Saturday, 13 July 2019

Atasi Luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Atasi Luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik #GakPakePerih
Setuju nggak dunia bermain adalah dunia anak-anak, karena dengan bermain ada banyak manfaat untuk anak-anak. Seperti meningkatkan kemampuan motorik, menambah daya imajinasi anak dan yang lebih penting lagi anak bisa bersosialisasi dan bisa juga lebih mandiri. Kalau anak terluka atau jatuh karena bermain ada cara mudah mengatasinya.



Sebelum lebih jauh membicarakan luka Ini ulasan lengkap manfaat bermain untuk anak-anak, yang kadang menurut sebagian orangtua yang mengatakan bermain pada anak-anak tidak ada manfaatnya. Padahal banyak sekali manfaatnya loh moms,,,


atasi luka dengan hansaplast spray antiseptik


Meningkatkan kemampuan motorik anak
Anak yang banyak menghabiskan waktu untuk melakukan permainan yang melibatkan aktivitas fisik, baik di dalam maupun di luar rumah, akan memiliki kemampuan motorik yang baik. Memiliki kemampuan motorik yang baik sangat berkontribusi dalam menjaga berat badan anak dalam kondisi ideal, menstimulasi penambahan tinggi badan, mencegah obesitas, dan baik untuk kesehatan jantung hingga dewasa.

Mengasah kemampuan imajinasi anak
Kemampuan imajinasi yang baik pada masa kanak-kanak akan memberikan kontribusi yang baik saat dewasa. Anak akan memiliki inisiatif, ide, dan kreativitas yang baik saat sekolah dan bekerja nantinya.

Meningkatkan kemampuan sosial dan komunikasi
Agar permainan bisa meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, sediakan waktu agar si kecil bisa bermain bersama teman-teman sebayanya. Melalui bermain bersama, anak akan belajar cara memulai percakapan, cara berkomunikasi yang santun, serta tahu cara terbaik dalam memecahkan masalah. 

Mengasah kemampuan berbahasa
Melalui bermain, kemampuan berbahasa anak juga berkembang lebih cepat. Terlebih untuk anak batita, permainan membantu merangsang kemampuan anak untuk bisa berbicara lancar dan dengan artikulasi yang jelas. Pada anak yang lebih besar, bermain juga menstimulasi untuk bisa mempelajari bahasa lain selain bahasa ibu

Meningkatkan kepemimpinan dan kemampuan memecahkan masalah
Bermain tidak hanya memberikan dampak jangka pendek, tapi juga memberi efek positif hingga anak dewasa. Selain itu, dia juga cenderung lebih tenang saat menghadapi masalah dan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik.

Nah kemarin itu pas liburan panjang kenaikan kelas, hampir sebulan dirumahkan ya, dan hampir tiap hari pastinya main diluar, seneng sih mereka aktif, dan sepertinya enggak habis-habis tenaga mereka untuk bermain. Terlebih Azka anak saya senang sekali bermain bola, renang dan kemana-mana selalu dengan sepedanya.

Azka dunia bermainnya identik dengan kegiatan fisik. Tentunya jadi perhatian buat saya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya agar kegiatannya bermainnya seimbang dengan kegiatan sehari-hari. Nah, ada satu hal ini yang buat saya gemas kalau jatuh dari sepeda tuh tidak mau dibersihkan lukanya dengan alasan perih. Drama memang anak laki-laki satu ini kalau luka cuek bilangnya nanti juga sembuh sendiri giliran bundanya yang bingung.

atasi luka dengan hansaplast spray antiseptik

Kemarin kejadiankan waktu pulang bermain bola berjalan agak pincang, karena balapan sepeda dengan teman-temannya. Akhirnya sedikit memaksa awalnya dan memberi pengertian kalau luka tidak dibersihkan sembuhnya akan lama dan bisa menyebabkan infeksi. Ternyata setelah dibersihkan dengan hansaplat spray antiseptik, anak ini malah tersenyum bener #GakPakePerih, katanya.

Kenapa luka wajib dibersihkan dengan Hansaplast Spray Antiseptik?
Kandungan utama Hansaplast Spray Antiseptik adalah Polyhexamethylene Biguanide (PHMB), zat antiseptik yang banyak digunakan oleh para dokter karena efektif dalam mengatasi infeksi, tidak perih, tidak meninggalkan noda dan tidak berbau.

Kandungan PHMB dalam pembersih luka yang secara umum digunakan di klinik dan rumah sakit, saat ini diluncurkan oleh Hansaplast dalam bentuk produk yang dijual bebas tanpa resep dokter

Bagaimana Tahapan membersihkan luka?
  • Cara penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik sangat mudah. Cukup semprotkan cairan antiseptik pada bagian yang luka. Biarkan sesaat hingga cairannya benar-benar meresap. 
  • Kemudian tutup luka dengan plester Hansaplast Ini untuk melindungi area yang terluka dari gesekan dan kontaminasi bakteri, serta menjaganya agar tetap dalam kondisi lembap.
  • Ganti plester secara berkala. Mengganti plester bermanfaat untuk menjaga kebersihan serta kelembapan area yang terluka. Saat melakukan tindakan ini, jangan lupa untuk mengulangi dua langkah di atas agar proses penyembuhan luka berlangsung lebih optimal
atasi luka dengan hansaplast spray antiseptik

Praktis banget Hansaplast Spray Antiseptik ini digunakan, dan sudah bisa didapakan di apotik atau mini market tedekat dirumah dengan harga Rp 45.000,. Jadi kalau luka. Atasi luka dengan Hansaplat Spray Antiseptik, sebagai pertolongan pertama. Dan kita tidak perlu khawatir lagi meskipun begitu sebagai orangtua perlu banget nih, agar manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak dapat dirasakan secara optimal, sebaiknya dapat mendampingi dan terlibat dalam permainan anak. 

Semoga bermanfaat

utieadnu.

Thursday, 11 July 2019

Belanja di Lotte Mart Wholesale Hemat dan Untung

Dengan Belanja di Lotte Mart Whosesale Selain Hemat Tetapi Juga Untung 
Lotte Mart merupakan salah satu jaringan retail terbesar di Indonesia yang mengusung konsep wholesale yang menjual berbagai macam bahan makanan, pakaian, mainan, elektronik, dan barang yang lainnya. Konsep yang diusung Lotte Mart ini berbeda dengan toko retail lainnya.

Dimana konsep yang diusung Lotte Mart ini whosale yang artinya para konsumen dapat berbelanja dalam jumlah yang besar. Sehingga Lotte Mart ini tidak hanya bergerak kepada pasar retail saja tetapi juga mengincar pasar para pengusaha. Untuk mendukung konsep yang diusungnya maka penyusunan produknya dibuat seperti didalam gudang yang sangat sederhana. Mulai dari penataan barang barangnya sama persis dengan seperti yang ada di gudang sangatlah sederhana. Sehingga para mitra usaha akan terbantu untuk menemukan produk yang diinginkannya dengan mudah dan cepat. 

