Mudik Lebaran Nyaman Bersama BPJS Kesehatan



Ramadhan tinggal hitungan hari, tentunya rencana mudik sudah didepan mata, untuk bertemu orang-orang tecinta dikampung halaman. Untuk bekal mudik selain kendaran yang sehat juga orangnya harus sehat tentunya. Adar mudik menjadi aman dan nyaman sampai tempat tujuan. Akan tetapi jika sesuatu terjadi di jalan atau jatuh sakit sampai tempat tujuan tidak perlu khawatir karena BPJS Kesehatan mendirikan posko mudik di beberapa titik padat pemudik yang dilalui. Jadi bisa mudik lebaran nyaman bersama BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan membangun posko mudik untuk memberikan rasa nyaman kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS), posko selama 24 jam dimana pemudik bisa mendapatkan layanan kesehatan obat-obatan, fasilitas relaksasi, hinga pemberian informasi program jaminan kesehatan. Posko dibuka mulai tanngal 9 – 14 Juni 2018. Jadi jangan lupa untuk membawa kartu JKN – KIS atau bagi yang telah mendowload mobile JKN – KIS tinggal menunjukkan handphone tentunya, agar pelayanan bisa mudah. Adapun ke 8 titik posko mudik BPJS Kesehatan yaitu
  • Terminal Pulo Gebang Jakarta
  • Rest Area KM 57 Cikampek
  • Stasiun Yogyakarta
  • Terminal Tirtonadi Surakarta
  • Terminal Bungurasih Surabaya
  • Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar
  • Pelabuhan Gilimanuk Bali
  • Pelabuhan Merak Banten

Jika Jatuh Sakit di Tempat Tujuan
Kemudian apabila jatuh sakit di tempat tujuan peserta JKN-KIS juga tidak perlu khawatir saat libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran Tahun 2018. Tepatnya H-8 sampai H+8 atau tanggal 7 sampai 23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Lebaran dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan (Faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sehingga Untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.
 
layanan JKS-KIN tetap ada
Kata Ibu Andayani Budi Lestari selaku Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta. BPJS Kesehatan di acara buka bersama blogger dan media di Jakarta. “Prinsip portabilitas pada program JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik Lebaran. Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut,”

Katanya hal tersebut juga sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur Lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.”Pada keadaaan gawat darurat seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS,” katanya.

Menurutnya Bpk Arif Syaefuddin selaku Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta, selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta. Penting diketahui bahwa "pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,”

Kantor Cabang BPJS Kesehatan Tetap Buka
Kantor Cabang BPJS Kesehatan tertentu juga akan tetap beroperasi pada tanggal 11 sampai 20 Juni 2018 dari pukul 08.00 – 12.00. Selama libur Lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftaran bayi baru lahir kategori PPU anak pertama sampai dengan anak ketiga dan bayi peserta PBI-APBN serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.
 
aplikasi mudik BPJS Kesehatan
Juga pemudik bisa mendowload aplikasi mudik BPJS Kesehatan dimana semua ada informasi tentang mudik. Adapun aplikasi itu kata  bpk M. Yusril selaku Asisten Deputi Bidang Operasional Teknologi Informasi,  aplikasi mudik BPJS Kesehatan diluncurkan agar pemudik juga memastikan kelancaran perserta dalam memperoleh  kesehatan dari BPJS Kesehatan yang sudah terupgrade dan stabil.

Selamat mudik semua semoga tetap dalam keadaan sehat, lancar dan nyaman sampai tujuan, tetap berhati-hati di jalan jika lelah menepilah untuk istirahat jangan terlalu memaksakan diri untuk sampai tujuan dengan cepat jika dalam keadaan letih.


No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