Morigro Solusi, Anak Makan Lahap untuk Tumbuh Kembang Optimal

Morigro Solusi, Anak Makan Lahap untuk Tumbuh Kembang Optimal
Hai bunda si Kecil susah makan atau cuma mau mengonsumsi makanan yang itu-itu saja? Aku pun sampai sekarang masih merasakan nih waktu usai anakku 2 tahun sudah mulai tuh gak doyan yang namanya sayuran selalu saja cuma kepingin makan nasi dengan ayam goreng. Kalau dikasih sayur selalu GTM (gerakan tutup mulut). Dulunya aku sempat berpikir “ah, tidak kenapa-kenapa yang terpenting anakku mau makan” Ternyata itu salah, karena sayuran juga sangat berperan penting dalam tumbuh kembangnya.

Pada akhirnya mulai tuh coba-coba mengkreasikan makanan dari buat bakwan sayur, perkedel, sampai buat sayuran dengan bentuk macam-macam walaupun cuma sedikit yang dimakan paling tidak adalah sedikit yang masuk. 

Sampai sekarang  sayur belum jadi daftar makanan favorit buat adek. Kadang kalau makan sayur hanya kuahnya saja yang diambil. Pasti bikin khawatir bangetkan sudah berbagai cara, tapi tetap saja gak suka.

morigro solusi anak makan lahap untuk tumbuh kembang optimal

Mungkin aku agak telat nih untuk mencoba agar anakku suka dengan sayuran, tapi belum terlambat pastinya. Setelah baca-baca memang anakku menunjukkan gejala anak picky eater yang gejalanya mudah sekali dikenali, saat kecil mulai dari menutup mulut atau memberontak saat diberi makan, hingga sering menyingkirkan jenis makanan tertentu di piringnya, misalnya sayuran dan buah-buahan.

Kondisi ini sebenarnya umum terjadi pada anak usia 1,3 tahun. Meski begitu, kebiasaan picky eater ini tentu harus diatasi, karena anak harus mendapatkan asupan gizi seimbang untuk mendukung tumbuh kembangnya yang optimal.

Berkenaan permasalahan yang hampir dijumpai di setiap keluarga PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand yang peduli pada kesehatan dan tumbuh kembang anak Morinaga sangat memahami permasalahan yang dihadapi orang tua saat harus memberikan makanan bergizi pada anak.

Dalam rangka memperingati momentum Hari Anak Nasional tahun ini yang mengangkat tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", Morinaga meluncurkan varian baru Morinaga Morigro yang bertujuan membantu melindungi dan mengoptimalkan nutrisi anak, sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu karena susah makan.

Juga mengadakan acara talkshow bertajuk “Penyebab dan Dampak Masalah Makan Terhadap Tumbuh Kembang Optimal” pada tanggal 18 Juli 2023 di Jakarta, hadir sebagai pembicara yaitu ;
  • Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D, Pakar Gastrohepatologi
  • dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM
  • Vera Itabiliana S. Psi, Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia
  • dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals
  • Junita, Business Unit Head Morinaga GUM, KALBE Nutritionals
Faktor Lingkungan , Psikologis dan Gangguan Organik Pada Masalah Susah Makan

Prof Hegar berkata Masalah makan pada anak perlu menjadi perhatian karena dapat berdampak pada terganggunya pertumbuhan. “Konsumsi zat nutrisi yang tidak optimal, perkembangan juga terganggu, dan mempengaruhi emosinya.”

susu-morinaga-morigro
Prof. dr. Badriul Hegardr. Bernie Endyarni Medise
dan Vera Itabiliana S. Psi,

Beberapa kelainan organik yang menyebabkan masalah makan pada anak.
  • Gangguan saluran cerna penyakit refluks gastroesofagus (PRGE), kolik infantil, infeksi saluran cerna.
  • Alergi makanan terutama terhadap protein susu sapi, atau bahan makanan lainnya seperti gluten pada penyakit seliak.
  • Gangguan perkembangan motorik dan sensorik juga mempengaruhi kemauan makan, kesulitan mengunyah dan menelan makanan.
Dampak anak susah makan berisiko mengalami malnutrisi yang berdampak pada tumbuh kembangnya termasuk melemahnya sistem imunitas. Malnutrisi juga dapat menyebabkan pertumbuhan otak tidak optimal sehingga daya pikir pada anak lebih lambat.

Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang

Kemudian kata dr. Bernie ada 3 faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu
  • Genetik 20 -30% dari orang tua
  • Nutrisi Kecukupan jumlah dan jenis nutris dan
  • Lingkungan yang terdiri dari faktor proteksi seperti imunisasi, stimulasi dan pola asuh.
Nah sebenarnya kebutuhan dasar anak itu dan orang tua harus mengetahui adalah kecukupan nutrisi, kita sebagai orang tua harus mengetahui apa yang menyebabkan anak sulit makan. Itu bisa dilihat dari misalnya ;

Pola makan tidak teratur
Sebagian besar anak picky eater biasanya memiliki pola makan yang tidak teratur. Misalnya, anak lebih sering mengonsumsi makanan ringan daripada makanan utama setiap harinya. Oleh sebab itu, mulailah menyusun pola makan dengan 3 waktu makan utama, yang diselingi 2 kali camilan sehat.

Makanan terasa aneh di lidah anak
Anak memiliki lebih banyak papila pengecap pada lidahnya dibandingkan orang dewasa, sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap rasa makanan. Ditambah lagi, ia telah terbiasa dengan rasa ASI atau susu formula yang cenderung manis dan gurih. Jadi ketika ia diberikan makanan dengan aneka rasa baru, ia bisa saja langsung menolaknya.

Kurangnya Stimulasi
Ketika anak lahap makan bubur orang tua terus menerus hanya memberikan bubur padahal usia nya sudah harus makan yang bertekstur misalnya.

Faktor Psikolog Untuk Mengatasi Anak Picky Eater

Kemudian Ibu Vera mengatakan menghadapi anak picky eater memang tidak mudah yang terutama adalah dengan taktik SABAR . Namun, kita jangan terlalu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak picky eater, di antaranya:

Hindari memaksa anak untuk makan
Saat Si Kecil menolak mengonsumsi makanan tertentu, tetap sabar dan jangan memaksanya. Hal ini justru bisa membuat Si Kecil tidak nyaman dan malah akan terus menolak mengonsumsi makanan tersebut. 

Buat suasana makan jadi menyenangkan
Buatlah suasana makan menjadi menyenangkan, misalnya dengan menyajikan makanan dengan tempat makan yang lucu atau dengan menyertakan makanan yang paling disukai Si Kecil. Bisa memulai suapan dengan makanan yang tak terlalu disukainya dan memberikan makanan kesukaannya di bagian akhir.

morigro-solusi-anak-makan-lahap

Makan bersama anak
Ternyata momen makan bersama bisa memicu anak untuk menyukai apa yang terhidang di meja apalagi jika sedang makan sambil berbincang mengenai kegiatan anak, kemudian memberikan reward pujian apa yang sudah dilakukan dalam keseharian.

Makanan yang disajikan tidak menarik
Tanpa disadari, salah satu alasan anak menjadi picky eater bisa jadi karena orang tua selalu menyajikan makanan dengan tampilan yang biasa saja. Padahal, sebuah studi menunjukkan bahwa sayuran dan buah-buahan yang disajikan dengan tampilan menarik bisa sangat meningkatkan selera makan anak.

Dan sudah saatnya memberikan susu penambah nafsu makan anak, yang formulanya pas juga, memberikan manfaat untuk tumbuh kembah yang optimal seperti Susu Morinaga Morigro. Tutup ibu Vera.

morigro-solusi-anak-makan-lahap
Adek Fazh pun suka banget Susu Morigro


morigro-solusi-anak-makan-lahap
Shireen  sudah mau habis 2 box
susu Morigro, sekarang makan makin lahap
gak pernah pilih-pilih lagi...
Rasa susunya pun dia suka banget🥰
Terima kasih Morigro💜


Morigro Susu Pertumbuhan Untuk anak Susah Makan

Seperti yang kita ketahui KALBE Nutritionals melalui brand yang peduli pada kesehatan dan tumbuh kembang anak Morinaga memahami permasalahan yang dihadapi orang tua saat harus memberikan makanan pendamping yang bergizi pada anak seperti susu untuk masa pertumbuhan 

Manfaat susu bagi pertumbuhan, menjadi salah satu sumber nutrisi penting yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Seperti sumber nutrisi lengkap, mendukung berat badan ideal, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan anak. Susu sendiri bisa dikonsumsi setelah masa ASI eksklusif selesai, yaitu saat anak mengkonsumsi makanan pendamping ASI.

