Thursday, 5 December 2019

Tips Menjaga Bonding dengan Anak

Tips Menjaga Bonding dengan Anak
Ikatan atau bonding antara ibu dan Anak tentunya menjadi salah satu penyebab tumbuh kembang anak menjadi baik dan tentunya bisa juga menimbulkan kehangatan, kasih sayang, rasa bahagia, rasa aman, serta saling mencintai. Jika bonding tersebut terus terjaga, maka anak-anak akan merasa aman, dicintai, dan terlindungi.

Bonding tentu saja harus dilakukan sejak awal, bahkan saat kita sedang hamil, semua yang kita lakukan, pola makan, tingkat stres, dan kesehatan, akan berpengauh pada si calon bayi. Karena itu kehamilan merupakan masa yang paling tepat untuk membangun hubungan yang kuat. Perhatikan dengan baik tendangan dan gerakan bayi dan selalu mengajak bicara.
tips Menjaga Bonding dengan Anak

Untuk lebih lengkapnya ini beberapa tips yang bisa kita lakukan saat bonding dengan anak. Saya dapatkan pada saat acara worksop bersama Air Mancur Grup di Indonesia Moternity Baby & Kids Expo (IMBEX) JCC Senayan, Hadir sebagai pembicara
  • dr, Diana Chandra Sp, A dari Rumah Sakit OMNI 
  • Astrid Maria selaku Brand Manager Air Mancur
  • Bidan Tia dari Air Mancur
Kata dr Diana ada banyak waktu dan kegiatan yang bisa membangun kedekatan kita dengan anak-anak seperti berikut ini.
Ki-ka: Ibu Maria Astrid, dr,Diana Chandra, Bidan Tia
dan MC
Saat Menyusui
Menyusui bukan hanya kegiatan paling ideal untuk melakukan sentuhan kulit, tetapi juga membuat kita bisa berlatih mengetahui keinginannya. Perhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuhnya. Dengan memberikan perhatian dan kasih sayang, bayi akan belajar untuk percaya dan nyaman bersama kita.

Saat Memijat
Memijatnya Pijat bayi merupakan cara yang sudah dilakukan sejak dulu. Untuk menguatkan ikatan antara ibu dan bayi. Sentuhan lembut saat memijatnya juga akan membuat otot-ototnya rileks, melancarkan sirkulasi, dan mengurangi stres. Bayi atau anak-anak yang sering dipijat juga tidur lebih nyenyak.

Mandi Bersama
Nah, disaat mandi bersama ketika kita memandikan bisa juga menjadi saat yang tepat sambil mengajak bermain dan berbicara. Kalau Ibu bekerja ini bisa dijadikan solusi untuk memandikan sebelum berangkat kerja.

Jadi sahabatnya
Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk bermain bersama moment bermain sama dengan anak-anak tentunya dapat terekam di memory dan bisa membuat anak bahagia.
Tips menjaga Bonding dengan Anak
dr,  Diana Chandra
Nah untuk pijat bayi atau anak-anak biasanya kita menggunakan minyak yang tepat karena anak-anak cenderung kulitnya lebih sensitive ada minyak yang tepat yang bisa kita berikan kepada bayi yaitu minyak telon yang di produksi oleh Air Mancur yaitu Minyak Telon. Keunggulan dari Minyak Telon Air Mancur ini kata Ibu Astrid Maria terbuat dari bahan-bahn alami yaitu minyak Kayu putih, adas, dan minyak kelapa dan minyak telonnya bertekstur licin juga lembut. Bisa bertahan hingga 8 jam. 
Tips menjaga Bonding dengan Anak
Varian Minyak Telon
Ada 2 varian Minyak Telon Air Mancur
  • Minyak Telon Natural
Nah minyak telon ini biasanya yang sering saya gunakan memijat setelah anak-anak mandi, selain untuk memijat minyak telon ini juga meredakan perut kembung dan memberikan rasa hangat pada bayi.
  • Minyak Telon Lavender
Sama halnya dengan varian natural kalau valender ini ada tambahan komposisi bunga lavender yang mencegah nyamuk menempel pada kulit bayi, Biasanya cocok nih digunakan saat bayi atau anak-anak mau tidur atau bermain agar terbebas dari gigitan nyamuk. 

Acara kemarin kita semua diberi contoh cara memijat bayi oleh Bidan Tia, yang diawali mulai dari wajah, dada tangan, kaki kemudian punggung. Sebenarnya cara pijat bayi ini bisa mom’s praktekkan setiap hari setelah memandikan si kecil. Jika kita rajin mempraktekkan cara pijat bayi ini dijamin si kecil akan tumbuh lebih ceria, lebih sehat, mendapatkan tidur berkualitas, jarang sakit, dan perkembangan motoriknya lebih pesat.

