Wednesday, 25 September 2019

Tips Mudah Mengatur Budget Belanja Bulanan

Merasa Boros? Ini Tips Mudah Mengatur Budget Belanja Bulanan

Menahan diri untuk tidak membeli sesuatu yang ditawarkan secara diskon itu tidak mudah. Apalagi bagi orang yang hobi berbelanja. Alih-alih hemat, asal belanja dengan harga diskon justru membuat boros. Penyebabnya adalah belanja tanpa kontrol dan tidak punya perencanaan budget yang tepat.

Bagi sebagian orang, membuat perencanaan itu hanya wacana atau sulit dilakukan. Tapi rasanya perlu melakukan perubahan, agar tidak boros dan bisa mengatur budget belanja. Apakah ini yang sedang kita pikirkan? Jika ya, berikut tips yang mudah diterapkan, bahkan untuk pemula.

tips mudah mengatur budget belanja bulanan

1. Buat Buyer Board
Jangan terlalu impulsif saat membeli sesuatu. Jika tidak yakin apakah benar-benar menginginkannya, coba buat buyer board. Ini adalah sebuah papan berisi foto-foto daftar barang atau produk yang ingin dibeli.

Letakkan papan itu di tempat yang mudah terjangkau mata kita. Tulis alasan mengapa menginginkan barang itu dan apakah barang itu berguna untuk kehidupan? Lalu tunggu hingga 30 hari dan tanyakan pada diri sendiri, apakah masih menginginkannya?

Meski tampak sepele, buyer board bisa membantu menekan pengeluaran bulanan dan belanja lebih cermat dan tepat. Dari sini kita bisa memulai membuat perencanaan pengeluaran dan menabung.

2. Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Debit, dan Dompet Digital
Sadar atau tidak berbelanja menggunakan kartu kredit, debit, dan berbagai pilihan dompet digital (OVO, Gopay, Dana, dan lain-lain) justru memicu tindakan boros belanja. Kita jadi membeli lebih dari yang dibutuhkan, karena tergiur aneka promo menarik. Untuk itu, penting sekali mengontrol pengeluaran dengan kartu kredit, debit, atau dompet digital. 

tips mudah mengatur belanja bulanan

Caranya dengan kembali ke perencanaan awal. Belanjalah sesuai kebutuhan dan rencana pengeluaran yang dibuat. Jika memang dirasa perlu dan benar-benar menguntungkan, kita bisa memanfaatkan promo dari jenis-jenis pembayaran di atas. Bijaklah memilih jenis pembayaran saat belanja, karena tidak semua promo memberikan keuntungan.

3. Berburu Promo dan Tahu Cara Belanja Hemat 
Menemukan promo belanja saat ini sangatlah mudah. Baik toko fisik hingga toko online seperti e-commerce selalu menghadirkan aneka diskon menarik. Tugas kita adalah jeli memilih promo terbaik dan termurah, untuk bisa berhemat.

Jadi, sebelum berbelanja pastikan membaca detail informasi dari penjual. Mulai dari deskripsi produk, rating penjual, besar diskon, jenis promo apa saja yang bisa digunakan bersamaan, membandingkan promo atau produk, dan sebagainya. 

tips mudah mengatur belanja bulanan

Untuk bisa belanja hemat setiap saat, pastikan menggunakan platform pihak ketiga seperti ShopBack. Kita bisa mendapatkan tambahan cashback hingga ratusan ribu rupiah di setiap transaksi dan berlaku setiap hari. Cashback tersebut bisa dicairkan lagi ke rekening pribadi dan dipakai keperluan lainnya.

4. Cari Penghasilan Tambahan
Ini adalah cara efektif jika  ingin tetap bisa berbelanja, namun tidak ingin kantong kosong. Coba cari penghasilan yang bisa dikerjakan di waktu luang. Contohnya membuka bisnis sampingan, menawarkan keahlian yang kita miliki, investasi, dan sebagainya.

Menemukan pekerjaan sampingan saat ini cukup mudah. Untuk ide-idenya silakan mencari di internet atau berdiskusi dengan orang terdekat. Sebagian besar orang diperkotaan biasanya memilih cara ini, untuk bisa menunjang kehidupan kebutuhan dan gaya hidupnya.

Ada yang menjadi pekerja lepas, di sela pekerjaan tetapnya. Ada yang mencoba membuka bisnis online lewat social media. Ada yang mencoba affiliate, investasi dan masih banyak lagi. Sekarang silakan tentukan darimana kita ingin mendapatkan penghasilan tambahan, untuk bisa tetap berbelanja sesuka hati dan menjaga stabilitas keuangan.

5. Konsisten Pada Rencana yang Dibuat
Satu hal terpenting dari semua tips di atas adalah konsistensi. Pastikan apa yang  dibuat dan direncanakan benar-benar dilakukan. Bukan hanya sehari atau seminggu, tapi ikuti rencana setiap hari hingga menjadi kebiasaan.

Sehebat apapun tips yang diberikan, tidak akan bekerja, jika kita tidak konsisten. Hal terpenting dalam mengatur budget belanja bulanan adalah menciptakan atau membangun kebiasaan hemat. Kebiasaan yang dimulai dengan perencanaan, pemikiran bijak, perhitungan, dan fokus yang dilakukan terus-menerus.

Nah segala informasi di atas, bisa kita coba lakukan mulai dari sekarang. Semoga kita bisa mendapatkan manfaat yang diharapkan, karena sudah banyak orang yang membuktikan. 

Selamat mencoba!

