Kartini Masa Kini yang Smart Finansial

Kartini Masa Kini yang Smart Finansial
Hai terutama untuk semua perempuan nih, kemarin tanggal 21 April 2021 kita semua memperingati hari kartini. Dulu menurut sejarah kisah hidup Kartini banyak mengajarkan kepada perempuan tentang kesetaraan hak yang sampai saat ini terus dilakukan oleh para perempuan sebagai wujud emansipasi wanita dimana para perempuan berusaha membuktikan bahwa mereka layak dan bisa untuk melakukan beberapa hal yang umumnya dilakukan oleh kaum pria.

Melalui pemikiran-pemikirannya dan tulisan atau surat-surat yang Ia kirimkan berisi tentang hal-hal yang dianggap oleh Kartini pada saat itu menghambat kemajuan perempuan, Ia ingin perempuan juga berhak memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar.

Walaupun perjuangan tidak begitu lama tapi sejarah mampu mencatatnya dengan tinta emas hingga sekarang pun kita merasakan. Perempuan dan laki-laki masih punya hak yang sama dalam segala bidang ketika perempuan mampu mengerjakan dan dalam tanda kutip juga tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan tentunya.

fwd max

Seperti yang kita katahui di perkantoran, di pabrik, bahkan di bidang transportasi ada perempuan. Bahkan ada yang jadi pemimpin ini membuktikan bahwa Ibu kartini mampu merubah pandangan terhadap perempuan yang hanya mampu mengurus rumah tangga, tapi tidak bisa mewujudkan mimpinya.

Kemudian kita nih sebagai ibu rumah tangga dan juga ada yang bekerja tentunya harus bisa mengatur bukan hanya memberikan gizi terbaik juga yang tidak kalah penting adalah mengatur keuangan. Apa yang diberikan suami apakah kita mampu memanage-nya dan uang yang juga kita hasilkan setiap bulannya.

Ada ciri yang harus kita ketahui apakah kita sudah termasuk perempuan yang smart secara finansial dan bisa mandiri secara finansial?

Punya Pendapatan Tetap

Kita mempunyai pendapatan tetap dan bisa mandiri secara finansial mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, memenuhi kebutuhan mendadak, risiko finansial yang mungkin terjadi, bahkan mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang. Penghasilan kita dapat membantu penghasilan suami yang jika dirasa kurang.

fwd life

Tahu Detail Pemasukan dan Pengeluaran

Berapa pendapatan kita dan pasangan tiap bulannya? Jumlahkan dengan benar. Setelah itu, hitung juga berapa pengeluaran rutin rumah tangga, seperti tagihan listrik, telepon, air, belanja bulanan dan tagihan lainya yang harus kita keluarkan tiap bulannya.

Jika kita punya cicilan rumah, kendaraan atau kartu kredit, jangan lupa dihitung juga sebagai pengeluaran rutin. Dengan begitu, kita akan mengetahui berapa kisaran pengeluaran rumah tangga tiap bulannya.

Memiliki Tabungan dan Investasi

Menjadi ‘mentri keuangan’ di rumah tangga berarti harus pintar mengelola keuangan, salah satunya adalah dengan memiliki tabungan. Tabungan ini dapat berfungsi sebagai dana darurat yang dapat dipakai sewaktu-waktu untuk keperluan mendadak dalam jangka pendek. Sebagai dana siaga, sebaiknya dana ini mudah dicairkan.

Sementara investasi bisa dijadikan tabungan masa depan. Untuk melakukan investasi, kita punya banyak pilihan. Misalnya saja yang paling ringan adalah investasi emas, reksadana, saham, tanah, properti, hingga deposito. Untuk investasi bisa sesuai dengan kemampuan. Hal ini menjadikan posisi keuangan menjadi lebih terukur dan terarah.

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

seperti yang kita ketahui juga biaya pendidikan makin lama semakin mahal , nah inipun kita bisa mempersiapkan sejak dini pada saat anak balita pun kita harus sudah bisa mempunyai rencana masa depan untuk biaya pendidikan mereka.

Memiliki Proteksi Diri atau Asuransi

Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu memiliki proteksi diri dan keluarga dari risiko finansial, seorang perempuan yang mandiri secara finansial biasanya memahami pentingnya proteksi diri dengan asuransi. Karena dengan memiliki asuransi maka setiap risiko akan diminimalisir dan dialihkan ke pihak asuransi. Jadi, apapun yang terjadi, keuangan keluarga tidak akan gonjang ganjing istilahnya.

  • Mengenal Produk asuransi yang Mudah dan Simple
Seperti yang kita ketahui juga banyak sekali perusahaan asuransi , tapi kita bisa memilih salah satu perusahaan asuransi yang tentunya mudah dimengerti dan bisa diakses dimanapun kita berada.

Salah satu produk asuransi dasar yang harus kita miliki adalah asuransi kesehatan seperti Asuransi Bebas Handal yang mudah dibeli secara online, di ifwd.co.id.

Asuransi Bebas Handal menawarkan manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp75 ribu dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp100 juta.

Produk asuransi syariah ini juga memiliki Manfaat Khusus Covid-19 tanpa tambahan biaya untuk seluruh nasabah aktif ataupun yang baru bergabung selama periode 1 – 30 April 2021 agar mendapatkan Manfaat Khusus Isolasi Mandiri (Isoman) serta perlindungan termasuk pengobatan selama masa isolasi mandiri.

Kita juga perlu melengkapi perlindungan untuk menghindari risiko penyakit kritis agar terhindar dari rasa khawatir akan tingginya biaya perawatan yang dapat merusak perencanaan keuangan.

