Pepsodent Kampanyekan Senyum Sehat

Pepsodent Kampanyekan Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat
Pagi semua sudah dimulai dengan senyuman hari ini? Kemarin nih tanggal 20 Maret 2021 ternyata bertepatan dengan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia.

Gak heran kenapa sampai diperingati? karena seperti yang kita ketahui gigi dan mulut adalah pintu gerbang dari tubuh manusia. Semua  yang kita konsumsi masuk kedalam tubuh  pasti melewati gigi dan mulut.

Jika gigi dan mulut sakit itu bisa berdampak ke seluruh tubuh, Pernahkan sakit gigi, gak bisa tidur, kepala jadi pusing, perut lapar, duuhh,,, gak kebayang pokoknya. Makanya menjaga kesehatan gigi dan mulut itu wajib hukumnya. Dan mudah-mudahan teman-teman semua selalu sehat-sehat ya…
herbal pepseodent

Kalau untuk kebersihan gigi dan mulut, pasti kita sudah akrab yang namanya pepsodent, brand ini sudah ada sebelum aku lahir… Bahkan usianya lebih tua dari usia ibuku. Mau tau usianya sudah 87 tahun. Hmmm sepuh bangetkan…

Nah, PT Unilever Indonesia, Tbk. Brand Pepsodent, bekerja sama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) melalui kampanye Senyum Sehat untuk Hidup Yang Lebih Sehat melalui ajakan “Yuk, #SikatGigiSekarang!”.

pepsodent senyum sehat
Kampanye Pepsodent Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat
Ira Noviarti, Dr, Gerhard Seebergers, drg. Oscar Primadi, drg Ratu Mirah afifah
Dr, drg RM Sri Hananto Seno dan Duma Riris

Kampanye ini secara virtual disaksikan bersama media dan blogger, pada tanggal 19 Maret kemarin. Dan hadir para pembicara yaitu:
  • drg. Ratu Mirah Aifah, GCClinDent., MDSc, ​​- Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Yayasan Unilever Indonesia.
  • Dr, drg, RM Sri Hananto Seno, Sp.BM 9K0. MM Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
  • Duma Riris, artis dan ibu dua anak.
PT Unilever Indonesia, melalui brand pepsodent percaya bahwa setiap senyuman itu sangat berarti maka melalui brandnya ini, Pepsodent selalu mensupport pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dan membangun kesadaran seluruh rakyat Indonesia dengan membekali masyarakat, orang tua guru dengan pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut sehingga mereka dapat menikmati hidup yang lebih sehat.

Tujuan Kampanye Pepsodent untuk Senyum Sehat, Hidup yang Lebih Sehat

drg. Mirah mengatakan, ternyata nih saat pandemi kita terlalu fokus terhadap proteksi kesehatan tubuh dan lupa mengenyampingkan kesehatan gigi dan mulut. 

Bahkan katanya menurut keluhan orang bahwa responden Indonesia mengalami keluhan seperti nyeri pada gigi, bau mulut, mulut kering, gusi dan gigi berdarah dan kemunculan karies baru.

pepsodent.dll

Ini karena ternyata orang dewasa malas untuk sikat gigi karena dengan alasan tidak keluar rumah. Dan juga semakin diperburuk karena banyak yang masih enggan memeriksakan diri dengan risiko penularan virus korona.

Sebanyak 59% orang mengaku menghindari pergi ke dokter gigi meski giginya bermasalah. Nah aku termasuk ke dalam 59% nih, karena selama pandemi pun aku gak pernah ke dokter gigi, karena rasa takut ke rumah sakit padahal itu salah banget ya. Rumah sakit maupun klinik sudah menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya.

pahlawan senyum
5 keluhan masalah Gigi dan Mulut selama pandemi

Menurut survei juga  anak-anak Indonesia ternyata juga melewatkan sikat gigi,  hampir sekitar 70%. Dan bahkan orang tua membiarkan anak-anak sebelum tidur makan yang manis-manis dan   tidak menyuruh untuk menyikat gigi.

senyum sehat pepsodent

Nah, disini mari kita bersama-sama sebagai orang tua menjadi role model bagi anak-anak, agar kampanye Pepsodent terwujud dan Indonesia juga bisa bebas karies di tahun 2030.

