Ciptakan Peluang Green Jobs Disekitar Kita

Hai semua apa kabar? Tentunya pernah mendengar tentang istilah Green Jobs. Green Jobs ini pekerjaan-pekerjaan yang dapat dikategorikan sebagai pekerjaan pelestarian lingkungan. Dan Green Jobs sendiri suatu penamaan (labeling) yang dilakukan oleh ILO (International Labor Organization). Nah bagaimana di Indonesia apakah jenis pekerjaan Green Jobs ini telah dikenal luas di Indonesia?



Kemarin tanggal 9 Februari 2021 saya mengikuti webinar “Memahami Green Jobs dan Peluangnya di Indonesia” kerjasama antara Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) bersama Coaction Indonesia hadir sebagai pembicara:
  • Siti Koiromah Periset Coaction Indonesia
  • Verena Puspawardani Coaction Indonesia
  • Ani Berta pendiri Komunitas ISB sebagai moderator.
Nah Coaction Indonesia, sendiri berdiri pada tanggal 16 Maret 2017, adalah sebuah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran ide-ide inovatif untuk berkontribusi pada program-program pembangunan berkelanjutan di seluruh nusantara. Yang konsen terhadap isu energi terbarukan. Karena menurut Ibu Verena. Indonesia selama ini masih menggunakan bahan bakar dari fosil yang tidak bisa diperbaharui. Dan ini sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang kurang baik kedepannya.

Pendekatan yang dilakukan oleh Coaction ada 3 Collaborate ,Advocate dan Breaking Barries salah satu yang dilakukan saat ini soal Green Jobs kenapa? karena saat pandemi banyak sekali kita kehilangan pekerjaan. Semoga Green Jobs ini bisa menjadi celah untuk kita menciptakan peluang pekerjaan di sekitar kita.
contoh pekerjeaan Green Jobs dan manfaatnya

Sedangkan menurut Mba Koiromah Green Jobs sendiri memiliki fungsi atau manfaat untuk membantu melindungi dan memulihkan ekosistem, meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku, minimalkan limbah dan polusi, batasi emisi gas dan efek rumah kaca dan mendukung adaptasi terhadap efek perubahan iklim.

Dan contoh Green Jobs atau pekerjaan ramah lingkungan, itu sebenarnya sudah bisa kita lihat disekitar kita seperti Pengelolaan limbah, daur ulang, sumber energi yang berasal dari limbah. energi terbarukan, efisiensi energi pertanian dan kehutanan dll.

Ciptakan Peluang Green Jobs di Sekita Kita
Nah saya disini akan bercerita tentang sebuah usaha kecil yang dilakukan bersama teman-teman pesepeda yaitu produsi perlengkapan alat rumah tangga yaitu  “keset” yang berasal dari kaos bekas dan juga kain perca. Ide ini berawal  saat bersepeda bersama bertemu dengan ibu-ibu penjual keset, sambil membeli beberapa, kita menanyakan bagaimana dia memperoleh bahan bakunya? Dan apakah membuat sendiri?

Akhirnya kita berempat timbul ide untuk membuat usaha kecil yang tujuannya memanfaatkan baju bekas dari kami semua. Dan mengajak beberapa ibu-ibu rumah tangga sekitaran rumah, yang jam kerjanya tentu saja tidak mengganggu pekerjaan sehari-hari, awalnya dari 2 orang kini bertambah menjadi 6 orang, semua bahan baku dikumpulkan dari sumbangan kami berempat yang ternyata, baju yang tidak terpakai banyak banget.

Peralatan sederhana untuk membuat keset



Hasil dari keset ini, memang belum terlalu banyak dan pembelinya baru sekitaran tetangga. Tapi yang terpenting dari hasil keset bisa menambah uang jajan anak-anak plus biaya pulsa untuk belajar online. Semua bahan baku kami berikan gratis. Pelatihannya pun belajar dari youtube.

Oh iya produksi keset dikerjakan masing-masing dirumah mereka. Karena kami memang belum punya tempat khusus. Awalnya memang belajar secara bersama-sama setelah mengerti, kita membuat peralatan yang melengkapi pembuatan keset.
 
Dan mulai bulan kemarin  anggotanya mulai bertambah dan jumlah hasil produksi mulai banyak, akhirnya menitipkan keset ke pasar-pasar tradisional dan warung yang biasa menjual perlengkapan rumah tangga juga menjual di e-commerce.

Tantangan Dalam Pengembangan Green Jobs
Tantangan yang saat ini dihadapi pengembangan Green Jobs adalah banyaknya pekerjaan yang “green” tapi dianggap tidak layak , dan masih dianggap juga sebelah mata. Dianggap pekerjaan kumuh, kotor apalagi harga yang mereka peroleh dianggap berupah kecil padahal proses pembuatan cukup lama.