Untuk servis tambahan tidak gratis, ini berlaku untuk servis kantong plastik dan juga pengantaran barang. Hal ini diterapkan Lotte Mart wholesale karena harga di Lotte Mart sudahlag sangat murah. Oleh karena itu akan dipangkasnya semua biaya yang tidak perlu. Satu tujuan dari Lotte Mart melakukan semua penghematan biaya ini untuk memberikan keuntungan bagi para pelanggan. Tetapi jika diperlukan Lotte Mart wholesale akan menyediakan servis tambahan dengan sedikit menarik biaya ekstra. 
Didalam setiap transaksi Lotte Mart wholesale, faktur penjualannya akan mencantumkan PPN secara terpisah. Karena bagi mereka para mitra usaha sangat membutuhkan faktur penjualan yang dapat digunakannya sebagai bukti pemungutan pajak yang sah. Pada saat belanja di Lotte Mart wholesale maka para pelanggan harus menggunakan KTP atau Kartu Tanda Pengusaha. Pasalnya setiap pelanggan adalah mitra usaha bagi Lotte Mart wholesale. Oleh karena itu setiap pelanggan Lotte Mart harus diberikan KTP sehingga nantinya bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang pastinya akan menguntungkan para pelanggan.  
Kamu pastinya sudah mengetahui jika Lotte Mart ini adalah sebuah perusahaan besar asal Korea yang ikut meramaikan bisnis dunia retail di Indonesia sudah sejak lama. Lotte Mart sekarang ini gerai cabangnya sudah tersebar luas diberbagai kota kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Pekan Baru, dan wilayah yang lainnya. Dimana kesemua gerainya itu selalu menawarkan secara lengkap produk produk yang dapat memenuhi kebutuhan sehari hari para pelanggan yang ingin berbelanja di Lotte Mart tersebut. Selain itu juga untuk setiap minggunya di Lotte Mart seringkali diadakan promo diskon harga yang dapat kamu lihat didalam katalog Lotte Mart promo terbaru. Adapun salah satu promonya adalah promo paket cepek 5 makanan dan minuman di promo Lotte Mart wholesale.


belanja di lotte mart wholesale hemat dan untung
Berikut katalog promo paket cepek 5 makanan dan minuman di promo Lotte Mart wholesale diantaranya yaitu :
  • Marjan paket hemat 5 produk diskon 14 %, harga promo Rp. 65.000, harga normal Rp. 75.150 whosale. 
  • Save L 500 gr gula pasir lokal harga promo Rp. 6.000 whosale.
  • ABC paket hemat 5 produk diskon 8 %, harga promo Rp. 89.900 dari harga normal Rp. 97.500.
  • Rose Brand 1 ltr minyak goreng diskon 5 %, harga promo Rp. 10.200 dari harga normal Rp. 10.700.
  • ABC 225 ml kecap manis diskon 21 %, harga promo Rp. 6.900 dari harga normal Rp. 8.700 whosale.
  • ANC 135 ml kecap manis harga promo Rp. 5.900 whosale.
  • Bimoli 2 ltr minyak goreng klasik diskon 2 %, harga promo Rp. 21.450 dari harga normal Rp. 21.950.
  • Bimoli 18 ltr minyak goreng diskon 2 %, harga promo Rp. 203.500 dari harga normal Rp. 208.500 whosale.
  • Astor per 2 kaleng 330 gr double coklat diskon 43 %, harga promo Rp. 40.000 dari harga normal Rp. 69.800.
  • Sosro 25 pcs teh celup diskon 4 %, harga promo Rp. 5.200 dari harga normal Rp. 5.400.
Dan masih banyak paket cepek 5 makanan dan minuman lainnya. 
Salah satu kebiasaan orang yang hidup diera digital seperti sekarang ini adalah berbelanja secara online. Pastinya kegiatan ini akan menawarkan berbagai kemudahan karena untuk melakukannya kamu hanya cukup menggunakan smartphone atau perangkat digital lainnya yang kamu miliki. Jika dulu kegiatan belanja ini dilakukan dengan mengunjungi tokonya secara langsung. Tetapi sekarang ini kegiatan belanja tersebut akan terasa lebih mudah dilakukan. Terlebih lagi sekarang ini telah hadirnya iLotte yang mengusung konsep belanja online dengan produk berkualitas yang ditawarkannya. 
Memang saat ini iLotte bukanlah satu satunya mall online yang dikenal oleh masyarakat. Mengingat kegiatan belanja online ini sudah menjadi rutinitas yang dilakukan orang banyak, sehingga jangan heran jika keberadaan toko online sekarang ini semakin banyak saja. Mulai dari toko online dengan kapasitas kecil hingga tokon online dengan kapasitas besar layaknya sebuah mall.

Tetapi dari sekian banyak toko online yang ada hanya iLotte lah yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mereka yang sering berbelanja online. Tetapi memang sejak diluncurkannya iLotte ini telah membuat kegiatan belanja terasa lebih seru dan menarik. Untuk membeli paket cepek 5 makanan dan minuman di promo Lotte Mart wholesale pun bisa dilakukan di iLotte. 
Dimana ada banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan jika berbelanja di iLotte diantaranya yaitu :
  • Menyediakan Barang Branded Terlengkap 
Di iLotte akan dapat ditemukannya berbagai macam barang dari merk terkenal. Selain itu juga iLotte akan memudahkan kamu untuk menemukan berbagai macam produk terbaik yang dibutuhkan. Terlebih lagi sekarang ini iLotte telah menyediakan berbagai macam produk yang berasal dari luat negeri, dimana produk tersebut dapat dibeli secara online dengan mudah. 

  • Harganya Dapat Bersaing Dan Lebih Murah 
Berbelanja di iLotte tidak hanya mudah tetapi juga dapat berhemat karena barang barang yang dijual disini harganya lebih murah daripada di toko toko online yang lainnya. Terlebih lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, iLotte akan mengadakan promo lebaran sehingga bisa didapatkannya barang dengan harga yang jauh lebih murah dari biasanya. 

  • Belanja Lebih Mudah Dan Praktis Untuk Dilakukan 
Terkadang karena kamu terlalu sibuk dan adanya pekerjaan yang sulit untuk ditinggalkan sHarganya Dapat Bersaing Dan Lebih Murah ehingga membuat kamu sulit untuk melakukan kebutuhan di luar ruangan. Sebagai contoh kamu akan merasa sulit untuk membeli barang barang yang diperlukan karena tidak bisa datang ke tokonya secara langsung. Dengan adanya iLotte ini maka kamu dapat membeli semua barang secara online. Kamu cukup memesan atau membeli barang yang kamu inginkan melalui handphone ataupun perangkat digital lain yang didukung dengan internet. Kamu dapat melakukan pemesanan dimanapun dan kapapun.
Sekarang bagi mereka yang selalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk berbelanja barang yang dibutuhkannya, maka iLotte ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Belanja di Lotte mart wholesale hemat dan untung.

Utieadnu

Wednesday, 10 July 2019

Tiga Alasan Mempunyai Mobil Pribadi

Mempunyai kendaraan bermotor tentunya sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting apalagi sudah dijaman yang serba maju ini, mempunyai mobil atau motor sudah pasti menjadi pilihan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Dari sekian banyak kendaraan bermotor, mungkin motor menjadi pilihan yang terbanyak seperti saya, ada mobil tetapi untuk aktivitas sehari-hari tetaplah motor yang digunakan karena dengan alasan. Motor bisa menembus kemacetan ketimbang mobil. Nah biasanya mobil saya gunakan untuk acara keluarga setiap sabtu minggu atau ketika pergi keluar kota bersama keluarga. Namun kenapa saya tetap memilih mempunyai mobil walaupun sudah mempunyai motor. Ada tiga alasan kenapa saya harus mempunyai mobil pribadi?

Tiga alasan mempunyai mobil pribadi

Ada tiga alasan mempunyai mobil pribadi.

