more than words

Pentingnya Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Anak

Hai,, bunda seperti yang kita ketahui untuk mendukung tumbuh kembang anak membutuhkan nutrisi yang tepat dan lengkap. Nutrisi yang diberikan juga harus memenuhi dari segi gizi, proses membuatnya juga saat pemberiannya. Baik itu protein, karbohidat, lemak, vitamin, zat besi, mineral dan juga tidak kalah penting adalah stimulus dari orangtua. 

Apalagi di tahun-tahun pertama satu periode emas dimasa kehamilan sampai usia 2 tahun tidak boleh satu zat gizi apapun yang tidak terpenuhi karena akibatnya akan mempengaruhi tumbuh kembang anak hinga mereka dewasa kelak.
 


Dan ternyata satu dari tiga anak Indonesia berusia di bawah lima tahun tercatat mengalami anemia menurut (Riskesdas 2018), di mana 50-60% kejadian anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi ternyata sagat fatal berisiko bagi tumbuh kembang yang bersifat permanen akibat dari kekurangan zat besi, duhh serem banget kan,,,, 

Nah, untuk itu kemarin tanggal 17 Desember Danone Indonesia mengadakan Virtual Talk Show dengan tema Kekurangan Zat Besi Jadi Ancaman Serius Generasi Emas 2045 Indonesia hadir sebagai para pembicara yaitu : 
  • dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK., Spesialis Gizi dan Ketua Departemen Ilmu Gizi FK UI 
  • Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psikolog Anak dan Keluarga 
  • Allysa Soebandono Artis dan ibu 2 anak 
  • Tya Ariesta Artis dan ibu 2 anak 
Sebelum acara di mulai Bpk Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia mengatakan setiap bangsa harus memperhatikan anak karena nanti akan jadi penerus bangsa, buat Donone issue anak selalu memiliki kepedulian terhadap tumbuh kembang anak, apalagi saat pandemi, anak-anak rentan kesehatan untuk itu Donone Indonesia mengadakan diskusi hari ini untuk mengajak orangtua agar bisa memenuhi kebutuhan gizi. 


dr. Nurul mengatakan Indonesia masih mengalami permasalahan Anemia Defiense Besi (ADB) dan efeknya terhadap Kesehatan dan secara global. Indonesia tingkatnya lebih tinggi dibandingkan negara lain. Nah tentunya jadi permasalahn jika ingin mewujudkan generasi emas 2045. 

Hal apa yang menyebabkan kekuran zat besi
Pertama pada ibu hamil ini sagat penting jika sang ibu mengalami ADB maka anak akan berisiko juga. Menurut riset setiap tahun ini semakin meningkat mungkin karena faktor edukasi, penyakit atau akses tenaga kesehatan yang sulit terjangkau. Nah kebanyakan yang mengalami ADB ibu usia muda rentan usia 15 – 24 th. Kemungkinan belum siap melahirkan atau edukasinya yang kurang atau tingkat kepahamannya akan anemia. 

Kedua kondisi Anemia pada anak mulai usia 6 bulan pada saat mpasi, hingga 2 tahun, adalah masa kritis terjadinya anemia. 

Kebutuhan zat besi mulai meningkat karena disinilah mulai terbentuknya saraf-saraf otak yang lebih banyak memerlukan zat besi salah satu komponen untuk pembentukan sel neoronnya atau sel sarafnya. 

Dan usia ini juga mengalami masa pertumbuhan sangat cepat, sedangkan anak-anak masih kurang mengkonsumsi hewani, yang mengandung tinggi zat besi, kemungkinan karena serat yang ada didalamnya tidak bisa kunyah 


Apa sih dampaknya kekurangan zat besi pada ibu hamil dan anak-anak? 
Dampak Anemia pada Ibu selama Kehamilan, kadang-kadang belum siap, sebaiknya pada saat rencakan hamil peeriksa jaring Hbnya 
  • Meningkatnya kelahiran prematur 
  • Berat badan lahir anak rendah 
  • Mudah lelah, letih, lesu 
  • Komplikasi perdarahan saat persalinan 
  • Keluhan pada jantung dan pembuluh darah, misalkan mudah berdebar, dan tensi menurun 
  • Pembesaran otot jantung, karena kandungan Hbnya rendah maka otot jantung akan bekerja keras memompa lebih banyak, dan ini akan mengakibatkan otat jantungnya akan membesar 
Sedangkan dampak efek defisiensi besi pada anak sangat serius ada jangka pendek dan ada jangka panjangnya  kareba begitu pentingnya zat besi untuk tumbuh kembang anak. 

Jangka Pendek 
  • Menurunnya Kognitif/kecerdasan (IQ) 
  • Menurunnya fungsi otak , kurang perhatian , atau kuran responsive. 
  • Menurunnya fungsi motoric, jadi cepat lelah tidak secekatan dibandingkan usia teman-temannya 
Jangka Panjang 
  • Menurunnya performa di sekolah, kurang focus, kemampuan berhitung, membaca, menulis, dan bahasa berkurang 
  • Perubahan atensi dan sosial karena kurang tanggap terhadap lingkungan sekitar, istilahnya kalau jaman sekarang orang bilangnya "lemot" 
  • Perubahan perilaku ,kurang aktif bergerak, kurang atensi, kurang responsif, tidak ceria, mudah Lelah, jadi cenderung penakut atau jadi kurang percaya diri. 
Untuk mengoreksi kondisi anemia pada anak, kita bisa koreksi dari awal caranya kita harus tau fungsi zat besi apa peran  zat besi pada tumbuh kembang Anak 
  • Zat besi Merupakan pembentukan komponen (protein, lemak) myelin saraf otak, akan membantu pembentukan dan fungsi neurotransmitter di otak dimana zat besi itu merupakan kofaktor enzim dan transporter serotonin, dopamin, norepinefrin. 
  • Zat besi ini membawa transportasi sel otot nah jika tidak ada maka menghambat perkembangan motorik 
  • Zat besi juga mendukung perkembangan perilaku dan emosi 
Nah kemudian kiba bisa nih, sebagai orangtua mengenali ciri-ciri jika anak kita mengalami ADB ada Keluhan cepat lelah, pusing, pucat, pika itu mengunyah benda tertentu yang bukan makanan, pernah mendengarkan ada anak yang menguyah sabun mandi, padahal itu toxix nah ternyata ini ada ganguan zat besi, terus kadar Hb menurun. 

