Thursday, 7 June 2018

AXA Mandiri Memberikan Dana Tabbarunya Untuk Baznas


Assalammuaaikum,,,

Pernah mendengar tentang hadist “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Tentunya kita sebagai manusia ingin sekali bahwa kehadiran kita dunia bermanfaat bagi orang lain, terlebih bermanfaat bagi keluarga sendiri kemudian tetangga baru lingkungan sekitar. Jika kita berbuat baik, sesungguhnya berbuat baik bagi diri sendiri. Hal ini menjadi indikator bagaimana menjadi seorang yang sebenarnya. Eksistensi seseorang sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya pada yang lain. Adakah dia berguna bagi orang lain, atau malah sebaliknya menjadi parasit buat yang lainnya?. Setiap perbuatan maka akan kembali kepada orang yang berbuat. Seperti kita Memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri dan juga sebaliknya atau dengan kata lain tabungan untuk kita.

Begitupun yang dilakukan  PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) kembali memberikan dana tabbarunya Untuk  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam penyaluran dana surplus underwriting atau bagi hasil penjualan produk asuransi syariah sebesar Rp 847 juta.  Saya dan teman- teman blogger hadir di acara tersebut pada tanggal 5 Juni 2018 di Jakarta.

PT. AXA Mandiri
Berawal dari bisnis asuransi jiwa di tahun 2004, kesuksesan AXA Mandiri dilanjutkan dengan dibangunnya bisnis asuransi umum pada tahun 2011. AXA Mandiri kini semakin lengkap dan kuat dan terus berfokus untuk menyediakan berbagai solusi sesuai kebutuhan Nasabah, baik disegi layanan keuangan dan investasi, maupun solusi perlindungan jiwa dan aset.. AXA Mandiri terdiri dari bisnis asuransi jiwa, yaitu PT AXA Mandiri Financial Services dan bisnis asuransi umum, yaitu PT Mandiri AXA General Insurance, yang keduanya adalah sebuah perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan AXA Group.

AXA Mandiri  beroperasi dengan fokus pada asuransi jiwa, asuransi umum dan manajemen aset melalui beragam jalur distribusi dibawah PT AXA Financial Indonesia, PT AXA Life Indonesia, PT Asuransi AXA Indonesia, dan PT AXA Asset Management Indonesia.

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA, yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). AXA Mandiri yang menjalankan model bisnis bancassurance memiliki jalur distribusi in-branch, telemarketing dan korporasi. Pemasaran produk dilakukan melalui lebih dari 2.300 Financial Advisor di lebih dari 1.300 cabang Bank Mandiri dan 200 cabang Bank Syariah Mandiri di seluruh Indonesia, serta didukung lebih dari 500 Sales Officer pada jalur telemarketing dan korporasi. AXA Mandiri juga telah memanfaatkan dunia digital untuk penjualan produk secara online, serta memberikan pelayanan purna jual untuk nasabah.
 
Bpk Hengky Oktavianus
Hadir  pada saat itu Bpk. Henky Oktavianus selaku Director of In Branch Channel AXA Mandiri mengatakan bahwa pemberian dana tabbaru ini merupakan komitmen untuk menyalurkan dana surplus underwriting itu. Kami berharap bisa menyampaikan amanah nasabah dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Dan dana tersebut meningkat 32% dari tahun sebelumnya. Terbuktikan sahabat jika kita memberi maka balasannya akan berlipat hal itu yang di alami AXA Mandiri dengan bertambahnya pemegang polis asuransi  AXA Mandiri.

Selain itu AXA Mandiri juga memberikan sebagian dananya  digunakan untuk menyediakan 1.200 paket Ramadhan Bahagia, yang berisi makanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga hari raya Idulfitri. Paket ini diserahkan kepada masyarakat melalui Yayasan Cerdas Mandiri, Masjid Raudhatul Falah, Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta, petugas keamanan dan kebersihan serta masyarakat yang ada di lingkungan AXA Tower Kuningan, Jakarta.

Dana surplus underwriting "merupakan selisih dari kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam Dana Tabbaru setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim kontribusi asuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu". Dan kerja sama penyaluran surplus underwriting bersama Baznas, sudah berlangsung selama tujuh tahun. Program ini memberikan manfaat bagi banyak orang, karena disalurkan ke sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kemanusiaan.

