Zenbook S13 OLED (UX5304)

Zenbook S13 OLED (UX5304) Laptop Paling Tipis dan Ringan di Dunia
Hai semua siapa nih kalau aktivitas keluar rumah yang kerepotan selalu bawa 2 tas, satu tas laptop kemudian satu lagi tas kerja. Atau yang praktis pakai tas backpack tapi membuat bahu pegal karena beban berat yang ada di tas. Sekarang aku mau tahu kasih solusinya. Dan beneran aku cinta banget sama inovasi ASUS kali ini. Karena yang dicari selama ini ada di laptop Zenbook S13 OLED (UX5304).

Bayangkan deh, Zenbook S13 OLED ini tipisnya cuma 1 cm dan beratnya juga cuma 1 kg. Walaupun tipis dan ringan tetapi tidak mengurangi performanya apalagi kualitasnya. Gak percaya baca blogku sampai habis ya,,,

zenbook-s13-oled-ux5303


Dan ini jadi solusi juga  untuk kita yang selalu bawa laptop kemana pun pergi. Gak takut lagi kena penyakit skoliosis tahu kan penyakit pembengkokan pada tulang punggung ke arah kanan atau ke kiri. Karena membawa tas hanya dengan menggunakan satu bahu saja juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan tubuh karena tekanan dari berat tas yang hanya bertumpu pada satu titik.

Peluncuran Laptop ASUS Zenbook S13 OLED (UX5340)

Jadi ceritanya kemarin aku bersama teman-teman menyaksikan peluncuran Laptop terbaru ASUS di Jakarta. Zenbook S13 OLED ini seperti yang dijelaskan oleh Davina Larissa selaku Country Marketing Manager, ASUS Indonesia bahwa ASUS selalu berinovasi untuk kenyamanan pengguna setianya. Ada beberapa inovasi yang membuat produk ASUS jauh lebih unggul dari produk lainnya.

Inovasi apa aja nih yang diunggulkan ASUS untuk laptop keluaran terbarunya. Ada 6 kategori yang menjadi fokus utama dari inovasi ASUS

zenbook-s13-oled
Ms. Davina Larissa

Display:
ASUS menggunakan teknolog ASUS OLED yang telah diperkenalkan dari September 2021. Dan ditahun ini ASUS memperkenalkan teknologi ASUS Lumina OLED memberikan semua manfaat panel OLED sertifikasi dengan resolusi 2.8K, yang menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat.

Design
ASUS selalu mengedepankan design berkelas tipis dan ringan, tidak hanya itu juga menggunakan material yang ramah lingkungan.

Experience
ASUS berfokus untuk meningkatkan pengalaman penggunaan secara keseluruhan berbagai fitur mulai dari ErgoSense, audio dengan ukuran yang 9,5% lebih besar sehingga lebih nyaman digunakan, ada juga kamera IR FHD dengan fitur lengkap, serta memiliki audio berkualitas tinggi bagi para penggunanya.

Protection
ASUS memberikan inovasi yang memastikan pengguna terlindungi dari virus-virus dengan anti bakteri protection hal ini terdapat di ASUS Lumina Oled dengan Eye Protection..

Performance:
ASUS selalu berkomitmen untuk selalu memberikan teknologi yang terbaik dan tepat agar laptop memiliki performa yang paling tinggi dikelasnya.

Durability:
ASUS selalu memastikan field quality yang terbaik sehingga pada tahun 2023 seluruh konsumen laptop ASUS dijamin akan melalui tes ketahanan yang berstandar US Military Grade.

Konsistensi ASUS untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik akhirnya meluncur Zenbook S13 OLED (UX5304) ini untuk segala macam aktivitas, yang memudahkan untuk dibawa kemanapun.

Keunggulan Zenbook S13 OLED (UX5304)

Sekarang aku mau membicarakan tentang keunggulan Zenbook S13 Oled. Saat pertama kali menyentuh laptop ini terus terang sudah tertarik banget beneran ringan tipis nya hampir sama dengan handphone yang aku punya design luarnya juga exclusive beda dengan keluaran sebelumnya. Fix nih harus banget punya.

Kemarin Dalam kesempatan peluncuran laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir juga Clemency Devanie selaku PC Consumer Notebook Product Manager, ASUS Indonesia dan Daniel Naftali selaku PC Consumer Notebook Product Marketing, ASUS Indonesia yang menjelaskan beberapa kelebihan dari laptop ini.