Kemudian faktor apa saja penyebab kekurangan zat besi yang tanpa sengaja kadang kita tidak sadar, terlambat pemperkenalkan MPASI pada anak, Pola konsumsi kurang asupan protein, terutama sumber hewani dan kurang konsumsi fortifikasi zat besi dalam makanan dan formula pertumbuhan 

Apa upaya kita untuk pencegahan Kekurangan Zat Besi? 
Melakukan uji saring pemeriksaan hemoglobin uji saring dengan metode, bisa ke lab, Konsumsi makanan sumber zat besi minimal 19 gr/hari 


Apa aja bahan Makanan Sumber Zat Besi
  • Hati sapi/ayam 
  • Daging merah (sapi, kambing) 
  • Kuning telur 
  • Daging unggas (ayam, bebek) 
  • Ikan 
  • Udang, tiram 
Zat Besi ’non heme’ (Nabati/tumbuh-tumbuhan), namun tetap dianjurkan dari hewani karena nabati sifatnya hanya faktor pendukung. misalkan ada di Kacang-kacangan (kedelai, kacang hijau, kacang merah) Sayuran hijau dan Biji-bijian.

sedangkan Zat besi dalam proses penyerapan memerlukan protein dari usus ke target bisa mengkonsumsi Asam (askorbat/vitamin C, sitrat, laktat), gula (terutama fruktosa, sorbitol), faktor yang meningkatkan penyerapan zat besi pada daging merah, unggas, dan ikan. Nah tubuh kita bisa menyerat zat besi itu membutuhkan Vitamin. C yang mampu mengubah Fe3+ (zat besi dari makanan) menjadi Fe2+ yang siap diserap ke dalam usus. 

Memberika asupan sudah langkap selanjutnya kenali faktor yang menghambat penyerapan zat besi, biasanya orang tua habis makan memberikan minuman teh , padahal itu tidak boleh karena itu akan menghambat penyerapan zat besi. Lebih jelasnya seperti  Tannin dalam teh, kopi, asam oksalat terdapat di buah berry, coklat, teh, serat, dan  fosvitin yang terdapat dalam kuning telur. Atau mineral lainnya (seng, kalsium, magnesium, fosfor, dll).


Sedangkan menurut Ibu Nina, bagaimana caranya kita bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak bukan hanya dengan nutrisi saja tapi juga lewat stimulasi karena keduanya sama pentingnya? 

Ada 3 aspek besar optimalkan tumbuh kembang anak
  • Kognitif - Bahasa Segala hal tentang bagaimana kemampuan berpikirnya, berbicaranya dan juga berpikirnya. 
  • Emosi – Sosial adalah bagaimana dia bisa Percaya Diri, Aktif Bersosialisasi, Tangguh 
  • Fisik – Motorik bukan hanya sekedar tumbuh tapi fungsi tumbuh tingginya namun perkembangan pada fisik motoriknya. 
Kemudian  sitimulus apa yang bisa diberikan:
Ajari anak bicara dengan lebih jelas perbanyak kosa kata dengan membaca buku dan mengajak mengobrol, Bermain teka-teki bersama si Kecil. Berikan ruang aman untuk anak bergerak. Perbanyak kesempatan beraktivitas fisik. Berikan kesempatan anak memilih. Berikan pujian ketika anak menunjukkan perilaku baik. Berikan kesempatan melatih kemampuan merawat diri. 

Sedangkan Artis Alyssa Soebandono dan Tya Ariestya keduanya menceritakan pengalaman bagaimana cara mereka memberikan nutrisi dengan gizi seimbang?, dan memenuhi zat besi pada kedua buah hatinya. Dari menemani mereka belajar PJJ sampai dengn mengajak mereka bermain bersama. 

Tya Ariesta, DR. dr Ray Basrowi, Alyssa Soebandono

Oh iya Danone Specialized Nutrition Indonesia juga menyediakan sebuah platform daring untuk membantu orang tua bisa melakukan tes risiko terjadinya kekurangan zat besi pada anak kita melalui fitur di dalam situs www.generasimaju.co.id.

Jadi intinya kita sebagai orangtua memastikan pentingnya zat besi untuk tumbuh kembang anak, memenuhi kebutuhan gizi harian anak, serta senantiasa memberikan stimulasi yang tepat untuk bisa mendorong pertumbuhan anak menjadi anak generasi maju yang berpikir cepat, tumbuh tinggi, tangguh, aktif bersosialisasi, dan percaya diri. Semoga generasi emas 2045 dapat terpenuhi, dan ada nih diantara anak-anak kita kelak yang akan menjadi penerus pemimpin Indonesia. 

Semoga bermanfaat ya 
Utie Adnu



Pepsodent Active Defense Moutwash

Manfaat Berkumur dengan Pepsodent Active Defense Mouthwash 
Haii semua ,, ternyata nih setelah rutin ke dokter gigi, sikat gigi itu belumlah cukup untuk menghilangkan bakteri yang ada di sekitar mulut kita, apalagi untuk mencegahnya plak, gigi berlubang yang merupakan tempat bakteri yang berkembang biak. Menurut dokter gigi sikat gigi hanya mampu menjangkau 25 persen permukaan gigi saja, sehingga kuman yang ada di sela-sela gigi tidak dapat bersih secara optimal. 

Nah, untuk itu kita perlu tambahan seperti obat kumur yang formulanya aman dan pas seperti obat kumur Pepsodent Active Defense yang kini hadir dengan teknologi cpc yang dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9%. Kehadiran Pepsodent Active Defense Mouthwash semakin melindungi kesehatan keluarga Indonesia di tengah pandemi sebagai pelengkap anjuran 3M. 

Kita tahu sendirikan pandemi ini belum berakhir dan tetap kita harus waspada karena semakin kesini semakin banyak yang jatuh korban, memang ada yang sembuh akan tetapi tindakan untuk kehati-hatian sangat perlu dengan melindungi diri, ikut protokol kesehatan dan menjalani pola hidup sehat. 



Berita bahwa obat kumur Pepsodent Active Defense dengan teknologi CPC yang dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9%. Pasti bikin kita senang dong Dan Sekaligus Amaze kok bisa ... kenapa baru dikeluarkan Sekarang Penghasilan kena pajak hampr 1 tahun kita berteman dengan virus ini?.

Ternyata semua itu melalui proses panjang penelitian, yang didukung studi in vitro yaitu studi dalam lingkungan terkendalu di luar organisme hidup. Yang menyatakan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi cetylpyridinium chloride (CPC) efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99,9% dengan waktu kontak 30 detik. 

