Begini Cara Mudah Ajukan Klaim FWD Insurance


Hai semoga selalu sehat-sehat ya, seperti yang kita ketahui kita tidak bisa menerka takdir apa yang menimpa besok, nanti malam atau menit dan jam kemudian.

Seperti hidup penuh misteri, kita tidak akan pernah tahu kapan risiko musibah akan terjadi kepada kita. Semisal kecelakaan, jatuh sakit ataupun meningga dunia. Bagi seseorang yang memiliki Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan, tentu ada rasa aman dalam menghadapi risiko risiko yang akan terjadi karena manfaat asuransi adalah menanggung risiko tersebut.

begini-cara-mudah-klaim-di-fwd-insurance


Kepemilikan polis asuransi bertujuan untuk menanggung risiko yang mungkin kita alami, mulai dari masalah kesehatan, kehilangan material, sampai pada pertanggungan meninggal dunia. Namun, tidak jarang pemegang polis asuransi justru bingung ketika menghadapi saat-saat harus mengajukan klaim asuransi. Yang pada akhirnya, tidak jarang klaim asuransi tidak jadi diajukan atau bahkan ditolak. Jika sudah demikian, manfaat asuransi  untuk menanggung risiko pun menjadi hilang.

Padahal, cara mengajukan klaim asuransi tidaklah sulit. Bagian yang terpenting adalah polis kita masuk dalam masa aktif dan data diri yang diberikan ketika awal pembentukan polis sudah tepat. Jika semuanya sudah dipenuhi, yang perlu dilakukan hanyalah menjalankan sejumlah langkah agar dana pertanggungan dari perusahaan asuransi bisa turun sesuai dengan perjanjian di polis yang kamu miliki.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengajukan klaim? Pada dasarnya setiap perusahaan asuransi memiliki peraturan yang berbeda, Namun, ada pula perjanjian yang berbeda di mana pengajuan maksimal klaim bahkan bisa lebih cepat atau kurang dari 30 hari.

Menjadi penting bagi kita untuk mengecek sedari awal mengenai batasan tenggat waktu pengajuan klaim asuransi agar kita dapat mempersiapkan pengajuan klaim sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Terkhusus mengenai waktu, kita juga tidak boleh menunda-nunda pengajuan klaim asuransi. Semakin lama menunda, semakin besar kemungkinan klaim asuransi ditolak. Jika sudah demikian, pembayaran polis asuransi yang kamu lakukan selama ini akan sia-sia sebab tidak ada manfaat yang dapat kamu peroleh.

Mudah dan Fleksible Ajukan Klaim FWD Insurance

Nah bagi kita nih pemilik FWD Insurance sudah sangat praktis dan mudah dalam mengajukan klaim. Layanan yang semula diproses secara fisik, seperti menggunakan dokumen cetak dan harus bertatap muka, kini mulai berubah dengan berbagai layanan digital, termasuk yang dihadirkan oleh FWD Insurance. Sebagai perusahaan asuransi jiwa berbasis digital yang berfokus pada nasabah, FWD Insurance memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan klaim dengan memanfaatkan teknologi.

Nasabah individu maupun kumpulan yang memiliki produk FWD Insurance dapat menikmati kemudahan dalam proses klaim lewat aplikasi FWD MAX, sebagaimana visi FWD Insurance untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi,

FWD MAX adalah aplikasi bagi nasabah, baik individu maupun kumpulan, dan juga untuk masyarakat umum yang ingin mendapatkan produk asuransi, mengetahui informasi polis, pengajuan klaim, termasuk mendapatkan berbagai promo dan reward, yang bisa didapatkan lewat Google Play Store dan Apple App Store.

begini-cara-mudah-ajukan-klaim-fwd-insurance


Melalui aplikasi FWD MAX, nasabah asuransi individu dapat mengakses fitur eServices untuk mendapatkan kemudahan seperti akses informasi polis, pembayaran premi, monitor hasil investasi, mengubah atau perbaharui data personal, dan mengajukan atau mengecek status klaim. FWD MAX dapat diunduh di Apple App Store dan Google Play Store.