Pasien Covid dan Gangguan Rongga Mulut
Sedangkan menurut dr, Seno, memang selama pandemi orang tidak keluar rumah, jika kita tidak memeriksa gigi, bakteri di rongga mulut dapat memasuki aliran darah dan menyebabkan infeksi, serta peradangan di bagian tubuh lain. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Oleh karena itu jagalah rongga mulut ini, dan waktu yang paling tepat untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari adalah pagi kali setelah sarapan dan sebelum tidur malam .

Dan juga peran orang tua nih harus melakukan kebiasaan sikat gigi. Jika sudah berlubang gigi itu harus secara bertahap disembuhkan, ditambal dan tidak bisa kembali seperti semula.
kampanyaken pepsodent
Dampat covid terhadap kesehatan Gigi
bersama dr. Seno

Dan ternyata bahwa pasien dengan covid yang memiliki masalah pada jaringan periodontal hal ini karena adanya peradangan pada rongga mulut.

Bentuk Habist Bersama Pasangan untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Sedangkan artis Duma Riris mengatakan, saat ini saya dan suami menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama anak-anak, dan di rumah pun ekstra ketat dalam menjalankan kebersihan, menyediakan desinfektan, cuci tangan, dan masker. 

Dan untuk kebiasaan sikat gigi malam memang itu menjadi peer tetapi saya berusaha menciptakan ritual sikat gigi dengan cara-cara yang menyenangkan dengan bermain games , ajakan bersama-sama atau menyediakan cermin kecil untuk mereka.
herbal pepsodent

Intinya anak-anak itu tidak akan merespons omongan kita terlalu banyak, tetapi anak-anak akan menentukan atau melihat kita nih, jadi kita harus menjadi panutan bagi anak-anak. Ketika saya sikat gigi mereka melihat terus mereka menghampiri dan sikat gigi bersama.

Jadi kita harus membangun habits , menjaga kebersihan tanggung jawab bukan hanya peran isteri, tetapi suami juga. Jadi anak-anak bisa melihat bahwa menjaga kebersihan mulut dan gigi itu penting.

Dan terakhir sebagai puncak peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2021, Pepsodent dan PDGI menyerukan 'Yuk, #SikatGigiSekarang!' dan ajakan sebanyak mungkin keluarga Indonesia untuk menjadi Pahlawan Senyum dengan membagikan momen menyikat gigi bersama keluarga.

Jadi nih, istilah mencegah lebih baik dari mengobati, berlaku untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jangan menunggu sakit untuk memeriksa gigi rutin minimal 6 bulan sekali. Dan sikatlah gigi minimal 2 kali sehari, setelah sarapan dan malam menjelang tidur.

Bagaimana menyikat gigi yang benar?
Menggosok gigi secara rutin saja belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan maksimal. Tetapi juga perlu menerapkan cara menggosok gigi yang benar dan melakukan perawatan gigi ekstra.

Meskipun sudah dilakukan secara rutin 2 kali sehari, menyikat gigi saja sebenarnya belum cukup karena tidak bisa membersihkan sela-sela gigi hingga bagian mulut mulut dengan baik, apalagi bila dilakukan terburu-buru atau dengan cara yang salah. Oleh karena itu, kita harus melihat cara menggosok gigi yang baik dan benar.
sikat gigi

juga sikat gigi yang kita gunakan dengan sikat yang lembut dengan kepala sikat yang sesuai dengan ukuran mulut. Sebisa mungkin, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride seperti Pepsodent untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan masalah gigi berlubang.