Dan hal ini saya dukung Ketika mengikuti webinar Pepsodent Active Defense Mouthwash, pada tanggal 8 Desember 2020 hadir pembicara Antara lain: 
  • Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc selaku Kepala Divisi Kesehatan & Kesejahteraan dan Lembaga Profesi Yayasan Unilever Indonesia (UIF). 
  • drg. Tritarayati, SH, MH Kes Staf ketua Komite Ahli Bidang Hukum Kesehatan. 
  • Drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes selaku dokter gigi dan peneliti 
  • dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. selaku ketua umum Persi (Persatuan Rumah Sakit seluruh Indonesia) 
narasumber: dr Tari, dr Kun, dr Armelia dan dr Mirah

Menurut dr Mirah , mengenai transmisi masa pandemi ini. Sejak awal pandemi pepsodent terus berinovasi dan berinisiatif untuk meningkatkan dan menjaga Kesehatan masyarakat salah satunya dengan melakukan rangjaian kegiatan.
 bulan Agustus memberikan rangkaian produk kesehatan mulut dan gigi kepada para pemulung yang memang bekerja dilingkungan kurang bersih 

Kemudian juga di bulan kesehatan gigi nasiaonal dengan format baru memberikan fasilitas konsultasi gratis secara online, dan ada 200 webinar edukasi yang dipersembahkan kepada masyarakat

Dan juga inovasi terbaru kesehatan masyarakat yang salah satu inovasi yang menjaga kesehatan masyarakat dan memberikan perlindungan tambahan dari risiko tranmisi covid ini yaitu Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung CPC. Studi awal kami menunjukkan hasil yang menjanjikan. Teknologi CPC yang kami gunakan telah dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya dalam mengurangi bakteri, mencegah plak gigi dan peradangan gusi - tidak mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut. 

Nah ini merupakan wujud nyata dari pepsodent yang terus berupaya melindungi senyum sehat Indonesia melalui berbagai inovasi, kami berharap keluarga dari Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung CPC dapat merawat kesehatan gigi dan mulut sekaligus menjadi cara tambahan yang potensial untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19. 

Kondisi Pandemi Saat ini di Indonesia 
Kata dr Tari jika melihat data dasbor dari kementrian kesehatan di bulan November menunjukan 34 propinsi yang semakin meningkat, Desember sudah lebih dari 5700 orang, artinya pandemi ini belum terkendali dengan baik dan perlu ekstra kesadaran masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan dan juga bukan hanya pemerintah tapi seluruh seluruh seluruh pihak. 

Sedangkan keadaan masyarakat sudah jalan 10 bulan ditengah ketidak pastian pandemi kapan berakhir, ternyata anggapan masyarakat belum paham atau mungkin karena sudah jenuh. Ternyata tidak hanya karena lelah, masih banyak masyarakat yang abai pada protokol kesehatan salah paham mengenai risiko penularan COVID-19 ini. 

Pasalnya, selain ada di saluran pernafasan, banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 penyebab utama yaitu droplet saat beraktivtas, misalkan berbicara yang terdapat di rongga mulut, terutama di air liurnya. 

Kenali 3 Ukuran Partikel Saat Bicara
Sedangkan kata Dr Armelia Sari  bahwa virus ini ada dalam rongga mulut kita, dan WHO menyatakan, bahwa air liur kita bisa dijadikan sampel apakah orang itu terdiagnosa terkena virus atau tidak. Nah sebenarnya ada 3 ukuran partikel saat kita berbicara 

memerciki / muncrat partikel yang paling besar


  1. Splatter ,partikel yang paling besar / muncrat partikelnya lebih besar jangkauannya 1 meter, 
  2. Droplet keluarnya saat batuk kecepatannya 10 meter / perdetik 
  3. Aerosol, Partikel aerosol paling kecil saat kita bersin, jangkaunnya bisa 6 meter, yang paling ditakutkan aerosol ini bisa bertahan selama 3 jam di udara.
Jadi intinya tindakan pencegahan kenapa kita harus memakai masker? karena ini salah satunya, partikel yang keluar dari mulut tidak terlihat oleh kasat mata tetapi sangat berbahaya. 

Tenaga Medis Lebih Rentan Terhadap Virus
Dan seperti yang kita ketahui juga bahwa tenaga medis banyak yang berjatuhan di rentang masa pandemi ini. Menurut dr Kun bahwa Rumah Sakit itu adalah tempat kerja berisiko tingggi nomer 1, risiko tenaga kerja, pasiennya, lingkunganya. Nan tentu juga tenaga medis harus ada aturan misalkan jika lelah harus istirahat harus jujur, dan perilakunya juga harus berubah saat di rumah sakit atau saat pulang kerumah, memang ini tidak mudah yukk ,,, sama-sama kita lakukan protokol kesehatan. 

Nah di rumah sakit perlu ada mitigasi, bagaiman bisa mengatasinya? Misalkan dr gigi itu deket sekali dengan mulut pasien, tentu disitu harus diberlakukan protokol termasuk ruangan, apalagi terhadap pasien yang OTG nah ini harus kehati-hatian, jadi ruangan dokter ini harus lengkap pakai APD tingkat 3, pakai masker, sepatu boat. 

Nah ketika ingin ke rumah sakit, usahakan tidak datang mendadak ke rumah sakit. Pelayanan telemedicine sudah berkembang pesat, maka bisa melakukan pemesanan kedatangan sebelum memeriksakan gigi. 

Penumpukkan pasien di rumah sakit atau klinik dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. Karena larangan dokter tapi juga bahaya pasien yang berdatangan. 

Pasien juga harus paham ruang periksa harus lebih dulu disterilkan, sebelum pasien bergantian masuk di ruang periksa. Kebijakan ini juga bisa pasien tanyakan pihak rumah sakit atau klinik. 

Teknologi CPC dan Manfaatnya
Unilever ikut berpartisipasi dalam diskusi komunitas medis dan ilmiah global seputar penggunaan mouthwash untuk melawan virus SARS-CoV-2. Kata dr Amelia sari , "Kami menginisiasi studi ilmiah awal bersama Laboratorium Microbac, laboratorium virologi di Amerika Serikat yang terpercaya dan diakui secara internasional untuk mengukur efektivitas obat kumur yang mengandung teknologi CPC, seperti inovasi Pepsodent Active Defense. 

Unilever telah mempublikasikan hasil penelitian sebelumnya tentang efek obat kumur yang mengandung CPC pada virus corona di platform riset biologi Biorxiv, yang juga menyatakan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung 0,07% CPC bekerja efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99, 9% pihak yang menghancurkan dan menghancurkan lipid dari virus tersebut. 