Nah, tapi terkadang anak menunjukan gejala atau sikap ketidaksukaan pada makanan.  Morinaga meluncurkan varian baru yaitu Susu Morinaga Morigro yang bertujuan membantu melindungi dan mengoptimalkan nutrisi anak, sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu karena susah makan. 

morigro-solusi-anak-makan-lahap


Tentang Susu Morinaga Morigro

Ibu Junita, mengatakan bahwa masalah makan pada anak bisa jadi gejala dari masalah kesehatan lain yang lebih besar atau bahkan masalah psikologis pada anak. “Untuk membantu orang tua mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Morinaga Morigro hadir dengan berbagai kelebihan yang bisa menjadi solusi anak yang memiliki masalah makan.

"Jika anak susah makan upaya yang harus dilakukan adalah mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dan memulai pola makan yang sehat. Untuk itu Morinaga Morigro hadir untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi. Jika pencernaan bekerja dengan baik akan berdampak menambah nafsu makan anak," kata dr. Muliaman

Jadi Anak Seperti Apa Saja yang Harus Minum Morigro?,
  • Tidak / kurang nafsu makan karena berbagai sebab.
  • Tidak mau makan sama sekali (sakit demam, sariawan, sakit tenggorokan dll).
  • Makannya sedikit.
  • Makannya itu-itu saja atau pilih-pilih jenis makanan.
  • Tidak suka nasi dan sayur.
  • Makan diemut dan kadang dilepeh.
  • Belum bisa makan keras, maunya lunak dan cair.
  • Berat badan tidak naik-naik/anak kurus.
  • Anak aftif
  • Mengoptimalkan tumbuh kembanganak > 1 tahun
Nah, jika diantara ciri-ciri diatas maka, kita orang tua sudah harus tahu solusinya dan cara agar anak bisa makan lahap agar anak tumbuh kembang optimal.

Kenapa Harus Memberikan Morigro?

Susu Morigro ini bisa diberikan mulai usia 1 tahun sampai usia 12 tahun,  dilengkapi dengan formula GROMAX yang dapat menjaga pertumbuhan dan perkembangan anak, serta membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Anak tetap diberi makan seperti biasa. Morigro ini hanya sebagai tambahan diberikan 2 kali dalam sehari. Adapun keunggulan Morigro adalah:
  • Berat Badan ideal dan Booster Nafsu makan dilengkapi dengan minyak ikan, sumber protein
  • Daya Tahan Tubuh (probiotik), Bifidobacterium longum BB536, Sumber Serat (Prebiotik), FOS, Tinggi Vitamin A,C E & Zink
  • Tumbuh Kembang ; Tinggi Kalsium, Tinggi Vitamin D dan Sumber 14 Vitamin & 9 Mineral
  • DHA, Omega 3 & Omega 6, Sumber zat Besi & kolin
susu-morinaga-morigro

Sedangkan kandungan dari Susu Morinaga Morigro ini adalah :
💜Diperkaya dengan minyak ikan (fish oil) yang terbukti meningkatkan nafsu makan.
💜Tinggi kalsium & Vitamin D, Vitamin A C E & Zink, DHA, Omega 3&6.
💜Dilengkapi Bifidobacterium Longum BB536 dan Serat FOS, untuk dukung kesehatan pencernaan anak.
💜Mengandung 180 kalori per sajian dan sumber protein.
💜Sumber 14 Vitamin & 9 mineral.
💜Rasa enak dengan gula lebih rendah.

morinaga-morigro

Cocok sekali nih, bunda pemberian morigro ini sebagai susu penambah berat badan anak 1, 3 tahun dilihat dari kandungan dan manfaatnya.

morigro solusi anak makan lahap


Susu Morinaga Morigro ini ada 2 varian rasa, yaitu Morigro Vanila dan Morigra Madu

Tersedia dengan ukuran 200gr, 400gr dan 800gr dan sudah bisa dibeli di swalayan dan minimarket terdekat juga e-commerce dan website morigro.id.

