Wednesday, 18 November 2020

Ranca Upas Wisata Alam Bandung

Satu Hari di Ranca Upas Wisata Alam Bandung
Bandung yang kita kenal sebagai Paris Van Java seolah ada magnet yang membuat kita ingin datang lagi kesana. Tidak hanya kulinernya, tempat belanja juga tempat wisatanya yang selalu indah dipandang mata. Salah satunya Ranca Upas Ciwidey Wisata Alam, yang menyuguhkan pesona bagi yang mengunjunginya.

Ranca Upas Ciwidey awalnya merupakan tempat berkemah yang mempunyai fasilitas yang sangat menarik. Nah kebetulan kemarin bersama keluarga melepas penat sehari di Ranca Upas. Selama pandemi ini pertama kalinya saya keluar jauh dari Jakarta.
ranca upas wisata Alam bandung

Sekilas Tentang Ranca Upas Wisata Alam Bandung

Ranca Upas adalah suatu tempat di dataran tinggi yang berlokasi di Jalan Ciwidey Patengan No. KM 11. Tempat ini merupakan tempat yang pas untuk menikmati keindahan suasana alam Bandung Selatan serta berkemah di sana. Dengan lahan seluas mencapai 215 Hektar ini.

Kawasan  Ranca Upas Bandung merupakan kawasan hutan lindung untuk melindungi spesies tanaman dan pohon yang ada disana. Kawasan wisata Ranca Upas turut andil dalam pelestarian serta berbagai tumbuhan konservasi yang langka sehingga wisatawan juga bisa melihat serta mendapatkan berbagai edukasi.

Tanaman langka yang akan ditemukan oleh pengunjung tempat wisata di Bandung satu ini antara lain Hamirung, Kihujan, Kitambang, Jamuju, dan lain-lain juga terdapat hewan yang dilindungi yaitu rusa dan burung.

Rute Perjalanan Menuju Ranca Upas Bandung

Kebetulan kami berempat naik mobil berangkat dari rumah sehabis shubuh sengaja memilih hari kerja agar lebih lengang. Perjalanan lebih kurang 4 jam, jarak Ranca Upas dari pusat Kota Bandung, sekitar 45 Km jauhnya

Tetapi jika teman-teman ingin naik bus bisa turun di Terminal Leuwipanjang kemudian naik elf / bus jurusan leuwi panjang - Ciwidey. Kemudian dari terminal Ciwidey, lebih kurang hanya 5 km naik angkot jurusan Ciwidey - Patengang dan turun pas di Ranca Upas.

Jika naik kereta api dari stasiun Bandung naik angkot no 34 jurusan Sadang Serang- Caringin turun di jln Kopo dari sana naik elf / bus jurusan Leuwi Panjang- Ciwidey. Tapi kalau mau praktis bisa naik transportasi online .

Wisata apa saja yang ada di Ranca Upas 

Petualangan Ranca Upas Smart Camp
Petualangan Kamp Cerdas. Ini adalah lahan yang sangat besar yang bisa menampung banyak orang, bisa mencapai 10.000 orang sehingga tidak mengherankan tempat ini sering digunakan untuk berbagai kamp festival yang melibatkan ribuan orang.

ranca upas wisata alam bandung
picy by Pinterest

Kita bisa melakukan kegiatan berkemah dengan HTM yang sangat murah yakni Rp. 10.000 per orangnya. Yang juga menarik, tidak perlu bersusah payah bawaan barang bawaan berupa tenda jika ingin berkemah disini. Dikarenakan sudah ada tempat Penyewaan tenda dengan harga yang terjangkau. mulai dari Rp. 150.000 hingga 700.000 saja. Bukan hanya tenda, perlengkapan berkemah lainnya juga bisa disewa disini dengan harga yang cukup murah.

kepingin suatu saat kemah bersama keluarga karena jika pagi hari sunrise- nya sangat indah berbalut kabut yang tebal.

