Friday, 22 June 2018

Investasi Kesehatan Ala Keluarga Surya


Ada apa dengan Keluarga Surya?, hmm ternyata Keluarga Surya ini adalah web series yang bergenre komedi dari Sun Life  Financial Indonesia (Sun Life). Nah,  Sun Life ini adalah perusahaan jasa keuangan International yang mempunyai beberapa produk asuransi baik itu perorangan maupun coorporate.

Kenapa Sun Life memproduksi sitkom series Keluarga Surya? Ternyata untuk memberikan contoh mengenai literasi keuangan Hal ini tentu dilakukan karena model visualisasi mudah dimengerti dan digandurungi kaum mileneals/kaum muda apalagi kalau sudah bicara lewat YouTube, yang pasti mudah dicerna dan akan banyak yang melihat, Dan berharap Keluarga Surya ini bisa menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari yang sederhana dan mudah dimengerti.

Episode  pertama tentang bagaiman mengelola THR, yang harusnya bisa bermanfaat  untuk dikelola agar bisa masuk ke dalam anggaran  keluarga dan tidak langsung habis. Kemudian yang kedua tentang wakaf. Bagaimana berasuransi tetapi  ada nilai ibadahnya yaitu dengan berwakaf lewat asuransi. Dari ke 2 episode ini kita sudah bisa mengambil pelajaran bagaimana sebaiknya mengelola keuangan?, Hal ini yang harus dilakukan sejak dini dan jangan ditunda, betapa pentingnya literisasi keuangan lewat asuransi ini bagi keluarga, yang mana asuransi merupakan bentuk memproteksi, yang kelak akan merupakan payung bagi keluarga.

Investasi Kesehatan Ala Keluarga Surya

Lalu bagaimana dengan episode ke 3? Ini ceritanya tentang Pak Surya dan Fajar anak laki-lakinya yang sedang keranjingan nonton piala dunia sepak bola hingga rela begadang dan tidak memperdulikan kesehatan. Dengan begadang tentunya akan mengurangi hak tubuh untuk berisitirahat yang akan berdampak tidak baik bagi kesehatan, apalagi jika esok harinya akan beraktivitas seperti bekerja atau sekolah.  

Peran Ibu Mentari istri Pak Surya patut dipuji dalam hal ini berkesan ringan tapi mampu, menyadarkan arti kesehatan bagi Pak Surya dan Fajar, Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari 6 jam. Mengapa kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur.

Tidur akan merileksasikan pikiran sehingga ketika bangun, akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara 7 - 8 jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke.  Sedangkan orang yang tidur lebih dari 9 jam setiap harinya merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan. Jadi lebih baik tidur secara seimbang antara 7 - 8 jan sehari, tidak kurang dan tidak lebih karena pengaruhnya yang besar bagi kesehatan tubuh.

Intinya yang dilakukan Ibu Mentari adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Ungkapan lama ini masih relevan hingga sekarang. Sebab, kesehatan itu mahal harganya. Menjaga kesehatan sama saja dengan berinvestasi. Memang, investasi ini tidak menghasilkan uang. Tapi dalam jangka panjang hasilnya bisa jadi lebih berharga daripada investasi dana.

Kesehatan penting terutama buat yang sudah berkeluarga. Iya dong. Lantaran sudah berkeluarga, kesehatan kita bakal mempengaruhi anggota keluarga lainnya. Untuk itu  rajin-rajinlah mengecek kesehatan. Lakukan pengecekan kesehatan sebagai langkah anitisipasi serta juga jaga pola asupan sehari-hari. karena jika sakit tentu butuh biaya yang tidak sedikit, hal itu akan mudah jika kita mempunyai asuransi kesehatan yang tercover untuk keluarga.

Asuransi Kesehatan dari Sun Life

Lalu bagaiman dengan Sun Life apakah ada produk tentang suransi kesehatan PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) meluncurkan produk asuransi yaitu Asuransi X-Tra Flexi Tropical Plus,  Asuransi X-Tra Flexi Bahagia, Proteksi Mikro, Sun Medical  Platinum Syariah, Sun Medical Platinum, yang komprehensif  dengan nilai perlindungan hingga Rp7,5 miliar.

Produk yang merupakan pengembangan dari Sun Medical Executive itu menawarkan perlindungan yang lebih lengkap untuk mengatasi efek samping kemoterapi, terapi okupasi dan terapi wicara untuk penderita stroke.

