Wednesday, 29 August 2018

CSR Prudential Untuk Pemberdayaan Indonesia Timur


Wilayah Indonesia sangat luas terbagi dan wilayah terbagi menjadi 3 bagian waktu ada Indonesia Bagian Tengan, Indonesia Bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur. Nah,,, ada yang menjadi sorotan akhir-akhir dulu Indonesia bagian ini tidak pernah terdengar dan jauh dari berita. Yaitu Indonesia Bagian Timur yang wilayahnya meliputi Maluku dan Irian atau lebih sering disebut dengan Papua. Kenapa wilayah ini jarang terdengar gaungnya padahal mempunyai potensi alam yang luar biasa baik itu hasil pertanian dan beberapa daerah yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah jika dibenahi tentunya akan menambah daya tarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

CSR Prudential Untuk Pemberdayaan Indonesia Timur

Apa yang membuat wilayah Indonesia Bagian Timur sedikit tertinggal dengan wilayah lainnya? Karena lokasinya yang sulit terjangkau dan untuk mencapai wilayah Timur diperlukan biaya yang sangat besar sehingga menyebabkan pembangunan /infrastruktur terhambat dan ada beberapa penyabab lainnya yaitu :

  • Faktor pendidikan, Di Indonesia Timur, masih banyak anak-anak yang tidak memiliki akses ke sekolah yang baik. Itu semua dikarenakan kondisi ekonomi, budaya dan aksesibilitas geografis menjadi batasan bagi banyak anak-anak di wilayah timur Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dasar sekalipun. Masih banyak masyarakat yang belum peduli dengan pentingnya pendidikan untuk anak-anak. Atau, banyak yang mengalami kesulitan ekonomi sehingga tak mampu menyekolahkan anak-anak mereka. Karena mereka lebih mengingkan anak-anaknya membantu orang tua yang sudah hidup dengan nyaman dari mendayagunakan sumber daya alam di sekitar.
  • Masalah Sanitasi, lagi karena masalah geografis kesulitan sarana dan prasana kurangnya air bersih, dan limbah dari tambang, bahkan dengan terpaksa mereka meminum air dari limbahan tersebut yang mengakibat banyak anak-anak terlahir cacat, angka kematian dan keguguran sangat tinggi. Belum lagi masalh ras dan kesenjangan juga hukum rimba yang masih berlaku dibeberapa daerah Papua.
Mr Jens Reisch

Untuk semua itu kini setelah pemerintahan baru beralih mulailah selangkah demi selangkan pembangunan mulai dilanjutkan dan untuk semua itu tentunya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, dan dengan program CSR dari PT Prudential Indonesia yang meluncurkan Program Pemberdayaan Indonesia Timur (East Indonesia Empowerment) yang resmi diperkenalkan pada tanggal 13 Agustus 2018 di Jakarta.


Hadir President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch mengatakan, Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program diluncurkan sejalan dengan komitmen Prudential Indonesia untuk tidak hanya memberikan perlindungan jangka panjang bagi jutaan keluarga di seluruh Indonesia, tetapi juga memberikan kontribusi berkelanjutan kepada masyarakat sekitar. Community Investment Prudential Indonesia adalah salah satu fokus utama kami untuk mendukung masa depan masyarakat Indonesia yang lebih baik, melalui beragam program di bidang pendidikan, kesehatan, keselamatan dan kewirausahaan. Menurutnya, bidang-bidang tersebut mewakili tantangan-tantangan penting di Indonesia, dan sejalan dengan bidang usaha Prudential Indonesia. Kegiatan tanggung jawab sosial Prudential Indonesia sudah berjalan selama belasan tahun lamanya, bekerja sama dengan pemerintah, regulator, organisasi-organisasi nirlaba dan pemangku kepentingan lainnya.


Kemudian Ibu Nini Sumohandoyo selaku Corporate Communications & Sharia Director, Prudential Indonesia, yang mengatakan ada 3 pilar yang penting yang dijalankan oleh CSR Prudential yaitu Edukasi, Filantropi dan Kesehatan, dan untuk program East Indonesia Empowerment ini lebih kepada entrepreneurship atau kewirausahaan sebagai program unggulan. Sejak tahun 2003, Prudential Indonesia telah membantu biaya pengobatan untuk lebih dari 1.400 anak yang terkena kanker dan menyumbangkan tujuh mesin Apheresis yang membantu dalam perawatan kanker, ke sejumlah rumah sakit pemerintah di berbagai kota. Di bidang edukasi, Prudential juga telah mengadakan beberapa pelatihan literasi keuangan untuk perempuan sejak 2009, bekerja sama dengan beberapa kementerian dan menjangkau lebih dari 25.000 perempuan di 21 kota.