23 comments :

  1. Di era yg serba digital ini, banyaaakk banget jebakan betmen supaya kita belanja, belanja dan belanjaaaaa lagi.
    Dibutuhkan kebijakan dan kebajikan dalam menjadi manager rumah tangga
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Makasih tips nya. Iya nih sekarang banyak promo2 belanja pakai dompet digital. Harus bijak nih memanfaatkannya, agar pengeluaran lebih hemat bukannya malah boros :)

    ReplyDelete
  3. hooh nih aku kerasa kalo boros banget.. apalagi urusan jajanan bocah haha.. Baiklah aku coba terapin tips2nya nih..

    ReplyDelete
  4. Iya ya dompet digital, tabungan online dan belanja online malah bisa jadi godaan luar biasa. Lah kan zaman dulu, kalau kita nggak keluar rumah duit yang dikeluarin juga dikit. Sekarang, lagi tiduran aja bisa sambil belanja ama pesan makanan.

    ReplyDelete
  5. Nah perempuan nih yang sering impulsif beli ini itu, kadang ga penting juga dibeli hehehe.. Itu sih aku banget mba. Memang harus mengendalikan hasrat belanja ya agar budget tidak porak-poranda di pertengahan bulan.

    ReplyDelete
  6. no 2 n 3 belum aku maksimalkan nih. mau top up suka lupa mulu. buntutnya pake cash yg harganya lebih mahal hik hik

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk yg boros hahahhaha, apalagi kalau buat urusan anak2. Jadi sekarang kalau mau belanja mikir dulu, ini perlu apa cuman pengen :D tapi kadang pertahanan ambrol kl ada temen yg bilang, beli aja.. ntar ngga ada lagi lhoooo hahahhaha

    ReplyDelete
  8. intinya sih pengeluaran janga lebih besar pasak daripada tiang ya Utie, kita kan (eh kia, kamu aja kali neeeng) yang kadang suka esmosi dan napsuan ya buat beli ini itu yang ga perlu

    ReplyDelete
  9. Pas tanggal muda bisa foya-foya, pas tanggal tua, hahhaa...kerassa banget harus berhemat.
    Bener-bener...efek kemudahakan adanya dompet digital niih...suka ada iming-iming cashback juga kaan...huhuu~ tergoda rayuan pulau kelapa niih...judulnya.

    ReplyDelete
  10. Promo promo harga murah kadang bikin kita galfok ya, yang tadinya tidak butuh, mendadak kepingin, padahal kadang kalau sudah dibeli, di geletakin gt aja. Makanya menang perlu konsisten pada rencana yang sudah dibuat

    ReplyDelete
  11. Aku kemarin baru nyairin cashback dari Shopback, hahaha. Lumayan hemat beli pulsa. Sekarang mau ngumpulin recehan cashback lagi. Selalu ingat juga kalau belanja itu kebutuhan, bukan keinginan. Tapi sesekali boleh manjain diri

    ReplyDelete
  12. hihi sayapun kalo belanja sukanya cari yg banyak cashback dan diskon. lumayan bs hemat karena bnyak potongan harga kan. belanja banyak jadi hemat

    ReplyDelete
  13. Iya, banyak godaan sekarang ya, dari diskon dan promo, cashback hihi, godaan go food dan grab food juga luar biasa jadi hobi jajan..

    ReplyDelete
  14. Aa...ini cocok banget buat aku yg boros. Susah banget ngatur uang bulanan.

    ReplyDelete
  15. Yang penting emang konsisten ya ngatur keuangan rumah tangga itu. Nah asik nih kalo belanja rutin bisa dapat cash back, bisa hemat kaaan

    ReplyDelete
  16. Sampai hari ini tulisan tentang shopback di blog saya merupakan tulisan paling banyak dibaca dibanding tulisan lainnya. Ternyata banyak banget yang penasaran dengan shopback

    ReplyDelete
  17. Semua poin di atas sudah dilakukan doongg. Apalagi yg pakai shopback, mayan banget skrg beli pulsa gak pernah pake uang cash lg, tinggal tarik dari situ aja. Hahahah

    ReplyDelete
  18. Lumayan pakai shopback. Jadi sama-sama dapaaaat loh. Jadi kita belanja apa dapat bonus dan bisa dicairkan pula

    ReplyDelete
  19. Kalau yang nomer dua sih aku gak pake. Cuma pakai kadtu ATM doang. Selebihnya pakai emoney. Tapi bener, harus punya kendali kalau enggak bisa bablas itu duit.

    ReplyDelete
  20. Ini sih penting banget buat yang merasa uang seperti semilir angin, datang dan pergi begitu saja kayak aku, wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Nah, yang nomor 3 itu, berburu promo, kesayanganku!
    Hihihi...
    Setiap saat kapan saja, di mana saja, promo, promo, promo.
    Promo membuatku setrong, wakakaka
    ... tapi tetap belanja bijak ya
    Please, jangan kalap!

    ReplyDelete
  22. Kalau aku sih jujur aja, budget belanja bulanan suka berubah-ubah, kadang tergantung apa yang akan dibeli. Tapi aku punya budget standarnya sih setiap bulan gitu.

    ReplyDelete
  23. Yup belanja bulanan itu kalo ga diatur suka lemah sama diskon ga jelas atau kalap beli barang yang ga perlu makanya kudu diatur, bener2 kalo belanja di olshop diteliti lagi sebelum check out, kalo belanja langsung pun gitu dan bayarnya pakai debit ga cash biar kecatet sampe digit terkecil wkwkwkw

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