Kesimpulan :

Bagaimana Menumbuhkan Kebiasaan Makan yang Baik?
  • Membuat aturan makan yang konsisten, antara lain jam makannya, tempat makannya dll.
  • Tidak sambil menonton atau pegang gadget
  • Memberikan makan anak dengan interval 3 - 4 jam untuk mendorong nafsu makan dan hindari memberikan makanan ringan atau minuman diantara waktu makan.
  • Ibu berusaha bersikap netral yang menyenangkan, regulasi emosi
  • Batasi durasi waktu makan, makan tidak lebih dari 20 -30 menit
  • Menyajikan makanan sesuai usia, sesuai dengan perkembangan motorik mulut anak dan menggunakan ukuran porsi yang wajar.
  • Secara sistematis memperkenalkan makanan satu per satu dan ditawarkan berulang 5 - 15 kali percobaan, sebelum menyerah, nah untuk anak yang lebih besar, bisa terapkan one bite rule
  • Memberikan kesempatan makan secara mandiri pada balita, sediakan alat makan sendiri.
  • Siap melihat situasi makan berantakan dan tidak menyeka mulut dengan serbet setiap kali anak makan.
  • Ada momen makan bersama keluarga.
  • Memberikan Susu Morinaga Morigro sebagai solusi untuk anak makan lahap agar tumbuh kembangnya optimal.
Semoga bermanfaat ya bunda, jangan lupa untuk sediakan selalu Morigro.

utieadnu😉


57 comments

  1. Morinaga dan turunannya sepertinya terbukti menghasilkan generasi yang cerdas2.
    Dari hampir semua anak-anak yang ada di sekitar saya yang susunya morinaga kebanyakan begitu.
    Jadi ngga heran dengan klaimnya.
    Meski harganya sedikit mahal, tapi sudah teruji dan terbukti.

    ReplyDelete
  2. Gak ada yang terlambat memang untuk memperbaiki, apalagi susu ini punya kandungan gizi yang dibutuhkan ya. Tinggal rutin mengonsumsinya

    ReplyDelete
  3. MORIGO ini benar-benar solutif untuk anak-anak yang picky eater ya. Bisa menggantikan nutrisi yang tidak didapatkan karena tidak mau mengkonsumsi makanan berserat. Padahal jenis makanan ini sangat bermanfaat untuk proses tumbuh kembang mereka.

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata banyak banget faktor yang melatarbelakangi anak susah makan ya. Selama ini aku hanya melihatnya di beberapa faktor internal. Syukur juga udah ada solusinya ya. Soalnya kadang anak susah makan, orang tuanya yang stres. Solusi kayak gini bakal menyelamatkan mental orang tuanya juga.

    ReplyDelete
  5. Jadi inget, anak-anakku dulu minum susu Morinaga

    Mereka lahap banget jika minum Morinaga

    sementara saya selalu merasa anak belum cukup gizi kalo belum cukup karbo, protein, sayuran, buah2an dan Morinaga

    ReplyDelete
  6. Wah Morigro bisa menyelesaikan permasalahan ibu-ibu soal anaknya yang susah makan nih. Namanya emak, kalau anak susah makan kok ya kepikiran sekali ya. Mau ngasih ini dan itu rasanya biar dianya lahap makan.

    ReplyDelete
  7. Dengan kandungan gizi berimbang dalam susu bantu optimalkan pertumbuhan anak ya mbak dan sebagai orangtuanya kita memang harus concern dengan hal itu.

    ReplyDelete
  8. Ya Allah pas banget aku lagi membatin anakku yang kecil ini susaaah banget kalau disuruh makan sayur, ya bukan berarti dia gak doyan sayur sama sekali, tapi emang pemilih. Bisa kali ya dibantu sama Morigro.

