Saturday, 15 October 2016

Ketika Deman Menggangu Mood Anak Saat Liburan










Ketika Demam Mengganggu Mood Anak Saat Liburan


Kali ini saya akan menceritakan liburan seru waktu ke Lampung selama menikah hampir 10tahun memang kami tidak pernah ke Lampung dikarenakan satu hal saya takut/Fobia laut entah kenapa penyebabnya, kalau melihat laut rasanya seram saja. Nah kali mau ngga mau harus ikut karena teman kantor ayahnya mau nikah ceritanya sekalian bawa libur anak-anak karena liburan kemarin-kemarin hanya ke rumah neneknya ke Cirebon dan ke rumah mbahnya di Surabaya Akhirnya ya kita berempat berangkat sesampainya di pelabuhan merak, biasalah selalu antri untuk mobil masuk ke dalam kapal, sedikit takut ya,,, ini kali pertama saya dan anak-anak naik kapal kalau ayahnya mungkin dulu pernah beberapa kali.

Sesampai di kapal terus terang saya hanya berada di dalam mobil sedangkan anak-anak keluar bersama ayahnya ke geladak kapal. "Pake jaket bang!" Angin laut kencang sekali!" "Ngga ah bun!" Abang menolak cuma adiknya yang mau sepanjang di geladak kapal Abang berlari-lari sambil sesekali berdiri di pinggir kapal, kagum  mungkin karena baru pertama kali ini dia melihat laut dari dekat. Padahal dulu juga pernah diajak ke pantai Ancol dan Anyer tapi memang tidak naik kapal. Sesampainya di Kalianda kita mencari penginapan yang dekat pantai dan malamnya langsung ke acara resepsi. 



Nah keesokkan harinya Abang sudah bersemangat untuk berenang di pantai dan mancing, sarapan dulu bang baru berenang.. ujar saya waktu itu, Abang baru menghabiskan susunya setengah gelas dan rotinya mungkin hanya satu atau dua gigitan kemudian sudah lari ke pantai bersama sambil buka baju cuma memakai celana pendek yah mungkin saking exited juga pagi-pagi laut sudah dihadapannya, "Abang mau cari kerang buat aquarium di rumah Bun!" sampai tengah hari dia berenang kemudian ikut mancing bersama ayahnya. Seharian itu tidak merasakan capek masuk penginapan hanya minum kemudian balik lagi ke pantai Begitu seterusnya,

Ketika menjelang sore baru mukanya kelihatan merah dan mulai mengeluh badannya lemas, "duuuhhh ketika saya memegang kening dan lehernya agak panas, agak panik sih kemudian saya mencari kotak obat didalam mobil tapi ngga ketemu, ayahnya juga ikut mencari tapi tetap ngga ketemu,, lupa kemarin sebelum berangkat mobil masuk ke bengkel kemudian di steam barang-barang yang di dalam mobil dikeluarkan semua termasuk ya kotak obat tapi tidak dimasukkan lagi. Ya sudah akhirnya mencari apotek terdekat untunglah sirup Tempra Forte ada  karena memang Tempra sangat cocok untuk penanganan pertama jika demam karena kandungan Paracetamol dalam Tempra aman dan tidak menimbulkan iritasi lambung dan cepat menurunkan demam anak, Kalau dulu usia Abang dan Ade usia 2 tahun kebawah saya sediakan Tempra Drops, tapi karena usianya sekarang sudah 9 dan 10 th saya menyediakan Tempra Forte.
Kalau meminum tidak perlu membujuknya susah-susah karena rasa jeruknya yang disukai anak-anak dan tidak mencari-cari sendok untuk meminumnya karena sudah disediakan gelas takar dengan dosis yang tertera di dalam kemasan.