Hal ini yang menjadi tantangan kedepan dalam pengembangan Green Jobs di sekitar kita khususnya mungkin di Indonesia. Pekerjaan yang dikategorikan dalam Green Jobs sudah sepatutnya diperhatikan aspek kelayakan dan sosialisasi serta edukatif bagi semua pihak. 

Saya yakin sih jika ini dikelola secara profesional, Jenis pekerjaan Green Jobs tidak hanya menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru, tetapi dapat memberikan pekerjaan yang layak untuk masyarakat sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Dan semoga juga ini menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk membuka peluang usaha yang membutuhkan modal sedikit. Ada banyak macam hasil dari bahan limbah kita buat barang yang ada nilai ekonominya, selain keset bisa juga membuat tote bag, ikat rambut dan lain-lain.

Hal-hal kecil yang ”green”, bisa kita lakukan dan bisa berdampak besar bagi sekitar.
Semisalnya memang kita tidak bisa lakukan ide-ide diatas, kita bisa juga melakukan langkah "Green" dalam kehidupan kita sehari-hari, Contohnya saja hemat dan bijak memakai energi listrik  yang sudah seharusnya dijadikan gaya hidup. Menghemat penggunaan energi erat kaitannya dengan masalah keadilan dan kesadaran untuk menyisakan energi bagi generasi masa depan.

Jangan berhenti melakukan efisiensi, karena untuk diketahui energi efisiensi itu adalah masalah culture, masalah kebiasaan. Mesti kelihatan sederhana namun faktanya kita sendiri kadang-kadang sering melalaikannya. satu hal kecil misalnya , mencabut charger handphone atau saklar saat tidak digunakan untuk menghemat listrik.

Sebenarnya masih banyak contoh yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengambil langkah “Green” semoga saja kita bisa menerapkannya dalam keseharian. Tetap semangat di masa pandemi ini. Virus ini jangan dibuat takut tetapi jangan juga menjadi lengah. Tetap menjaga kesehatan. 

Mari kita berusaha ciptakan peluang green jobs disekitar kita dimulai dari yang kecil dan semoga apa yang bisa kila lakukan bermanfaat untuk orang banyak.

utieadnu

29 comments

  1. Setuju mak dengan kalimat "green "masih dianggap sebelah mata padahal kedepan dengan adanya teknologi yang bisa menjangkau semua lini nggak menutup kemungkinan lho ini jobs familiar.

    ReplyDelete
  2. jaman sekarang peluang pekerjaan bisa diciptakan karena teknologi yang cukup canggih sehingga informasi bisa dipaparkan cukup luas. semoga peluang green jobs bisa terus meluas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus juga ini peluang pekerjaan yang bisa dibilang bijaksana karena bisa seimbang antara mendapatkan pundi rupiah tapi juga menjaga lingkungan

      Delete
  3. Itulah hidup ketika harus berhadapan dengan kebutuhan sehari-hari. Sehingga mereka menyepelekan profesi green job. Padahal itu pekerjaan merubah tatanan prilaku masyarakat, lingkungan hidup dan diri kita menjadi strobg, humble

    ReplyDelete
  4. Keren banget itu yang buat keset
    Butuh ketekunan dan keahlian pastinya
    Memanfaatkan kain-kain bekas menjadi barang baru yang lebih berguna
    Green Jobs ini peluang menarik ya kak

    ReplyDelete
  5. waaaah Utiiiieeeee

    takjub! semoga keset keset dari baju bekasnya berhasil yaaaaa

    ReplyDelete
  6. Berarti sebenarnya seluruh perusahaan/ industri mesti bisa mengelola limbah ramah lingkungan dong ya? Dimulai dari keluarga hingga masyarakat, Green Jobs ini harus segera direalisasikan. Supaya kita bisa bernapas dengan udara bersih dan segar dan tetap menjaga lingkungan sebaik2nya. Senang deh kalau ada industri rumahan yang ramaaaaaah banget sama lingkungan. Hasil produk daur ulangnya cakep2 dan bernilai tinggi.

    ReplyDelete
  7. Sudah harus nih diterapkan peluang green jobs. Pemerintah sebaiknya memaksakan diri untuk masyarakat benar-benar beralih kepada perilaku ramah lingkungan termasuk dalam memilih pekerjaan.