    ReplyDelete
  9. Anak2 aku jg mengalami picky eater mba. Huaaa.. dulu suka banget sama sayuran tertentu, eh sekarang menolak mentah2 😅
    Morigro aku baru tau susu ini mba. Jadi cocok nih ya sama anak2 yg modelan picky gitu. Makasih infonya mbaa

    ReplyDelete
  10. Anak sudah besar pun tidak berarti mudah makan. Justru sudah besar ia pandai berkilah dan bikin alasan. Senang ini ada Morigro yang bisa membantu jika anak susah mengatasi asupan gizinya karena memilih makanan. Kalau minum susu anak tidak begitu susah memang

    ReplyDelete
  11. Banyak sekali faktor yang bisa bikin anak GTM atau picky eater ya..
    Bukan hanya sekedar, gak suka dan gak mau. Semoga kita semua menjadi orang yang bijak dalam menghadapi anak dan memahami tumbuh kembangnya untuk bisa penuhi kebutuhan nutrisinya dengan cara yang tepat.

    ReplyDelete
  12. anakku banget gtm padahal udah coba berbagai cara hope kalo dikasih morigro mau banyak makan, minimal terbantu dengan minum susu berat badannya bisa naik

    ReplyDelete
  13. Inovasi Morinaga lewat Morigro bantu ortu banget ini, bisa jadi salah satu solusi terkendalanya pertumbuhan dan perkembangan anak karena susah makan

    ReplyDelete
  14. Kalau ada produk Morigro ini rasanya ortu yang punya anak GTM akan lebih lega deh. Karena nutrisinya bisa didukung dari susu Morigro ini. Berat badan juga stabil

    ReplyDelete
  15. Morigro ini kandungannya bagus ya buat banyu tumbuh kembang anak. Nutrisinya lengkap dan orang tua nggak perlu khawatir anak yang susah makan akan kekurangan gizi.

    ReplyDelete
  16. Anakku juga picky eater nih mbak kayanya aku juga harus nyoba Morigro biar badannya agak berisi dan sehat juga. Makasih infonya

    ReplyDelete
  17. Pasti khawatir banget deh kalau anak2 susah makan, dan picky banget. Emak udah masak ini itu juga. Bener banget emang harus sabar sih dan jangan sampai memaksa yang bikin anak trauma. Penting nuga menambah nafsu makan anak dengan susu Morinaga Morigro ini.

    ReplyDelete
  18. Menjadi salah satu cara untuk para ibu agar anaknya dapat terpenuhi nutrisinya ya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi Morinaga Morigro

    ReplyDelete
  19. Anak-anak yang tak mau makan, terkadang bikin seorang ibu ikut tertekan ya Mak. Habis gimana, kita pengen anak kita sehat dan tumbuh secara normal, tapi kalau mereka gak mau makan, kan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan berkurang. Nah untuknya Morigo bisa kasih solusi nih, semoga anak-anak semakin lahap makannya

    ReplyDelete
  20. Aku belum ada anak, tapi punya keponakan dan kadang suka malas makan. Jadi gak kupaksa, tapi lebih ke ngajak makan bareng. Makan kalau ada temannya memang lebih sedap ya. Terus sekarang banyak suplemen dan susu yang bisa nambah nafsu makan juga

    ReplyDelete
  21. punya anak yang susah makan ataupun picky eater tentu membuat orangtua menjadi stres, makanya butuh solusi agar nutrisi anak tetap terpenuhi guna meningkatkan tumbuh kembangnya menjadi optimal dan Morigro lah jawabannya

    ReplyDelete
  22. Anakku dulunya picky eater capek banget ngasih makannya. Harus sediain 2-3 menu biar ada pilihan makan. Sekarang pun kadang masih seperti itu tapi mulai dikurangi, disuruh belajar makan yang ada. Enak ya ada susu Morigro jadi bisa alternatif kalau anak males makan hehe..

    ReplyDelete
  23. Anakku masuk kategori susah makan dan pemilih makanan maak...jadi memang aku support dengan susu. Morinaga produknya bagus, mau juga aah coba morigro ini. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  24. solusi banget ya untuk anak yang susah makannya nih

    ReplyDelete
  25. Wah morigro ini khusus anak yang susah makan berarti ya? Menarik karena anak picky eatee itu bikin ortu was2 euy. Bisa meningkatkan risiko stunting kan. Hiks

    ReplyDelete
  26. Dengan jadwal makan yang ketat dan disiplin, anak bisa belajar untuk makan dengan cara teratur. Menambahkan nutrisi dengan konsumsi Morigro, bisa jadi pilihan bijak agar anak-anak bisa tumbuh optimal dan jaga daya tahan tubuhnya.