AXA Mandiri sendiri, juga mencatatkan peningkatan jumlah polis asuransi syariah. Pada tahun 2017, perseroan memberikan perlindungan asuransi kepada 59 ribu polis, naik 80% dari tahun lalu. Dari jumlah peserta polis tersebut, telah menyumbang pendapatan sebesar Rp 46,7 miliar, naik 12,8% dibandingkan tahun 2016.

Tentunya meningkatnya pemegang polis artinya bukan hanya kepada perusahaan akan tetapi semakin banyak masyarakat yang sadar dan pentingnya perlindungan dan perencanaan keuangan masa depan melalui asuransi.

Selanjutnya Ibu Emmy Hanidiyah selaku Komisaris Baznas yang menerima langsung dana surplus tersebut mengatakan “kami sangat mengapresiasi dan terus mendukung komitmen AXA Mandiri untuk menghibahkan dana surplus underwritingnya demi kebaikan masyarakat luas dan kerja sama ini sangat penting bagi upaya kesejahteraan masyarakat melalui program-program Baznas.
 
Bpk Hengky dan Ibu Emmy

Sekilas tentang Baznas
Baznas adalah Amil Zakat Nasional (BAZNAS) lembaga yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Pembentukan Baznas pertama kali ditetapkan dengan Keputusan Presiden No 8 Tahun 2001 dan sekarang  Baznas berstatus sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Baznas merupakan satu di antara sedikit lembaga nonstruktural yang memberi kontribusi kepada negara di bidang pembangunan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan melalui pengelolaan dana zakat.  Baznas berperan sebagai penyedia bantuan jaminan sosial bagi fakir miskin di tanah air kita. Kehadiran lembaga ini menopang tugas negara dalam mensejahterakan masyarakat, sehingga sewajarnya disokong oleh pemerintah.

Peran dan kontribusi Baznas kepada masyarakat, khususnya umat Islam, tidak hanya dalam ukuran yang bersifat kuantitatif, tetapi juga ukuran yang bersifat kualitatif, terutama peran Baznas dalam menyebarluaskan nilai-nilai zakat di tengah masyarakat. Yaitu nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, etos kerja, etika kerja dalam mencari rezeki yang halal dan baik, serta nilai-nilai zakat yang terkait dengan pembangunan karakter manusia (character building) sebagai insan yang harus memberi manfaat bagi sesam.. Selaku pribadi kita sendiri juga bisa menyumbang zakat 2,5% kita kepada Baznas,
 
Jajaran Manajemen PT AXA Mandiri, PT Bank Mandiri dan Baznas
Rangkaian yang dilakukan AXA Mandiri adalah merupakan dari program Ramadhan Juara yang dilakukan AXA Mandiri  yang bertujuan menyemangati masyarakat untuk senantiasa giat beribadah dan berlomba menjadi individu yang bermanfaat bagi sesama, sehingga menjadi juara pada hari kemenangan.

Selain itu AXA Mandiri juga mendukung masyarakat juara dalam financial yang artinya  bisa mengantisipasi kerugian financial akibat risiko hidup.  Melalui produk asuransi syariah, AXA Mandiri memenuhi kebutuhan perlindungan yang dikelola dengan prinsip syariah tentunya bebas dari riba bagi keluarga muslim. Ada berbagai jenis produk asuransi berbasis syariah yaitu 
  • Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan Syariah
  • Asuransi Mandiri Rencana Sejahtera Syariah
  • Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah
  • Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah.
Dan produk-produk tersebut dipasarkan melalui lebih dari 200 cabang Bank Syariah Mandiri. Selain memasarkan produksi asuransi AXA Mandiri juga memberikan edukasi dan literasi mengenai asuransi Syariah kepada masyarakat, karena tingkat penggguna produk dan jasa keuangan Syariah  di Indonesia masih berada pada 11,06% dengan indeks  literasi keuangan Syariah sebesar 8,11%. Hal itu sama saja dengan 100 orang di Indonesia baru 11 orang yang sudah menggunakan produk dan jasa keuangan syariah dan 8 orang yang sudah teredukasi mengenai keuangan Syariah.
 
Contoh hitungan zakat profesi
yang disimulasikan oleh Baznas

Angka yang sangat kecil ya, mudah-mudahan dengan adanya literasi dan edukasi masyarakat Indonesia kian menyadari betapa pentingnya asuransi itu. Baik dari segi kehati-hatian juga sebagai payung yang kelak berguna untuk keluarga.

