Minggu, 21 Mei 2017

Yuk Belajar Bareng "Photography Beauty Product"





Kemarin di blog saya tentang Food Stylist kali ini saya akan bercerita tentang Workshop Beauty Produtc Photography bersama @yukbelajarbareng dengan pengajar seorang perempuan cantik yang follower instagram sudah puluhan ribu  mba Silva Sandiarini, oh iya kali saya berkesempatan belajar sebagai perwakilan dari Blogger Perempuan, Alhamdulillah senang banget sekali lagi saya dapat banyak ilmu, karena berkecimpung di dunia blogger ini.

#yukbelajarbareng ini berdiri  sudah  dari bulan maret tahun 2016, awal terbentuknya yaitu dua pemilik olshop bekerjasama membuat event khusus untuk perempuan pemilik olshop, waktu itu bernama Bakul Noceng dan Casa Mungil, dan event tersebut bernama “Yuk Belajar Bareng” dan setelah melalui proses diskusi akhirnya diputuskan untuk menamakan Yuk Belajar Bareng sebagai workshop-workshop selanjutnya,   dan  telah mengadakan workshop photography yang ke 10 dengan total peserta kurang lebih 300 orang, begitu kata Mba Amika foundernya dari Yuk Belajar Bareng (YBB) kalau mau ikut workshop sering-sering "pantengin" akun instagram @yukbelajarbareng biar bisa ikutan workshop selanjutnya.


Sebenarnya hampir sama dengan tehnik Food Photography tinggal kita mengasah kemampuan menata agar foto dilihatnya lebih menarik dan terliha eye catching. Kali ini agak lebih mendetail karena cuaca sedang cerah hasil fotopun jadi lebih bagus, Mba Silva memberikan tips-tips untuk  beauty product photography antara lain ini fotonya juga pakai kamera handphone ya.

sebagian property tambahan

Yang harus dilakukan :
  1.  Kenali pengaturan dan fitur pada ponsel
  2. Pastikan cahaya cukup
  3. Pilih aplikasi edit yang bagus
  4. Kenali waktu jeda shutter
  5. Motret sesering mungkin
  6. Pilih resolusi yang paling tinggi
  7. Perhatikan komposisi dan elemen-elemen photography (warna, garis dan bentuk)
  8. Pegang handphone se-stabil mungkin
Picture by Mba Silva editingby me

Yang tidak boleh dilakukan
  • Jangan gunakan “Zoom”
  • Jangan motret dibawah teriknya matahari, waktu yang bagus untuk foto yaitu antara jam 7 – 10 pagi dan 2 – 5 sore
  • Ketika angle eye view, jangan terlalu dekat dengan objek, (mengurangi distarsi)

hasil belajar masih arahan mba silva

Pencahayaan ada beberapa jenis yaitu :

  • Oval Light cahaya datang dari arah 45 derajat dari posisi kamera sekitar ¾ dari objek foto.
  • Back Light arah cahaya dari belakang objek
  • Side Light arah cahaya dari kanan atau kiri objek, karateristik cahaya samping memberi kesan dimensional yang kuat, dapat memperkuat tekstur
  • Rim Light arah cahaya dari belakang objek dengan sudut ¼ objek sehingga bagian depan objek akan menggelap
  • Bird Eye View posisi objek berada dibawah dari tempat kita berdiri, biasanya menampilkan keseluruhan objek dan sekitarnya lebih luas lagi.
  • High Angle posisi kamera lebih tinggi dari pada objek sehingga kamera menunduk ke bawah
  • Eye View kamera dan lensa sejajar dengan objek yang akan dipotret.
  • Point of Interrset pertama kali mata akan berhenti di salah satu titik atau titik awal untuk mengeksplorasi sebuah karya foto.
after workshop picture by me @teeadnu

Kalau mau tahu bagaimana contoh dari hasil pencahayaan bisa ikut workshop selanjutnya, intinya jika kita ingin memotret suatu produk, pikirkan konsep foto produk, gunakan objek yang cocok, bijak memilih props/penunjang foto, pilih sudut pengambilan yang baik, detail terhadap kotor, bercak atau bahan yang kusut, terakhir pastikan detail model keseluruhan dapat diterima pesannya.

peserta worksop

Terima kasih buat ilmu dan kesempatannya @yukbelajarbareng, @oldhippie_silva dan @bloggerperempuan, semoga  tulisan saya bermanfaat ya, dan jika memang mempunyai hobi photography kembangkan hobi itu motret sesering mungkin, sering-sering melihat akun instagram photograper ternama atau ikuti workshop-workshop, bisa menjadi tambahan ide dan suatu saat bisa mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut.


11 komentar:

  1. woow .. mau ah, belajar fotografi seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuks mba di Ig @yukbelajarbareng buka lagi tuh

      Hapus
  2. Wahhh keren bgt ilmunya. Kalo ketemuan, ajarin aku donk lebih detil yak

    BalasHapus
  3. Pengen banget bisa moto yg keren2 gitu mbak

    BalasHapus
  4. Seru ya. Aku kalau ada workshop kayak gini pengin ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mba coba pantengin Ig @yukbelajarbareng

      Hapus
  5. Aq ketinggalan workshopnya mb silva.hiks

    BalasHapus
  6. pingin deh bisa motret bagus. makasih ilmunya ya...

    BalasHapus
  7. Itu pake hape aja keren2, Mba Utie. Kalau saya biasanya nontonin IG akun masakan sih, haha... Biar motret sambelnya bagus :D

    BalasHapus
  8. Aku baru sebatas follow2 fotografer aja xixi. Padahal sebenrnya pengen. Noted banget tuh megang kamera sestabil mungkin. Secara suka sayang klo lihat blog artikelnya keren,tapi fotonya pas ngeblur atau buram dan ga jelas. Makanya harus banyak latihan dan bolak balik jepret tuh bener banget

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,