    ReplyDelete
  8. Kalau saja semua pekerjaan bisa mendukung pelestarian lingkungan, pasti lingkungan jadi terjaga ya mbak
    dan kita bisa menciptakan peluang Green Jobs ini

    ReplyDelete
  9. Kalau saja semua pekerjaan bisa mendukung pelestarian lingkungan, pasti lingkungan jadi terjaga ya mbak
    dan kita bisa menciptakan peluang Green Jobs ini

    ReplyDelete
  10. Semoga apa yang dicetuskan ini bisa berhasil dan makin banyak pelaku usahanya. Kita perlu melakukan keseimbangan memang.

    ReplyDelete
  11. Keren ya green job ini. Di tengah semakin pesatnya teknologi, lingkungan juga wajib diperhatikan. Harapannya terjadi keseimbangan. Bumi jadi semakin sehat

    ReplyDelete
  12. Mulai dari sekitar kita, bisa melakukan green job. Ide bikin keset dari kaos bekas, boleh juga nih. Selain bisa buat tambahan uang, juga bisa memanfaatkan limbah kaos yang tak terpakai.

    ReplyDelete
  13. Nah setuju nih, Green Jobs ini bisa banyak bentuknya ya. Bisa kita ciptakan sendiri malah. Selain bikin nambah penghasilan, juga sebagai bentuk sayang kita pada bumi. Semoga semakin banyak yang peduli dengan ini.

    ReplyDelete
  14. Green job ini menarik banget mba utiii
    Andai dari dulu udah sadar lingkungan sekarang ikut memelihara bumi dengan pakai kantong belanja sendiri. Baru belajar dr yg ringan2 nih mba

    ReplyDelete
  15. Keren mbak ide bikin keset kaki nya, mengurangi sampah fashion ya mbak

    ReplyDelete
  16. Iya limbah kain ternyata juga penyumbang sampah yang besar ya jadi setuju banget idenya daur ulang dengan bikin keset..keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya Mbak dedew. Bikin keset emang salah satu cara untuk memanfaatkan limbah kain ya. Aku pas SMA juga pernah bikin keset dari kain perca buat prakarya

      Delete
  17. Kalau kuamati, beberapa di sekitarku sudah mulai melakukan pekerjaan ramah lingkungan. Mungkin belum terlalu populer, tapi minimal ada yang mulainya. Mungkin nanti aku bakal ikutan juga

    ReplyDelete
  18. iyes sepakat, green jobs tidak harus bekerja di sektor hijau yang diciptakan pihaklain tapi kita bs create peluang sendiri, ini yg klo aku sihs ebut sebagai green enterpreneurship yaa yg selain produk atau jasa ramah lingkungan tapi juga prosesnya yang ramah lingkungan

    ReplyDelete
  19. Tantangan sekali ya, untk menciptakan pekerjaan yang minim pencemaran lingkungan

    Semoga kelak, anak anak kita dapat mewujudkan green job yamg dapat melestarikan hujaunya bumi ini

    ReplyDelete
  20. semoga di masa depan makin banyak peluang green jobs ini ya mak, biar bumi juga bisa makin hijau dan lestari. Dan semoga makin banyak anak muda yang peduli sama bumi dan mau ikut ambil peran dalam green jobs ini yaaa.. aamiin

    ReplyDelete
  21. Keren idenya mbak Utie. Memang yang namanya baju tu suka gak kita sadari merupakan penyumbang sampah terbesar jg ya? Kalau dijadikan bahan kerajinan keset lumayan msh bisa terpakai lg

    ReplyDelete
  22. Semoga peluang green jobs ini makin banyak disukai dan diminati oleh milenial kita yah

    ReplyDelete
  23. Seru banget ya mak, bisa menciptakan ruang kerja green job gini. Tapi ya aku tuh sempat lihat roomnya di media sosial baru bahas tentang sustainable gitu yang bisa jadi uang.

    ReplyDelete
  24. memang kita harus benar - benar perhatikan tantangan di masa depan ya mba dan green job bisa menjawab berbagai tantangan tersebut

    ReplyDelete
  25. Green Job bisa dimulai dari diri sendiri bermula dari lingkungan sekitar ya kak. Kemudian mengajak org terdekat Sehingga menjadi gerakan massal.

    ReplyDelete
  26. Peluang kerja yang bisa digunakan oleh siapa saja dari rumah nih. Memang harus berawal dari kesadaran diri untuk memanfaatkan energi atau bahan di lingkungan sekitar dulu. Semoga usaha bikin kesetnya tetep berlanjut.

    ReplyDelete
  27. peluang green jobs terbuka lebar menurutku di Indonesia secara potensi alam kita luar biasa, menanti para anak muda dan orang2 kreatif untuk menggarapnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