Persiapan
Siapkan minyak telon air mancur. Siapkan handuk atau kain lembut sebagai alas pemijatan sehingga si kecil merasa nyaman di atasnya.

Cara pijat bayi.
Selama melakukan cara pijat bayi ini, kita dianjurkan untuk mengajak si kecil ngobrol atau bahkan mengajaknya bernyanyi hal ini dapat meningkatkan kemampuan verbal si kecil disamping pula mempererat ikatan batin tentunya.
Tips menjaga Bonding dengan Anak
Ibu Maria Astrid
Memijat Wajah 
Tekankan jemari kita di mulai dari tengah kening bayi mengarah ke pelipis dan pipi. Pijat daerah bagian atas alis dengan kedua Ibu jari berikan tekanan lembut dengan menggunakan ibu jari, tariklah garis dari arah hidung bayi ke arah pipi. Pijat sekitar area mulut bayi dengan kedua ibu jari. Buatlah gerakan menarik bibirnya sehingga membentuk senyuman. Kemudian berikan pijatan lembut di sekitar rahang bawah bayi, mengarah dari tengah ke samping untuk membuat bibir bayi membentuk senyuman.

Memijat Dada
Letakkan kedua tangan di atas dada bayi, Lakukan gerakan mengarah ke atas lalu ke samping dan kembali ke tengah dengan gerakan membentuk simbol hati. Dari tengah dada bayi, buat arah silang dengan telapak tangan kita menuju ke arah bahu.

Memijat Perut
Ingat, jangan melakukan pemijatan di atas tulang rusuk atau ulu hati. Lakukan gerakan mengeruk di atas perut bayi dengan gerakan tangan, mengarah dari atas ke bawah perut. Angkat kedua kaki bayi, tekan kedua lututnya secara perlahan ke arah perut. Buat gerakan melingkar secara bergantian di atas perut mengarah searah jarum jam. Rasakan gelembung angin di dalam perut bayi, dorong dengan jari-jari kita searah dengan arah jarum jam.

Memijat perut bayi dengan gerakan I Love You. Pemijatan I love You terdiri dari 3 gerakan :
  • “I” Gunakan tangan kanan  di sebelah kiri perut bayi untuk memijat ke arah bawah lurus seperti huruf ‘I’
  • “Love” memberikan pijatan membentuk huruf “L” terbalik. lakukan pemijatan dari arah kanan ke kiri di bagian perut atas lanjutkan ke arah bawah perut.
  • “You” Gerakan memijat dengan bentuk hurf “U” terbalik. Gerakan ini memutar setengah lingkaran membentuk huruf U dari perut bawah kanan naik ke perut atas berbelok ke kiri dan dilanjutkan ke arah bawah kiri bagian perut.
Memijat Tangan 
Lakukan gerakan seperti memilin untuk memijat tangan bayi mulai dari bahu hingga ke arah pergelangan tangannya. Lakukan gerakan sebaliknya, dari arah pergelangan menuju bahu. Tarik jari-jari bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin Lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari di telapak tangan dan punggung tangan secara bergantian. Lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah bahu

Memijat Kaki 
Peganglah kaki bayi dengan kedua telapak tangan. Dengan gerakan memilin, pijat kaki bayi dari arah paha menuju ke pergelangan kakinya. Lakukan gerakan sebaliknya, memilin kaki dari arah pergelangan ke arah pangkal paha bayi. Tarik jari-jari bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin. Lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari di telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian. Lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah paha

Dan terakhir Memijat Punggung
Letakkan bayi dalam posisi tengkurap dengan bantalan lembut. Lakukan gerakan maju mundur dengan kedua tangan kita di punggungnya. lakukan gerakan meluncur dimulai dari bawah leher bayi ke arah pantat Buat gerakan melingkar dengan jari mom's pada otot disamping tulang punggung. Usapkan telapak tangan kita dari bawah leher sampai ke bawah untuk mengakhiri pijatan

Demikian workshop kali ini sangat bermanfaat, jangan lupa setiap saat lakukan tips menjaga bonding dengan anak-anak walupun nanti sudah tumbuh besar, menjadi sahabatnya adalah jalan terbaik kita sebagai orangtua. Minyak telon air mancur ini anakku yang sudah SMP pun masih memakainya karena harumnya dia suka harum bayi katanya.

Semoga bermanfaat
utieadnu

No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