Lebih efisien 
Naik mobil pribadi ketika pergi bersama keluarga misalkan pulang kampung atau mudik, acara keluarga tentunya lebih  efisien dan hemat biaya, naik kereta atau bis apalagi pesawat tiketnya mahal, tentunya mobil pribadi menjadi pilihan utama. dan menggunakan mobil pribadi lebih terjamin keamanan dan kenyamanannya. Dan keuntungan lainnya mudik dengan mobil pribadi kita bisa bebas beristirahat sewaktu-waktu walaupun sedikit lelah dan tentunya bisa membawa barang bawaan sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan kita.

Sebagai kendaraan darurat
Artinya jika terjadi sesuatu terjadi tengah malam misalnya, anak kita sakit dan perlu penanganan cepat . Dengan adanya mobil tentunya kita bisa membawa anak cepat ke rumah sakit tanpa harus menunggu atau mencari kendaraan pinjaman ke tetangga misalnya.

Bisa dijadikan alternatif bisnis.
Karena dirumah mobil hanya dipakai hari sabtu dan minggu atau keluar kota, salah satu usaha yang saya lakukan dengan menyewakan mobil. Nah , untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan biasanya mobil hanya saya sewakan ketetangga atau saudara terdekat. lumayan kan bisa sedikit manambah penghasilan.

Dari beberapa alasan diatas tentunya sudah bisa dipastikan mobil pribadi memang dibutuhkan, namun walupun demikian tentu kita harus bisa merawat mobil salah satunya dengan mendaftar ke asuransi kendaraan bermotor. Tentunya kita harus ke lembaga  yang sudan terjamin lembaga asuransi mobil terbaik yang pelayanannyanya prima dan yang tidak susah mengurus klaimnya.

Untuk asuransi mobilpun kita bisa memilih, nilai preminyapun juga sesuai sesuai kebutuhan kita. banyak pilihan lembaga asuransi yang kita pilih bisa dilihat di platform cekaja.com. Nah di platform ini kita bisa juga mengasuransikan mobil dan motor yang kita punyai, dan juga selalu ada promo, itusih yang utama. selain itu kita juga bisa  memperoleh perbandingan produk asuransi terbaik dan terlengkap yang dapat menyediakan layanan sesuai kebutuhan kita.

Tentunya dengan merawat mobil setelah mengetahui tiga alasan mempunya mobil pribadi ada nilai ekonomisnya yang bisa kita dapatkan. Jika terjadi sesuatu pada kendaraan. Klaim asuransi dan sistem kerja dari asuransi tersebut akan menguntungkan kita sebagai pemilik kendaraan atau pihak ketiga.

Semoga bermanfaat ya
utieadnu



Tuesday, 9 July 2019

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo Jogjakarta

Travelling kali ini masih berlanjut  setelah kita rafting di sungai elo Magelang mumpung kumpul dan  masih ada hari libur akhirnya kita berangkat lagi menuju Jogjakarta awalnya mau jalan-jalan ke Malioboro karena memang sudah lama banget tidak singgah dan menikmati malam di Jogjakarta, tetapi sampai di tengah perjalanan ada yang usul. bagaimana kalau kita ke Wisata Alam Desa Kalibiru Kulonprogo?

Dan akhirnya dari stasiun wates kita menyewa kendaraan online menuju Kulonprogo, ternyata perjalanan lancar, tidak lebih dari 1 jam kita sudah sampai di tempat,  perjalanan yang kita lalui ini penuh dengan tanjakan serasa turun naik bukit, jadi kalau mau ke Kalibiru menggunakan mobil pribadi, kendaraan kondisinya harus benar-benar prima untungnya mobil yang kita sewa sudah sering ke Kalibiru jadi drivernya cukup handal.  
wisata alam kalibiru kulonprogo Jogjakarta

Kalibiru adalah objek wisata alam paling terkenal, populer dan nge-hits di Kabupaten Kulon Progo, dalam beberapa bulan terakhir ini. Benar juga sesampai di kalibiru mata kita dimanjakan dengan hamparan pemandangan yang indah luar biasa, masyaAllah mulut tiada henti berdecak kagum, semakin terasa kecil diantara ciptaanNya yang begitu sempurna, yang suka ketinggian cocok ini dijadikan tujuan. Tiket masuknya cukup murah yaitu :

Rp 5.000/orang (hari biasa)
Rp 10.000/orang (akhir pekan, weekend)
Rp 5.000/orang (retribusi Waduk Sermo)

Dan untuk biaya parkirnya pun murah hanya Rp 5000,- untuk mobil. Karena kita kesana pada saat weekday jadi tidak terlalau ramai dan untuk naik keatas tidak perlu antre. Konon katanya jika hari libur antriannya cukup panjang, untuk naik ke atas ada beberapa spot yang ditawarkan papan berbentuk kotak, hati ,, nah untuk mengambil spot foto diatas cukup dikenakan biaya sebesar Rp 15.000/orang dan tarif tersebut sudah termasuk fasilitas alat pengaman selama berada di atas pohon.

Spot foto diatas pohon pinus ini sebenarnya agak ngeri, bagi yang punya phobia ketinggian seperti saya, ngga mungkin dong kalau sudah samapi disini terus tidak naik ketas, hitung-hitung  ini sebagai obat terapi, mesti deregdeg entahlah itu istilah apa, tapi terbayar dengan pemandangan liuk indah Waduk Sermo dibingkai perbukitan Menoreh yang memanjakan mata.

Waktu kesana semesta mendukung sekali hari yang cerah dan gumpalan awan , langit biru menjadi semakin sempurna . apalagi jika ingin menikmati senrise dan sunsite kata Mas Bayu petugas yang membimbing  kita naik keatas pemandangannya lebih indah. Cahaya kemasan dari sinar matahari dan kabut jadi satu dan  kalau senja warna langit dan waduk menjadi kuning keemasan,,, disini ada kok penginapan harganya cukup murah hanya Rp 120.000/kamar. Pintar sekali deh promonya, membuat kita menimbang-nimbang untuk lebih lama di Kalibiru ini.

wisata alam kalibiru kulonprogo Jogjakarta
kalibiru
Selain spot foto di atas pohon pinus ada juga paket wisata outdoor Rp 35.000/orang, mendapatkan fasilitas climbing, sling1, spider web, flying fox, dan wooden bridge. Intinya di Kalibiru ini yang suka ketinggian dan keindahan bisa dijadikan alternative untun tujuan refresing bersama keluarga ataupun teman. Dan kalau sudah kesini kepinginya berlama-lama duduk diatas dan menikmati suguhan pemandangan yang indah.

Mudah-mudahan bermanfaat ya, dan bisa dijadikan tujuan traveling, benar deh kalau sudah ke Kalibiru pasti ketahigan untuk balik lagi.

Utieadnu






Monday, 8 July 2019

Cirebon Rumah Kedua Saya

Cirebon adalah akar kota kedua orang tua saya dilahirkan. Jadi merupakan rumah ke dua bagi saya. Banyak kenangan masa kecil yang dilalui hampir setiap liburan sekolah kedua orang tua saya selalu mengajak ke kota ini.

Banyak sekali perubahan dulu,, sewaktu masih sekolah dasar udara masih teramat dingin, bicarapun kalau pagi masih mengeluarkan asap, persis seperti film-film Korea jika musim salju, tapi sekarang sudah banyak perumahan, villa, bahkan tempat rekreasi, hawa dingin berangsur-ansur pergi menjauh. 
Cirebon rumah ke-2 saya

Hawa panasnya sama persis dengan Jakarta, walapun malam masih terasa greges dinginnya. Tapi binatang malam sudah banyak yang tidak hadir seperti kunang-kunang, suara jangkrik  kadang burung hantu yang terdengar sudah tidak ada lagi.

