Monday, 5 October 2020

Kelas Asik Jogja Teknologi Creative Packaging dan Labelling

Kelas Asik Jogja Teknologi Creative Packaging dan Labelling oleh PT. Astra Graphia Tbk
Haii,, seperti yang kita ketahui pandemi ini belum berakhir dan sangat berdampak pada semua sektor, tidak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), apalagi Jogjakarta salah satu daerah terfavorit untuk dikunjungi. Selama pandemi tentu saja sangat berdampak karena kurangnya wisatawan domestik maupun luar negeri yang berkunjung kesana. 

Sejak bulan April 2020 hampir 90% pelaku UMKM di Jogjakarta seakan berhenti. Tentu saja akibat dari ini semua banyak penganguran, dan kesulitan ekonomi. Nah melihat kondisi ini semua sebagai perusahaan publik yang mendukung pertumbuhan industri kreatif lokal, PT. Astra Graphia Tbk (Astragraphia) menyelenggarakan Kelas Asik Jogja kepada 50 pelaku UMKM lokal jogjakarta yang bergerak di Industri Kreatif, khususnya yang berada di subsektor fesyen, kuliner, dan kriya. 

Kelas Asik Jogja adalah singkatan dari Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif di Jogjakarta berupa pelatihan daring mengenai teknologi digital printing dan workshop mengenai creative packaging & labelling yang diadakan pada tanggal 30 September 2020. 

Di kelas Asik Joja ini Bpk King Iriawan Sutanto, selaku Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan bahwa Astragraphia dengan fokus usaha di bidang printing and digital services, turut mendukung penuh bangkitnya industri kreatif selama masa pandemi dengan program pelatihan terkait teknologi pencetakan dan pembuatan kemasan/label yang kreatif dan penyediaan fasilitas pemasaran produk UMKM. Dan hari ini, dukungan kami wujudkan melalui Kelas ASIK Jogja kepada para pelaku industri kreatif . Selain Bpk king Iriawan Santoso hadir juga sebagai pembicara : 
  • Fitri Yuliani Handoko 
  • Yohanes Puguh 
  • Asitomo Priyo Prakoso 
Kata Ibu Fitri pelatihan, peserta kelas ASIK Jogja mendapatkan fasilitas publikasi produk usaha gratis melalui kanal digital Astragraphia, yaitu OFiSKITA dan fasilitas pencetakan materi promosi usaha gratis di beberapa print shop (Graphic Art Partner) Astragraphia yang berlokasi di Jogjakarta. 

Dan sepanjang tahun 2020 ini Astragraphia menyelenggarakan Kelas ASIK secara daring dan telah menjangkau lebih dari 300 UMKM yang bergerak di industri kreatif yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Kalimantan. Dengan pelatihan ini berharap, program Kelas ASIK dapat memberikan kontribusi nyata bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan brand awareness dan omzet penjualan agar mampu mewujudkan UMKM yang berdaya saing, go-online dan tentunya banyak dikenaal oleh masyarakan luas serta naik kelas. 
Aditomo Priyo Prakoso

Pentingnya Packaging dan labelling dari satu product 
Bagi UMKM khususnya di bidang fesyen, kuliner ataupun kriya. Packaging yang menarik sangatlah penting agar konsumen langsung senang dengan first impressions missal ketika membeli makanan atau minuman. Biasanya orang-orang ketika berbelanja melihat-lihat dari segi logo maupun kemasan produk. Orang-orang akan mencari produk yang menarik dan enak dipandang, ujar Bpk Aditomo Priyo Prakoso