    ReplyDelete
  27. Anakku jugaa nih termasuk masih picky eater. Lumayan sih kalau disediakan sayur tetap dimakan walaupun sedikit banget, huhu.


    Tapi memang harus disiplin sih ya waktu makan tuh. Plus kayanya juga mesti memberi mereka nutrisi tambahan supaya makin lahap makannya nih

    ReplyDelete
  28. Mantap banget nih penjelasannya. Yuk mulai makin care sama asupan anak. Susu Morinaga Morigro bisa jadi opsi terbaik untuk masalah ini.

    ReplyDelete
  29. wah anak saya yang pertama begitu mba susah banget makannya peacky eater dan mungkin ibunya ga pandai menyediakan masakan yang menarik hihi sampai satu tahun ga naik bb nya worry banget, coba kenal morigo ini dari dulu

    ReplyDelete
  30. Wah, ini info maha penting untuk para emak yang anak-anaknya hobi GTM alias Gerakan Tutup Mulut. Kalau anak yang sudah doyan makan, bisa diambil dari inspirasi komposiai nutrisi dari makanannya.

    ReplyDelete
  31. Aduh kebayang deh rasanya ketika anak GTM. PR banget bagi semua ibu di dunia ini. Tapi, untung ada Morigrow yang membantu ibu menyiasati ketika anak GTM ya. Jadi nutrisinya tetap terjaga dengan Morigrow.

    ReplyDelete
  32. Wahhh ngalamin banget sih yang seperti ini, dulu waktu punya adek saudara yang susah banget diajak makan. Bahkan suka pilih-pilih makanan yang malah gak baik buat tubuhnya. Wah sekarang jadi tau deh harus ngapain, hadirnya morigrow ini bisa jadi solusi untuk tumbuh kembang anak dan menjaga nutrisi anak tetap terpenuhi...

    ReplyDelete
  33. Sepertinya masalah makan pada anak emang dirasakan sebagian besar orang tua ya. Jadi yang perlu dilakukan adalah menjaga agar berat badan tetap dalam batas aman sesuai usia umur ya? Sepertinya membuat rules ketat urusan makan bisa jadi efektif, tapi mungkin juga susahnya berkali-kali lipat. Apalagi kita berhadapan dengan anak. Jadi penambahan nutrisi melalui susu (salah satunya Morinaga Morigrow) ini bisa jadi solusi.

    ReplyDelete
  34. kalau anak susah makan memang kerap jadi masalah yaa mba. Sekarang ada banyak cara untuk menanganinya termasuk minum suplemen

    ReplyDelete
  35. Anak aku tuh kurang suka sayur, makannya itu itu saja. Kayaknya harus coba kukasih susu morigro nih...

    ReplyDelete
  36. Belakangan ini anak keduaku lagi turun drastis nafsu makannya, kayaknya harus cobain Morigro ini semoga worth it di anakku

    ReplyDelete
  37. Ini produk barunya morinaga ya? Anakku masih pakai childschool-nya morinaga buat susu selingan. Kece ih, morigana ngeluarin susu yang baru. ❤️

    ReplyDelete
  38. Anakku juga susah banget makan. Picky eater dan gak terlalu suka dengan masakan yang rasanya kompleks (banyak komponennya). Lagi mempertimbangkan cari susu juga buat ningkatin nasfsu makan dan booster BBnya

    ReplyDelete
  39. kenapa produk terbarunya mroinaga malah mirip banget packagingnya dari merek susu P sih jadi saruuuu kan

    ReplyDelete
  40. Bentar, ini susu baru dari Morinaga atau akunya yang baru tahu ya. Bagus nih kalau susu pertumbuhan seperti ini. Lumayan ngebantu juga mengatasi anak yang stunting.

    ReplyDelete
  41. Kekhawatiran atau lebih ke ketakutanku saat ini, huhuhu overthinking nanti gimana pas anak MPASi. Tapi semoga dengan belajar lebih dini, seenggaknya bisa siap-siap

    ReplyDelete
  42. Memang suka mengelus dada ya kalo anak susah makan. Tapi sekarang juga udah banyak susu pendamping atau supaya anak jadi doyan makan, Morigro Solusi dari Morinaga ini bisa jadi solusi terbaik buat para orang tua.