Yap.. Cirebon sudah berubah ke kota yang ramai dan maju, tidak kalah dengan desa yang ditempati oleh kedua orang tua saya desa halimpu,,, sudah banyak perumahan, walaupun masih sebagian orang mempertahankan tanahnya untuk pertanian dan kebun.

Kali ini liburan sekolah bersama anak-anak saya naik kereta api Cirebon expres dengan memesan lewat tiket.com dengan harga tiket 436.000 untuk 2 orang kursi executive, berangkat pukul 12;10 sampai di Cirebon pukul 15;15. Hampir 8 tahun  lebih tidak pulang menggunakan kereta api, biasanya kami konvoi naik mobil tetapi karena ingin santai dan tidak mau terjebak macet kereta apilah pilihan yang tepat.
cirebon rumah kedua saya

Sesampai di Stasiun Cirebon amaze sekali sudah banyak perubahan didalamnya, sama dengan stasiun-stasiun yang berada di Jakarta, dibangun terowongan untuk jalan keluar. Walaupun hanya bagian dalam yang dirubah tetapi bangunan peninggalan Hinda Belanda ini tetap dijaga keasliannya, cat warna putih masih tetap dipertahankan dari dulu,  masih kokoh dan sangat menarik.

Stasiun Cirebon merupakan sebuah stasiun kereta api yang terletak di Jl. Siliwangi, Kejaksan, Cirebon. Karena terletak di kelurahan Kejaksan, Stasiun Cirebon terkadang di sebut juga Stasiun Kejaksan. Stasiun Kejaksan Cirebon gaya arsitektur bangunannya merupakan perpaduan dari ciri arsitektur lokal dengan pengaruh aliran seni Art Deco.

Sebagaimana ciri khas bangunan batu yang berasal dari periode 1900-1920. pasad atau tampak bangunan yang cukup menonjol adalah susunan simetris gedung. Gaya arsitektur campuran art nouveau dengan art deco. Apabila dilihat sekilas, siluet bangunan terdiri dari dua menara. Dengan atap berbentuk piramida yang mengapit sebuah bagian atas bangunan utama. Saya kupas sedikit nih tentang sjarah stasiun Cirebon. Stasiun Cirebon di desain oleh Arsitek Belanda bernama Pieter Adriaan Jacobus Moojen. Dan di resmikan pada 3 Juni 1912.

Cirebon rumah kedua saya
Lapangan Parkir Baru Stasiun Cirebon
Dulu merupakan stasiun angkut untuk pabrik gula pada jaman kolonial Belanda hingga akhirnya pada jaman Revolusi Kemerdekaan 1945-1949, Stasiun Cirebon selalu menjadi tempat transit untuk semua jenis Kereta Luar Biasa (KLB). Mulai dari Presiden Soekarno yang memberikan pidato di depan masyarakat. Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sampai Perdana Menteri Sjahrir untuk menjemput rekannya sebelum meneruskan perjalanan.

Hmm,,, Dan sekarang digunakan untuk stasiun antar dearah, bagi sahabat yang datang ke stasiun Cirebon ini pasti akan terkagum-kagum dengan design dan ukiran jendela yang terpatri di kaca yang berwarna-warni yang menerangi stasiun ini.

Karena perut sudah meminta jatah saya dan abang azka mampir ke kedai  makanan khas daerah Cirebon yaitu Empal Gentong Mang Darma, rasanya masih seperti dulu nikmat dan gurih setelah selesai menghabiskan semangkok empal gentong dan 1 porsi sate kambing. (Nah untuk kulineran ini pun sudah saya tulis disini.)

Kemudian  kami melanjutkan naik angkot DO5 ke arah terminal Cirebon dengan harga Rp 4000,-/orangnya. sepanjang jalan menuju terminal banyak bangunan-bangunan baru seperti mall dan cafĂ©, mirip Jakarta batin saya. Kurang waktu 20 menit sampai juga di terminal Cirebon akhirnya naik elf jurusan Cirebon – Cikijing (Kuningan) dengan tarif Rp 5000,-/orangnya,   jalanan cukup lancar 15 menit sudah sampai ke desa dimana kedua orang tua saya dilahirkan.  Oh iya naik kendaraan online bisa juga sampai ke desa Halimpu, tetapi karena takut menunggu lama dan belum terbiasa juga di Cirebon menggunakannya jadi saya memutuskan naik kendaraan umum saja.

Cirebon rumah kedua saya
sangkanurip alam/cipanas
Keseokkan harinya setelah sholat shubuh kami berangkat (Ibu, kk ipar dan keponakan, juga kedua anak saya , kami berdelapan) ke Taman Rekreasi Sangkanurip Alami. Kolam renang air panas alam, orang-orang sini menyebutnya Cipanas. Jaraknya dekat dengan menggunakan mobil hanya 15 menit sudah sampai di tempat, kolam renang ini ada 2 kolam renang  air dingin dan air hangat yang mata airnya bersumber langsung dari air belerang gunung Ciremai, untungnya pas datang kesana kolamnya sedang dikuras diisi dengan yang baru beruntunglah jadi airnya fresh orang pertama.

Masuk Cipanas ini harga tiketnya cukup terjangkau untuk orang dewasa Rp 12.000,- dan anak-anak Rp 10.000,-  ada ruangan tertutup dan VIP jika mau tetapi harga tiket masuknya sedikit berbeda, untuk mandi air berlerang disini perlu diingatkan jangan terlalu lama, cukup 15 ment – 30 menit, karena kalau lama-lama seperti yang dialami kakak ipar saya, dia jatuh pingsan karena waktu berangkat belum sarapan. Akhirnya tubuhnya jadi lemas karena keracunan hawa dari air belerangnya,

Cirebon rumah kedua saya
kolam renang cipanas
Untungnya ada petugas yang sigap, dengan mengambil handuk kemudian dicelupkan air dingin diletakkan di atas kepala tidak lama siuman,, petugas yang bernaman Mang Amin itu memberitahu “lamun rek mandi di die ulah lila-lila jeung kudu sarapan heulanya bu,,,!” yang artinya kalau mau mandi disini jangan lama-lama dan sebelum mandi harus sarapan dulu. hmm.. dapat ilmu lagi nih, batin saya.

Yah mungkin waktu itu kondisi kakak ipar saya memang kurang fit tapi alhamdulillah  saya dan anak-anak saya juga keponakan fine-fine aja mandi agak lama. Konon air belerang ini bermanfaat sekali untuk tubuh membuat tubuh semakin rileks, dan bagi yang punya masalah dengan jerawat dan penyakit kulit lainnya jika sering mandi disini akan sembuh. Tetapi berendam air belerangpun ada kekurangan, yaitu pori-pori kulit akan menjadi besar, dan kulit akan menjadi lebih kering.

Setelah puas mandi akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke pasar Cilimus, sekalian belanja untuk dirumah juga dan tentunya kulineran makanan khas Cilimus yaitu “Kupat Tahu”, sudah saya tulis di blog kuliner saya.