Dalam studi yang membandingkan produk ini dengan produk obat kumur yang mengandung etanol, campuran enzim, dan zinc sulfat ini, hanya teknologi CPC yang hingga saat ini menunjukkan hasil yang konsisten dan positif. 



Apresiasi studi yang dilakukan oleh Pepsodent sebagai bentuk kepedulian untuk membantu melindungi masyarakat di tengah pandemi ini. Hasil studi ini didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang berasal dari sejumlah penderita COVID-19. Uji klinis tersebut ternyata bahwa berkumur dengan obat kumur yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifikan setelah berkumur selama 30 detik, efeknya bertahan selama 6 jam. 

Dan penemuan ilmiah ini terhadap sel yang sudah terifeksi virus, telah menjunjukan hasil terang bahwa muothwash ini sebagai tindakan pencegahan bukan mengobati. Jumlah virus yang membuka mulut untuk menularkan kepada orang lain. 

CPC sebenarnya bukan bahan yang baru, karena sebenarnya sudah lama digunakan dari th 1939, sudah digunakan dan memang sebagai bahan antiseptik, sebagai obat kumur, spray untuk hidung.

Bahan antisectip berarti satu bahan sebagai anti mikroba yang digunakan sebagai menghambat anti bakteri. 

Peluncuran Pepsodent Active Defense Moutwash Bekerjasama dengan PERSI 

Nah sebagai hasil studi awal ini Pepsodent mendonasikan 50.000 produk Pepsodent Active Defense guna memberikan perlindungan tambahan kepada para tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam upaya menekan laju transmisi COVID-19. Donasi ini diberikan ke Rumah Sakit rujukan di wilayah Jabodetabek dan Wisma Atlet Kemayoran. 

Lindungi keluarga dengan Tindakan 3M ekstra. 
Jadi selain melakukan langkah 3M ekstra. Menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker juga ekstranya dengan menggunakan mouthwash yang mengandung cpc tentunya sebagai Langkah awal sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan COVID-19, ditambahkan 1 ekstra. 

Ingrediant Pepsodent Active Defense Moutwash
Pepsodent Mouthwash Active Defense tersedia dalam ukuran  300ml dan150ml

Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi CPC bantu kuatkan daya tahan gigi dan mulut. Teknologi CPC (Cetylpridinium Chloride) membantu melawan bakteri yang menyebabkan plak, radang gusi, dan bau mulut. Obat kumur ini juga diperkaya dengan fluoride. Dengan formula yang unik, lembut dan bebas alkohol, dapat memberikan nafas segar untuk menjalani aktivitas. 


Cara penggunaannya 
  • Sikat gigi pagi dan malam dengan sikat gigi dan pasta gigi Pepsodent. Berkumur dengan Pepsodent Mouthwash dua kali sehari agar efektif membersihkan secara menyeluruh 
  • Tidak diperbolehkan untuk anak usia dibawah 12 tahun .
Semoga manfaat ya berkumur dengan pepsodent pertahanan aktif moutwash ini sebagai tambahan lindungan ekstra untuk keluarga tercinta. Salam sehat semuanya.
utieadnu





Waspada Investasi Ilegal Dalam Industri Direct Selling

Waspada Terhadap Investasi Ilegal Dalam Industri Direct Selling
Hai semua nah artikel merupakan lanjutan dari Talkshow APLI ke-3. Bersyukur banget bisa ikut acara ini jadi tambah wawasan ilmu, berita diluaran tentang MLM ternyata tidak ada. Masih banyak perusahaan MLM yang nyatanya memang professional. Dan mampu mensejahterakan seluruh membernya. 

Jadi Ingat dulu saya pernah ditawari MLM dengan skema piramid yang nyata itu berbulu domba, selintas memang tidak tahu secara seksama kita akan untung tinggal menyetor uang, cari anggota kemudian duduk manis kemudian keuntungan sekian persen setiap bulannya. Alhamdulillah tidak jadi masuk. Dan di acara talk show APLI ini lah baru tau skema skema piramid sama saja dengan investasi bodong. Dan bukan MLM. 

Apa itu Skema Piramida? 
Skema Piramida adalah sistem (ilegal) dimana banyak orang yang berada pada lapisan terbawah dari piramida sejumlah uang kepada sejumlah orang yang berada di lapisan piramida teratas. Setiap anggota baru memperoleh peluang untuk naik ke lapisan teratas dan mendapat keuntungan dari orang lain yang bergabung kemudian 

Sebelum acara dimulai dibuka oleh Bpk joko sebagai Dewan Komisaris APLI Indonesia yang mengatakan sebelum kita masuk atau terjun ke bisnis MLM ada baiknya kita cari tau terlebih dahulu, apakah perusahaan tersebut benar-benar resmi, dan ada produk yang dijual terutama lagi yang terdaftar di APLI Indonesia . 

Disini APLI. sebagai organisasi independent yang merupakan wadah tempat berhimpunnya para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling) termasuk perusahaan yang menjalankan penjualannya dengan sistem berjenjang (MLM), APLI tak hanya menjadi narasumber terpercaya mengenai serba serbi bisnis Direct Selling namun APLI juga menggelar edukasi ke anggota dan masyarakat luas seperti APLI Talkshow. Dan yang pasti APLI membuka secara transparant daftar perusahaan-perusahaan yang murni menjalankan Direct Selling. 

Jadi jika ingin masuk ke bisnis MLM lihat daftar seluruh perusahaannya di https://www.apli.or.id/ Pada talk show ke-3 ini mengangkat tema “Maraknya Investasi Ilegal dalam Industri Direct Selling” hadir sebagai pembicara yang bukan hanya ahli bicara tetapi ada aksinya. 
  • Roys Tanani Dewan Komisaris APLI 
  • AKBP Juliarman EP. Pasaribu, S.Sos., SIK., NCB Interpol Indonesia Divhubinter POLRI 
  • Uus Mulharja, SH., MH., SE., MKn., CLA Head Legal Consultant APLI 
Ketika Investasi Ilegal terbongkar. 
Pengalaman dari Bpk AKBP Juliarman, yang pernah membongkar kasus wonder mind yang merupakan investasi bodong berkedok MLM, di vonis 10 tahun dan dengan denda 15 M, dan ini merupakan kasus pertama yang bisa membongkar kasus ini. Ada 5 orang tersangka dengan owner seorang perempuan. 

Kasus ini sangat rumit karena belum ada pasal pidananya. Pada akhirnya berhasil memberikan sanksi hukum dan menuntaskan sampai ke akar-akarnya. Dengan Undang-undang No7 th 2014 pasal 101-106 sebagai ancaman pidana tentang skema piramida dan pencuncian uang. 

