Peran Bank Syariah Indonesia Menjadi Pusat Produsen Halal


Peran Bank Syariah Indonesia Menjadi Pusat Produsen Halal 
Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi pusat produsen halal terkemuka di dunia. The State of the Global Islamic Economy Report (SGIE Report) 2022 melaporkan bahwa pengembangan ekosistem ekonomi syariah Indonesia semakin membaik, terbukti bahwa Indonesia berhasil menjadi peringkat kedua di dunia.

peran bank syariah indonesia menjadi pusat produsen halal

Laporan ini menunjukkan bahwa sektor-sektor unggulan di Indonesia mampu bangkit setelah mengalami deflasi akibat pandemi Covid-19. Sebagai salah satu negara konsumen produk halal terbesar di dunia, Indonesia menyumbang sebesar 11,34% dari pengeluaran halal global. Pada sektor produk makanan halal (halal food) misalnya, Indonesia merupakan konsumen terbesar kedua di dunia. 

Selain itu, terdapat potensi yang dapat memperkuat industri halal nasional diantaranya seperti tercermin dari data Indonesia Halal Markets Report 2021-2022 yang menunjukkan bahwa pada tahun 2020, Indonesia telah menghabiskan sebesar US$1,9 triliun untuk konsumsi produk halal. Kajian ini dapat dijadikan acuan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat produsen halal terkemuka di dunia.

bsi international expo 2024

Melihat pangsa pasar yang sangat besar baik dari dalam maupun luar negeri, Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi konsumen dalam industri halal global, namun juga menjadi role model dan kiblat industri halal dunia. Persaingan produk di pasar global tentunya cukup ketat, dimana target pasar tidak hanya sebatas negara muslim saja. Sehingga sudah seharusnya industri halal Indonesia mempunyai daya saing yang lebih dari negara lainnya. 

Sertifikasi halal adalah salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi untuk memenuhi itu. Sertifikasi halal memberikan jaminan, perlindungan, informasi kehalalan produk, dan menjadi instrumen etika bisnis bagi konsumen maupun produsen serta bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan menjangkau pasar global.

Ekosistem halal di Indonesia masih terkendala sertifikasi halal. Yang mungkin memang jalannya agak panjang, Walaupun tahun 2024 ini pemerintah telah mengupayakan prosedur penyederhanaan, kepastian waktu penerbitan serta fasilitasi bagi usaha mikro dan kecil (UMK).

Bank syariah indonesia


Peran Bank Syariah Indonesia (BSI)

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia sudah seharusnya mampu menjadi market terbesar produk halal dunia dan program ini menjadi salah satu jalan yang memudahkan dalam mencapai misi tersebut.

Karena konsep halal sudah menjadi lifestyle yang tidak hanya terbatas pada umat muslim saja, namun juga relevan bagi semua pihak baik muslim maupun non muslim sebagai tolak ukur keamanan, kebersihan, dan jaminan kualitas dari produk yang di makan atau gunakan sehari-hari. 


Oleh karena itu, untuk mewujudkan Indonesia menjadi produsen halal terkemuka di dunia memerlukan sebuah ekosistem halal. BPJPH Kemenag dan stakeholder terkait perlu memastikan rangkaian kegiatan untuk menjamin kehalalan produk mulai dari sisi hulu hingga hilir.

Hal ini tentunya memerlukan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak baik pemerintah maupun pelaku usaha, untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal terkemuka di dunia sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian nasional. Salah satunya dunia perbankan syariah, yang membantu mendukung untuk perkembangan ekosistem halal.

Mengenal Ekosistem Halal di BSI International Expo 2024

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekosistem merupakan keanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya sedangkan arti kata halal yaitu diizinkan atau tidak dilarang oleh syarak. Dengan demikian, makna dari ekosistem halal adalah berbagai hal seperti kegiatan industri, produk makanan dan minuman, gaya hidup, gaya busana (modest fashion), seni dan kebudayaan, kosmetik, dan keuangan; yang menggunakan sumber daya dan cara-cara sesuai dengan yang diizinkan oleh syariat Islam.

umkm bsi


Indonesia, dengan 85% penduduknya yang beragama Islam, memiliki potensi luar biasa dalam ekonomi syariah. Namun, meski diprediksi menjadi pemain utama di industri global, Indonesia masih tertinggal dari Malaysia dan Arab Saudi dalam mengoptimalkan peluang ini.

Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, PT Bank Syariah Indonesia Tbk menggelar BSI International Expo 2024 pada Kamis hingga Minggu, 20-23 Juni, di Jakarta Convention Center, Senayan. Acara ini digelar untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri syariah global, menarik investasi, dan memperkuat posisi Indonesia dalam ekonomi syariah internasional.

Mengusung tema “Connecting You To Halal Lifestyle Ecosystem”, acara yang mengundang partisipasi 32 negara tersebut bertujuan untuk menyambungkan peserta dengan berbagai produk dan gaya hidup halal. Acara ini juga dirancang untuk menghubungkan merek atau produk halal dengan calon mitra bisnis, serta membuka peluang bagi UKM untuk memasuki pasar internasional.

