Jumat, 26 Agustus 2016

UDIN Vs JAJAT




 

Lari...lari.... bang udin ngamuk.... saya yg sedang berjalan tiba2 d tarik masuk ke dalam rumah oleh ibu2 setengah tua...

"Sini dulu neng! Diem!" katanya sambil menutup pintu..
"Ada apa emak sebenarny?"
"Itu si udin stres habis di cerai istriny! Katanya gara-gara di PHK di tempat kerjanya istriny ninggalin dia anakny di bawa juga!"
"Ooooh!"

Dari luar terdengar teriakan si udin itu sambil “teriak jajat jajat sini loh gw bunuh loh keluar!!! (Duhhh horor banget deh...)
"Haduh emak.. udin itu teriak sambil bawa golok!" Rumah saya masih jauh ini emak takut saya..."
"Tenang... tuch keluargany ikut ngejar sebentar lagi juga ketangkep.. mungkin kelepas kali gembokny? Ini dah sering udin di pasung cuma klo sedang di kasih makan borgolnya di lepas karena keluarga ngga ada yang berani nyuapin selain almarhum ibunya

"Ooohhh... di pasung ya emak... kasihan!"
"Klau gak di pasung itu sering ngamuk ngga karuan.."
 "Kenapa gak di bawa ke rumah sakit jiwa grogol emak?"
"Jauuuh bnget neng mana ada biayanya.. bawany pake apa? mobil aja gak punya!"
"Iya..ya..mak! Terus jajat itu siapa? Kok dia teriak nama itu terus?"
"Oohh jajat itu temen sekolahnya dulu mereka temen dari kecil.. cuma katanya jajat itu sombong.. udin sering di jadiin jongos...!"
"Jongos...mak?:
"Iya jajat kan anak orang kaya di sini.. emak sering liat tuch si udin sering banget di bentak-bentak terus di suruh bawain tas sekolahny...dah kata-katanya kasar banget..!"
 "Lah...kok udin mau main sama dia!" Tanya saya kepo
"Mereka tetanggaan bapaknya udin kerja di balong orang tuayta jajat dan emakny jadi tukang cuci di rumahnya..." mau gak mau udin yah nurut sama jajat...

 "Ooohhh... begitu..!"

"Yah mungkin udin tertekan dulu baru sekarang ngelampiasin marahnya sama jajat... mungkin...ya neng emak gak tahu...!"  istri udin suka  juga membanding-bandingkan jajat sama udin,,,"
 "Kok emak tahu..."
“Dulu waktu udin nikah tetanggaan sama emak tuh rumahnya samping emak banget.. padahal udin rajin banget.. sholatny suka ke masjid.. kerjanya giat cuma ngga tau ya neng kok bisa stresss...!" sambil meletakkan telunjuknny ke kening.. "Dah... neng dah aman tuch udin dah ketangkep'!". sambil mengintip dari jendela

Saya pun melihat jelas seorang pemuda kurus sekali rambutnya gimbal sedang dipegangi kedua tangannya oleh bapak2 san di belakangny banyak sekali orang-orang yang mengikuti...

"Emak... kenal dekat sama jajat?" Kenallah!" "Mungkin jalan satu-satunya jajat harus minta maaf sama udin...mak..."
 "Iya juga neng... nantilah emak coba ngomong..."
"Ya udah...makasih ya mak...!"
"Iya neng hati-hati.. biasanya anter sekolah pake motorkan?"
 "Iya motor saya... masuk bengkel... mudah2an nti siang selesai.."
"Hati-hati ya neng..!" "Iya mak... hiks jadi horor lewat sini..."ujar saya meringis sambil mencium tangan si emak.

