Wednesday, 8 August 2018

Manfaat wakaf, Proteksi Diri dan Investasi dari Sun Life


Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya”. (QS. Ali Imran (3):92). 

Menjadi orang yang kebajikannya sempurna adalah impian kita sebagai khalifah yang diciptakan oleh Allah swt.Tugas kita sebagai manusia seutuhnya haruslah berbuat baik kepada sesama apalagi jika kebaikan mengalir terus menerus sampai waktunya tiba kita tidak ada di dunia ini. Kemudian tentunya teman pernah mendengar hadist ada 3 hal yang jika kita wafat maka pahalanya akan mengalir terus yaitu sedekah, ilmu yang ditinggalkan dan doa anak sholeh. Jika kita ke tiganya mampu melakukan semua sewaktu hidup di dunia sungguh kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Doa Anak Sholeh, anak adalah investasi yang sesungguhnya, mendidik dan memberikan lingkungan terbaik  tanggung jawab kita sebagi orang tua, kemudian ilmu yang ditinggalkan, bukan hanya menjadi guru yang memberi ilmu pelajaran, semua orang bisa melakukan hal ini, misalnya sebagai blogger memberikan tulisan yang bermanfaat sudah termasuk ilmu yang ditinggalkan. Dan kemudian sedekah/menafkahkan sebagian harta inilah sebagian kadang masih banyak yang menunda menunggu ada, menunggu punya baru memberi. 

Padahal hakikat  memberi adalah disaat kita seadanya dan semampunya. Tidak harus menunggu kaya, tidak harus menunggu punya rumah, tanah atau kendaraan. Ada hal yang mudah yang sekaligus bisa kita dapatkan dari manfaat wakaf, proteksi diri dan investasi yaitu dengan ikut sebagai perserta Asuransi  Brilliance Hasanah Maxima (ABHM) dari PT. Sun Life Financial Indonesia ( Sun Life ). 

Sebelum kita bicara tentang ABHM ada yang perlu kita ketahui apasih arti wakaf itu sesungguhnya Wakaf  merupakan salah satu sumber dana sosial potensial  yang erat kaitannya dengan kesejahteraan umat di samping zakat, infak dan sedekah. Terlebih karena ajaran agama menjadi motivasi utama untuk seseorang berwakaf. Dengan inilah pihak Sun Life memudahkan masyarakat untuk melakukan kebaikan sesegera mungkin dengan menyediakan fasilitas baru pada ABHM.
 
Penandatangan pemberian dana wakaf kepada Dompet Dhuafa


Manfaat Wakaf, Proteksi Diri dan Investasi dari Sun Life

Dengan tagline pasti, kini dan nanti artinya kita bisa berasuransi sekaligus berwakaf menurut Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life mengatakan  ABHM diluncurkan setahun yang lalu dan ini dikemas dengan faslitas baru yaitu wakaf berkala. Dengan dibuatnya fasilitas ini diharapkan menjadi sarana (fund raising) melalui fitur wakaf berkala yang menyalurkan dana wakaf sejak pembayaran premi pertama. Selain mengandung nilai kebaikan, dana wakaf juga memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Dalam mengelola penyaluran dana wakaf yang diterima, Sun Life bekerjasama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) yakni Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf dan 174 lembaga terdaftar di BWI.tentunya akan disalurkan ke sektor Pendidikan, ekonomi juga kesahatan. Gagasan Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah juga memperoleh dukungan dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Melalui manfaat yang berlaku untuk semua produk asuransi syariah ini, peserta asuransi dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dari manfaat investasi polisnya. Ujar Ibu Elin Waty di acara temu media dan blogger dengan tema  kerja sama strategis  penyaluran dana wakaf ABHM di Jakarta pada tanggal 6 Agustus 2018.

Hadir juga Bpk Norman Nugraha , selaku Chief Agency Officer Syariah Sun Life yang mengatakan Hidup menjadi lebih bermakna ketika kita bisa bermanfaat bagi sesama. Bagi umat muslim, berwakaf adalah salah satu cara untuk menjadi lebih bermanfaat bagi sesama melalui berbagi atas harta yang kita miliki. Di sisi lain, wakaf merupakan salah satu amalan yang pahalanya akan terus mengalir meski yang melakukannya telah tutup usia. Sun Life mempersembahkan ABHM sebagai solusi perencanaan keuangan sekaligus membantu mewujudkan niat ibadah wakaf kita. ABHM merupakan produk asuransi syariah yang menyatukan antara manfaat asuransi dan fasilitas wakaf untuk memaksimalkan potensi kehidupan kita dan keluarga, kini dan masa yang akan datang.