Penangkaran Rusa Ranca Upas Bandung
Ini yang menjadi favorit yaitu kawasan ini terdapat pada hewan yang dilindungi, salah satunya adalah rusa dengan kawasan konservasi dan penangkaran. Berbeda dengan hewan di kebun binatang, penangkaran rusa Ranca Upas akan memberikan penyajian habitat asli dari hewan ini.

Disini juga kita dibolehkan untuk mulai dari memberi makan, mengusap bulunya, hingga berfoto bersama. Dekat dengan hewan yang dilestarikan disini akan memberikan pengalaman yang tidak bisa dilupakan.


Ada ratusan rusa yang dilepas secara bebas dikawasan penangkaran rusa Ranca Upas Ciwidey ini. Hal ini berdasarkan konsep suatu penangkaran adalah membebaskan hewan yang menerapkan konsep suatu habitat. Kita bisa masuk ke kawasan itu dan merasakan lebih dekat keberadaannya.

Nah, untuk masuk ke penangkaran ini gratis jika ingin berminat memberi makan kepada rusa yang ada, kita harus membeli makanannya yang berupa wortel, kangkung mulai dari Rp 20.000, -

Pemandian Air Panas di Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Menikmati hawa dingin sambil berendam di udara panas? Tentu akan membuat liburan kita semakin nyaman berendam dengan udara hangat bisa membuat tubuh kita lebih rileks. Bentuk kolamnya yang indah juga sangat instagramable. Oh iya ada juga kolam renang, waterboom, outbond fun adventure .

Selain itu juga tersedia cafe sambil minum kopi atau teh kita bisa menikmati pemandangan indah. Oh iya Taman Wisata Ranca Upas sering dipakai untuk foto prewedding

ranca upas wisata alam bandung
pict by itrip.id
Sebenarnya ingin lebih lama menikmati Ranca Upas Wisata Alam Bandung ini, tetapi karena hari sudah beranjak sore kami harus langsung balik ke Jakarta. Satu hari di Ranca Upas membuat kita merasa happy  . Oh iya disini tetap menjalankan protokol kesehatan, sebelum masuk di cek suhu kemudian di beberapa tempat disediakan tempat pencucian tangan / hand sanitezer

Semoga Ranca Upas Wisata Alam Bandung bisa menjadi  alternatif travellingan yang dekat bagi teman-teman semuanya.

utieadnu

22 comments :

  1. AKu tuh udah lama bilang ke suami sesekali ajak kita ke Ranca Upas hahahah eh belom jadi2. Adik2ku yang udah pernah. Memang benar pemandangan di sana indah banget. Bobo di tenda rame2 dan masak2 praktis kata mereka seru banget. Enak juga ya persiapan tenda dll udah ada kita tinggal bayar :D

    ReplyDelete
  2. Dari dulu pngen banget k Ranca Upas tp belum ksampaian.

    Salam kenal dri Lazwardy Journal. Blogger asli Lombok

    ReplyDelete
  3. Noted nih, kalau ke Bandung mau mampir kesini mau menikmati pemandangan alamnya karena saya sangat suka wisata yang menyuguhkan alam seperti ini

    ReplyDelete
  4. Cantik banget pemandangan dan itu loh, rusa rusa yang berkeliaran itu gumuuush!

    Pengan juga jadinya piknik sekeluarga nih, ke Ranca Upas, thanks ya infonya Utie

    ReplyDelete
  5. Duuuh kayaknya saya tergiur pemandian air panasnya tuh, Mba. Boleh ah di keep dulu ini infonya. Biar kalau jalan2 ke bandung ada alternatifnya.