Sun Life menyatakan, peluncuran produk tersebut mencerminkan komitmen Sun Life untuk memberikan ketenangan pikiran bagi keluarga Indonesia dengan menyediakan berbagai macam produk asuransi jiwa yang inovatif yang memenuhi aneka kebutuhan gaya hidup nasabah. Dengan meluncurkan Sun Medical Platinum menyediakan solusi perlindungan baru yang mengedepankan manfaat kesehatan yang maksimal untuk perawatan rumah sakit dan biaya operasi untuk nasabah menengah ke atas, serta manfaat penting untuk penyakit berat seperti kanker, dialisis ginjal, dan pengobatan Intensive Care Unit (ICU),

Produk itu dilengkapi dengan berbagai manfaat perlindungan asuransi kesehatan yang komprehensif dengan perlindungan hingga Rp7,5 miliar, fasilitas cashless, dan diterima di seluruh dunia. Dengan usia masuk nasabah mulai dari 3 bulan hingga 70 tahun, produk itu memberikan periode asuransi hingga usia 88 tahun. Untuk lebih jelasnya tentang produk-produk perlindungan kesehatan www.sunlife.co.id . Dan sekarang bisa lebih mudah dengan mengunduh apilikasi My Sun Life Indonesia di ponsel kita untuk kemudahan mengakses segala hal yang berhubungan dengan informasi atau polis asuransi nasabah.

Nah,  kembali ke web series Keluarga Surya episode ke 3 ini,  jika kita masih terus nih mau begadang yang ternyata tidak banyak manfaatnya. Orang yang sering begadang lama-kelamaan akan muncul ciri-ciri fisik dalam tubuhnya, misalnya saja adalah wajah yang lesu, kantung mata menghitam, dan mata merah. Orang yang begadang juga selalu tidur larut malam dan baru bangun pada siang hari, bukan pagi hari. Kebiasaaan semacam itu harus dihindari, karena dengan bangun pagi, Kita merasa fresh dan siap menjalani aktifitas.

Ketika bangun pagi, tentunya dapat melakukan kegiatan-kegiatan pagi. Yaitu seperti sarapan pagi. Sarapan pagi sangat diperlukan untuk tubuh. Sarapan pagi yang ideal adalah tidak lebih dari jam sembilan pagi hari. Jika begadang, maka sudah bisa dipastikan  tidak bisa sarapan pagi dan selalu melewatkan kesempatan tersebut karena baru bangun pada siang harinya. Pola makan yang tidak teratur juga akan membahayakan kesehatan. Semua dampak negatif yang timbul dapat disebabkan karena satu hal, yaitu begadang. Maka dari itu, hal ini harus menghindari begadang atau menghentikan kebiasaan begadang mulai sejak dini sebelum menimbulkan dampak yang merugikan. Dan tentunya jangan dilupakan yaitu olah raga dengan teratur.
Olah raga ringan yang rutin dilakukan akan berdampat baik
bagi kesehatan
Ini Resep Agar Kesehatan Tetap Terjaga
Hindari Kebiasaan Tidak Sehat
Jika ingin memperoleh tubuh yang sehat tentunya harus menghindari kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat. Perlu diketahui bahwa kebiasaan yang tidak sehat akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kualitas kesehatan kita. Mulai dari sekarang jauhilah kebiasaan tidak sehat seperti begadang, mengkonsumsi makanan cepat saji yang berlemak, merokok, konsumsi gula berlebih dan minuman beralkohol.
Rutin Olahraga
Bukan Menjadi rahasia lagi jika kebiasaan berolahraga akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Banyak jenis olahraha yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan seperti berenang, bersepeda, lari pagi dan lain-lain. Dengan ,rutin berolahraga maka akan memperlancar sirkulasi darah, meminimalisir lemak tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat.
Biasakan Tidur Lebih Awal
Istirahat yang cukup menjadi salah satu kunci hidup sehat. Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dari padatnya aktivitas dan juga tidur berguna untuk proses peremajaan sel-sel didalam tubuh kita.
Perbanyak Konsumsi Air Putih
Tubuh kita membutuhkan asupan cairan setiap harinya dalam jumlah yang cukup. Kekurangan cairan beresiko terhadap dehidrasi dan penyakit anemia. Oleh karena itu supaya tubuh Anda tetap fit dan sehat maka konsumilah air putih minimal 2 liter setiap harinya.
Konsumsi Makanan Sehat
Setiap makanan yang kita konsumsi hendaknya mengandung zat gizi. Mulailah hapuskan kebiasaan makan asal kenyang. Makanan yang kita konsumsi bukan sekedar untuk membuat perut kenyang namun harus bisa menutrisi dan melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.
Biasakan Sarapan Pagi
Jangan pernah menyepelekan sarapan pagi sebab manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan. Sarapan pagi merupakan salah satu kunci sukses untuk memulai setiap aktivitas. Kabiasaan meninggalkan sarapan pagi akan membuat tidak bisa berkonsentrasi dan membahayakan kesehatan pencernaan. Maka dari itu biasakan sarapan pagi dengan menu makanan yang bergizi supaya aktivitas yang dijalani bisa berjalan lancar.
Hindari Stres
Stres akan memicu gangguan kesehatan pada tubuh. Seimbangkan antara pekerjaan dan waktu istirahat untuk menghindari stres. Dengan bagitu hidup kita akan lebih sehat dan tentunya selalu bahagia.