Manfaat dari ABHM

Ada 4 manfaat lain selain berwakaf yang akan kita dapatkan ketika kita menjadi pemegang polis ABHM yaitu :
  • Manfaat ketika Mininggal 100% santunan kematian diberikan untuk risiko meninggal sebelum mencapai usia 100 tahun.
  • Manfaat Kecelakaan manfaat maksimal 100% santunan kematuan untuk risikokematian akibat kecelakaan dan/atau kehilangan fungsi/organ anggota tubuh dan organ penglihatan
  • Manfaat Investasi Akumulasi investasi yang terbentuk dari kontribusi yang diinvestasikan
  • Manfaat Bonus Bunus Kontribusi sebesar 5% dari kontribusi asuransi berkala (KAB) tahun pertama, dibayarkan mulai tahun ke-6 dan Bonus Loyalitas sebesar 0,5% dari rata-rata dana investasi, dibayarkan mulai tahun ke-11

Dan agen dari ABHM ini berjumlah 10ribu agen orang yang tersebar diseluruh cabang Sun Life yang tersebar di 30 kota di Indonesia  selain sudah bersertifikasi asuransi juga sebagai wakaf advisor

Untuk penyaluran dana wakaf tersebut hadir dr Imam Rulyawan Direktur Utama Dompet Dhuafa Philanthropy, yang menyatakan saat ini penyaluran dana wakaf dari Sun Life ditujukan untuk pembangunan Rumah Sakit di daerah Lampung Timur yang merupakan daerah termiskin di kota Lampung yaitu Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono . 

Bpk Norman, Ibu Elly, dr Imam dan Jenahara Nasution
Di rumah sakit ini akan melayani orang yang tidak mampu, peserta BPJS dan juga yang mampu (tentunya kalau yang mampu harus bayar). Lanjut beliau dengan adanya fitur aplikasi wakaf berkala memudahkan kita semua untuk segera berwakaf karena katanya menurut  Badan Wakaf Indonesia (BWI) potensi wakaf sangat besar yaitu mencapai Rp 180 triliun, namun pada tahun 2017 baru terhimpun Rp 400 miliar. Pada hal jika dikelola dengan baik , objek wakaf dapat dimanfaatkan sebagai investasi strategis dalam menghapus angka kemiskinan, menangani ketinggalan dibidang ekonomi, pendidkan juga kesehatan.

Selanjutanya menurut Jenahara Nasution desiner busana muslim, bahwa wakaf bukan hanya untuk kepentingan diri sediri tetapi juga keluarga dan masyarakat sekitar tentunya. Dia menyambut positif dengan adanya ABHM ini apalagi dana wakaf  tanpa potongan 100% langsung disalurkan, memberi peluang kepada masyarakat untuk berbuat baik sekaligus memproteksi dan merancanakan keuangan keluarga.

Jadi kesimpulannya untuk berwakaf tidak harus menunggu punya tanah, rumah ataupun kendaraan. Saat inipun kita bisa berwakaf dengan menjadi pemegang polis ABHM, tentunya berbuat baik jangan ditunda. Segera lakukan dan pastikan manfaatnya sebab wakaf merupakan salah satu bentuk kebajikan, dengan berwakaf kebaikan akan terus mengalir bagi kita pemberi wakaf serta bagi penerima manfaat wakaf. Saatnya optimalkan potensi wakaf dengan manfaatkan dari kemudahan produk Sun Life.


Semoga bermanfaat ya.

28 comments :

  1. Stigma wakaf itu kan kayaknya harus jadi horang kaya dulu ya, kayaknya klo belum di posisi itu ya belum bisa berwakaf. Langkah AHBM ini sungguh mulia. Jadi, orang pakai asuransi tapi bisa bersedekah juga. Semoga pembangunan rumah sakit khusus orang tidak mampu menyebar rata ya, Mah.