Cirebon rumah kedua saya
Pasar Cilimus
Di pasar Cilimuspun sudah banyak perubahan lebih rapi terutama alun-alun pasar Cilimus yang lebih dikenal dengan sebutan TamCil, taman Cilimus jika malam hari ada beberapa mainan anak yang di sewa seperti mobil-mobilan, kemidi puter,  jajanan pun makin banyak jika malam hari ada Cimol, Cireng dan lain-lain, oh iya Masjid Agung Cilimus sudah selesai perbaikannya tambah nyaman untuk sholat disana. Di pasar Cilimus ini mash banyak delman, kalau naik delman ini ke Halimpu dihargai Rp 50.000,- kalau naik elf cukup bayar Rp 3000,-

Rasanya waktu 3 hari belum cukup untuk keliling daerah Halimpu ini, apalagi kangen terhadap Ibu kepingin setiap hari berada didekatnya, sisa 2 hari itu tidak pergi kemana-mana dirumah dan masak kesukaan ibu. Walaupun berat saya dan anak-anak harus balik ke Jakarta. InsyaAllah pasti saya akan datang lagi disini, untuk melepas kangen Ibu dan datang ke makam Bapak. 

Semoga bermanfaat cerita liburan saya ya,, terimakasih ^^.

Utieadnu



Wednesday, 3 July 2019

Cara dan Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Johnson's

Cara dan Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Johnson's

Sewaktu anak saya pertama Azka, saya merasakan sedikit stress mungkin bukan stress tepatnya kelelahan karena pas usia kehamilan 8 bulan saya langsung pindah rumah dan tinggal jauh dari saudara, tanpa ART dan ternyata itu berpengaruh kepada emosional saya menghadapi bayi. ASI sedikit keluarnya. Dan tentu saja anak bayi ini sering menangis karena ASi yang sedikit dihisapnya sedangkan dia menolak sufor.



Hampir satu bulan saya masih dalam keadaan seperti itu sampai akhirnya ada sebuah majalah keluarga yang membahas tentang hal yang sama yang sedang saya rasakan. Dan ternyata intinya saya kurang bisa manajemen waktu. Kemudian mencoba diskusikan kepada suami, sampai akhirnya alhamdulillah mulai terbiasa dengan hadirnya baby dan peran saya sebagai ibu maupun istri. Setelah shubuh saya mulai memasak untuk suami dan saya sedangkan suami sebelum berangkat kerja ikut membereskan rumah. 
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Dan ternyata sangat berpengaruh kepada bayi, terlebih sesudah memulai melakukan rutinitas pijat bayi yang ternyata banyak sekali manfaatnya, ketika memijat saya selalu mengajaknya bicara, ternyata bentuk pijat pada bayi itu sama saja dengan memberikan stimulasi pijat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan memberikan stimulasi raba, gerak dan kombinasi stimulasi lainnya

Stimulasi lainnya ada saat yang sama juga melakukan stimulasi auditory (pendengaran, dengan mengajak bayi bicara saat dipijat), stimulasi visual (penglihatan, dengan mengadakan kontak mata saat memijat).

Ada banyak manfaat pijat bayi yang saya rasakan secara langsung seperti meningkatkan frekuensi menyusui, jumlah ASI semakin banyak, membuat bayi tidur lebih lama dan bagi saya pribadi juga meredakan stress dan membuata rasa percaya diri dalam mengasuh bayi.

Nah, karena pijat bayi itu sangat penting PT Johnson’s mengadakan workshop pelatihan pijat bayi dan manfaat bagi tumbuh kembang si kecil pada tanggal 26 Juni 2019 di daerah Jakarta Selatan. Kegiatan pijat bayi dengan sentuhan cinta ini sudah dimulai sejak tahun 1994 ujar Ibu Devi Andrie Yhane, selaku leader Johnson's and Johnson's Indonesia. 
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Johnson's baby yang dikenal sebagai pemimpin global dalam merk produk bayi yang berfokus pada pengembangan holistik hanya ingin meningkatkan kesadran masyarakat tentang pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat. Dan juga sebagai bentuk kepedulian membangun Posyandu di Dusun Randusongo Desa Kasamben Kulon kecematan Wringinanom Kabupaten Gresik Jawa Timur. Dengan tujuan agar orang tua dilokasi tersebuat dapat memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan dan manfaat kesehatan.

Selanjutanya hadir juga dr Bernie Endryani Medisi SpA(K), MPH baliau juga menjelaskan pentingnya stimulus harian yaitu stimulus pijat bayi yang dilakukan secara rutin, Juga menjelaskan pentingnya pijat bayi terhadap periode emas yaitu 1000 HPK (yaitu periode dalam kandungan 280 hari, usia 0 - 24 bulan) saat usia ini bayi penting sekali diberikan stimulus selain nutrisi yang diberikan tentunya.
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Cara dan Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Johnson's
Pijat bayi manfaatnya bukan hanya pertumbuhan tubuh saja tetapi otak juga dapat berkembang pesat. Untuk lebih jelasnya manfaat pijat bayi sebagai berikut :

Membangun ikatan batin antara orangtua dan bayi
Sejak lahir, bayi Anda sudah belajar untuk mengenal Anda dan pasangan. Bayi yang baru lahir belum bisa mengenali orangtuanya lewat wajah, melainkan melalui suara dan sentuhan. Maka, sentuhan yang lembut dan mesra akan membantu bayi membangun kepercayaan dan perasaan yang positif. Ia pun akan merasa lebih nyaman dan tenang ketika bersama dengan kita. Saat memijatnya, kita bisa mengamati berbagai ekspresinya, reaksinya terhadap sentuhan dan pijatan, serta mempelajari apa yang disukai atau tidak disukai bayi.

Membantu bayi lebih rileks
Memijat bayi akan melancarkan peredaran darahnya serta meningkatkan kadar hormon oksitosin. Hal ini akan membuatnya lebih rileks dan senang. Jika bayi  rewel dan mudah gelisah, pijat bayi bisa jadi solusinya. Memijat bayi juga bisa mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman kalau bayi mengalami masalah pencernaan atau saat giginya mau tumbuh.

Bayi tidur lebih pulas
Karena tubuhnya rileks, bayi akan lebih mudah tidur di malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, tanpa harus terbangun dini hari dan menangis. Maka, kalau bayi sering sekali terbangun di tengah malam dan menangis, kita bisa mencoba memijatnya di sore hari. 

Melatih kepekaan saraf dan indra peraba bayi
Lewat sentuhan yang lembut dan berirama, bayi akan menerima stimulasi yang positif bagi saraf dan indra perabanya yang belum sempurna. Ia akan belajar membedakan sentuhan mana yang tekanannya terlalu besar dan mana yang tepat. Pijatan  juga akan merangsang aktivitas saraf-saraf bayi sehingga berbagai saraf tersebut akan lebih cepat berkembang. Selain itu, otot-otot bayi juga akan jadi lebih fleksibel dan kuat.

Mendukung pertumbuhan otak bayi
Tanpa disadari, manfaat pijat bayi juga dirasakan oleh otak si buah hati. Pengalaman baru akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh dan kembang otaknya. Lewat pijat bayi, ia akan belajar berbagai hal baru. Mulai dari variasi sentuhan, aroma dari baby lotion/baby oil, hingga komunikasi kita dengannya. Stimulasi tersebut juga akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris.

Menambah kepercayaan diri orangtua
Banyak orangtua yang merasa kewalahan, takut, dan cemas berlebihan setelah kelahiran bayi. Memiliki buah hati memang merupakan pengalaman yang mendebarkan, tetapi juga penuh dengan kehangatan dan cinta. Dengan memijat bayi, kita akan jadi lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi si buah hati. Pasalnya, kegiatan ini membantu  mengendalikan berbagai situasi yang muncul ketika bersama dengan bayi. Tidak perlu lagi merasa kewalahan atau cemas ketika menghadapi bayi.

