Pentingnya Tahu Jenis-jenis Obligasi


pentingnya-tahu-jenis-jenis-obligasi


Zaman sekarang, investasi jadi pilihan yang menjanjikan untuk perencanaan keuangan di masa depan. Salah satu jenis investasi yang menarik dan menguntungkan adalah Obligasi. Dalam dunia investasi, ada banyak jenis Obligasi yang bisa Anda pilih.

Sebelum mencoba berinvestasi pada Obligasi, ada baiknya memahami makna Obligasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi Obligasi adalah surat pinjaman dari pemerintah yang dapat diperjualbelikan dan memiliki bunga tertentu.

Melalui investasi tersebut, Anda bisa memiliki aset dalam bentuk surat utang atau surat berharga negara. Jika Anda tertarik mempunyai aset tersebut, maka kenali macam-macam Obligasi berdasarkan kategori berikut ini agar tepat dalam berinvestasi.

Jenis-jenis Obligasi Berdasarkan Kupon

Obligasi berdasarkan kupon merupakan Obligasi yang dibedakan dari jenis kupon yang diterima oleh pemegang Obligasi atau investor. Tercatat ada tiga jenis Obligasi dengan tipe kupon sebagai berikut.

1. Obligasi Zero-Coupon
Obligasi ini merupakan jenis investasi yang membuat pemegang Obligasi (investor) tidak akan menerima kupon secara berkala. Penerbit hanya membayarkan bunganya secara sekaligus, yakni saat waktunya jatuh tempo sesuai ketetapan yang ada.

2. Obligasi Fixed Coupon
Obligasi ini juga biasa disebut Obligasi kupon tetap, yaitu investasi dengan tingkat kupon yang sudah ditetapkan sebelum masa penawaran di pasar perdana. Sementara untuk pembayaran bunganya akan dilakukan secara periodik.

3. Obligasi Variable Coupon
Obligasi ini sifatnya hampir serupa dengan Obligasi kupon tetap, tapi suku bunganya dapat berubah sewaktu-waktu. Perubahan suku bunga tersebut dapat tergantung dari suku bunga perbankan.

Jenis-jenis Obligasi Berdasarkan Jatuh Tempo

jenis-jenis-obligasi



Berikutnya macam-macam Obligasi berdasarkan waktu jatuh temponya. Terdapat dua jenis dari Obligasi tersebut, simak selengkapnya sebagai berikut.
  • Obligasi Jangka Panjang
Sesuai namanya, Obligasi ini memiliki waktu jatuh tempo yang lama dalam jangka 1-10 tahun. Bagi Anda yang memiliki target pencapaian investasi dalam jangka panjang atau minimal lebih dari satu tahun, maka cocok memilih investasi ini.

Kendati demikian, investasi ini dinilai kurang aman bagi sebagian orang karena ada risiko Obligasi jangka panjang seperti risiko inflasi, suku bunga turun, hingga ketidakmampuan penerbit dalam mencairkan aset.
  • Obligasi Jangka Pendek
Kebalikan dari Obligasi jangka panjang, investasi jangka pendek justru waktu jatuh temponya maksimal satu tahun. Jadi, investasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencairkan aset dalam rentang waktu beberapa bulan saja.

Selain itu, jenis Obligasi tersebut dinilai rendah risikonya. Namun, return yang diperoleh turut rendah pula. Sebaiknya, perhatikan aspek tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam memilih investasi ini.

Jenis-jenis Obligasi Berdasarkan Penerbit

Obligasi berdasarkan penerbit merupakan macam-macam Obligasi dilihat dari lembaga yang menerbitkannya. Berikut daftar Obligasi berdasarkan penerbitnya.
  1. Obligasi Pemerintah Pusat
Seperti namanya, definisi Obligasi ini adalah jenis investasi yang asetnya secara resmi diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Sebagai bagian dari pemerintah, tak mengherankan jika Obligasi tersebut dinilai paling tinggi keamanannya.

Contoh Obligasi Pemerintah yang populer, yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) yang termasuk salah satu instrumen Surat Berharga Negara. Penjualan aset tersebut bisa Anda akses melalui e-SBN sesuai dalam situs resmi Kementerian Keuangan RI.

    2. Obligasi Korporasi

Selain dari pemerintah, pihak korporat atau perusahaan juga berhak mengeluarkan aset yang bisa dijadikan Obligasi. Perusahaan tersebut dapat berasal dari BUMN atau swasta.

Satu kelebihan dari Obligasi ini, yaitu menawarkan bunga Obligasi yang umumnya lebih tinggi ketimbang bunga dari Deposito. Meski demikian, risiko seperti ketidakmampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya pun perlu dipertimbangkan.

    3. Obligasi Pemerintah Daerah

Jika sebelumnya ada Obligasi Pemerintah pusat, maka selanjutnya ada Obligasi Pemerintah daerah. Definisi Obligasi Pemerintah daerah, yakni surat hutang atau surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah daerah dan ditawarkan secara umum di pasar modal.

Obligasi tersebut biasanya diterbitkan sebagai upaya membantu pendanaan pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan. Meski pemerintah daerah memiliki wewenang menerbitkan surat Obligasi, tapi harus memenuhi persetujuan dan persyaratan dari pemerintah pusat terlebih dahulu.

Obligasi di DBS Treasures, Pilihan Tepat Investasi

Sekarang ini, ada banyak mitra investasi yang menawarkan Obligasi. Perlu Anda catat, berinvestasi paling aman tentunya melalui mitra yang jelas dan sudah pasti kredibilitasnya seperti perbankan prioritas DBS Treasures. Apalagi, DBS Treasures menawarkan banyak keunggulan seperti berikut
  • Tersedia Kupon Reguler untuk Pembayaran
Apabila Anda memilih investasi Obligasi ini, maka akan memperoleh kupon secara periodik. Kupon tersebut juga bersifat regular, artinya pembayarannya secara berkala sesuai periode investasi dari penerbit Obligasi.
  • Ada Potensi Capital Gain
Anda bisa menjual beberapa jenis Obligasi kapan pun sebelum waktu tempo dan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut jika berhasil meraih harga lebih mahal ketimbang saat membelinya.
  • Peluang Memperoleh Kupon Kompetitif
DBS Treasures menawarkan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.
  • Tanpa Biaya Tambahan
Menariknya lagi, Anda tidak perlu menambah biaya tambahan. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).
  • Transaksi Tanpa Batasan
DBS Treasures juga menyediakan ragam produk Obligasi yang bisa Anda perjualbelikan melalui Aplikasi digibank by DBS.
  • Praktis Investasi via Aplikasi digibank by DBS
Investasi Obligasi tersebut juga kian mudah karena Anda bisa mengaksesnya secara langsung melalui Aplikasi digibank by DBS. Berbagai aktivitas investasi seperti pembelian, penjualan, hingga proses registrasi Single Investor Identification (SID) dapat Anda lakukan dari aplikasi tersebut.

Demikian rangkaian informasi mengenai sejumlah jenis Obligasi yang bisa dijadikan referensi, terutama bagi Anda yang minat melakukan investasi tersebut. Segera tentukan pilihan investasi Anda dan optimalkan peluang keuntungan dengan yakin bersama DBS Treasures sebagai rekomendasi yang tepat dalam berinvestasi karena menawarkan banyak manfaat. Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini.

No comments