 Sambil bergegas jalan pulang.. terbayang kisah udin yang diceritakan si emak... Perjuangan hidup dan harga diri.. karena tertekan sedari kecil kemudian ketidak mampuan materi bisa membuat pecah mental... seberapa kuatpun seseorang pasti ada batasnya pengetahuan agama yang minim ikut juga mendukung.. ada garis besar yang kita ambil berkata baiklah pada setiap orang walaupun sebut saja dia orang tidak punya.. jangan pernah menghinannya di depan umum.. karena mungkin fisikny dia bisa menerima tapi ada triyulan rasa benci di hatinya yang tidak kuasa diuangkapkan.. dan setelah terkumpul mrnjadi kebencian yang besar dan belum tentu kita punya waktu minta maaf.. seperti jajat.. udin sudah terlanjur terganggu jiwanya.. sedangkan jajat selalu ketakutan jika udin mengamuk karna hanya namanya yang terus disebut untuk dibunuh... duh.. seramny...

 Hargailah seseorang.. berbuat dan berkata baiklah karena cuma itu bekal untuk menjadi manusia sejati.. manusia yang memanusiakan manusia....^^


Utie adnu 085775866676


Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form

Kamis, 25 Agustus 2016

ANTING BELAH ROTAN,,,,,,



Kisah ini bermula dari seringnya suka ngintip kerjaan suami yang bergaul sama artis... Kala itu sedang striping sebuah sinetron di sebuah tv swasta yg katanya tv sinetron d indononesia saya sendiri dn suami tidak pernah nonton sinetron... di sini saya bertemu seorang asisten ptoduksi sebut saja namanya bang rudi klo melihat penampilangny hiks kayak preman atau rocker kali ya.. dg rambut panjang sebahu anting di hidung dan di telinga tentuny tato yang menghias di kedua tangannya.. (dah bisa ngebayanginkan...)

Tapi dari sekian crew atau artis saya perhatikan cuma dia yang paling ramah kalau salaman dia yang selalu menghampiri dn mngangkat tangan terlebih dulu..(ramah bsngets kan) bahkan ada artis yang lewat menegur kami pun tidak selonong boylah padahal jelas dia lewat di depan kami... mungkin karena suami cuma kbetulan muridny mnjadi salah satu pndukung utama di sinetron ini... Kita gak ngebahas itulah.. kembali ke bang rudi... suatu saat ketika saya kebutulan datang dia berkata

"Istri bang irvan?"
"Iya bang!"
"Maaf ya teh saya ngerokok!"
"Iya bang gak apa2"

Ketika dia sedang menikmati asap rokok.sambil memandang crew yg lain bekerja tiba2 hpnya berbunyi..

"Astaghfirullah gw blum sholat ashar..!teriakny sambil menepuk jidad. "Liat van siapa yg sms gw!" Kata bang rudi sambil mrmperlihatkan layar hp kpd suami saya.

"Bro dah sholat ashar belum?" Baca suami saya pelan dn menyebutkan nama artis besar inisial aja TP (silahkan tebak sendiri pasti bisa)

"Ini orang yang bikin gw balik sama Tuhan.. nti gw ceritain ya.. gw sholat dulu..!" Sambil berjalan ke mushola terdekat bang rudi berteriak "yang belum sholat ikut gw ke mushola break dulu break...!"

 Kami hanya memandang tersenyum ketika para crew berhenti dan tergesa2 mngikuti langkah bang rudi. Kebetulan memang kami berangkat ke sini stelah sholat ashar.

Tidak menunggu berapa lama akhirnya bang rudi menghampiri kami lagi..
"mau dnger ceritanya van?"
"Mau bang?"
"Begini.. ya teh .. van.. seinget gw terakhir gw sholat tuch SMP klas 1, sampeee usia gw mnjelang 40th sekarang baru 2 bulan kmaren gw mulai sholat.. ini gara2 si TP waktu itu gw ngerjain layar lebar dan dia sebagai pemeran utama setiap ketemu gw pasti ngajak gw sholat.. kbutulan shootingny itu satu bulananlah..gak shubuh isya maghrib zuhur n ashar selalu ngajak gw sholat.. gw bilang sama si TP bahwa gw terakhir sholat tuh SMP, gw dh lupa bacaannya!"