Meredakan depresi pasca melahirkan
Untuk wanita yang mengalami depresi pasca melahirkan, manfaat pijat bayi baik bagi suasana hati dan pikiran. Ketika memijat bayi, kita akan merasa rileks. Hal ini memicu produksi hormon oksitosin yang membuat merasa lebih positif. Berinteraksi dengan mesra bersama dengan si buah hati juga ampuh dalam memperbaiki suasana hati. 
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Kemudian hadir juga Ibu Emiliya Eventha sertified infant massage intructor yang memberikan tips bagaimana caranya memijat bayi?. Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan stimulasi pijat.

Yang terpenting adalah selalu melihat respons bayi.
Dalam memberikan pijatan, dapat diberikan stimulasi multi modal dengan memperdengarkan lagu, mengajak anak bicara dan lainnya. Gunakan lotion atau baby oil dari johnson’s yang memang terbaik untuk kulit bayi.

Sebaiknya kita menyediakan 15 menit ke depan khusus untuk Sebenarnya pijat bayi dapat dilakukan sendiri di rumah. Apalagi, ada bonus berupa ikatan yang lebih erat antara kita dan sang buah hati lewat komunikasi verbal dan nonverbal yang Moms lakukan selama pemijatan. 

Persiapan:
  • Lakukan pijat bayi di tempat yang tenang, dengan suhu yang tidak terlalu dingin maupun gerah, dan memiliki pencahayaan yang tidak terlalu terang. kita bisa memasang musik yang lembut untuk mendukung suasana rileks.
  • Pilih waktu yang tepat untuk memijat bayi, yakni sedang santai dan saat bayi terjaga dan tenang. Jangan lakukan setelah bayi menyusu karena bisa membuat dia muntah. Tunggu dua jam agar proses pencernaan berjalan dengan baik.
  • Letakkan bayi di atas kain lembut yang ditempatkan di atas lantai atau tempat tidur. Pakaikan popok dan selimuti bagian tubuhnya yang tidak sedang dipijat agar dia tidak kedinginan.
  • Lepas perhiasan di jari dan tangan yang dapat menyakiti bayi. Pastikan kuku tangan  pendek. Cuci tanganlah sebelum menyentuh bayi.
manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta
pict by Johnson's
Cara memijat kaki bayi:
  • Fokus ke salah satu kaki, pegang pahanya dengan salah satu tangan, lalu gerakkan tangan sampai ke ujung kakinya dengan gerakan memutar. Lakukan bergantian dengan tangan satunya, seperti gerakan memerah susu. Ulangi untuk kaki satunya.
  • Kemudian, dengan ibu jari, usap telapak kaki bayi dari tumit hingga ke jari-jarinya. Setelah itu, dorong perlahan kaki bayi hingga lututnya menekuk ke arah perut. Hal ini berguna untuk membantu membuang gas dalam perut bayi.
Cara memijat dada, perut, dan tangan bayi:
  • Tempatkan kedua tangan di dada bayi, usapkan tangan ke arah bahu lalu kembali ke posisi semula, seperti membentuk hati. Lakukan beberapa kali.
  • Kemudian, usapkan kedua tangan secara menyilang dan bergantian: tangan kanan bergerak dari pinggang kanan ke bahu kiri bayi kemudian dan ke pinggang kanan, lalu tangan kiri bergerak dari pinggang kiri ke bahu kanan bayi dan kembali ke pinggang kiri. Ulangi beberapa kali.
  • Setelah itu, usap pinggir perut sampai dada bayi dengan gerakan huruf U terbalik dan searah jarum jam sebanyak beberapa kali untuk memperlancar pencernaannya. Untuk tangannya, lakukan gerakan ‘memerah susu’.
manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta
pict by Johnson's
Cara memijat wajah dan kepala bayi:
  • Dengan jari-jari kedua tangan, usap dahi ke arah luar lalu turun ke arah pipi, sehingga seperti membentuk lingkaran. Lakukan beberapa kali. Kemudian, dengan ujung jari-jari Moms, pijat kulit kepala Si Kecil dengan gerakan lingkaran-lingkaran kecil, seperti sedang mengeramasinya.
Cara memijat punggung bayi:
  • Balikkan bayi sehingga kini ia telungkup dengan kepala mengarah ke kiri atau kanan. Buat lingkaran-lingkaran kecil menggunakan jari Moms di punggung kiri, dari leher menurun hingga bokong. Lakukan hal yang sama pada punggung sebelah kanan. Akhiri dengan usapan panjang dari bahu sampai bokong menggunakan tangan kiri dan kanan Moms.
Cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta Johnson's

Tips:
  • Pijat bayi bisa dilakukan pada bayi berusia 6 minggu ke atas, terutama bayi yang belum merangkak, karena biasanya bayi yang sudah merangkak akan aktif bergerak dan sulit diajak diam untuk pijat
  • Pijat bayi bisa berlangsung selama 15-30 menit
  • Pijatlah dengan lembut namun kuat
  • Gosok-gosokkan baby lotion ke kedua telapak tangan sebelum mengenai kulit bayi agar minyak lebih hangat
  • Lakukan pijat sambil mengajak Si Kecil mengobrol dan tatap matanya untuk menguatkan ikatan  dan sang buah hati lewat komunikasi
  • Lakukan pijat bayi secara rutin. Meski urutan pijat bisa berbeda-beda, usahakan selalu akhiri dengan cara yang sama agar Si Kecil paham tentang rutinitas pijat ini.
Oh iya, pijat bayi ini juga boleh dilakukan oleh suami, biasanya suami saya melakukan diwaktu weekend. Semoga cara dan manfaat pijat bayi dengan sentuhan cinta johnson's. bisa membantu mom's, bunda, yang baru melahirkan atau yang sedang merencanakan kehamilan.

utieadnu

Friday, 28 June 2019

Cegah dan Kendalikan Penyakit Tidak Menular

Cegah dan Kendalikan Penyakit Tidak Menular
Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi salah satu yang menyebabkan kematian dan ancaman bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kok bisa,,,! Ternyata banyak sekali jenis PTM yang saya baru ketahui di acara Workshop Blogger Kesehatan cegah dan kendalikan PTM sekaligus memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2019, selama 2 hari yang diadakan oleh P2PTM dan Kemenkes RI. Ternyata faktor dominan dari PTM adalah perilaku hidup yang tidak sehat ujar dr Theresia Sandra Diah Ratih, MHA selaku Direktorat Pencegahan dan Pengendalian PTM.



Jaman semakin maju gaya hidup digital, hedonisme dan yang kesemuanya serba canggih membuat kita semakin dimanjakan oleh alat modern seperti handphone, laptop, notebook misalnya. Kemudian juga konsumsi makanan yang serba instant atau junkfood selalu menjadi pilihan kepraktisan. Tentu saja membuat aktivitas gerak kita akan berkurang bahkan akan timbul gejala PTM, tanpa kita sadari lanjut dr Theresia ada 4 faktor risiko penyebab PTM yang harus diperbaiki.
 
