Tuesday, 7 July 2020

Tanggap Alergi Pada Anak Lakukan Gerakan 3K

Tanggap Alergi Pada Anak, Lakukan Gerakan 3K 
Hai Bunda,,, mempunyai anak dan menyaksikan tumbuh kembangnya adalah hal terindah dalam hidup kita sebagai orangtua, apalagi jika mereka tumbuh sehat tentu ada kebahagian tersendiri, akan tetapi ternyata tidak semua anak bisa toleran terhadap sesuatu yang di konsumsi contohnya saja jika dia alergi terhadap protein susu sapi. Seperti anak saya yang kedua. Entah mengapa beda dengan kakaknya.

Setelah diberi ASI selama 2 tahun. Kemudian saya mencoba memberi asupan tambahan dengan susu seperti kakaknya tetapi apa yang terjadi, ternyata tiba-tiba dia mengalami gangguan saluran pencernaan sakit perut, mual, muntah, disertai diare. 

Awalnya saya panik, kemudian dibawa ke dokter dan setelah diperiksa ternyata si kecil ini alergi terhadap protein susu sapi. Dan dokter menyarankan menganti susu dengan susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi tersebut dan terbuat dari isolat protein kedelai (soya). 

Hal yang sama pun saya dapatkan ketika kemarin mengikuti webinar via zoom barsama para ahli tentang Tanggap Alergi di Masa Pandemi yang diselenggarakan oleh Sari Husada dalam rangka mendukung World Allergy Week 2020 atau Pekan Alergi Dunia hadir para pembica, salah satunya Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes selaku Konsultan Alergi dan Imunologi Anak mengatakan, “Alergi susu sapi merupakan salah satu jenis alergi yang paling banyak dialami anak." 
Tanggap Alergi Pada Anak, Lakukan Gerakan 3K

Gejala yang muncul akibat anak alergi susu sapi biasanya menyerang kulit seperti ruam-ruam merah, sistem pernapasan seperti batuk dan bersin yang berulang, atau sistem pencernaan misalnya sakit perut yang membuat anak menjadi rewel. Alergi susu sapi pada anak diakibatkan oleh respon sistem imun yang tidak normal terhadap protein susu sapi (whey dan kasein). Hal ini perlu menjadi perhatian karena susu adalah salah satu sumber protein yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Di sini, peran orang tua khususnya Bunda sangat penting untuk menangani kondisi anak yang alergi sapi, termasuk pemberian nutrisi alternatif yang tepat.” 
  
Tips Tanggap Alergi Saat Pandemi
Apalagi saat pandemi seperti ini tentunya masalah kesehatan sangat riskan, tidak ingin sikecil tiba-tiba jatuh sakit, perlu mengganti alternatif nutrisi yang tepat untuk sikecil. Prof Budi menyarankan 
  • Pemberian nutrisi, gizi yang lengkap, cari sumber lain untuk kebutuhan vitamin dan mineral Kalsium, protein, vitamin D, dan B12 banyak terkandung dalam susu. Jika si kecil alergi susu sapi, maka Bunda bisa memberikannya makanan pengganti seperti brokoli, bayam, dan kedelai guna memenuhi kebutuhannya. Hindari juga makanan pemicu alergi, seperti ikan, telur, gandum dan lain-lain.
  • Jangan lupa imunisasi yang lengkap pada si kecil 
  • Bunda juga bisa mengajak si Kecil bermain di luar ruang supaya ia terpapar sinar matahari yang dapat membantunya mendapatkan vitamin D, agar meningkatkan daya tahan tubuhnya. 
  • Harus sering cuci tangan dan pakai masker serta jangan dibawa ketempat kerumunan.
Tanggap Alergi Pada Anak, Lakukan Gerakan 3K
makanan pemicu alergi

Tanggap Alergi Pada Anak, Lakukan Gerakan 3K
Prof Budi, Anggi Morika, Mediana Herwijayanti dan Natasha Rizki
Selain Prof Budi yang hadir sebagai pembicara di webinar kemarin hadir juga 
  • Anggi Morika Septie selaku Senior Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya, 
  • Mediana Herwijayanti selaku Digital Marketing Manager SGM Eksplor Advance+ Soya 
  • Natasha Rizky, Selebriti & seorang Bunda 
Tanggap Alergi Melalui Gerakan 3K.
Ibu Anggi mengatakan webinar ini juga merupakan rangkaian program edukasi di Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju, mengajak para Bunda untuk jaga kesehatan si Kecil dengan Tanggap Alergi melalui gerakan 3K, yaitu: 
  1. Kenali gejalanya, 
  2. Konsultasikan ke dokter yang bisa dilakukan melalui telepon atau online agar Si Kecil mendapat penanganan yang tepat dan 
  3. Kendalikan faktor penyebab alergi susu sapi dengan alternatif nutrisi yang tepat 
"Agar Si Kecil bisa tetap tumbuh dan berkembang secara optimal. Kami berharap kesehatan anak-anak Indonesia, khususnya anak dengan alergi susu sapi, dapat menjadi perhatian agar tetap terjaga sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal." 