Design
Dari segi design Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki keunikan tersendiri dengan dilengkapi bodi berbahan plasma-ceramic aluminium. Bahan ini diproses dengan teknik eksklusif yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa kebutuhan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Teknik khusus ini tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan korosi, memiliki durabilitas lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Selain itu, Zenbook S 13 OLED menunjukkan efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melebihi standar ENERGY STAR® sebesar 43%. Seluruh upaya tersebut dilakukan agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menjadi laptop dengan zero carbon emission.

zenbook-s13-oled
Mr. Daniel Naftali

Laptop Paling Tipis dan Ringan
Zenbook S 13 OLED merupakan sebuah laptop ultraportabel yang sangat tipis dan ringan, dengan ketebalan hanya 1 cm dan bobot sebesar 1 kg. Untuk memenuhi spesifikasi tersebut, laptop ini dirancang menggunakan teknik dan material yang inovatif, sehingga dapat terlihat lebih ringkas dan ringan dibandingkan generasi sebelumnya. Semuanya tanpa harus mengorbankan performa, konektivitas, maupun daya tahan baterai. But

Dan untuk menciptakan tampilan Zenbook S 13 OLED (UX5304) dengan bodi yang sangat tipis, tim engineering ASUS telah berhasil menanamkan kamera IR FHD yang berukuran lebih kecil tetapi tetap dilengkapi dengan fitur lengkap, langsung ke dalam bagian layar yang diproses dengan teknik CNC. Lebih lagi, panel OLED yang lebih ramping juga digunakan, sehingga bagian layar laptop ini menjadi 30% lebih tipis.


Performa dan Konektivitas
Walaupun belum sempat mencoba langsung dari segi performa, Zenbook S 13 OLED (UX5304) menawarkan pengalaman komputasi yang powerful dan efisien dengan menggunakan prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U bersertifikasi Intel® Evo™ platform, yang dipadukan dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB, serta kapasitas betarai sebesar 63 Whrs. 

Selain itu, laptop ini menyajikan pengalaman visual terbaik melalui layar ASUS Lumina OLED dengan resolusi 2.8K, yang menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat.

zenbook-s13-oled


Mengoptimalkan pengalaman video conference di mana pun, kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan efek visual khusus dan teknologi AI noise-cancelling. Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. 

Sementara itu, kombinasi sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster mampu menyajikan pengalaman audio berkualitas tinggi bagi para penggunanya.

Konektivitas dan Fitur Lengkap
Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan laptop yang ultra-ringkas dan dilengkapi dengan sejumlah port I/O, sehingga pengguna dapat bebas dari kebutuhan membawa dongle atau adaptor saat melakukan perjalanan. 

asus-zenbook-s13-oled


zenbook-s13-oled


Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 yang terdapat pada laptop ini mendukung pengisian daya yang cepat, tampilan eksternal beresolusi 4K, dan transfer data dengan kecepatan hingga 40 Gbps. Selain itu, laptop ini juga menyediakan port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan jack audio kombinasi 3.5mm.

zenbook-s1-oled


Touchpad ASUS ErgoSense pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) kini muncul dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Dengan perubahan ini, navigasi menjadi lebih mudah, nyaman, dan responsif, ditambah dengan lapisan anti-sidik jari yang memudahkan proses pembersihan.

Tampilan Modern dan Powerful
Tidak hanya unggul dalam dimensi dan fitur, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga memiliki performa yang powerful. Performa tersebut diperoleh dari penggunaan prosesor Intel® Core™ i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread, yang dapat dipacu hingga 5GHz.

Prosesor Intel® Core™ i7-1355U adalah prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi, yaitu Intel® Iris® Xe. Chip grafis tersebut memiliki performa yang cukup kuat untuk mendukung kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan cukup mumpuni untuk memainkan game kasual. 

Selain itu, prosesor ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Intel® Quick Sync yang mempercepat proses encoding dan decoding video. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga telah mendapatkan validasi sebagai platform Intel® Evo™.

Hal ini menandakan bahwa laptop ini telah terjamin dalam hal menyajikan pengalaman penggunaan terbaik, baik dalam bekerja, belajar, menikmati hiburan, hingga berkarya dan menciptakan konten kreatif.

Untuk memaksimalkan performa prosesor tersebut, ASUS melengkapi Zenbook S 13 OLED (UX5304) dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCIe 4.0 SSD. Kombinasi keduanya memastikan bahwa Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat beroperasi dengan cepat dan nyaman untuk multitasking.

zenbook-s13-oled

Kualitas Layar Terbaik
Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan ASUS Lumina OLED, standar tertinggi layar laptop saat ini. Layar ASUS Lumina OLED pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) menampilkan resolusi 2,8K dan dilengkapi dengan berbagai fitur, teknologi, serta inovasi canggih. 