Kemasan atau packaging bisa menjadi alat komunikasi atau aroma dengan konsumen dengan packaging terlihat menarik dan unik akan membuat para konsumen ingat dan senang dengan produk tersebut. Berikut pentingnya sebuah packaging. 
  • Menjadi Karakteristik Produk 
Karakteristik sebuah produk bisa dilihat dari kemasannya, dengan memiliki kemasan yang sangat unik dan rapi berbeda dengan yang lain membuat para konsumen tertarik untuk membeli. Tidak hanya itu, bagi para pelaku umkm, packaging ini sangatlah penting karena dengan kemasan yang bagus bisa menjadi instagramable, hal itu sangat menguntungkan para penjual karena mendapatkan pemasaran secara gratis oleh konsumennya dan membuat produknya dilihat banyak orang untuk menjadi calon pembeli selanjutnya. 
  • Kepercayaan Konsumen 
Ketika misalnya kita mengirim barang dan sampai ke tangan konsumen lalu dikemas dengan baik, hal itu membuat konsumen merasa puas dengan apa yang diterima. Kedepannya konsumen akan dapat membeli produk kita kembali dan pastinya kita mendapatkan review yang baik oleh para konsumen. 
  • Sebagai Brand Awareness 
Misalkan dengan packaging yang unik dan rapi, contohnya kita memberikan logo dan slogan produk kita pada kemasan. Hal itu membuat konsumen lebih melek dan mengenal lebih baik dengan produk kita. Dengan hanya melihat kemasan ataupun logo kita, konsumen langsung mengenal reputasi yang kita miliki. 
  • Menjadi Daya Tarik Konsumen 
Kemasan yang berbeda dengan yang lainnya menjadi salah satu faktor utama yang disenangi oleh para konsumen. Apalagi dengan desain yang warnanya sangat cocok, adad beberapa warna yang mempunyai arti tersendiri pada kemasan, hal itu menjadi minat oleh para pembeli. 
  • Sebagai Perlindungan Produk 
Kemasan yang baik, kemasan yang memberikan perlindungan untuk produk yang akan dijual. Bagi para pebisnis online, kemasan sangatlah penting. Jika kemasan melindungi produk yang kita jual maka barang diterima dengan baik, hal ini menjadi kepuasan tersendiri dari konsumen. 
Yohanes Puguh

Teknologi Digital Printing Creative Packaging & Labelling 
Nah untuk mencetak packaging dan labeling ada kemudahan ketika melakukan dengan teknologi digital tentu saja banyak kemudahan yang bisa didapatkan selain bisa memilih bermacam-macam kreasi, juga proses waktunya sangat cepat dan hemat kata bpk Yohanes Puguh

Contoh salah satu cetak label melalui teknologi digital

Di dalam industri printing kita mengenal ada dua jenis mesin cetak yaitu jenis konvensional atau cetak offset dan jenis digital. Perbedaannya tentu hanya dari prosesnya. Kalau digital prosesnya lebih cepat seperti kalau kita memfoto kopi atau mengeprint langsung dari mesin printer. Kalau cetak offset harus bikin masternya dulu pada satu plate film baru gambarnya dipindahkan ke sebuah alat yang kemudian digulirkan pada media cetak contohnya kertas. 

Beberapa kelebihan digital printing dibandingkan cetak offset. Misalnya ingin cetak kartu nama bisa hanya sebox aja, mau cetak kaos bisa dibuat customize persatuan. Buat yang baru coba-coba buat label kemasan buat test pasar,  digital printing lebih ekonomis dan praktis. 

Begitu praktisnya sehingga digital printing dapat mencetak di atas berbagai media. Mau pakai kertas tipis mengkilat yang sering digunakan untuk label kemasan atau mau pakai plastik, bahkan vynil pun bisa. Dan yang terpenting jangan terpaku pada warna putih aja karena ada banyak warna-warna lain yang bisa dieksplor. 

Bukan tidak mungkin pasar internasional akan melirik pasar konsumen Indonesia, apalagi bangsa kita dikenal sangat konsumtif. Nah, kunci memenangkan persaingan adalah bagaimana mengemas produk kita secara kreatif agar lebih unggul di pasaran. 

Semoga saja setelah mengikuti Kelas asik jogja teknologi creative packaging dan labelling ini UMKM semakin berkembang dan tambah maju dan semakin terkenal luas hingga ke internasional tentunya. Kita sama-sam berdoa agar pandemi ini cepat berakhir. Sehingga perekonomian, parawisata bahkan sektor manapun bisa bangkit lagi seperti semula.

utieadnu

21 comments :

  1. Di rumah aku sering nih bebikinan label untuk teman-temanku, terus jadi kepikiran deh sekarang pengen punya label sendiri juga.