Rangkaian Kegiatan Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju
Dan menurut Ibu Mediana , “Untuk memberikan inspirasi dan mendukung para Bunda Tanggap Alergi Generasi Maju agar tetap memperoleh edukasi nutrisi serta cara mengatasi dan mengendalikan faktor yang menyebabkan alergi susu sapi, SGM Eksplor Advance+ Soya menghadirkan rangkaian kegiatan dalam acara Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju". 

Kegiatan ini berupa konten-konten edukasi digital yang bisa diakses dengan mudah melalui akun Instagram @soya_generasimaju dan Facebook Page Soya untuk Generasi Maju. Ada kelas Zumba tanggap Alergi dengan gerakan olahraga ringan untuk Bunda dan si Kecil agar tetap aktif dan sehat, inspirasi kreasi resep sehat berbahan dasar SGM Eksplor Advance+ Soya bekerja sama dengan para celebrity chef serta tips-tips praktis untuk mendukung si Kecil yang alergi susu sapi agar tetap sehat dan nyaman beraktivitas selama di rumah.” 
Tanggap Alergi Pada Anak, Lakukan Gerakan 3K
Natasha Rizky
Sedangkan Natasha membagi pengalaman sebagai bunda yang salah satu anaknya juga alergi terhadap protein susu, "saya sangat memperhatikan asupan nutrisi yang saya berikan kepada anak terutama untuk memastikan anak saya tetap sehat dan gejala yang muncul akibat alerginya berkurang.

Tanggap Alergi Pada Anak, Lakukan Gerakan 3K

"Dengan memberikan anak saya alternatif nutrisi yang tepat, sekarang gejala yang muncul akibat alerginya sudah tidak muncul lagi sehingga dia bisa lebih aktif bermain dan belajar serta tumbuh kembangnya tetap optimal. Saya sangat mengapresiasi SGM Eksplor Advance+ Soya yang terus mengadakan berbagai kegiatan edukasi yang terkait dengan anak alergi susu sapi sehingga lebih banyak lagi inspirasi untuk Bunda di Indonesia agar menjadi Bunda Tanggap Alergi dengan Gerakan 3K, juga." 

Jadi bisa diambil kesimpulan intinya kalau memang mempunyai anak alergi terhadap protein susu sapi jangan panik, kita bisa memberikan nutrisi alternatif yang setara kandunggannya dengan protein susu sapi, dan ingat jangan percaya hoax, karena katanya jika anak diberikan susu soya akan menjadi lembek atau besarnya nanti melambai,,,
Tanggap Alergi Pada Anak, Lakukan Gerakan 3K

Karena kandungan soya ini terbuat dari 100% isolat protein kedelai (soya) yang dilengkapi dengan probiotik Bifidobacterium longum BB536 yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas dan Bifidobacterium breve M-16V untuk mencegah diare dan infeksi saluran cerna serta prebiotik laktulosa agar kesehatan saluran cernanya tetap terjaga. Minyak ikan dan Omega 3 & 6 dan Sarat pangan vitamin

Susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi tersebut dan terbuat dari isolat protein kedelai (soya). 

Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya, dan sama-sama berdoa agar pandemi ini cepat berakhir dan ingat jika anak alergi cepat tanggap dengan lakukan gerakan 3K

Utieadnu.


24 comments :

  1. Catet nih gerakan 3K ini biar kalau punya anak gak kaget dan ribut sendiri. Jangan lupa juga imunisasi lengkap buat anak

    ReplyDelete
  2. masih dalam rangka allergy week, tanggap alergi sangat diperlukan karena alergi kalo gak diatasi sejak dini bisa berbahaya

    ReplyDelete
  3. Kalo punya anak dgn alergi susu sapi, JANGAN PANIK.
    Itu kunci yg utama yaaa :)
    Bunda memang kudu tanggap alergi demi tumbuh kembang si kecil.

    ReplyDelete
  4. Memiliki anak yang alergi cukup menegangkan, yaa? Orang tuanya harus selalu tanggap dan waspada. Juga harus lebih kreatif dalam memberikan nutrisi ke anak, sebagai pengganti susu sapi. Jadi pelajaran juga nih buatku, bahwa penting banget untuk mengenal 3K. Terima kasih sharingnya Mbak Utie.