Cara Menggosok Gigi yang Benar
Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut, terapkan cara menggosok gigi yang benar dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

Awali dari seluruh geraham kemudian, sikat gigi bagian depan dan terakhir sikat permukaan mengunyah. Kalau ibu saya dulu mengajarkan untuk sikat area lidah tentunya dengan sikat khusus lidah. Kumur dengan Pepsodent Mouthwash

Intinya ketika kita sikat gigi, patuhi aturan sikat gigi, tentunya untuk hasil maksimal jadikan sebagai rutinitas yang wajib kita lakukan, sikat gigi terlalu seringpun dan menggosoknya terlalu keraspun tidak baik, karena bisa menyebabkan gusi berdarah. Dan jangan pernah terburu-buru.

Ganti sikat gigi secara rutin, terutama jika bulu sikat sudah berubah bentuk atau terlihat kotor dan ingat rutinitas minimal memeriksa kesehatan gigi dan mulut 6 bulan sekali.

Semoga tahun 2030 benar-benar akan tercapai Indonesia bebas karies, dan tugas kita nih sebagai orang tua untuk mewujudkan cita-cita Pepsodent bahwa setiap senyuman adalah berarti dan ikut juga bagian dari Kampanyekan Senyum Sehat untuk Hidup yang Lebih Sehat menjadi pahlawan senyum untuk keluarga , "Yuks, Sikat gigi sekarang!."


Semoga bermanfaat
utieadnu


28 comments

  1. menjaga kesehatan gigi dan mulut emang ternyata penting bangettt sih. Aku yg giginya udah terlanjur banyak masalah, kadang nyesel banget mbak gak sejak dini menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba penting banget, karena bisa keseluruh tubuh kalau dah sakit

      Delete
  2. Suka males banget menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Apalagi kalau udah ngantuk dan capek. Tapi abis baca ini jadi pengrn disiplin ah sikat gigi. Efeknya nggak main-main ya kalau nggak rajin merawat gigi dan mulut tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. diusahakan banget mba, ajak seluruh keluarga pokoknya

      Delete
  3. Sudah sepuh banget ya Pepsodent. Dulu slogan "senyum Pepsodent" top sekali ... era belum ada internet. Sampai sekarang rupanya masih ada saja ya inovasi Pepsodent.

    ReplyDelete
  4. ketika pandemi banyak masyarakat menyadari bahwa hidup sehat jiwa raga itu penting, namun abai dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut.
    Senang sekaliii karena Pepsodent ambil bagian untuk edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut yaaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener akupun sadar selama pandemi gak pernah ke dokter gigi

      Delete
  5. aku jarang pake mouthwash makanya gigiku jadi banyak karang giginya. hehe.. lagi musim pandemi, gak bisa bersihin gigi, biasanya rutin setahun sekali. hikz.

    tapi tiap sikat gigi ya pake pepsodent sih

    ReplyDelete
  6. Pasta gigi sejuta umat. Iya emang sejak saya belum lahir dia udah ada. Khas banget tagline"senyum pepsodent" nya. Dulu waktu sekolah, klo ada senyumnya manis dapat julukan senyumnya pepsodent. Sekarang brand ini masih aktif mengedukasi kesehatan gigi. Iya, kalau udah ada karang gigi itu pe er yg lebih susah menurut saya dibanding merutinkan gosok gigi, hihi. Terima kasih pepsodent.

    ReplyDelete
  7. saya dari dulu sudah rajin gosgi stelah makan pagi dan sebelum.tidur. Itu pun msh ada gigi yg bolong. Apalagi kalo malas gosgi yaaa...
    dan pengen banget nambal gigi bolong ituu..cuma sikon pandemi jd bikin saya maju mundur utk ke dr gigi

    ReplyDelete
  8. PR banget deh bagi orang tua buat selalu menjadi teladan bagi anak. Ini ngajarin anak biar terbiasa menyikat gigi sebelum tidur paling susah.