    ReplyDelete
  2. Saat ini berjualan gak cuma soal kualitas produknya aja ya tapi packaging & labeling mempengaruhi pembeli.
    Industri printing juga makin berkembang dengan banyaknya UMKM.

    ReplyDelete
  3. Iya nih bener. UMKM penting banget belajar packajing. Soalnya kadang bagus produknya tapi kemasan kurang meyakinkan. Sayang banget.

    ReplyDelete
  4. Penting banget ini UMKM ikutan belajar ini. Dulu wkt awal2 aku jalani usaha batikku, belum banyak yang ikutan pelatihan seperti ini. Terutama soal packaging, banyak UMKM yg belum tau.

    ReplyDelete
  5. Mba sepakat banget kalau saya sebagi konsumen trus nerima kemasan rapi, cantik. Happy banget loh. Dan bakalan beli lagi disana

    ReplyDelete
  6. Seruuu banget iniii
    apalagi pedagang UMKM ter-wajib ikutan kelas yg semacam ini :D
    Banyak faedahnya ye kannn

    ReplyDelete
  7. maasyaallah kelasnya sangat bermanfaat untuk pelaku UMKM, packaging yang kreatif dan 'niat' selalu menarik perhatianku saat hendak beli sesuatu di UMKM

    ReplyDelete
  8. beruntung sekali ya 50 pelaku UMKM di Jogja itu bisa dapat pelatihan dari astragraphia. Kemasan itu emang penting banget ya dan menunjang pemasaran produk juga.

    ReplyDelete
  9. Salah satu berkah pandemi adalah banyak pihak yang peduli dengan UMKM seperti Astragraphia ini. Ilmunya pasti bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  10. Sebagai konsumen saya juga termasuk yang tertarik dengan packaging sebuah produk saat mau beli sesuatu.
    Keren ya, kelas dari Astragraphia ini bisa mendukung para UMKM

    ReplyDelete
  11. Ah senangnya klo ada yg membantu ukm untuk bisa terus berkembang seperti ini..
    Salut

    ReplyDelete
  12. Ternyata member of ASTRA ada juga Astragraphia, ya. Aku baru tau nih. Dan programnya keren banget. Aku setuju sih, bahwa packaging itu menjadi salah satu faktor penting sebuah produk yang dapat merepresentasikan isi di dalamnya. Semoga UMKM banyak terbantu ya dengan program ini.

    ReplyDelete
  13. waaa asik banget kelas begini!! pengen juga ikut kelas seperti ini tapi aku bukan umkm, semoga banyak umkm yang terbantu yaaaaa <3

    ReplyDelete
  14. seru banget ya acaranya ya, pastinya nambah banyak ilmu dan kelas ini bikin UMKM makin berkembang ya

    ReplyDelete
  15. No we have so many small and medium enterprises which can help us provide a lot of things for daily life

    ReplyDelete
  16. Semoga kelasnya semakin membantu para UMKM di seluruh Indonesia yaa..
    Dengan tulisan kak Utie yang informatif, banyak UMKM tergerak memperbaiki apa yang perlu diubah agar lebih menarik.

    ReplyDelete
  17. Tak bisa dipungkiri, packaging dan labeling yang cantik bisa menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli. Penting untuk dipelajari nih.

    ReplyDelete
  18. Untuk sekarang, kualitas produk jualan harus dibarengi sama packaging dan labelling biar lebih menarik konsumen ya Mbak plus tentunya go international. Kan pandangan pertama konsumen pasti di packaging produknya dulu. Kelas yang asik banget nih buat pelaku UMKM biar tambah luas segmen konsumennya.

    ReplyDelete
  19. Klewat banget aku nih kelasnya, padahal lagi pengen banget belajar packaging mba. Soalnya aku masih belum nemu packagng yang pas.

    ReplyDelete
  20. Alhamdullilah jadi banyak yang support umkm. Karena memang saat ekonomi down, umkm jadi penopang ekonomi masyarakat

    ReplyDelete
  21. Sekarang produk UMKM kemasannya udah bagus-bagus ya, dunia digital sangat membantu sekali. awal saya bikin usaha pakai stikernya itupun modelnya seadanya hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