Resep Sop Bandeng Belimbing Wuluh




Pengen kasih resep rumahan, tapi rasanya enak dan seger, bagi bunda yang males ngulek kayak saya ini patut di coba, caranya pun mudah banget...dan ngga perlu waktu lama

Bahan
- 2 ekor ikan bandeng (ikan kakap pun boleh)

Bumbu
- 10 buah belimbing Wuluh iris sedang
- 2 genggam daun kemangi
- 1 Batang sereh
- 3 lembar daun salam + 2 lembar daun jeruk
- 2 ruas jari jahe
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabe merah (jika suka pedas)
- 1 sdm minyak untuk menumis
- 2 gelas air

Caranya
- bersihkan ikan potong menjadi tiga bagian tiriskan

Geprek bawah putih dan jahe tumis setelah harum masukkan air 2 gelas masukkan ikan + sereh +daun jeruk + daun salam +1 sdt garam setelah menggolak masukkan belimbing Wuluh + daun kemangi + tomat + cabe rawit merah
Matikan kompor stlh daun kemangi sdkit layu

Sajikan dengan nasi hangat. Selamat mencoba bunda

17 comments

Dewi Nielsen said...

Wah, pagi2 aku disuguhin bandeng..tau aja aku laper mbak Utie   huaaaa....dimana aku cari bandeng dimari :D

Utie Adnu said...

Ikan laut yg lain juga bisa lebih enak lagi^^

Utie Adnu said...

Ikan laut yg lain juga bisa lebih enak lagi^^

HAERIAH SYAMSUDDIN said...

jadi kangen ikan bandeng. Di sini belum pernah liat ikan bandeng. Kalau di Makassar biasanya ditambah kunyit jadi warnanya menjadi kuning. Namanya pallu mara. Hm, mendadak lapar....

Santi Dewi said...

saya dan anak2 kurang suka ikan bandeng, karena durinya yg banyak. sepertinya bisa diganti ikan yg lain ya... soalnya keliatan seger :)

Sandra Buana Sari said...

Waaah segeeer.. btw bandengnya bisa diganti sama ikan lain kah mba? Aku rada ngga suka bandeng hihihii XD

Utie Adnu said...

Bisa mba Sandra pake ikan kakap lbh nikmat^^

Utie Adnu said...

Bisa mba ikn kakap enak,,, ngakalin durinya biasanya ditarik bersamaan kepala sm ekornya trus ekorny dipatah2in durinya lsg kimpul d pinggir 2nya

Utie Adnu said...

Bisa mba ikn kakap enak,,, ngakalin durinya biasanya ditarik bersamaan kepala sm ekornya trus ekorny dipatah2in durinya lsg kimpul d pinggir 2nya

Utie Adnu said...

Anak-anak sukanya bening mba,,,

Agi Tiara | duckofyork said...

wah bandeng, salah satu favorit saya niihhhhh. besok mau coba ah bikin sup bandengnya. thanks for sharing mbakkk

nita lana faera said...

Sayur ikan ini emang enak sih untuk variasi menu yang enggak digoreng. Cocok juga untuk menu makan anak-anak ya.

Utie Adnu said...

Iya mba Nita mksh y

Utie Adnu said...

Siyaappp mksh jg dh brkunjung

Hermiadi Eher said...

ehhh ngecessss nih saya hehehe... Bila berkenan mampir ke blog saya ya hehe...

Larasati Neisia said...

Waah enak nih kayaknya seger banget mba.. Kebetulan suka banget ikan hihi

Siti Nurjanah said...

Praktis ya mba resepnya