So,, sudah sejauh mana peran kita dalam hal berbuat kebaikan kepada lingkungan sekitar, melihat nominal yang dikeluarkan AXA Mandiri  untuk Baznas diam-diam dalam hati berucap kapan saya akan akan berzakat dengan nominal tersebut?. Bismillah,,,, suatu saat pasti bisa.

Semoga bermanfaat ya

















22 comments :

  1. Semoga makin banyak lagi perusahaan swasta seperti AXA Mandiri

    ReplyDelete
  2. Masyarakat kita memang masih banyak yang nolak asuransi karena sebagian berfikir belum perlu. Padahal asuransi baru terasa manfaatnya justru dengan sikon yang kita nggak pernah tahu.

    ReplyDelete
  3. Sukses selalu untuk AXA mandiri. semoga semangat berbagai ini dapat berkelanjutan dan menginspirasi banyak orang

    ReplyDelete
  4. Sukses terus buat AXA dan jujur aja masih banyak yang ga punya asuransi saole dinilai ribet, nah kalau kaya gini perlunya edukasi mengenai literasi keuangan manfaat asuransi.

    ReplyDelete
  5. Senang membacanya, karena dana ssurplus dari Axa bukan hanya untuk kepentingan perusahaan tetapi diberikan kepada baznas untuk dikelola untuk kebaikan umat

    ReplyDelete
  6. bikin adem bacanya, semoga berkah buat semua yaa..

    ReplyDelete
  7. Yakin bisa mbak, insyaa Allah terlaksana. Semoga AXA makin berjaya

    ReplyDelete
  8. Keren ini program Ramadhan Juara. Benar banget ya sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Saling menyemangati sesama warga masyarakat supaya giat beribadah dan berlomba menjadi individu yang bermanfaat bagi sesama. Itu namanya juara.

    ReplyDelete
  9. Mantaps nih, semoga programnya banyak yang meniru dan menjadi inspirasi bagi perusahaan yg lainnya ya.. :)

    ReplyDelete
  10. Waaah, AXA Mandiri keren ya. Peduli dengan kaum dhuafa. Dana tabbarunya pun besar. Sangat bermanfaat pasti buat kaum dhuafa yang jadi mustahik di Baznas. Semoga hal serupa bisa dilakukan banyak perusahaan. Dan semoga AXA Mandiri bisa mendapat surplus yang lebih besar di tahun depan. Biar dana tabbarunya pun besar juga. Aamiin...

    ReplyDelete
  11. Salut buat Ada Mandiri..yang juga peduli akan kepentingan umat..tak hanya menarik keuntungan dari umat...tapi juga mengembalikannya dalam bentuk zakat kepada yang berhak menerima..

    Semoga program ini berkelanjutan...danberikan manfaat jangka panjang bagi yg menwrima

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat aku ga lolos pas pengajuan di axa ini buat si Inga. Tapi habis itu ditelpin berkali2. Aku udah ga mau lagi.

    Btw sukses terus ya Axa Mandiri

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, keren ya mba AXA Mandiri hehe. Aku jadi penasaran sama program asuransinya AXA Mandiri hege

    ReplyDelete
  14. Paket ramadan yang dibagikan jumlahnya banyak juga ya mba. Ramadan memang mumentum yang tepat untuk berbagi ya mba :)

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Ternyata begini ya penyaluran dananya.. baru tahu juga. Thx infonya mba

    ReplyDelete
  17. bulan Ramadan memang bulan untuk berbagi dan mengejar pahala yah, mudah - mudahan berkah

    ReplyDelete
  18. Eh ade baru tau kalau Baznas yg kelola kemenag. Selama ini ade berpikir kalau baznas ini badan amil zakat yg berdiri sendiri, seperti halnya swasta.

    ReplyDelete
  19. Berbaginya tidak tanggung-tanggung dan AXA Mandiri mau bersinergi itu sudah sangat mulia dalam hal berbagi ini.

    ReplyDelete
  20. Semoga semakin banyak yang aware, kaya aku yg tercerahkan utk punya asuransi syariah hihihi

    ReplyDelete
  21. Penyaluran dananya besar sekali ya Mba dari AXA Mandiri.

    ReplyDelete
  22. Semoga tiap tahun dana yang disalurkan oleh AXA Mandiri kepada BAZNAS terus bertambah ya, dan makin banyak menebar manfaatnya untuk masyarakat yang kekurangan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,