Bagi nasabah individu seperti kita nih, pengajuan manfaat klaim misalnya Asuransi kesehatan melalui FWD MAX dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pilih fitur “eService”, “My Claims”, kemudian “Submit New Claim”
  • Tulis/Pilih Nama pemilik Polis
  • Pilih Tipe klaim
  • Pilih jenis manfaat yang ingin diklaim
  • Pilih ada/tidak ada tindakan Pembedahan
  • Isi detail klaim, yaitu No polis, rumah sakit rekanan, dokter jaga, informasi bank pembayaran
  • Upload dokumen pendukung sesuai type dokumen
  • Cek ringkasan klaim! Jika sudah sesuai, klik “Proceed”
Apabila semua dokumen telah diterima lengkap, FWD Insurance akan memproses klaim nasabah dalam waktu maksimal 14 (empat belas) hari kerja. Selain melalui FWD MAX, nasabah juga dapat menghubungi customer service melalui Whatsapp (+62) 8551500525.

Dan bagi nasabah asuransi kumpulan, FWD Insurance tentunya juga memberikan kemudahan dan fleksibilitas untuk memproses klaim. Nasabah layanan ini dapat memproses melalui fitur e-Friend di aplikasi FWD MAX dan langkah-langkah hampir sama dengan nasabah individu

Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, nasabah dapat mengecek status terkini dari proses klaim yang diajukan dengan cara:

  • Klik “Notification”
  • Klik “My Claims” untuk mengetahui status terbaru dari pengajuan klaim.
Kemudahan proses klaim ini telah dirasakan oleh para nasabah FWD Insurance baik individu maupun peserta asuransi kumpulan. Berdasarkan Laporan Keuangan tahun 2022 (audited), FWD Insurance telah menjalankan komitmennya yaitu dengan membayarkan klaim sebesar Rp 718.544.000.000,- (tujuh ratus delapan belas milyar lima ratus empat puluh empat juta Rupiah). Kini semua bisa bebaskan langkah bersama dengan FWD Insurance.

Jadi gak ada lagi tuh drama klain kita ditolak atau lama cairnya jika mempunya salah satu asuransi dari FWD Insurance. karena mudah sekali ajukan klaim FWD Insurance

Jangan lupa selalu jaga kesehatan, tetap jaga pola hidup sehat olahraga teratur dan istirahat yang cukup dan hindari stres.😄

utieadnu


10 comments

  1. Dalam bentuk aplikasi seperti ini sangat memudahkan penggunanya nih untuk pengajuan klaim.
    Apalagi bisa praktis juga buat memantaunya ya kak

    ReplyDelete
  2. Harus teliti membaca syarat klaim polis juga ya mbak. Apalagi sekarang dimudahkan dengan hadirnya aplikasi asuransi yang dapat membantu mempermudah untuk klaim asuransi.

    ReplyDelete
  3. FWD Insurance paham banget ya?

    Ketika seseorang mengalami musibah, maka proses klaim asuransi harus mudah

    jangan seperti analogi " sudah jatuh tertimpa tangga"

    sudah mah harus ngurusin pasien, atau malah si pasien itu sendiri, eha harus ngurusin klaim yang sulit dan bebelit

    ReplyDelete
  4. Senang ya kalo perusahaan asuransi memberikan kemudahan klaim seperti FWD ini, benar-benar praktis jadinya ya, karena bisa klaim dengan cepat dan mudah lewat aplikasinya saja.

    ReplyDelete
  5. Hidup sehat memang harus selalu dilakukan dengan baik.
    Dan memiliki asuransi, ini juga jadi pelindung ketika sakit, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Salut banget, klaim FWD Insurance bisa menggunakan aplikasi. Sebegitu mudahnya ya.. di era digital seperti ini.
    Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  6. Cermati syarat dan ketentuan dalam klaim tersebut ya agar semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan tetapi pilihan sehat tetap yang utama dong😍

    ReplyDelete
  7. Banyak yang abai dengan keberadaan asuransi, dianggap engga penting. Padahal namanya juga asuransi buat jaga-jaga sedia payung sebelum hujan. Nah, ini harus banget klaimnya dimudahkan. Syukurlah FWD menjamin hal tersebut.

    ReplyDelete
  8. Biasanya yang bikin males punya asuransi itu di bagian pengajuan klaim. Pengalaman tuh lamaaa dan penuh drama huhuhu. Senangnya nasabah FWD Insurance yang tak mengalami hal serupa. Klaim lancar jaya prosesnya!

    ReplyDelete
  9. wah ternyata proses claimnya mudah banget ya kak, seneng banget deh menjadi nasabah FWD Insurance begini

    ReplyDelete
  10. Kak Utiiiiie, ih kangen banget main ke blog kamuuu!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