"Lo jadi makmum gw tinggal ngikutin gw aj!"
Dan sambil menggerutu sumpah serapah akhir gw ngikutin ajakan dia untuk sholat karna kuping gw dah panas tiap waktu di teriakin dia sholat mana depan anak2 buah gw lg.. Dan lo tahu van.. ketika rakaat pertama entah kenapa tiba2 gw hapal dan lancar bacaan sholat padahal gw dh lama banget gk sholat di situ hati gw brasa ser2x atau apalah rasanya..?" Dan entah kenapa ketika habis sholat gw cium tangan si TP..

 TP cuma bilang "ngapain lo cium tangan gw sebelum sholat lo pasti maki2 gw kan!: Terus dia ngomong gini "gw mo ngasih hadiah ke lo Rud... kota atau negara mana yg blum lo kunjungin gw bayarin.. ini serius..!"


Dan entah kenapa tiba2 gw ngomong "Gw mau umroh bang!"
 Itu keinginan tiba2 muncul hanya karena gw cuma sholat zuhur waktu itu klo gk salah..

“'Alhamdulillah seriusan lo.. ya udah bulan depan lo bisa jalan kebetulan adik gw punya travel umroh dan haji"!

 Bulan berikutny gw bneran umroh di sana Allah beri gw kemudahan gw sholat khusyu banget gw bener2 tobat istilahnya.. ya udah sampe sekarang TP ini selalu rajin sms gw dah kayak adzan alarm di hape gw... gw gak tau kalo gk ada TP apa jadinya gw.. dan herannya sekarang semua sinetron dan layar lebar yang gw kerjain relegi semua seakan2 Allah ngasih kemudahan untuk mngingatNya lewat kerjaan gw... "Begitu van... teh cerita gw"

"Wah boleh tuh bang dijadiin sinetron!" penuh inspirasi" celetuk suami saya
"Bolehlah suatu saat gw akan tulis kisah gw mudah2an menginspirasi banyak orang.!" "Ngomong2 Lo dah pada pergi haji atau umroh?"
" Belum bang..insyaAllah pengenny sama istri dn anak."
"Aamiin gw doain secepatnya!" Itu awal prjumpaan penuh hikmah dan plajaran

Dua minggu setelah itu tiba2 suami membawa anting belah rotan milik bang rudi ..

"Buat anak kita bun..! Dia bilang gw punya anak cowok dia negor gw..katanya "pa.. Allah gk suka klo laki2 meniru perempuan begitu pun sebalikny.. papa ngaca deh rambut papa sama panjangny sama mama.. mama pake anting kenapa papa juga ikut2an?" Gw berasa di tampar krn ank gw br klas 4SD dah bs ngomong seperti itu..Allah baik banget sama gw punya temen yg selalu ingetin sholat punya anak yg berani negor gw" buat anak lo aja van...!" "Gitu ceritanya... sekarang pnampilanny berubah 360° rambut rapi.. walaupun di kecengin temen2 di lokasi syuting bang rudi cuma nyengir dan sekarang dia mulai menghapal qur'an.. ngomongny dh gk teriak2.. salut bun!"

"Alhamdulillah...!"

Mudah-mudahan kita semua juga begitu bisa istiqomah dalam kebaikan sampe akhir dan jangan pernah mengjudge seseorang lewat pnampilan karna kita tidak tahu posisi taubat dia di hadapan Allah.

Dan apakah kita berani menyuruh berbuat kebaikan seperti sholat kepada orang-orang di sekitar kita seperti orang tua, saudara, apalagi anak-anak kita tanpa bosan, tanpa lelah , tanpa henti sampai benar-benar mereka berubah seperti bang TP, mudah-mudahan ada banyak TP..TP.. lainnya di dunia ini dan ada banyak Rudi pada akhirnya, semua tidak ada kata TERLAMBAT untuk menuju kebaikan,

(Utie adnu 08577586676)

Selasa, 23 Agustus 2016

DO AND DON'T WITH SOSMED





Do n don't at me sos Sekilas tetang platihan public relation w.3 speaker kece (hilbram dunnar. Uli herdiansyah n bayu oktara) @indodsatooredoo dan @hijabersmom saya hanya mngambil pointny saja bila kita ingin mnggunakan medsos sbg media promosi...