Salah satu produk asuransi yang bisa kami pilih adalah FWD Critical Armor yang dapat dibeli melalui jalur keagenan. Asuransi ini menanggung hingga tiga kali penyakit kritis major dan satu kali penyakit kritis minor dengan total manfaat 420% dari uang pertanggungan.

Selain mendapatkan manfaat meninggal dunia, nasabah juga akan dibebaskan dari kewajiban membayar premi sejak pertama kali didiagnosa penyakit kritis major dan 100% premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan jika tidak ada klaim hingga akhir masa perlindungan.


Nah untuk lebih mudahnya kita bisa download FWD Max di hanphone kita melalui Google play  mapun App Store,

Dan terakhir Menyiapkan Dana Pensiun

Artinya gini kita yang bekerja tentunya akan pensiun pada saatnya. Dan tentunya ingin memiliki hari tua yang tenang dan damai, nah dana pensiun juga salah satu yang harus dipersiapkan.

Dari beberapa ciri diatas kita sudah mempersiapkan yang mana? atau justru sudah semuanya ada pada kita. menabung, memiliki asuransi, mengelola keuangan bisa kita lakukan dari sekarang.

Sisihkan pasti kita bisa, menempatkan semuanya pada pos-pos yang sudah direncanakan. mengerem apa yang tidak diinginkan, mendahulukan apa yang dibutuhkan. Walaupun kita tau uang bukan segalanya. Tapi segalanya itu pasti butuh uang.

Semoga kita bisa menjadi kartini masa kini yang smart finansial.

instagram FWD  Insurance : https://www.instagram.com/fwd_id


utieadnu

20 comments

  1. Kartini masa kini memang harus smart dalam berbagai hal, terutama untuk isu finansial di masa pandemi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak.. mesti mengatur uang dengan baik

      Delete
  2. Literasi yang diajarkan sama Kartini maknanya luas banget, ya. Bukan cuma bisa baca tulis tapi juga kritis dan visioner dengan perencanaan finansial yang terukur. Duh aku masih harus belajar banyak soal pengaturan keuangan ini. Bawaannya masih suka jajan dan suka tergoda sama baju lucu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh,, Management keuangan keluarga jadi tanggung jawab seorang Perempuan

      Delete
  3. Di masa pandemi ini, memilih asuransi yang memberi manfaat khusus covid memang penting banget ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya mba...biar tercover semuanya ya

      Delete
  4. Huhuhu, aku masih jauh nih dari kategori smartnya karena pendapatanku selama ini enggak tetap, dan memang belum ada asuransi lain (cuma asuransi dari kantor suami)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bisa mba.. dari yg tidak tetap pun bisa diatur cashflownya jadi lama2 bisa deh

      Delete
  5. Di era Kartini digital ini perempuan memang harus bisa segala2, termasuk urusan keuangan. Pengelolaan yang benar akan menyeimbangan kebutuhan dan keinginan bisa terealisasi dengan baik. Untuk asuransi jika diperlukan boleh juga dimiliki, buat jaga2 kalau ada apa2 bisa diselamatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya setuju bnget mba.. literasi keuangan penting bnget apalg mengelola keuangan keluarga

      Delete
  6. Iya banget niih..
    Jadi perempuan, kalau bahasa Jawanya kudu gemi lan nastiti. Jadi kudu primpen sama semau barang dan mengatur dengan cerdas keuangan keluarga.

    Nuhun, kak Utie...
    Ilmu banget tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samai2 teh lagi belajar juga nih saving dulu baru sharing sekarang intinya

      Delete
  7. Sepakat banget Kak Utie,
    perempuan masa kini terwajib banget untuk smart financial.
    karena perempuan yg bakalan jadi manager keuangan rumah tangga ye kan.

    ReplyDelete
  8. Seorang teman bilang, "Sehat sakitnya keuangan rumah tangga itu tergantung pada istri."

    Kalau dipikir-pikir memang bener sih, yaa.. Karena kita ini "menteri keuangan rumah tangga". Salah perhitungan bisa gawat.

    ReplyDelete
  9. saya sepakat denganmu mba, apalagi di masa depan banyak hal yang gak bisa kita prediksi. kayak pandemi ini, kan gak ada yang kita sangka, jadi butuh proteksi dan investasi juga

    ReplyDelete
  10. Bener banget. Perempuan itu calon menteri keuangan minimal di rumah tangganya sendiri-sendiri. Jadi harus melek keuangan. Biar keuangan keluarga bisa sehat dan sejahtera.

    ReplyDelete
  11. Bener banget kita harus tentunya mengelola keuangan dengan baik dan benar apa lagi di pandemi seperti ini tentunya financial planning ini penting

    ReplyDelete
  12. aku ga tau aku smart apa nggak masalah keuangan wkwk
    tapi bikin anak-anak hepi bebas finansial kayak gini bikin lega hatiku mak
    tapi bener aku rajin nyatet sekarang walau ga banyak yang dicatet cuma jadi terperinci tau yang eror di mana pengeluarannya

    ReplyDelete
  13. Yahhh aku belum smart finansial sama sekali nih, Mbak. Masih banyak banget kekuranganku soal melek finansial. Ibu Kartini bakal nangis deh kayaknya kalau ada kaumnya yang kayak aku gini, huhu..
    Btw asuransi FWD aku juga baru-baru ini aja tahu, ditambah dari tulisan ini.
    Makasih sharingnya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  14. Asuransi pendidikan tuh penting ya mak untuk ngecover dana pendidikan anak di masa depan.. makasi infonya ya maaaak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