Karena 80% PTM disebabkan oleh
  • 26.1 % penduduk kurang aktivitas fisik
  • 93.5 % penduduk usia diatas 10 tahun kurang menginsumsi buah dan sayur
  • 36.3 % penduduk usia 15 tahun ke atas merokok dan diikuti juga oleh perempuan usia 10 tahun sebanyak 1.9%
  • 4.6 % penduduk di atas usia 10 tahun mengonsumsi alkohol.
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular
dr. Theresia
pict by Nurul
Lalu stategi bagaimana untuk Cegah dan Kendalikan PTM

Salah satunya tentunya memberikan kesadaran peningkatan gaya hidup sehat dengan perilaku CERDIK
  • C ek kesehatan secara berkala
  • E nyahkan asap rokok
  • R ajin aktivitas fisik
  • D iet sehat dengan kalori seimbang
  • I striahat cukup
  • Kelola Stress
Kemudian juga adanya strategi Pencegahan dan Pengendalian PTM di dengan cara
Pendiran Pos Pembinaan Terpadu PTM (POSBINDU) yang diutamakan untuk:
Menjaga agar masyarakat tetap sehat dan terhindar dari Faktor Perilaku berisiko, mampu mengindentifikasi dan memodifikasi perilaku berisikonya agar tidak menjadi onset PTM serta

menemukan dini kasus-kasus berpotensi PTM agar dapat dirujuk ke FKTP dan ditangani sesuai standar.

Posbindu PTM pengembangannya berbasis wilayah, disetiap desa atau kelurahan diharapkan minimal terdapat 1 Posbindu PTM untuk menjangkau seluruh Penduduk usia 15 tahun keatas di wilayah masing-masing dengan upaya promotif dan preventif melakukan pendidikan penguatan kesadaran masyarakat adalah Kunci Utama keberhasilan pengendalian PTM, untuk itu sejak tahun 2015, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian PTM Sudah membuat terobosan peningkatan kesadaran masyarakat melalui website dan media Sosial secara masif dan berkesinambungan.

Sedangkan untuk program pengendalian tembakau
Merokok merupakan salah satu faktor risiko PTM penyebab penyakit Kardiovaskular, Kanker, Paru Kronis, dan Diabetes. Hal tersebut sekaligus merupakan faktor risiko penyakit menular seperti TBC dan Infeksi Saluran Pernapasan, masalah kesehatan yang menimpa banyak umat manusia.

Program pengendalian tembakau di Indonesia meliputi : 
  • Melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok dengan menetapkan kawasan bebas rokok di 7 tempat (sekolah, sarana bermain anak, fasilitas pelayan kesehatan, rumah ibadah, transportasi umum, tempat kerja, ruang publik dan tempat-tempat lainnya; 
  • Memperingatkan masyarakat tentang bahaya rokok bagi kesehatan dengan cara menyantumkan gambar pada kemasan rokok (Peraturan Menteri Kesehatan No. 28/2013), iklan layanan masyarakat, dan EIC lainnya termasuk media sosial; 
  • Membatasi tayangan iklan rokok di televisi pada pukul 5 pagi hingga 9.30 malam; 
  • Melarang penjualan rokok kepada anak-anak berusia di bawah 18 tahun dan wanita hamil; 
Kawasan Tanpa Rokok
Peraturan untuk melindungi masyarakat dari asap rokok tidak hanya dalam lingkup nasional namun juga dalam lingkup daerah. Saat ini terdapat 186 kota/kabupaten di seluruh provinsi di Indonesia yang telah mengembangkan dan melaksanakan peraturan bebas asap rokok dalam beragam jenis dan tahap.
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular
Dr. Rita Ramayulis
Kesemuanya ini harus ada sinergi dan harmonisasi dalam pencegahan PTM antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota, sektor swasta, akedemisi dan seluruh masyarakat selain dr Theresia hadir juga Dr. Rita Ramayulis, DCN . MKes Ahli Gizi yang mengatakan diperlukan diet seimbang dan aktivitas fisik untuk pencegahan PTM terpenuhinya zat gizi makro dan zat gizi mikro pada tubuh, tidak dikurangi atau dilebihkan.
  • Zat gizi makro itu seperti karbohodrat, protein, lemak dan air yang akan menghasilkan energi sel lemak
  • Zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral yang menghasilkan sumber vitamin, mineral dan serat.
Kemudian aktivitas fisik, 
Aktivitas fisik yang dilakukan secara terstruktur dan terencana disebut latihan jasmani, sedangkan aktivitas fisik yang tidak dilakukan secara terstruktur dan terencana disebut aktivitas fisik sehari-hari. Untuk menilai aktivitas fisik, dimensi utama yang menjadi fokus yaitu tipe, frekuensi, durasi, dan intensitas aktivitas fisik. Tipe adalah jenis aktivitas fisik seperti berjalan, bersepeda, olahraga, dan lain-lain frekuensi aktivitas fisik mengacu kepada jumlah sesi aktivitas fisik dan lamanya waktu yang dihabiskan ketika melakukan aktivitas fisik, juga terakhir intensitasnya.

Manfaat Aktivitas fisik tentunya sangat possitif ke tubuh sepeeti
  • Mengendailkan berat badan, tekanan darah
  • Menurunkan risiko keropos tulang.
  • Mencegah diabetes militus 
  • Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh
  • Memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot, memperbaiki postur tubuh juga mengendalikan stress dan mengurangi kecemasan.
Kemudian untuk masalah gizi harus sesuai dengan istilah isi piringku seperti gambar dibawah ini, dan cukup mengonsumsi garam 5 gram per harinya sedangkan gula hanya maksimal 50 gram.
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular

Bener banget sih ya,  jika kita pola makan sehat juga aktivitas rutin maka sudah pasti penyakit apapun tidak akan ada yang mampir pada tubuh kita. Tentunya itu tergantung pada niat dan azam didiri kita semua. Semoga setelah hari ini kita semua mulai hisup sehat ya.

Kemudian hari ke dua kunjungan ke RS Kanker Dharmais, RS Kanker Dharmais diresmikan oleh Presiden kedua RI, Bapak HM. Soeharto pada tanggal 30 Oktober 1993. Dan setiap harinya melayani 800 sampai 1.000 pasien rawat jalan. Tiba di rumah sakit pukul 08:00 pagi.
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular
Bpk. Prof Abdul Kadir
Langsung disambut oleh Prof Abdul Kadir selaku Direktur utama yang mengatakan bahwa penyakit kanker merupakan biaya no 2 tertinggi dan diharapkan sekali adanya peran pemerintah. Selama ini pengobatan pasien terlalu berjenjang lama, sehingga yang datang ke RS Dharmais ini hampir rata-rata sudah memasuki stadium lanjut.

Dari 80% yang berobat di RS ini yang paling banyak adalah pasien dengan penyakit kanker payudara menurut DR. Dr. Denni Joko, Sp. B (K) Onk, MM salah satu dokter specialist bedah di RS Dharmais ini mengatakan bahwa kanker payudara itu tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan di sekitarnya atau menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh. Penyakit ini terjadi hampir selalu pada wanita namun dapat terjadi pula pada pria.