    ReplyDelete
  6. woaaaah baru ngeh aku tempat yang banyak rusa-rusanya kaya di alam liar ini di ranca upas berarti yaaa.. cakep bener tempatnyaaa.. seru nih kalo liburan di ranca upas kayanya yaaa

    ReplyDelete
  7. HTM nya murce ya..wah jadi pengin ajak anak-anak camping di sana, bawa diri aja karena peralatan bisa disewa, praktis nih ke Ranca Upas Bnadung buat wisata alam

    ReplyDelete
  8. Wah, ini tempatnya instagramable sekali ya. Asik juga mau kemah tapi nggak mau ribet bawa tenda, berangkat aja kesana. Tinggal sewa tenda di Ranca Upas.. Lumayan murah juga sewa tendanya ya,

    ReplyDelete
  9. Naaah penangkaran rusa itu yg bikin aku pengen ngajakin anak2 ke Ranca Upas mba. Mereka belum pernah liat rusa sedekat itu. Dan sepertinya agak jinak Krn mau mendekat dan dipegang yaa :D. Tapi aku baca dari bbrp review, kalo kesana bagusnya pas kemarau, kalo LG musim hujan gini, becek dimana2 dan jd susah mendekat Krn medannya gitu kan. Aku masukin bucket list dulu, sampe musim hujan lewat :)

    ReplyDelete
  10. ooo jadi ranca upas ini arah ke situ patenggang ya mbak? Kalau gitu emang asyik banget, di perjalanan aja udah mengasyikkan melewati perkebunan teh dan strawberry.

    Biaya masuk perkemahannya murah ya, cuma 10 ribu. Asyik banget nih kalau bisa berkemah disana sama anak-anak

    ReplyDelete
  11. jalan-jalan di alam memang menyenangkan

    ReplyDelete
  12. Aku yang di Bandung belum ke sini Maaak hahaha. Duh itu pemandangan di pemandiannya menggoda sekali. Kayaknya asik ngadem di sana

    ReplyDelete
  13. seru banget ya mba.. bisa berinteraksi langsung dengan alam,hewan dan tumbuhan, kalau ngajak anak-anak bakal jadi kenangan tak terlupa ini..

    ReplyDelete
  14. Serasa sedang nongkrong di hutan bercengkrama dengan hewan ya. Mudah2an tempat ini selalu terjaga keasriannya

    ReplyDelete
  15. Berkunjung ke Bandung memang fgak ada bosannya apalagi banyak tempat wisata yang bisa didatangi, gak cukup kalau cuma satu hari. Udah lama aku belum ke Ciwidey nih, pingin ke sana lagi nanti bawa anak-anak. Di Ranca Upas ada smart campnya ternyata ya

    ReplyDelete
  16. Begitu mendengar kata Ranca Upas, saya langsung merasa menggigil kedinginan, Mbak. Tempat wisata ini memang menarik, tapi dingin sekali. Terakhir ke sana waktu zaman masih sekolah, waktu itu sedang melakukan penelitian di sana.

    ReplyDelete
  17. Huhuu...aku belum pernah ke Ranca Upas, Bandung.
    Perjalanan lumayan juga yaa...soalnya ke Ciwidey. Naik-naik ke puncak gunung...senang-senang sekali.

    ReplyDelete
  18. Lengkap banget ini objek wisatanya. Banyak hal yang bisa dilakukan di sana yaa mbak. Ada kolam renangnya pula. Mau ah kapan-kapan kalau pas ke Bandung, main-main ke Ranca Upas~

    ReplyDelete
  19. Ranca Upas baguuus sekali ya. Kehidupan alam dapat ditemui secara alami.
    Adem dan udaranya sangat segar.

    ReplyDelete
  20. Bagus banget pemandangan di Ranca Upas, Mbak. Apalagi memang sudah dimanage sebagai tempat wisata ya. Jadi fasilitas lengkap gini. Kereeen

    ReplyDelete
  21. banyak sekali ya mbak objek wisata di bandung. kapan ya saya berkesempatan ke sana. dari dulu pingim banget ke bandung

    ReplyDelete
  22. Duh jadi pingin ke sini. Tahan, tahan nunggu corona redaan pas anak bayiku udah besar kali ya hehe. Untuk camping apa ada kamar mandinya deket situ? Terus mending camping apa nginep di home stay nya ya? Kalau bawa anak serba mikir penginapan nya. Hehe. Bagus banget soalnya pemandangan dan aktivitas di sana

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