Tersangka pendiri woder mind seorang perempuan
Contoh kasus Wonder Mind cara ini mereka mengaku berasal dari perusahaan Los Angeles dan mempunyai sistem papan, dengan awal setoran Rp. 3.750k dan bonusnya mereka mendapatkan langsung dari perekrutan dan hasil dari perekrutan ini customernya mendapat bonus yaitu vocher hotel dan vocher pesawat senilai Rp 700k. Dan selisihnya dibayarkan bonus-bonus untuk anggota yang direkrutnya. Jadi intinya mereka mendapatkan keuntungan dari perekrutan anggota. Yang padahal kalau kita pikir justru merugi. 

Dan korban dari penipuan ini sekitar 3000 orang, karena bukan hanya di Papua juga ada di daerah Banyuwangi. Bayangkan banyak sekali keuntungan dari pendiri wonder mind sampai mereka bisa membeli 2 buah pesawat pribadi, rumah mewah dll. Memperkaya diri sendiri. 

Sedangkan kata Bpk Roys juga mengatakan bahwa ancaman 15 tahun ini sebenarnya kurang sedangkan di beberapa negara lain itu hukumannya bisa lebih dari 100 tahun. Karena jika mereka keluar penjara, saya yakin mereka akan berbuat seperti itu lagi. 

Nah intinya teman ada tips agar terhindar dari investasi bodong yang menyerupai MLM. 
  • Pastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan. 
  • Pastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar. 
  • Pastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
Lagi pula ingin kaya itu harus ada proses dan tentunya harus capek dulu tidak ada orang yang mendadak kaya dengan duduk manis terkecuali mereka sudah mempunyai orang tua yang kaya raya sebelumnya. Walaupun seperti jika uang tidak dikelola tentu akan habis jika kita hanya duduk manis saja. 

Dan terakhir, jika ingin ikut MLM, perusahaan tersebut menghasilkan produk dan terdaptar di APLI Indonesia . Sekali lagi waspada terhadap Investasi Ilgegal dalam Industri direct selling. 

Semoga bermanfaat
Utieadnu.

Pentingnya Sertifikasi Halal Pada Suatu Produk

Pentingnya Sertfikasi Halal pada suatu produk 
Haiii... semua nah kali ini masih lanjutan dengan artikel sebelumnya. Dan talkshow APLI ke-2 yang mengangkat tema Pentingnya Halal Produk dan Sertifikasi Syariah dalam Direct Selling di Indonesia. 

Seperti yang kita ketahui mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim sudah barang tentu apapun yang dikenakan, dimakan dan bagaimana cara memperolehnya harus dengan cara halal. Suatu yang halal sudah menjadi trade mark bagi seorang muslim, iya kan… 

Nah.. begitu pentingnya sutu produk itu Halal, maka pada talkshow ke-2 APLI mengundang Bpk Dr. Moch. Bukhori Muslim, LC., MA. selaku Ketua Bidang Industri Bisnis dan Ekonomi Syariah DSN-MUI yang menyatakan untuk mendapatkan sertifikasi halal itu harus ada prosesnya. Harus mendapat pengesahan dan pengawasan dari Dewan Syariah Nasional MUI, kemudian ada DPS-nya, produknya nyata atau ada dan halal. 

Sedangkan untuk perusahaan MLM adalah jual beli pruduk bukan orientasinya merekrut anggota. Dan terakhir harus adanya akad sesuai Syariah, jelas dan terbebas dari maysir, riba atau gharar. 

Kemudian beliau melanjutkan ada yang salah selama ini dengan anggapan orang mengenai MLM yaitu tentang perdebatan istilah pasif income. Kalau di dunia ekonomi istilah ini mungkin biasa aja, lain halnya kalau sudah berpijak pada hukum syariah. Pasif income mungkin bisa diartikan dengan duduk manis saja bisa kaya. Jelas konsep ini berseberangan sekali dengan Alquran dan Hadits yang menyuruh umat Islam untuk rajin bekerja sehingga setiap peluh yang menetes pun sudah ada pahalanya. 

bpk Buchori, Bpk Koen Varheyen dan Ibu Rita
Selanjutnya harus ada etika dalam bisnis MLM jangan pernah memaksa orang untuk masuk jadi member, jangan menjebak juga dengan menjanjikan janji muluk, dan yang terutama fair dan profesional dalam menjual produk. Dan jangan pernah membandingkan MLM satu dengan yang lannya. 

Acara APLI hari ke-2 tetap dimoderatori oleh Ibu Ina rachman sebagai SekJen APLI Indonesia dan selain Bpk Buchori hadirnya harusnya hadir Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP (Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan), tapi beliau berhalangan hadir dan digantikan oleh Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes selaku Depitu 3 Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM-RI. 

Menurut Ibu Rita bagi produsen, pencantuman label halal dapat membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut. Produk yang bersertifikat halal memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan produk yang tidak mencantumkan label tersebut. 

Sertifikasi halal di Indonesia dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam fatwa tertulisnya, MUI menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariat Islam. Bentuk dari sertifikasi ini adalah dengan pencantuman label halal pada kemasan. 



Pelaku usaha yang telah mendapatkan sertifikat halal sebaiknya segera mencantumkan label halal pada kemasan produk. Label halal harus ditempatkan di bagian yang mudah terlihat. Jika pelaku usaha tidak melakukan ketentuan tersebut, maka sanksi berupa pencabutan sertifikat halal pun akan dilakukan. 

Apa sebenarnya manfaat suatu produk itu halal ? 

Jaminan Kualitas 
Melakukan sertifikasi halal tidak mudah. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Banyak pula tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh pengusaha. Pemeriksaan yang dilakukan menyeluruh. Hanya produk yang benar-benar memenuhi standar yang sudah ditentukan yang dapat mendapatkan sertifikasi halal. Maka dari itu, jika pengusaha dapat mensertifikasi halal produknya, maka menjadi jaminan atas kualitas produk tersebut. 

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen 
Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen tentu menginginkan kualitas produk sebaik mungkin. Kualitas terbaik tentu hanya dapat diberikan jika standard-standard yang ketat dapat diterapkan. Sertifikasi halal dapat menjadi jawaban sebagai jaminan penerapan standard yang sesuai dengan norma agama, industri, dan bisnis. 

Produk Memiliki Unique Selling Point (USP) 
Jika melakukan sertifikasi halal, maka Anda akan memiliki USP dibandingkan dengan produk kompetitor. Dan tentunya akan menjadi bernilai lebih di mata konsumen. 

