersama BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan membangun posko mudik untuk memberikan rasa nyaman kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS), posko selama 24 jam dimana pemudik bisa mendapatkan layanan kesehatan obat-obatan, fasilitas relaksasi, hinga pemberian informasi program jaminan kesehatan. Posko dibuka mulai tanngal 9 – 14 Juni 2018. Jadi jangan lupa untuk membawa kartu JKN – KIS atau bagi yang telah mendowload mobile JKN – KIS tinggal menunjukkan handphone tentunya, agar pelayanan bisa mudah. Adapun ke 8 titik posko mudik BPJS Kesehatan yaitu
  • Terminal Pulo Gebang Jakarta
  • Rest Area KM 57 Cikampek
  • Stasiun Yogyakarta
  • Terminal Tirtonadi Surakarta
  • Terminal Bungurasih Surabaya
  • Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar
  • Pelabuhan Gilimanuk Bali
  • Pelabuhan Merak Banten

Jika Jatuh Sakit di Tempat Tujuan
Kemudian apabila jatuh sakit di tempat tujuan peserta JKN-KIS juga tidak perlu khawatir saat libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran Tahun 2018. Tepatnya H-8 sampai H+8 atau tanggal 7 sampai 23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Lebaran dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan (Faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sehingga Untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.
 
layanan JKS-KIN tetap ada
Kata Ibu Andayani Budi Lestari selaku Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta. BPJS Kesehatan di acara buka bersama blogger dan media di Jakarta. “Prinsip portabilitas pada program JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik Lebaran. Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut,”

Katanya hal tersebut juga sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur Lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.”Pada keadaaan gawat darurat seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS,” katanya.

Menurutnya Bpk Arif Syaefuddin selaku Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta. Penting diketahui bahwa "pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,”

Kantor Cabang BPJS Kesehatan Tetap Buka
Kantor Cabang BPJS Kesehatan tertentu juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11 sampai 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 – 12.00. Selama libur Lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampai dengan anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.
 
aplikasi mudik BPJS Kesehatan
Juga pemudik bisa mendowload aplikasi mudik BPJS Kesehatan dimana semua ada informasi tentang mudik. Adapun aplikasi itu kata  bpk M. Yusril selaku Asisten Deputi Bidang Operasional Teknologi Informasi,  aplikasi mudik BPJS Kesehatan diluncurkan agar pemudik juga memastikan kelancaran perserta dalam memperoleh  kesehatan dari BPJS Kesehatan yang sudah terupgrade dan stabil.

Selamat mudik semua semoga tetap dalam keadaan sehat, lancar dan nyaman sampai tujuan, tetap berhati-hati di jalan jika lelah menepilah untuk istirahat jangan terlalu memaksakan diri untuk sampai tujuan dengan cepat jika dalam keadaan letih.