    ReplyDelete
  5. 3K memang penting banget. Gak hanya untuk alergi susu sapi. Kebetulan anak-anak saya juga ada alergi. Memang sebaiknya jangan panik ketika alergi kambuh

    ReplyDelete
  6. Tanggap alergi memang penting banget dimiliki para ibu. Terutama bagaimana mengenali gejalanya. Untung sekarang ada konsultasi online dengan dokter ya, jadi kalau anak menunjukkan gejala alergi bisa langsung konsul dan dapat penanganan yang tepat.

    ReplyDelete
  7. Anakku dulu alergi pas peralihan dari ASI ke susu formula, alhamdulillah waktu itu langsung ditangani dengan baik. Akhirnya ngikutin apa kata dokternya, sekarang sudah gak alergi lagi

    ReplyDelete
  8. Mesti diingat baik-baik nih. Jangan panik ketika anak alergi terhadap protein susu sapi. Dan harus menjalankan 3 K, biar aman dan anak akan cepat mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  9. Syukurlah, kini orang tua enggak perlu panik lagi jika Si Kecil memiliki alergi susu sapi. Sudah ada alternatif nutrisi yang kandungannya sama baiknya dengan susu sapi. Sehingga mereka dapat bertumbuh kembang secara optimal.

    ReplyDelete
  10. Waah noted mbak. Aku waktu kecil punya riwayat alergi, jadi nanti kalau punya anak memang harus cepat tanggap pakai gerakan 3K itu ya mau alergi apapun. Biar tau nutrisi apa yang pas buat ngatasin alerginya.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah berarti udah bener yaa meskipun physical distancing tapi aku tetep bawa anak-anak berjemur supaya dapat vit. D

    ReplyDelete
  12. don't be panic because there is soya milk. like from SGM. We are still can give good nutrition for our kids as soya. Thanks for your sharing

    ReplyDelete
  13. Emang bener sih, umumnya respon ibu saat pertama kali tahu anaknya alergi yaa itu: panik. Tapi semakin belajar, pastinya bakal semakin tanggap. Apalagi untuk alergi susu sapi sendiri kini udah ada alternatifnya yaitu susu soya.

    ReplyDelete
  14. Anak yang memiliki alergi susu sapi masih bisa terpenuhi asupan nutrisinya dengan mengonsumsi susu soya ya.Dengan begitu tumbuh kembang mereka akan lebih optimal

    ReplyDelete
  15. Berjemur untuk mendapatkan vitamin D juga sering dilakukan oleh mama saya. Semoga pandemi ini segera berlalu hingga keadaan kembali lebih baik

    ReplyDelete
  16. Suka sedih lihat anak dengan riwayat alergi.
    Salah satu anaknya sepupuku ada yang alergi cokelat. Kasiaaan banget, asal gak sengaja makan makanan yang ada kandungan cokelatnya, langsung sesak dan ruam.

    Huhuu....harus banget nutrisinya tetap terjaga dengan minum susu SGM Soya.

    ReplyDelete
  17. Tanggap dengan cara 3K ya mba kenali penyebabnya memang jd salah satu cara yg amluh biar alergi pada anak ga muncul ya

    ReplyDelete
  18. Alergi memang harus benar - benar dicermati ya mbaaa. Aku jugaaa banyak belajar tentang alergi ini

    ReplyDelete
  19. Ponakan kunjugan pernah alergi susu mba, sempat kawatir ibunya tapi sekarang udah lega. Makasih sharingnya mba Utie, banyak belajar nih aku untuk jadi calon ibu

    ReplyDelete
  20. Penting banget sih mengenali gejala alergi ya.. biar ketahuan juga bagaimana penanganan yang tepat...

    ReplyDelete
  21. Nahh ini nih yang masih bikin aku galau tiada henti. Anakku itu sebenernya alergi apa enggak sering gatel itu

    ReplyDelete
  22. Yang paling pertama penting dilakukan memang mencari sumber alergennya ya mba. Jadi kita bisa tau jenis makanan apa saja yang harus dihindari, kemudian gantikan melalui jenis makanan yang lain agar kecukupan gizinya tidak terhambat.

    ReplyDelete
  23. dari masih kecil aku juga sudah minum SGM, memang juara :D

    ReplyDelete
  24. Berarti nutrisi memang tidak cukup dari makanan sehari2 aja ya, Mba. Perlu asupan nutrisi dr yang lain seperti multivitami dan susu. Saya sih sukanya susu buat pelengkap nutrisi. Lebih aman dan mudah di dapat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