1. Jangan sesering mungkin qt mengupload dagangan qt misal ke fb twiter n instagram.. cukup satu hari sekali itu pun hrs dg foto product yg eye cathing jk dsr product brwrna putih mk u.pnampilan slanjutny hrs dg warna trsbut. Tampilan product hrs ganjil .. lengkap dg inf product.

2.pastikan segera mungkin respon jika ada cust ya menanyakan.

3. Jangan setiap hr kita melaporkan melulu kegiatan kita misal dr awal pergi belanja bahan baju kemudian menjahit trs mendisplay smp packing... trus trang follower anda akan bosan membaca dn diam2 mungkin akan unfollow akun anda.

4. What ur status.. profile anda sbg pemilik hrs jelas pasang foto anda semenarik mungkin jika anda tersenyum pastikan mata anda juga tersenyum pasti bisa praktelah d depan cermin jika mndapat posisi yg pas baru anda mulai berselfie dn pastikan juga foto profile di semua medsos yg anda gunakan harus sama semua.. jangan sesering mungkin mengganti foto profile dan tampilkan brand anda misal dg minimal 3 kata misal model perancang dn aktris.

5. Sesekali berikan informasi yg edukatif berikan nilai positif diri anda sebagai pemain online shop jd tdk menulu mengupload dagangan anda.

6, Beri nilai unik pada dagangan anda yg mungkin tdk dipunyai rival yg lain sesekali berikan discount atau promosi yang lain misal buy one get one free.

7. Pasang sesekali testimoni di akun anda jika anda tdk menggunakan endorse atau manfaatkan jaringan u. Menggunakan ptoduct u. Di pasang di profile cust anda misal ootd hr ini aku gunakan hijab by @teeadnu tq bahannya nyaman di pake gk sabar buat nambah koleksi lg..

8. Jangan pernah marah2 dg cust d medsos atau tdk boleh mnggerutu krn cust bsnya PHP saja... tentuny akn mngurangi nilai jual positif anda..

9. Jangan terlalu banyak mnggunakan hastag ( # ) itu akan membuat pusing yg baca minimal 3 -5 hastag.. itu pun harus ada nama anda di setiap hastag misal #teehijab hrs ada di setiap product anda itu akan memudahkn cust mencari jika dia gogling

10, Jangan pernah membeli follower fiktif. Gunakan jaringan yg asli anda bs memanfaatkn teman sekolah dari SD smp Kuliah, kerja, grup pengajian, arisan yakinlah cust sejati anda bisa berasal dr teman SD temanny lagi tetanggany atau saudarany.

Selamat mencoba point2 tersebut bisa di pakai juga bila anda menggunakan sosmed tdk hanya online shop. Bisa juga di pakai jika anda hanya ingin ngehiittss atau exis di med sos^^

 

P U L A N G



Tie.. msh inget crita adikku yg hilang wktu plang skolah...?" Ryan.. maksudmu?"
 Iya... dia pulang tie.. datanglah k rumah.. aku akan crita smuanya senang sedih bahagia kaget campur jd satu!" Ok.. bsok ahad y!"

 Msih trbayang kjadian 25th yg lalu ryan hilang seolah d telan bumi waktu pulng sekolah d prcepat karena guruny ada rapat dadakan dn entah kenapa ryan biasa menunggu sang kakak nyar untuk.pulang bersama karen gedung sklh SD dn SMP itu brdampingam memilih u.plng brsama tmannya.. tapi hingga sore hr mrk tdk prnh smpi ke rumah.. betapa kbingungan kelg nyar waktu itu semua teman2 ryan tdk ad yg tahu..... betapa bingung dn marah bpkny ryan hingga malam haripun tdk ad kbr.. dan sempat mnyalahkan knp guru2 mengagendakn rapat dadakan..

seminggu sebulan demi bulan entah sdh brp puluh juta uang d keluarkn u.menemukn ryan tapi...polisi pun mnyerah.. hingga tahun brganti tahunpun semuany pasrah dlm doa...