Hari pertama Direktur PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Hery Gunardi, dalam sambutannya mengatakan bahwa industri halal merupakan sektor potensial dan memiliki demand yang cukup besar baik di Indonesia maupun secara global. “Event ini sebagai wujud komitmen BSI untuk memperkuat ekosistem halal nasional dan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah ekonomi syariah di negeri sendiri atau di kancah internasional,” jelasnya.

BSI, sebagai bank terbesar keenam di Indonesia, ikut berkontribusi terhadap pengembangan ekosistem syariah, melalui kesesuaian perannya sebagai hub sektor halal. Bahwa BSI telah menunjukkan totalitasnya dalam mengembangkan ekosistem syariah, khususnya industri halal di Indonesia.

BSI saat ini bertanggung jawab untuk menjadi bank syariah yang inklusif dan modern, melayani semua segmen nasabah mulai dari perusahaan mikro, UMKM, retail, hingga korporasi.

Bpk Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa BSI memiliki tugas penting untuk memasyarakatkan ekonomi syariah dengan segala manfaatnya. “BSI International Expo 2024, yang diadakan untuk pertama kalinya, adalah langkah strategis untuk menunjukkan berbagai inovasi dan perkembangan di sektor industri halal nasional dan global,”

Pentingnya mengadakan acara bertaraf internasional secara konsisten setiap tahun di berbagai kota. Hal ini bertujuan untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi antar pelaku usaha di berbagai daerah, sehingga menjadi pendorong utama dalam peningkatan kualitas dan daya saing ekonomi syariah di Indonesia.

BSI dapat berkontribusi dalam pertumbuhan dan akselerasi ekonomi nasional, sehingga mampu mendorong terciptanya pembangunan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

bsi

Tentang BSI International Expo 2024

Dalam kegiatan BSI International Expo 2024, Terdapat lebih dari 265 tenant dari berbagai macam jenis bidang usaha seperti properti, tour and travel halal serta haji dan umroh, otomotif (mobil dan motor), pendidikan, fashion, health and beauty, electronic and gadget, Islamic Book Fair dan lain-lain yang tercatat mengikuti pameran.

Dengan berbagai penawaran yang menarik ditambah kemudahan untuk bertransaksi, para pengunjung bisa berbelanja di booth yang mereka inginkan. Misalnya saja di salah satu booth fashion, Buttonscarves, dengan kisaran harga Rp.195.000 - Rp. 800.000 setelah diskon, hingga sore ini sudah tercatat 120 orang yang mengantri untuk membeli produk sepatu dan sandal buatan mereka. 

Dengan keunggulan produk dari kulit yang halus dan nyaman, Buttonscarves mampu menunjukkan bahwa produk lokal juga mampu bersaing di pasaran. Selain Buttonscarves, barisan tenant fashion lain yang tak kalah menarik antara lain Heavenlights, Jenna & Kaia, Haidee & Orlin, Khanaan, Benang Jarum, Sodagaran, Shafira, Belimukena, Souvia Indonesia, Hareem, dan Zaskia Sungkar.

Bagi pengunjung yang ingin melakukan ibadah ke tanah suci, para tenant travel umroh & haji sudah menyiapkan promo spesial yang dijamin akan membuat calon customer langsung deal. Hanya dengan DP Rp 3.000.000, calon jamaah umroh dapat mendaftar program umroh murah meriah dengan harga belasan juta saja di Khazzanah Tours & Travel, yang dibuka pada waktu tertentu. 

bsi international expo 2024

Selain Khazzanah Tours & Travel, di jajaran tenant travel umroh dan haji juga diramaikan oleh Sahid Tour, Alisan, Maghfirah Travel, Ventour, MQ Travel dan Arminareka Perdana dan lain-lain yang juga menyediakan paket umroh dengan fasilitas Bintang 4 dan 5 serta haji khusus dengan harga promo. 

Tidak hanya untuk ibadah, penyedia jasa tour & travel halal seperti Dwidaya Tour juga tak mau kalah menawarkan diskon hingga Rp.6.000.000 (syarat & ketentuan berlaku) bagi customer yang ingin berwisata ke luar negeri seperti Eropa dengan fasilitas yang halal.

Selain itu, BSI juga meluncurkan BSI Scholarship 2024 dengan target pemberian beasiswa kepada 2.300 mahasiswa di 100 perguruan tinggi Indonesia, semoga dengan dukungan perbankan syariah Indonesia menjadi pusat ekosistem halal yang bisa dikenal di dunia, sehingga tentunya bisa berdampak akan kemajuan ekonomi.


utieadnu

*https://ukmindonesia.id/mengenal-ekosistem-halal-pihak-yang-berperan-penting-dalam-ekonomi/
*https://halal.unair.ac.id/blog/2023/09/04/perkuat-ekosistem-halal-untuk-dukung-indonesia-menjadi-halal-terkemuka/


18 comments

  1. Bank syariah memiliki peran penting dalam mengembangkan pusat produsen halal dengan menyediakan pembiayaan yang sesuai prinsip syariah. Dengan dukungan keuangan yang halal dan adil, produsen dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan produk halal mereka. Bank syariah juga dapat menjadi pendorong utama dalam menciptakan ekosistem ekonomi yang berkelanjutan dan berbasis etika sesuai dengan kebutuhan konsumen muslim.