Mendapat Akses Pasar Global 
Sudah menjadi kepastian bahwa banyak negara yang menerapkan standard tertentu agar dapat diakses oleh pengusaha. Standard tersebut dapat berupa kewajiban sertifikasi, misalnya berbentuk dalam sertifikasi ISO. Mengingat jumlah masyarakat dunia yang beragama Islam cukup banyak, maka niche pasar produk halal menjadi potensi tersendiri. 

Kemudian dalam kerangka Pengawasan BPOM ada 2 peran yang perlu diperhatikan : 
  • Pre – Market yaitu pengawasan sebelum diedarkan untuk memastikan pemenuhan keamanan, mutu, gizi dan ketentuan label pangan olahan yang beredar melalui penyusunan standar, pemeriksaan sarana produksi atau gudang importer. Penilaian pre-market ini dilakukan terhadap produk, penilaian informasi yang dicantumkan pada label pangan olahan. 
  • Post – Market yaitu pengawasan sesudah diedarkan untuk pemantauan konsistensi keamanan, mutu, gizi produk dan ketentuan label pangan olahan yang beredar melalui pengawasan sarana produksi, sarana distribusi, pengawasan label dan iklan produk beredar, sampling dan pengajuan kepada masyarakat, public warning dan penegakan hukum. 
Intinya kita harus berhati-hati untuk melihat suatu produk apakah itu dari produk direct selling label halal itu penting sama pentingnya dengan kuliatas produk tersebut dan juga perusahaan atau distributornya tentu, berarati barang tersebeut benar berkualitas adanya. 

Oh iya masih lanjut besok di talk show APLI- 3, semoga bermanfaat ya…i

utieadnu

Industri Direct Selling Tetap Bertahan Saat Pandemi

Industri Direct Selling Tetap Bertahan Saat Pandemi 
Seperti yang kita ketahui pandemi ini belum berakhir dan banyak sekali yang terkena dampaknya tidak terkecuali sektor ekonomi. Contohnya banyak sekali UMKM ditempat daerah saya tinggal sepi dan merosot hampir 70% dari yang biasanya, miris memang. tapi kini lambat laun mereka sudah mulai bangkit. Saat orang-orang tengah kembali bekerja dan pasar-pasar mulai hidup kembali. 


Tapi ternyata jika dilihat dari Indusrti direct selling justru peningkatan itu ada bahkan sepanjang pandemi hampir 16 T, mampu mendongkrak pemasukan ke negara. Hal itu seperti dikatakan oleh ibu Ina Rachman sebagai SekJen APLI juga selaku Moderator diacara pembukaan APLI Talk Show yang akan berlangsung pada tanggal 7 – 9 Desember 2020 di Jakarta. Pada hari pertama mengangkat tema “Peran serta Industri Direct Selling Dalam Perekonomian di tengah Pandemi” hadir para pembicara antara lain 
  • Kany V. Soemantro Ketua Umum APLI 
  • Hari Menggala dewan komisaris APLI
  • Rizki Novihamzah Kepala Sub. Direktorat Sektor Tersier BKPM 
  • Yuliot Deputi. Bid. Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM 
  • Koen Verheyen Presiden Direktur PT AmWay 
Sejarah Berdirinya APLI
Nah. Disini kita bicarakan dulu tentang APLI. APLI merupakan singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, adalah suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. 

Dalam Bahasa Inggris, APLI diterjemahkan menjadi IDSA, singkatan dari Indonesian Direct Selling Association. APLI telah menjadi Anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN INDONESIA), 

Dan diakui oleh Pemerintah/Departemen Perdagangan. APLI, juga merupakan bagian dan satu-satunya Asosiasi Penjualan langsung di Indonesia yang telah diakui oleh Federasi Penjualan Langsung Internasional (World Federation of Direct Selling Assosiation/WFDSA). 

Disetiap Negara WFDSA hanya menerima satu asosiasi DS/MLM sebagai anggota yaitu Asosiasi yang mendaftar pertama dan anggota-anggotanya memenuhi persyaratan kode etik yang ditentukan oleh WFDSA Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), merupakan organisasi independent, yang tidak berafiliasi dengan salah satu kegiatan politik praktis, selain kegiatan professional dalam bidang mewujudkan Penjualan Langsung (Direct Selling), termasuk penjualan dengan system berjenjang (MLM) yang murni dan benar. 

Berdirinya Asosiasi di Indonesia ini dicetuskan pertama kali oleh Bpk Eddy Budhiman dengan nama IDSA (Indonesian Direct Selling Association), dan disyahkan pendiriannya di kantor Notaris pada tanggal 24 Juli 1984 dengan nama APLI kepanjangannya Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. Karena di Indonesia saat itu belum banyak perusahaan DS/MLM maka kegiatan asosiasi tidak aktif pada waktu itu. 

Dengan seiring waktu berkembangnya dan bermunculan perusahaan perusahaan DS/MLM di Indonesia, maka APLI digalakkan lagi di tahun 1992 yang beranggotakan tidak lebih dari 12 perusahaan dan kepanjangan dari APLI dirubah menjadi Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. 

Perkembangan terus yang sampai saat ini cukup dirasakan, dari menempati kantor salah satu perusahaan anggota APLI sampai mampu menyewa kantor sendiri yang terpisah dari kantor anggota, dan adanya karyawan tetap yang bukan merupakan karyawan perusahaan anggota. 

Dan kini kata Bpk Koen Verheyen yang merupakan orang pertama kali membawa busnis MLM ke Indonesia. APLI sudah 36 tahun berdiri dari awal angggotanya 4 orang, awalnya belum ada peraturan-peraturan pemerintan tapi kami terus mengembangkan dan melakukan self regulation  dan  ada kode etiknya. Hingga tujuan APLI melindungi para kosumen, melindungi para distributor dan melindungi perusahaan direct selling

Dan dengan berkembangnya APLI kini ada peraturan pemerintan UU 73 th 2000  tentang izin berdirinya perusahaan direct selling. Dan peraturan ini dibuat agar tidak ada MTM (multi Tipu Marketing) yang akan merusak citra direct selling ini. hingga sekarang APLI merupakan satu-satunya yang diakui Internasional.

Sedangkan Menurut Bpk Kany V Soemantro yang sekaligus sebagai Presiden Nu Skin Filipina dan Indonesia mengatakan perusahaan direct selling ini mampu bertahan pada masa pandemi dan tidak memecat satu orang karyawanpun. Dan anggota serta para  pengurus APLI mempunyai orang-orang yang berpengalaman di industri direct selling.