Ditantangai nota kebersamaan untuk program Pemberdayaan Indonesia Timur

Sebenarnya dari masalah yang sedang dihadapi wilayah Indonesia Timur itu seperti, penidikan, sanitasi, angka kemiskinan, kurang gizi /stunting ada banyak keunggulan yang sedang dilakukan oleh pemerintah provinsi Papua mengembangkan komoditas pertanian unggulan, yaitu kakao, betatas (ubi jalar), rumput laut, kopi arabika Wamena, buah merah dan vanili, yang memiliki peluang ekspor ke berbagai negara. Kakao saat ini telah dikembangkan di Kabupaten Sarmi, Jayapura, Keerom, sementara kopi arabika dan betatas juga dibudidayakan masyarakat di Kabupaten Jayawijaya. Ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Bpk Bambang Brojonegoro, yang menyambut sangat antusias atas program dari prudential ini.



Menurut Bpk. Rinaldi Mudahar Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia menambahkan, kemitraan strategis dengan tujuan yang sama sangat penting dalam memaksimalkan pelaksanaan program-program yang berdampak sosial. Prudential Indonesia senang dapat bermitra kembali dengan Prestasi Junior Indonesia, kali ini untuk melaksanakan program Pemberdayaan Indonesia Timur, dan untuk ini Prudential akan melucurkan dana sekita 20 Milyar. Pada akhir tahun 2017 Prudential telah malakukan program child-friebdly School yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak di Kabupaten Jayapura, membangun perpustakaan di SD Komba Inpres dan merenovasi SD YPK Ifar Babrongko dan juga mengadakan pelatihan literasi keuangan kepada 27 guru dan 8 sekolah di Jayapura.



Semuanya yang dilakukan tersebut tentunya diharapkan dapat memperluas jangkauan geografis di Indonesia dalam membangun masyarakat yang lebih mandiri dan tentunya bahagia. Semoga saja semua yang dilakukan PT. Prudential Indonesia dapat berdampak positif khususnya bagi Indonesia Timur, kesenjangan, pendidikan dan ekonomi yang merata hingga bisa menekan angka kemiskinan.

21 comments :

  1. Bagus banget nih programnya, seneng ada yang lebih peduli sama Indonesia Timur. :)

    ReplyDelete
  2. Bagus banget nih programnya, seneng ada yang lebih peduli sama Indonesia Timur. :)

    ReplyDelete
  3. Nah, program-program pemberdayaan Indonesia Timur. Agar perekonomian merata ya mba dan mereka pun bisa merasakan pembangunan yang adil

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ya biar merata kemakmuran negara ini sampai ke timur.

    ReplyDelete
  5. Semoga langkah Prudential ini diikuti perusahaan lainnya sehingga Papua bisa lebih maju

    ReplyDelete
  6. Di antara alamnya yang indah, pendidikannya masih harus terus dikembangkan, ya. Semoga program seperti ini memudahkan akses pendidikan mereka.

    ReplyDelete
  7. Tidak ada bedanya hidup di kota dan desa . semua harus mendapatkan pendidikan agar kelak bisa membangun desanya sendiri

    ReplyDelete
  8. Agar satu bangsa maju, cara yang paling jitu adalah memproduksi anak-anak bangsa yang lebih baik lewat sekolah

    ReplyDelete
  9. Prudential memang selalu berinovasi keren semua program-programnya

    ReplyDelete
  10. Semoga, apa yang dilakukan oleh PT. Prudential Indonesia dengan program2nya tersebut dapat memberikan perubahan dan membantu masyarakat bagian Indonesia Timur jadi lebih baik ya Mba..

    ReplyDelete
  11. Semoga lancar ya Mak perjuangan orang baik selalu di mudahkan. Membantu masyarakat di Indonesia timur Aamiin....

    ReplyDelete
  12. Program seperti ini nih yang perlu diperbanyak supaya kesejahteraan rakyat merata.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ada program seperti ini semoga menjadi program yang berkelanjutan ya...

    ReplyDelete
  14. Aku sll mendukung apapun yg baik untuk kehidupan masy Indonesia Timur. Smoga mrk memperoleh hak yg sama dg anak anak yg lainnya

    ReplyDelete
  15. Sebagaimana banyak diketahui, bagian timur Indonesia cukup membutuhkan beberapa fasilitas. Dengan penerapan csr ini bisa seperti sebuah harapan yang baik pastinya

    ReplyDelete
  16. Keren mbak.. CSR Perusahaan asuransi bisa bermanfaat untuk sodara sodara kita di Indonesia timur .

    ReplyDelete
  17. Betul banget Indonesia bagian timur harus diberdayakan. Mereka masih kekurangan fasilitas yang banyak.

    ReplyDelete
  18. Wah program CSR prudential sampai ke Indonesia Timur ya, Nggak nyangka keren keren keren

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah masih banyak yang peduli dengan masyarakat di Indonesia Timur, semoga kegiatan ini berlanjut. Pasti sangat mberi manfaat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  20. kami sekeluarga berasuransi di prudential, keren ya mereka punya program CSR yang memperhatikan nasib saudara2 di timur

    ReplyDelete
  21. Program CSR Prudential makin meluas ya..jadi ga bertumpu di pulau Jawa aja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,