Hasilnya adalah layar yang dapat menampilkan kualitas visual dengan warna yang kaya, akurat, sekaligus tidak membahayakan kesehatan mata. Berkat rasio layar 16:10, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga dapat menikmati area kerja yang lebih luas dan menjadikan kegiatan sehari-hari lebih produktif.

Layar ASUS Lumina OLED telah teruji dapat menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. ASUS Lumina OLED dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3 dan telah memperoleh sertifikasi PANTONE Validated Display. 

ASUS Lumina OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Secara singkat, layar ASUS Lumina OLED dirancang berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif.

ASUS Lumina OLED juga dilengkapi dengan fitur Eye Care. Fitur ini memungkinkan penurunan spektrum cahaya biru yang berpotensi berbahaya bagi mata tanpa mengurangi kualitas visual. Inovasi tersebut menjadikan ASUS Lumina OLED mampu mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berpotensi merusak kesehatan mata dalam jangka panjang.

ASUS Lumina OLED juga telah mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Berkat ASUS Lumina OLED, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menikmati tampilan visual terbaik sekaligus beraktivitas lebih lama tanpa perlu khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

zeenbook-s13-oled
Picture by ASUS

Ramah Lingkungan
Ketika menulis tentang peluncuran ini, Aku sempat melihat beberapa kali video reels unboxing Zenbook S13 Oled ini.

Dari segi packagingnya digunakan dari bahan daur ulang sesuai dengan komitmen ASUS melalui Zenbook ini berkomitmen pada prinsip Do More with Less. Siklus hidup laptop yang ramah lingkungan ini pun telah mendapatkan pengakuan internasional melalui didapatkannya sertifikasi EPEAT® Gold.

Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang di akhir masa pakai, siklus hidup Zenbook S 13 OLED  telah dirancang untuk meminimalkan jejak karbon, menjadikannya laptop yang ramah lingkungan.

Berapa Harga Zenbook S13 OLED?.
Harga dari laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah Rp. 23.999.000 (Dua Puluh Tiga Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah) yang juga sudah dilengkapi dengan 2 tahun Garansi Global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty.

Laptop ini bisa didapatkan secara online melalui ASUS Online Store dan juga e-commerce Blibli

Nah..., bagaimana setelah membaca spesifikasi dan beberapa keunggulan yang dimiliki Zenbook S13 OLED (UX5304)? pasti ingin segera memilikinya. Yang pastinya dengan memiliki Zenbook S13 OLED ini selain menunjang aktivitas kita juga sebagai investasi kesehatan nih, gak ada lagi bikin bahu pegal, atau harus pijat dan bawa-bawa balsem.😁



Main Spec.

Zenbook S 13 OLED (UX5304)

CPU

Intel® Evo™ Platform

Intel® Core™ i7-1355U Processor 1.7 GHz (12MB Cache, up to 5.0 GHz, 10 cores, 12 Threads)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB DDR5

Storage

1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD

Display

13,3-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker

Graphics

Intel® Iris® Xe Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

1080P FHD IR Camera for Windows Hello

Audio

AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology

Battery

63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimension 

29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm

Weight

1 Kg

Colors

Basalt Grey

Price

Rp23.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty


25 comments

  1. wah, penampakannya keren banget, dan ringan ya, beratnya sekitaran 1 kg. Jadi memudahkan jika hendak dibawa kemana2. Tapi memang ada harga ada barang ya. Jujurly, aku keselek pas baca harganya :)

    ReplyDelete
  2. Waaah, soal laptop sih udah pasti Asus diunggulkan sekali. Untuk berbagai aktivitas orang kantoran, pebisnis maupun mahasiswa, tentu cocok pakai laptop ini. Mana tipis dan ringan banget, mobile ya dibawa ke mana2 oke no worry. Speknya canggih sekali duuh mau banget beliin buat Rafa kuliah nanti :D

    ReplyDelete
  3. Salah satu alasan saya suka malas bawa laptop karena beraaaat. Kalau punya Zenbook mah gak bakal jadi beban. Karena berasa ringan banget dan tipis pula.

    ReplyDelete
  4. proses pembuatan pakai air murni dan listrik? buatku yang gaptek begini ga kebayang gimana jadinya sehingga menghasilkan laptop ramah lingkungan, kuat, plus enteng begini. Lha cuma sekilo, anakku bisa mudah bawa dong. Selain itu layar OLED membawa warna yang tajam, mau ngedesain jadi makin mudah.

    ReplyDelete
  5. Super ringan dan tipis sampe bisa dijadiin kipas hahaha kipas-kipas badan kalau sedang kegerahan. Cuma Zenbook S13 OLED yang bisa!
    Btw ini tuh Zenbook paling fantastis yang diluncurkan ASUS tahun ini.