Walaupun pertumbuhan ekonomi ini sedang turun dan banyak penganguran baru saat pandemi. dan tentunya akan menurunkan daya beli. Dan industri direct selling inilah jawabannya untuk meningkatkan  perekonomian dan tentunya masyarakat harus jeli memilih perusahaan MLM dan pastikan anggota APLI tentunya bukan "money game"


Kenapa Direct Selling Bisa Menjadi Peluang Usaha?
Nah kenapa juga Direct Selling ini menjadi pilihan banyak orang ada 4 alasan utama. Kata Bpk Hari Menggala
  1. Setiap orang dapat menjalani bisnis dengan modal kecil dan risiko yang sangat kecil
  2. Tidak diperlukan suatu keahlian atau persyaratan khusus 
  3. Tidak bekerja sendiri, karena ada mentor yang akan terus mensupport dan team bisnis untuk mencapai sukses bersama-sama
  4. Tersedia pelatihan dan training oleh mitra usaha agar bisnis ini bisa membantu banyak orang untuk mencapai taraf hidup lebih baik. 
Acara Talkshow APLI Convention ini sejatinya diadakan pada bulan maret tetapi karena pandemi akhirnya diadakan secara zoom dan bisa disaksikan di Youtube Apli Indonesia. Bersyukurnya saya bisa hadir di studio dan banyak sekali ilmu yang didapat. 

Nah teman jika memang ingin benar-baner tertarik pada bisnis MLM satu kuncinya lihat apakah perusahaan MLM tersebut sudah terdaftar pada keanggotan APLI Indonesia dan ini bisa menjadi pilihan usaha baru karena industri direct selling tetap bertahan saat pandemi.

utieadnu


Langkah Mudah Berasuransi FWD Life dengan Aplikasi Traveloka

Langkah Mudah Berasuransi FWD Life dengan Aplikasi Traveloka
Hallo seperti yang kita ketahui manfaat asuransi itu banyak banget, yang bisa memberikan rasa aman dari kejadian yang tidak terduga dan meminimalkan risiko kerugian financial. Laksana payung intinya yang kelak akan berguna.

Terutama asuransi kesehatan, manfaat asuransi kesehatan di jaman modern yang semuanya serba mahal, tentunya menjadi pilihan tepat apalagi seperti yang kita ketahui biaya pengobatan, perawatan, dan biaya lainnya itu hitungan bukan lagi ratusan ribu rupiah. 

langkah mudah berasuransi fwd life dengan aplikasi traveloka


Sementara, kita sangat rentan terhadap penyakit. Banyak hal yang dapat mempengaruhi dan memperburuk kesehatan kita, mulai dari lingkungan tempat kita hidup, makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan udara yang kita hirup setiap hari. Akan sangat bijak jika kita mencintai diri dengan proteksi melalui asuransi kesehatan sejak dini.

Sebenarnya apa saja manfaat asuransi kesehatan yang kita rasakan.
Asuransi kesehatan akan membantu ketersediaan untuk semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi. Jika sewaktu-waktu kita jatuh sakit, maka perusahaan asuransi lah yang akan menanggung biaya pengobatan, sesuai dengan kesepakatan.

Manfaat-manfaat yang ditawarkan sebagai perlindungan untuk nasabah pun berbagai macam jenisnya. Dari manfaat rawat inap, manfaat rawat jalan dan yang terpenting lagi manfaat nilai tunai. Melalui manfaat yang satu ini, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah biaya jika kita sakit dan harus mendapatkan rawat inap di rumah sakit. 

Manfaat asuransi kesehatan akan sangat terasa apabila suatu saat kita mengalami gangguan kesehatan yang pengobatannya memerlukan biaya besar. Saat itulah kita akan merasakan bahwa nilai pertanggungan yang akan kita terima dari perusahaan asuransi jauh lebih besar bila dibandingkan dengan nilai premi yang sudah dibayarkan.

Hal itu saya dapatkan ketika kemarin saya mendaftarkan diri dan keluarga ikut Asuransi Bebas handal & Asuransi FWD Cancer Protection.

Kenapa memilih Asuransi Bebas handal dan Asuransi Cancer Protection dari FWD Life?

Seperti yang kita ketahui Asuransi FWD Life yang sudah berdiri sejak tahun 2012 dan yang pertama kalinya di Indonesia memanfaatkan teknologi digital. Mendigitalkan proses berasuransi mulai dari ilustrasi, proses pembelian sampai dengan polis terbit. Hingga cara klaimnya pun dipermudah. Tanpa harus bertemu dengan agen asuransi, kita bisa melakukan proses digital end-to-end melalui handphone. 

Apa saja keuntungan asuransi bebas handal?
Simple
Proses masuk dan keluar Rumah Sakit rekanan tidak ribet, cukup gesek kartu asuransi sepanjang biaya kamar sesuai Plan.

Lengkap
Manfaat asuransi tidak hanya biaya kamar, tapi juga biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap, biaya tindakan bedah dan cek lab dengan nilai manfaat hingga Rp100.000.000 per tahun.

Sedangkan Manfaat Asuransi FWD Cancer Protection 
Seperti yang kita ketahui, biaya pengobatan sakit kanker termasuk yang termahal. Belum lagi masa penyembuhannya juga yang butuh waktu lama dan tentunya mempengaruhi total biaya yang dikeluarkan. Dan penyakit kanker bisa menyerang siapa pun tanpa melihat usia. 

Meski asuransi kesehatan bisa cukup membantu pasien dalam meringankan biaya pengobatan kanker, namun umumnya hanya menanggung pembayaran kemoterapi standar.

Sedangkan FWD Life memberikan manfaat 100 persen uang pertanggungan apabila didiagnosa kanker, termasuk kanker stadium awal. Nilai uang pertanggungan mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 500 juta. Disesuaikan dengan kemampuan nasabah dalam menentukan biaya penanggungan.


Nah kali ini FWD Life menggandeng Traveloka untuk semakin mempermudah pengalaman berasuransi para nasabah, saya pun sebagai pengguna setia Traveloka jadi semakin penasaran apa bentuk kerjasamanya kali ini, awalnya saya pikir bentuk kerja sama itu ketika pembelian tiket di Traveloka langsung mendapatkan cover atau perlindungan dari asuransi FWD Life. Tetapi ternyata bukan teman-teman.

Saat acara virtual konferensi pers FWD Live Bersama Traveloka pada tanggal 28 Oktober 2020. PT FWD Life Indonesia dan Traveloka, dengan dukungan PT Mitra Jasa Pratama (MJP) sebagai Pialang Asuransi dan insurtech Qoala. Membuat inovasi baru yaitu meresmikan langkah bersama untuk membuat asuransi lebih mudah dijangkau melalui Traveloka Protect.