    ReplyDelete
  2. Bank syariah akan berkembang dimasa depan .apalagi sekarang UMKM harus ada sertifikat halal . Makin meleknya pengetahuan islami maka makin kepengen bikin usaha yang tidak hanya mencari untung tapi juga mendapatkan ridho Allah SWT

    ReplyDelete
  3. Acara ini sebagai langkah mendekatkan diri antara bank syariah dengan masyarakat dan pelaku usaha juga ya, sehingga makin kenal lagi dengan produk keuangan yang berbasis syariah

    ReplyDelete
  4. Semoga dengan adanya program pemodalan UMKM di Indonesia dari BSI, pertumbuhan ekonomi syariah semakin membaik dan membawa berkah ke lebih banyak masyarakat

    ReplyDelete
  5. Keren nih BSI bisa ambil peran untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia.

    ReplyDelete
  6. Peluang yang bagus banget buat Indonesia dan Bank BSI sangat grecep serta cermat melihat peluang dan kesempatan yang ada. Semoga Industri Halal Indonesia semakin mendunia dan berimpact positif bagi sektor-sektor terkait 😇

    ReplyDelete
  7. Programnya menarik banget ini ya, dengan adanya peran Bank Syariah Indonesia juga dapat membantu para produsen Halal untuk terus memajukan perekonomian ya. Terutama dengan prinsip syariah yang dimiliki dari Bank Syariaj Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya aku senang ada BSI di Indonesia
    Makin gak was was soal perbankan
    Aku cuma berharap next bisa makin bagus maintenance-nya ketika ada trouble
    Produsen halal pun harus mampu memanfaatkan agar konsumen makin trust

    ReplyDelete
  9. Saya datang ke expo ini. Jadi semakin paham kalau urusan halal haram gak hanya tentang makanan. Ternyata lebih luas. Senangnya bisa konsultasi syariah juga di sana

    ReplyDelete
  10. Bener banget, konsep halal saat ini sudah menjadi lifestyle bukan saja bagi muslim tapi juga non muslim.
    Btw BSI International Expo 2024 rame banget yaa.. semoga hal ini menunjukkan bahwa ekonomi syariah di Indonesia berkembang bagus saat ini :)

    ReplyDelete
  11. Iya banget. Bank Syariah pastinya jadi penyokong utama para produsen produk halal ya. Jadinya dari hulu hingga hilir bisa sesuai syariat. Jadinya pasti halal. Kudu nuh banyak produsen produk halal semuanya berpindah ke BSI. Biar gak setengah-setengah dalam kehalalannya.

    ReplyDelete
  12. Senang sekali karena Indonesia menjadi salah satu pusat industri halal di dunia.
    Karena mayoritas muslim dan harapannya mampu membangkitkan semangat para produsen UMKM dalam mengembangkan produk halal Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Makin banyak yang mensyiarkan ekosistem halal supaya makin banyak brand aware kalau sertifikasi halal penting yaa. Soalnya di mall2 masih banyak yang kyk mengabaikan gtu, padahal ada juga yang kalau makan tu berhati2.
    Pamerannya mantul nih. Baru tahu BSI juga ada prgram beasiswanya. Ya gtu bagus sih ketimbang mahasiswa2 kejerat pinjol yaa, mending dibantu. Sering2 aja pemerintah bikin program beasiswa kyk gtu melalui bank2nya.

    ReplyDelete
  14. Antusiasme pengunjungnya luar biasa, padat merayap. Market muslim di Indonesia ini gede jadi harus digarap serius, dengan adanya BSI International Expo bikin produk UMKM makin dikenal luas & sekalian edukasi juga kalau tahun depan produk yang dijual haris sertifikasi halal

    ReplyDelete
  15. Eh beneran, konsep halal kek udah mendarah daging gitu, makanya banyak banget produk yang mengusung konsep halal. Gapap banget sih, karena menuju ke arah postitif :)

    ReplyDelete
  16. Wah keren banget ini ya. Dengan adanya peran dari Bank Syariah Indonesia dapat membangkitkan semangat UMKM untuk terus meningkatkan produk halal.

    ReplyDelete
  17. Keren nih inovasi BSI yang seolah tanpa batas, selalu kreatif. Makin marak produk halal ya dan ini penting sekali memang. Moga aja gak asal kasih serti halal tp juga harus benar-benar sesuai dengan syariat islam ya. Semoga dengan dukungan BSI, industri halal di Indonesia akan semakin maju dan kompetitif di kancah internasional.

    ReplyDelete
  18. Halal lifestyle ini tetap selalu naik daun ya baik di dalam maupun luar negeri. Alhamdulillah banyak yang sudah sadar bahwa halal living itu sangat penting

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