    ReplyDelete
  43. Wah, pasa banget baca ini, secara anakku yang balita susah banget makannya. mungkin harus ganti susu ya. Morigro kayanya patut dicoba juga.

    ReplyDelete
  44. emang suka agak kesal kalau liat anak gak suka makan. Aku belum nikah dan punya anak sih. tapi aku punya adek kecil yang kalau disuruh makan tuh susah banget. bisa nanti tak rekomendasiin ke ibu buat ganti susu ke Morigro.

    ReplyDelete
  45. Masalah susah makan jadi kendala utama nih. Ortu pasti takut anaknya kurang gizi ya. Btw, susu morinaga memang bagus bgt krn nutrisinya lengkap.

    ReplyDelete
  46. Salah satu masalah saya nih, saat kecil dulu susah makan dan cenderung milih, sering muntah-muntah juga. Info ini, bisa jadi modal penting buat saya nanti ketika punya anak..

    ReplyDelete
  47. wah pastinya ini bermanfaat banget buat para mom yang anaknya susah makan ya, bisa saya rekomendasikan ke sauara yang anaknya picky eater

    ReplyDelete
  48. Nutrisi memang sangat penting. Semua kebutuhan tubuh dan otaknya disuplai dari makanan. Tapi ya gitu deh, banyak anak picky eaters. Setahun lalu saya termasuk ortu yang selalu cemas melihat anak tak mau makan. Ngandelin susu yang saya batasi jumlahnya sesuai rekomendasi agar ia tetap merasa lapar sehingga mau makan. Syukurlah sekarang sudah mau makan dan susu insyaAllah tetap ada sesuai perkembangannya.

    ReplyDelete
  49. Bisa jadi pilihan untuk ibu yang bingung saat anaknya tidak mau makan. Moriga ini bisa jadi asupan nutrisi selama anak GTM juga berarti ya

    ReplyDelete
  50. Kendala sebagian besar anak memang susah makan sayur, Mbak. kalau pun ada yang mau, itu sayurnya yang disuka 1-2 saja. padahal sayuran penting untuk tumbuh kembang anak.
    Syukurlah ada susu untuk nafsu makan ya, Mbak. Selain menambah nafsu makan, kebutuhan nutrisinya tercukupi juga.

    ReplyDelete
  51. Well noted, jika asupan nutrisi tidak optimal, tumbuh kembang terganggu dan memengaruhi emosi. Maka ortu perlu segera cari solusi jika anak mereka punya masalah dengan makan/susah makan, di antaranya dengan memberikan Morigro ini

    ReplyDelete
  52. Wuiihh baru tau saya ada susu Morigro ini. Andai sejak si Kakak dulu masih kecil dan picky eater nih susu udah ada ya.
    Anak pertama saya tuh sejak kecil picky banget, rasanya bete karena sering diheranin orang, kok kurus?
    Berasa ga dikasih makan sama mamaknya hahaha

    ReplyDelete
  53. Jadi bekas buat daku nih sebagai calon orangtua, bahwa tiga gangguan yang harus diwaspadai nih biar si kecil gak GTM. Dan tentunya orangtua harus bertindak cepat ya memahaminya.

    ReplyDelete
  54. Nah kok pas banget nih, aku baru denger curhatan dari teman kalau anaknya itu lagi gak mau makan. Maunya ngemil aja. Daripada dia pusing mikirnya, mending aku sarankan minum Morigro saja ya mbak.

    ReplyDelete
  55. Senang ya, sekarang sudah ada varian dari Morinaga untuk menambah berat badan anak

    Karena stres banget tuh, harus mengejar BB ideal selama 1000 HPH, sementara anaknya GTM

    ReplyDelete
  56. Waaah kebetulan sekali keponakan saya picky eater nih mba setahun terakhir. Kayaknya mau saya rekomendasikan Morigro ini biar nutrisinya terpenuhi. Di samping nyobain cara supaya kegiatan makan menyenangkan dan bentuk makanannya dibuat menarik.

    ReplyDelete
  57. Waah morinaga ada produk susu baru lagi yaa.
    Makin lengkap aja sekarang, desainnya favorit bgt warna ungu2..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