    ReplyDelete
  2. Masih belum berani invest.. masih bertahan di nabung doang

    ReplyDelete
  3. Ternyata wakaf bisa digabung dgn asuransi ya .Baru tahu nih. Mantap banget ini manfaarnya mba. Baik bagi ahli waris maupun si pemilik wakaf

    ReplyDelete
  4. Bagus ya produk asuransi syariah sun life ini, proteksi dapat,dan memenuhi banget buat nasabahnya untuk beribadah terutama dengan berwakaf

    ReplyDelete
  5. Jadi sekarang mau waqaf ga usah nunggu jadi orang kayaraya ya, keren ya berbasis syariah asuransi Sunlife ini. Jadi pengen kepoin ah website nya.

    ReplyDelete
  6. Sharingnya bermanfaat sekali kakak. Melalui sistem asuransi ini kita jadi tau mengenai proteksi yg tepat dlm berinvestasi seperti wakaf misalnya

    ReplyDelete
  7. Tidak lagi bingung jika kita ingin berwakaf, sudah ada yang mengelola insyaallah amanah

    ReplyDelete
  8. Jadi wakafnya benar benar 100% disalurkan ya? Bagus niy ABHM. Amanah....

    ReplyDelete
  9. Unik ya terobosan Sun life, bisa wakaf sekaligus asuransi. Manfaat polis ABHM juga menarik 😃

    ReplyDelete
  10. Wah...wakaf digabung dengan asuransi, terobosan baru nih ya. Apalagi menggandeng lembaga2 amal yg kompeten seperti Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  11. Makin mudah aja ya mau berwakaf. Bisa pake uang tunai. Potongan ayatnya itu menyentilku deh.

    ReplyDelete
  12. Nah dengan begini, semoga masyarakat yang ingin bersalah nggak lagi bingung atau kesulitan. 👌

    ReplyDelete
  13. Foto pertamanya ini lho, hihihi.
    Eh iya ya yang ku suka itu dari KAB awal udah bisa berwakaf uang.

    ReplyDelete
  14. Wah jadi gak sekadar agen asuransi tapi mereka ini jg wakaf advisor ya yang tersertifikasi y? keren keren...

    ReplyDelete
  15. wakaf sering identik dengan orang yang berkecukupan padahal ternyata dengan program ini siapa pun bisa wakaf ya

    ReplyDelete
  16. keren banget nich informasinya sangat menarik, saya suka tulisannya

    ReplyDelete
  17. Wakaf bisa dipersiapkan sejak dini, ngga perlu nunggu udah dapet harta banyak. tabungan akherat yang perlu disiapkan sejak dini hehehe

    ReplyDelete
  18. Iya ya, kadang kita mikirnya pengen wakaf tapi kok apa yang kita punya sepertinya kurang. Ada asuransi kayak gini jadinya enak ya. Perkara wakaf pun bukan lagi hal yang terasa sulit.

    ReplyDelete
  19. Subhanallah, ternyata ada banyak manfaat ya mbak dari wakaf. Ku bahkan baru tahu kalau Sunlife bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Good!

    ReplyDelete
  20. Fotonya keren banget ih,, Makasih sharingnya ya aku ketemu solusinya nih

    ReplyDelete
  21. Makin solid ya berpegangan tangan dalam urusan Wakaf. Semoga membawa kemaslahan bagi banyak umat. Aamiin

    ReplyDelete
  22. Berinvestasi untuk wakaf memang sangat baik ya untuk menambah pahala dan kewajiban ibadah.

    ReplyDelete
  23. Wakaf ini amal jariah sepanjang hidup. Beruntung sekali kalo bisa wakaf terus dan yang bermanfaat

    ReplyDelete
  24. Terima kasih untuk semua infonya mbaa..dan wakaf itu akan memberi manfaat luar biasa bagi kita semuaaa

    ReplyDelete
  25. Terima kasih sharingnya mba, ada banyak cara untuk bermanfaat untuk orang lain salah satunya dengan berwakaf

    ReplyDelete
  26. Jadi sekarang berwakaf semakin mudah, ya. Bagus juga idenya.

    ReplyDelete
  27. Bagus nih.. wakaf, asuransi, dan investasi digabung jadi satu. Penyalurannya melalui Dompet Dhuafa pula, yang memang sudah berpengalaman dalam mengelola ZIS. Keren inovasinya ��

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,