Oh iya disetiap episode web series Keluarga Surya ada quiz yang bisa kita ikuti dengan hadiah yang lumayan, yang pertanyaan sekitar drama tersebut jadi nonton di channel YouTube @sunlife_id dan instagramnya juga. Nah sebagai bocoran episode Keluarga Surya ini sampai 8 episode, jadi celah untuk mendapatkan kesempatan quiz akan lebih banyak.

Semoga bermanfaat ya.


 *mengenai asuransi kesehatan sun life diambil dari website sunlife

26 comments :

  1. Noted banget ni untuk jaga kesehatan dengan poin2 yg udah disebutkan di atas. Seru ya bisa dapat pelajaran yang menghibur dari sitkom Keluarga Surya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kesehatn itu segalanya apalagi kalau sudah ada yg sakit slh satu anggota keluarga akan berdampak ke yg lain

      Delete
  2. nah soal stres nih yang terkadang terabaikan, mba. Banyak yang berusaha jaga kesehatan tapi mudah stres. Senangnya nonton webseries ini mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dgn adanya web series ini menambah ilmu ttg literasi keuangan dn kesehatan tentunya

      Delete
  3. Jaga kesehatan wajib banget mbak Utie, jangan sampai sakit, soalnya bisa membuat rencana berantakan. Keren ya keluarga Surya, film yang menghibur dan mengedukasi utk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sitkom tepatnya mba,, menginoirasi dan mudah dicerna bener banget

      Delete
  4. Iyaa bener lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau sudah sakit, duuuh biar ruang inapnya vvip tetep aja nggak enak. Ketauan buat nginep hotel. ^_^

    ReplyDelete
  5. Bu Mentari kreatif aja nyari cara supaya keluarganya sehat selalu sekaligus bisa ngirit keuangan, lucu sitkomnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menghibur banget, keren idenya sunlife ya, mudah2 an kita semua dalam keadaan elalu sehat ya..

      Delete
  6. Seru juga nih sitmom webseries keluarga surya mengedukasi kaum milenial yang hobi nyutub. Kesehatan lebih penting dari segalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba nurul cara mudah mengedukasi ya dengan video singkat ini, tapi ngena bngetkan ya

      Delete
  7. Penasaran sama filmnya di youtubenya sunlife

    ReplyDelete
  8. Waaah udah sampai episode 8 ajaaa.. aku baru kelar nonton sampai episode 3 nih. Alhamdulillah banyak ilmu finansial yang aku dapatkan dan mudah dicerna yaaa. Mungkin karena pakai cara penyampaian seperti sitkom ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patengin ajar you tube nya mba, yg d release baru episode 3 kok😊

      Delete
  9. Bener banget tuh taktik Bu Mentari di Keluarga Surya, emang kudu mulai aware dengan masalah kesehatan, apalagi dengan bertambahnya usia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Donna sehat adalah segalanya dari awal kita hrs sdh aware

      Delete
  10. Kesehatan masih sering dilupakan sebagai investasi hari tua. Btw sitkomnya komikal ya tapi muatannya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bender banget sarat makna walaupun genre na komedi

      Delete
  11. Wah, aku juga seneng banget sm sitkom ini Mbal Utie. Sangat inspiratif dan edukatif. Jempol buat sun life yg melaunching. Btw, thank you resep sehatnyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa inspiratif ya,,, walaupun komedi , yap menjaga kesehatan adlh segalanya

      Delete
  12. Aku belum nonton nih yang ketiga, mau nonton blm sempet mulu hahaha.
    Iya ya kesehatan itu investasi paling berharga. Makanya lbh baik jaga gaya hidup, pola makan, dll demi hidup sehat sampai masa tua kelak.

    ReplyDelete
  13. pas baca yang begadang jlieb banget apalagi klo sudah ada dateline pastilah begadang mari begadang he he

    ReplyDelete
  14. aku rajin begadang nih, mamah utie :( belum bisa menghilangkan kebiasaan buruk ini padahal bahaya buat kesehatan tubuh di masa depan ya

    udah nonton keluarga surya yg pertama, belum liat yg kedua dan ketiga

    ReplyDelete
  15. karena sejatinya malam harilah mamak ini bisa tenang ngerjain kerjaan hahaha tapi gak bagus ya buat kesehatan

    ReplyDelete
  16. Aku suka dg tayangan webseries Keluarga Surya, kocak namun penuh pesan. Literasi financial dg cara yg baru.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,