Kenapa saya memilih Tempra karena dari kakak saya pertama sampai sekarang anaknya sudah berkeluarga dan mempunyai anak, dirumahnya juga menyediakan Tempra jadi  sudah turun menurun sangat percaya pada Tempra

Paginya Alhamdulillah panasnya turun, kasihan juga sih melihat Abang hanya melihat dari teras penginapan anak-anak yang sedang mandi di pantai dan adiknya juga ikut-ikutan ngga mau main hanya menggambar dan menemani abangnya duduk di teras,, “Coba kemarin abang sarapannya ngga keburu-buru terus ngga telat makan dan di kapal mau pake jaket pasti ngga demam ya bun!” katanya sambil memandang kedepan,, sayapun hanya memeluk pundaknya “maafin bunda juga ya bang,,, suatu saat kita pasti kesini lagi bunda janji tapi abang harus nurut sama bunda, senang boleh tapi tetap kalau main harus ingat makan terus istirahat juga jangan sampai seharian main di pantai.


Akhirnya dari kejadian itu saya dapat pelajaran juga ;

1.      # Cek selau sebelum berangkat apakah kotak P3K ada di dalam mobil, ini yang penting karena kita tidak tahu kalau sewaktu-waktu anak-anak bahkan kita pasti memerlukannya

2.     #  Perlengkapan baju, celana renang  dan sunblock yang penting untuk menjaga kulitnya lansung dari paparan sinar matahari


3.    #   Makanan mungkin kemarin abang tidak mau makan karena menunya kurang menarik, beda dengan kita yang orang dewasa  makan apa saja mungkin bisa.

4.      # Ketika anak demam pokoknya jangan panik, itu kunci utama sebenarnya, terus jangan membuat dia tidak nyaman.

Itu saja tips utama yang penting kita akan mengajak anak-anak berlibur biar liburannya berkesan dan liburan tetap ceria bersama anak.




Ada nilai plusnya ketika sering berlibur bersama anak selain bounding lebih dekat juga mengenalkan alam disekitarnya kepada anak-anak yang bisa menambah ilmu pengetahuaannya dan tentunya menambah imajinasi anak-anak ketika mereka menceritakan tentang liburannya.



Note :

Artikel ini diikut sertakan  dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho

22 comments:

  1. Waahh saya malah senang laut...suara anginnya itu..untung ada tempra ya...

    ReplyDelete
  2. Gk tau nu,, mungkin efek gk bs berenang jg kali hiks hiks mksh y,,,

    ReplyDelete
  3. Gk tau nu,, mungkin efek gk bs berenang jg kali hiks hiks mksh y,,,

    ReplyDelete
  4. Gk tau nu,, mungkin efek gk bs berenang jg kali hiks hiks mksh y,,,

    ReplyDelete
  5. Gk tau nu,, mungkin efek gk bs berenang jg kali hiks hiks mksh y,,,

    ReplyDelete
  6. Berlibur bersama keluarga menjadi hal yg nenyenangkan dan usia anak umumbya exited banget mengenal hal2 baru. Menjaga daya tahan tubuh mereka saat berergian memang penting banget ya mba

    ReplyDelete
  7. Paling suka mengajak anak liburan outdoor, bisa sambil belajar tentang alam. Tapi...kalau tiba-tiba sakit, duh ga enak banget

    ReplyDelete
  8. obat anaknya kaya obat anak sya :D

    ReplyDelete
  9. Kalau anak gak enk badan itu hati pasti gelisah
    Untung ada Tempra ya, Mbak :D

    ReplyDelete
  10. Kalau anak gak enk badan itu hati pasti gelisah
    Untung ada Tempra ya, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mba nurliana paracetamol kandunganny aman u.ank2

      Delete
    2. Iy mba nurliana paracetamol kandunganny aman u.ank2

      Delete
  11. Geladak kapal emang menarik banget mbak, buat anak-anak... Saya dulu juga gitu, trus ga mau pake jaket, jadi sakit deh... :) untuk ada tempra ya mbaa... :)

    ReplyDelete
  12. Semoga sehat selalu Abang biar bisa liburan terus sama Ayah dan Bunda :)

    ReplyDelete
  13. Semoga sehat selalu Abang biar bisa liburan terus sama Ayah dan Bunda :)

    ReplyDelete
  14. Aamiin,,, sma2 mba sehat trs jg kelgny

    ReplyDelete
  15. Aamiin,,, sma2 mba sehat trs jg kelgny

    ReplyDelete
  16. kalo anakku demam juga selalu ku kasih tempra Mba, lebih cepat turun panasnya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,