Sel kanker dapat terbentuk di jaringan lemak di dalam payudara, kelenjar susu (lobulus), ataupun di saluran susu (duktus)
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular
dr. Denni
Apa saja ciri-ciri kanker payudara?
Ciri-ciri kanker payudara yang paling khas adalah munculnya benjolan di payudara.
  • Benjolan ciri-ciri kanker payudara memiliki tekstur yang keras dengan batas yang tidak jelas dan permukaannya yang tidak rata. Benjolan juga terus menetap 8 hingga 10 hari usai menstruasi. Bila benjolan ciri-ciri kanker payudara dekat dengan puting susu, akan terlihat bahwa puting susu tertarik ke dalam dan agak susah digerakkan (lengket).
  • Selain munculnya benjolan, tanda dan ciri-ciri kanker payudara yang dapat kita kenali lainnya adalah: Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara, Perubahan bentuk pada puting payudara.
  • Rasa sakit pada payudara yang tak kunjung hilang, bahkan ketika kita sudah masuk ke masa haid bulan berikutnya. Meski begitu, beberapa wanita juga ada yang tidak mengalami rasa sakit atau nyeri di payudaranya.
  • Puting mengeluarkan cairan bening, berwarna cokelat, atau kuning. Puting tiba-tiba memerah dan bengkak tanpa diketahui penyebabnya.
  • Bengkak di sekitar ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.
  • Pembuluh vena terlihat pada payudara, akibatnya urat-urat di bagian payudara terlihat dengan jelas.
  • Pada stadium lanjut mulai tampak adanya kelainan pada kulit payudara (seperti kulit jeruk atau kulit menjadi kemerahan), terkadang kulit juga jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.
Apabila mengalami atau mencurigai salah satu gejala dan ciri-ciri kanker payudara seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi. Dengan tanggap terhadap ciri-ciri kanker payudara, maka peluang untuk sembuh dari penyakit ini juga semakin besar.

Kapan harus periksa ke dokter?
Kita harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mencurigai memiliki salah satu tanda atau ciri-ciri kanker payudara seperti yang sudah disebutkan di atas. Pemeriksaan payudara secara mandiri dan teratur penting untuk dilakukan.

Apa penyebab kanker payudara?
Penyebab kanker payudara belum diketahui pasti. Meski begitu, para ahli meyakini jika penyebab kanker payudara karena sel‐sel payudara berkembang secara abnormal dan membentuk sebuah benjlan di payudara. Benjolan ini dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya dan ke bagian tubuh yang lain.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa jadi faktor penyebab kanker payudara. Para dokter memperkirakan sekitar 5‐10 persen penyebab kanker payudara berhubungan dengan mutasi gen yang diturunkan di keluarga.

Maka jika memiliki riwayat kanker di payudara dalam keluarga, sebaiknya segera memeriksa darah untuk mendeteksi gen tersebut. Selain mutasi gen, para ahli juga sepakat bahwa riwayat medis dan gaya hidup seseorang bisa jadi faktor penyebab kanker payudara.

Kata Dr Denni lebih lanjut di RS Dharmais ini terdapat tipe terapi standar yang dapat dilakukan dokter sebagai obat kanker payudara, di antaranya:

Pembedahan
Bedah konservatif, yaitu mengangkat sel kanker beserta kelenjar getah bening yang terlibat.
Mastektomi total, yaitu mengangkat seluruh payudara yang terkena kanker.
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular
Alat terapi sinar trilogi
Terapi radiasi
Terapi radiasi adalah terapi kanker dengan menggunakan sinar X bertenaga tinggi yang ditargetkan untuk membunuh sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kanker. Terapi ini umumnya dilakukan secara teratur bagi wanita yang berisiko tinggi setelah menjalani prosedur mastektomi. 

Kemoterapi
Kemoterapi, yaitu terapi kanker menggunakan obat-obatan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Terapi ini dapat dilakukan sebelum pembedahan untuk mengecilkan tumor sebelum diangkat. Selain itu, terapi ini juga dapat dilakukan setelah pembedahan untuk mencegah pertumbuhan tumor kembali.

Apa saja perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit ini?
  • Gaya hidup dan pengobatan rumah berikut dapat membantu mengatasi kanker payudara:
  • Gaya hidup sehat. Diet sehat dan berolahraga teratur merupakan hal penting. kita dapat memulai dengan mengurangi konsumsi alkohol dan BERHENTI MEROKOK.
  • Diet sehat. Konsumsi nutrisi yang baik sangatlah penting. kita akan sulit menahan makanan di dalam perut karena terapi yang diterima dapat menyebabkan mual atau mengubah sensasi rasa. 
  • Olahraga teratur. Kanker dapat menyebabkan lemas yang berkepanjangan dan tidak akan membaik dengan beristirahat. Berolahraga teratur dapat membantu Anda menghilangkan rasa lemas. Anda dapat memulainya dengan berjalan dan memilih olahraga yang nyaman untuk Anda.
Bagaimana cara mencegah kanker payudara?
Nah di RS Dharmais ini juga ada poliklinik deteksi dini kanker, disana kita bisa memeriksa apabila memang ada gejala penyakit kanker. Untuk kanker payudara ada langkah penting untuk mencegah penyakit ini.

Periksa payudara sendiri
Langkah paling mudah untuk mengetahui gejala kanker payudara adalah dengan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI. Tujuannya untuk memeriksa benjolan pada payudara. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini di rumah secara rutin. Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin akan membantu kita untuk mengenali tekstur jaringan payudara normal.

Oleh sebab itu, jika suatu saat  merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada payudara, Dapat segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan cara ini, akan dapat dengan mudah mendeteksi gejala kanker payudara.

Waktu terbaik untuk memeriksa payudara adalah beberapa hari setelah siklus menstruasi selesai. Karena perubahan hormon dapat mempengaruhi bentuk dan perasaan  terhadap payudara.
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular

Mamografi
Selain melakukan SADARI, kita dapat melakukan pemeriksaan mamografi secara rutin untuk mendeteksi ada tidaknya sel kanker di bagian payudara. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mengetahui gejala kanker payudara awal. Mamografi sendiri adalah teknik pemindaian gambar menggunakan sinar rontgen dosis rendah untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker di payudara.

Di RS Dharmais ini mempunyai mobil khusus mamografi yang berkeliling keseluruh puskemeas/unit kesehatan di Jabodetabek, jika mau didatangi mobil momografi ini kita diharuskan menghubungi pihak Rumah Sakit terlebih dulu untuk mamografi di mobil ini gratis. Nah jika melakukannya di rumah sakit dikenakan biaya Rp 600.000,-.

Selain itu juga RS Dharmais mempunyai alat baru yang bernama Trilogi dimana pasien yang telah operasi disinar didaerah tertentu untuk mengurangi menjalarnya sel kanker. Setelah mendengar arahan dari dokter-dokter yang berada di RS Dharmais akhirnya kita kembali ke Gedung Kemenkes di Rasuna Said Kuningan.

Setalah Isoma lanjut mendengarkan pemaparan dari DR Rulli Nasrullah M.Si yang lebih suka dipanggil dengan sebutan Kang Arul temanya Social Media Content, yang mengatakan jika ingin post istagram buatlah gambar dan content yang menarik terutama judul di awal yang akan membuat penasaran untuk seseorang membaca caption kemudian sertakan hastag populer dan hastag khusus kita.

Jika sudah demikian dipastikan follower akan bertambah dengan sendirinya. Alhamulillah 2 hari ini sarat banyak ilmu walaupun sedikit lelah tapi happy bisa bertemu dengan orang-orang baru terutama di RS Dharmais melihat banyak pasien kanker yang sedang duduk diruang tunggu. semakin semangat untuk merubah gaya hidup yang lebih baik.
cegah dan kendalikan penyakit tidak menular

cegah dan kendalikan penyakit tidak menular

Jika ingin sehat dan tercegah dari PTM ubah gaya hidup kelebih yang baik. Sehat itu pilihan dan kita yang tentukan sendiri. semoga pemaparan cegah dan kendalikan penyakit tidak menular dapat bermanfaat ya.


https://twitter.com/p2ptmkemenkesRI
https://www.instagram.com/p2ptmkemenkesri/

utieadnu