Tapi kini.... ryan pulang
Kemarin tie... adikku pulng stlh 25 th.. jd waktu adi tman sekelasnya  Adi juga tetanggaan mngeluh pusing jd ryan mngantarknny tapi baru sampai ujung jalan raya katanya ada sebuah mobil dan 2 orang turun kemudian mendekap mulut mereka dan ryan tdk ingat apa-apa, ternyata dia sudah berada di bandara katanya bajunya sudah di ganti sedangkan tasny masih di bawa ryan berserta adi d bawa naik psawat yang dia tahu akhirnya itu ke Singapur.. waktu adi sakit dan di sana katany sakitny makin parah sempat d bawa ke rumah sakit tapi tdk tertolong akhirny adi meninggal dan ryan di bawa oleh org berkebangsaan jerman.. yang dia tahu orangg memberikan uang kepd org yg membawanya... Nyar mnghela nafas .. air matany masih mngembang d pipi kmudian mlnjutkn ceritany ryan d bawa ke jerman kmudian ktny d angkat anak di sekolahkn hingga dia mnjd dokter skarang...

Kenapa selama itu dia tdk memberi kbar nyar?"

Keluarga yg mngangkat sangat sayang pdnya.. dan mereka meminta maaf karena telah salah memisahkan ryan dg kelgny. Mereka hanya mnyuruh ryan mencatat alamat rumah nama orang tua dan nama saudaranya. Nanti carilah kelg mu setalah kau lulus kuliah.. semntara ini tetaplh mnjd ank kami d sini.. Begitu tie.. ryan skolah dg smangat dn brusaha mnyelesaikn kuliah dg cepat.. dn stlah lulus kelgny d jerman itu mnepati janji ryan d suruh plng k indonesia.. .

Seperti sinetron ya... ahad minggu lalu bg kami sbg berkah ... ryan tiba2 sdh brada d depan gerbang dn memanggil aku ...
 ka iyang?”... itu panggilan kecilny dn cuma ryan yg memanggil ku spt itu...
Jantungku spt copot mnyaksikn ank muda yg tinggi putih brdiri ragu d depan gerbang...
Kamu ryaan?"
Iya kak... ryan!"
Aku tdk mndekatiny tp mlah berteriak memanggil mamah papah yg sdang berada d dlm... entahlh seperti ada medan magnet yg membuat kita berempat berpelukan menangis seakan tdk percaya.. Aku baru tahu kenapa mamah tdk mau mnjual rumah ini?.. kenapa tetap bertahan mngecat rumahny dengan warna yang sama..juga tdk merenovasi.. setiap hari dia betkata ryan akan pulang mamah yakin.... dan keyakinan itu terbukti  
Nyar mengehela nafas kemudian melanjutkan ceritanya
Tie... Kamu tahu tas sewaktu SD msh d simpanny juga tas adi karena hanya itu sebagai bukti bahwa dia adalh ryan tapa tanpa buktipun kami langsung mngenalinya dan. baru kemarin dia di antar mamah dan papa untuk.mngantarkn tas adi kepada ke dua orangtuanya. Ini kekuasaan Allah nyar... smua yg ryan alami.. pasti smua atas kekuasaannya..

Yang kami syukuri di tasny ryan ad plajaran agama islam jd slama d jerman ryan ttp sholat dan mengaji dia mncari masjid dn bljar mngaji brsama org muslim d sana.. Itulah mungkin salah satu pnyebab utama knp Allah msih mnyelamatkn ryan... didikn agama mama dn papa sedari kecil ..sholat lima waktu yg tidak prnah terlewat menjadi dasar pondasi dasar bagi ryan dan tdk pernah melepaskan itu...

 Smoga apa pun pengalaman ini tdk akan pernah terjadi kpd siapapun.. cukup di ryan adikku...


Aamiin...