Jadi nih pengguna dapat secara online membeli produk asuransi FWD Life, Asuransi Bebas Handal dan FWD Cancer Protection, dengan mudah dan nyaman melalui aplikasi Traveloka. Acara virtual konferensi pers dihadiri oleh :
  • Adit Trivedi selaku Wakil Presiden Direktur FWD Life
  • Yady Guitana Senior Vice President, Financial Service & Partnership, Traveloka
  • Isabella Yonathan Vice President, Insurance Product Traveloka
  • Tris Rasika Chief Digital and New Business Models Officer FWD Life
  • dr Falla Adinda dokter sekaligus Influencer
Menurut Bpk Adit Tivedi “Melalui kerja sama ini, FWD Life terus memanfaatkan teknologi untuk menyediakan produk yang sederhana, praktis, dan mudah dipahami bagi para nasabah. Kami ingin produk asuransi dapat diakses dengan mudah, terjangkau, dan menarik untuk semua orang. Kami yakin bahwa kerja sama ini akan menciptakan pengalaman nasabah terbaik di industri di Indonesia.”

Kenapa FWD Life memilih Traveloka? tentunya hal ini FWD Life mengetahui bahwa Traveloka merupakan agen perjalan yang terbesar se- Asia Tenggara yang mempermudah pengguna selama ini menemukan dan menemukan beragam produk transportasi, akomodasi dan gaya hidup.

Bpk. Yadi Guitana

Hal itu dikatakan oleh Bpk Yadi Guitana bahwa "Traveloka dan FWD Life mempunya misi yang sama dalam memaksimalkan penggunaan teknologi untuk memberikan kemudahan akses bagi pengguna yang mencari perlindungan komprehensif, terutama pada masa yang penuh ketidakpastian ini. 

Kerja sama ini memungkinkan Traveloka dan FWD Life untuk menawarkan perlindungan kepada lebih banyak orang melalui produk asuransi yang beragam dengan berbagai keuntungan. Pengguna Traveloka kini dapat memiliki produk asuransi kesehatan melalui Traveloka Protect, sebuah solusi untuk perlindungan asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan dan menawarkan metode klaim nontunai.

Bagaimana cara membeli asuransi FWD Life lewat Aplikasi Traveloka?
Tentu saja kita harus mempunyai aplikasi Traveloka sebelumnya dan saya yakin teman-teman pasti sudah punya semuanya ya, karena memang lengkap sih semua ada di dalam aplikasi Traveloka, iya kan....


Pertama buka aplikasi traveloka kemudian cari 'Insurance' atau 'Protect', pilih 'Health Insurance', lalu pilih paket FWD Bebas Handal atau pilih FWD Cancer Protection, lengkapi data secara detail, dan kemudian lanjutkan ke pembayaran. Polis asuransi akan dikirim langsung ke email pengguna hanya dalam hitungan menit. Mudah bangetkan, oh iya aplikasi traveloka ini jenisnya v3.25.1 atau diatasnya ya.. Bisa segera di update jika masih traveloka yang lama.

Berapa premi yang ditawarkan oleh FWD Life?
Untuk jenis asuransi Bebas Handal adalah asuransi kesehatan berbasis syariah yang terjangkau dengan manfaat rawat inap komprehensif. Produk ini menyediakan pilihan kontribusi mulai dari Rp75.000 per bulan dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp100 juta. 

Sedangkan untuk FWD Cancer Protection adalah asuransi kanker terjangkau yang memberikan uang pertanggungan 100% saat diagnosis kanker dengan premi mulai dari Rp10.000 per bulan dan manfaat hingga Rp150 juta. FWD Cancer Protection di Traveloka Protect juga mencakup Carsinoma In Situ yang akan dilindungi saat awal terdeteksi kanker.

Nah kedua produk ini menawarkan layanan digital end-to-end, dari pembelian hingga klaim yang mudah secara online menggunakan FWD MAX. 

Tidak cukup sehat, tubuh juga harus bugar agar terhindar dari penyakit
Dan kemudian dr Falla juga memberikan bagaimana menjaga kesehatan pada saat pandemi seperti ini? Karena kesehatan merupakan investasi jangka panjang. Bagaimana menjaga kesehatan untuk masa tua nanti?

Pertama Concern kesehatan, artinya kita tidak bisa mentolerir rasa sakit, intinya jangan sakit. Sakit itu hal yang paling rumit, karena fasilitas rumah sakit mahal, jadi caranya jaga kesehatan dan kondisi keuangan, jaga kesehatan dengan sistem imun. Dengan olahraga, dan nutrisi yang baik, istirahat yang cukup. 

dr. Falla Adinda

Gaya hidup kita harus benar-benar konsentrasi dengan kesehatan, memiliki benar-benar pola hidup sehat, jika kita memilih pola hidup sehat tentu saja stamina kita akan sehat. Artinya olahraga secara rutin jangan berlebihan. Ternyata kata dr Falla, apabila kita sehat itu cirinya bisa dilihat dari tampilan kulit kita lo, karena kulit merupakan organ yang paling besar, kulit akan bercerita mengenai kondisi kita, jika kulit kita cerah, glowing dan tidak kusam, berarti kita sehat.

dr Falla menutup pembicaraannya dengan mengatakan mengeluarkan uang untuk sakit itu sangat tidak masuk akal. Jadi pilihan masuk akal yang harus kita lakukan yaitu mencegahnya dengan 2 cara.
  • Mencegah untuk tidak sakit.
  • Upaya mitigasi kita ketika sakit itu apa, apa usaha mitigasi, salah satunya tentu memiliki asuransi.
Acara ditutup dengan menjawab pertanyaan dari media dan blogger yang dipandu oleh Ibu Tris dan Ibu Isabella. Jadi intinya teman yuks kita sama-sama untuk menjalankan pola hidup sehat.

MC, Ibu Tris dan Ibu Isabella

Dan tentunya kita ingin segera pandemi ini berakhir, mari bergotong royong, jalankan protokol kesehatan dengan baik, dipakai maskernya, mencuci tangan dengan benar kemudian menjaga jarak. Jaga stamina dan imun kita berolahraga teratur makan dengan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup. Dan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti sakit atau apapun kita sudah mempunyai pegangan untuk mengurangi risiko finansial kita. Seperti yang FWD Life wujudkan dengan langkah mudah berasuransi lewat aplikasi Traveloka.


Semoga bermanfaat ya
utieadnu.