    Senang ketemu Utie di acara!

    ReplyDelete
  6. Pelu banget ini ada teknologi kipas di laptop yah biar gak panas, ampe aku pernah sengaja iupin kipas ke arah laptop biar dingin, hehehe. Btw harganya mayan juga ya min

    ReplyDelete
  7. Duh laptopnya ini beneran cakep secara tampilan maupun kualitas. Kerja pake ini pasti jadi sat set das des :). Harga tinggi memang sebanding dengan kualitasnya. Kalau punya duit mau juga punya zenbook yang seri ini

    ReplyDelete
  8. Beneran se perfect n secakep itu ya.. Pas liat harganya Masya Allah.. sebanding emang dengan kualitasnya. Mana super ringan n tipis pula. Rekomended dibawa sambil jalan2

    ReplyDelete
  9. Aduh ini cakep banget laptop Asus yang baru, lebih ringan dan tipis juga mak. Bisa jadi andalan untuk dibawa-bawa ini ya, karena aku sering bawa laptop kemana-mana.

    ReplyDelete
  10. bisa nih dijadiin salah satu pilihan ketika hendak mengganti laptop, cakep banget lho spec nya trus mana tipis jadi gak berat dan muat dibawa dalam tas tote bag

    ReplyDelete
  11. Lagi ngebabayangin laptop yang cuma tebal 1cm layar lebar dengan berat hanya 1kg. Itu adalah komputer yang saya bayangkan sebagai komputer masa depan sekitar 5 tahun yang lalu. Itu gegara punya PC dan Laptop jadul di rumah. Mau dibawa jalan-jalan, PC jelas gak bisa. Laptop jadul bikin punggung sakit karena berat. Alhamdulillah, sekarang lahir laptop yang bisa diandalkan utuk traveling juga :)

    ReplyDelete
  12. Asus gak ada habisnya berinovasi ya mba. Semakin aplikatif dan memudahkan penggunanya.. mantap nih sukses terus asus

    ReplyDelete
  13. ASUS itu selalu berinovasi ya. Mana makin cakep lagi gadgetnya. Spesifikasi, sesuai harga banget yang menurutku mahal, hehehe. Ini kalau punya dan gak dipakai bener-bener, ya rugi

    ReplyDelete
  14. WOW STORAGE-NYA 1TB! Ini cocok banget sih buat temen2 kreator karena storage-nya bisa nampung banyak data. Soal tampilan sih nggak perlu ditanya ya Mak. CAKEP BANGET!

    ReplyDelete
  15. Tipisnya 1 cm beratnya 1 kg...praktis dan ringan bener apalagi dengan performa khas ASUS yang gahar. Asli bikin pengin adopsi ASUS Oled nih

    ReplyDelete
  16. Keren menarik sekali laptop yang tipis ya bikin pundak jadi nggak mudah pegel kalau dibawa-bawa keliling atau mau kerja itu di luar rumah bikin makin Happy deh ngetiknya

    ReplyDelete
  17. Kece banget laptop ini
    Laptop impianku
    Semoga bisa segera kebeli laptop sekece ini

    ReplyDelete
  18. Harganya uwow banget ya Mak, walau liat speknya bikin melongo. Duh kapan ya bisa keturutan memiliki laptop kayak itu. Kebayang di mana ke mana mana gak bikin pegel.

    ReplyDelete
  19. cakep banget ya mbak laptop asus terbaru ini, ringan dan tipis. duh siapa coba yang gak mupeng.

    ReplyDelete
  20. Kereenn... keren banget ini. Mulai dari layar, desain sampai audionya pun udah spec dewa semua. Udahlah Harman Kardon, masih Dolby Atmos juga... woww banget nih suaranya klo pas dipake dengerin musik sembari kerja.

    ReplyDelete
  21. Yesss, laptop Asus versi terbaru terbilang ringan dan tipis, jadi enak dibawa ke mana-mana. Untuk urusan desain juga modern minimalis, baterainya juga tahan lama.

    ReplyDelete
  22. Dari dulu penggemar ZenBook, makin mupeng dengan laptop ZenBook terbaru yang tipis dan beratnya hanya satu kilogram, pas banget buat dipakai kerja di mana saja, ringan dan efisien...produktif pastinya

    ReplyDelete
  23. Laptop yang bikin jatuh cinta, kecil tapi oke banget performanya. Semoga punya

    ReplyDelete
  24. Ringan banget ya laptopnya, udah gitu ramah lingkungan juga. Jadi pas punya bisa sekalian ikut save the world for better future

    ReplyDelete
  25. desainnya bagus bangett, jadi pengen upgrade asus lama ku ke yang baru nih :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