    ReplyDelete
  9. Emang kok, pasta gigi itu jodoh jodohan

    Aku udah terlanjur terpikat sama Pepsodent herbal, jadi agak susah berpaling ke pastagigi lain

    ReplyDelete
  10. Sedih banget pas tahu kenyataan kalau masih banyak yang abai terhadap kesehatan gigi dan mulut. Smoga makin banyak yang care ya

    ReplyDelete
  11. Kesehatan gigi dan mulut itu bener-bener kunci dari kesehatan badan secara keseluruhan. Baru nyadar tentang fakta ini setelah beberapa kali mengabaikan kebersihannya dan berujung ke badan yang sering sakit-sakitan semacam pusing, sariawan, dll. Makan jadi nggak enak, tidur jadi nggak nyenyak, aduh ke mana-mana deh jadinya :((

    ReplyDelete
  12. Semoga makin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya sikat gigi rutin ya mbak.. Karena memang kalo udah sakit gigi tuh ga enak banget, kehambat semua aktivitas

    ReplyDelete
  13. Iya dimulai dari keluarga ya mbak kita berkampanye rajin menyikat gigi dua kali sehari insya Allah gigi masyarakat Indonesia sehat dan kuat...

    ReplyDelete
  14. Bener nih. Harus kudu rajin sikat gigi ya pandemi gini. Krn rongga mulut itu kesehatannya kudu diprioritaskan juga

    ReplyDelete
  15. Bener banget nih mulut dan gigi merupakan awal kesuksesan seseorang kayaknya. Orang bisa semangat mengejar cita percaya diri jago speaking dan supel bergaul tentunya tak ada masalah dengan gigi dan mulutnya

    ReplyDelete
  16. Selama pandemi saya memilih terus menjaga kebersihan dan kewarasan gigi, supaya ndak ke dokter gigi atau mengkonsumsi obat anti nyeri Mbak

    Pepsodent ini sudah lama membantu orang Indonesia dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi ya

    ReplyDelete
  17. Senyum sehat karena adanya gigi bersih yang selalu disikat dengan pasta gigi Pepsodent
    Aseeek
    Saya juga kenal Pepsodent sudah lama
    Makanya kesehatan gigi lumayan teratasi

    ReplyDelete
  18. Pepsodent tau aja yaa kita kudu jaga mulut kita sehat saat berpuasa.. biarpun wanginya wangi surga, tapi tetep kan dijaga biar ga bau mulut dan tetap sehat ya, Mba.. Xixixi

    ReplyDelete
  19. jujur ya di awal pandemi itu aku bingung soalnya anakku giginya bolong, dua pula. Mau ke drg trus cari info ke tetangga, kan, katanya pada tutup. Waktu itu sempat konsul via WA ke Pepsodent juga sih tapi sampai sekarang giginya belum ditambal.

    ReplyDelete
  20. Pepsodent selalu perhatian banget sama kesehatan gigi dan mulut, dulu kalau pas Hari Kesehatan Gigi Nasional aja aku ga pernah absen ikut acaranya soalnya gratis periksa gigi hehe. Sekarang Hari Kesehatan Gigi Sedunia diadakan offline ya karena pandemi tapi tidak mengurangi edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat. Bravo Pepsodent

    ReplyDelete
  21. Bentar lagi puasa, pepsodent akan menemani hariku menjaga mulut tetap bersih dan tersenyum jadi percaya diri.

    ReplyDelete
  22. Lewat kampanye ini aku jadi ingatkan bahwa kesehatan mulut juga tak kalah penting dari imun tubuh. Harus sehat supaya bisa senyum sehat

    ReplyDelete
  23. Ini pasta gigi sejak masih kecil, sampe sekarang suamiku sering beli. Senang deh ada inovasi dari Pepsodent

    ReplyDelete
  24. pasti gigi yang jadi kebanggan sejak zaman dlu kala :-)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