Sudahkah Kita Cerdas Secara Literasi Keuangan?

Sudahkah Kita Cerdas Secara Literasi Keuangan?
Halo semua, gimana nih udah memasuki bulan ramadhan dan kita masih dalam masa pandemi, yang tentunya sangat mempengaruhi keadaan keuangan.

Hal yang paling menarik saat bulan ramadhan adalah pengeluaran keuangan. Boros atau tidaknya pengeluaran keuangan tergantung bagaimana kita memahami benar tentang Literasi keuangan ini.

Karena biasanya saat bulan ramadhan Secara tidak sadar, banyak hal yang merangsang untuk menjadi konsumtif. Dari membeli takjil yang berlimpah, untuk buka puasa dan sahur apalagi dengan adanya THR.

Tapi alhamdulillah jadi ngerem sedikit. Karena saat ikut acara Virtual FWD Bloggers Squad pada tanggal 12 April 2021, yang awalnya cuma ngobrol biasa tapi ada sedikit yang membuat saya sedikit tercenung, ada pelajaran tentang literasi keuangan yang sebelumnya tidak masuk dalam pikiran saya nih.

literasi-keuangan

Ketika ditanya, siapa yang sudah punya asuransi? Terus apa sih manfaat asuransi? Bagaimana asuransi bisa diterima dengan mudah di kalangan masyarakat karena mempunyai asuransi itu sangat penting?

Jujur nih, saat ini aku hanya memiliki asuransi dari pemerintah yaitu BPJS, dan belum mempunyai asuransi dari pihak lain. Padahal jika kita lihat dari fungsinya asuransi sendiri sangat penting.

Asuransi dapat mengalihkan risiko finansial yang kita punya. Dengan asuransi, kita bisa mengalihkan beban risiko finansial yang ada.istilahnya asuransi sendiri itu untuk jaga-jaga, yang nanti akan bermanfaat.

Memiliki asuransi juga merupakan langkah literasi keuangan yang tepat, ketika kita sudah memiliki berarti kita sudah mempersiapkan kerugian finansial yang akan terjadi.

Lalu kenapa asuransi sulit diterima dikalangan masyarakat?
Kemarin kita ditanya satu-satu kanapa asuransi sulit diterima di masyarakat, kalau saya membuat kesimpulan kemungkinan kurangnya edukasi di masyarakat tentang arti dan pentingnya asuransi

Belum Mengerti
Karena asuransi belum terlalu populer di tengah masyarakat, banyak istilah yang belum dipahami oleh masyarakat. Ketidaktahuan masyarakat sebenarnya bisa diatasi apabila ada edukasi yang mudah dan sederhana untuk dipahami, terkadang penjelasan yang diterima masih sulit dengan bahasa yang sederhana.

Terlalu Mahal
Asuransi masih dianggap sebagai barang yang mewah dan jauh dari jangkauan. Padal di FWD sendiri ada premi Rp 10.000 stiap bulannya Harga asuransi pada masa kini jauh lebih murah pada masa terdahulu, bahkan mungkin harga ini tidak lebih mahal dari pengeluaran kita untuk jajan kopi misalnya.

Klaim Asuransi Pasti Sulit
Poin ini, yang mungkin mereka dengar hanya dari mulut ke mulut. “Ahhh,, kalau punya asuransi susah banget nge-klaimnya.” padahal itu sangat tergantung pada jenis perusahaan asuransi yang dipilih.

Sekilas Tentang FWD Life
Tak kenal maka tak sayang, sepertinya cocok nih istilah ini dipakai juga untuk kita lebih mengenal tentang asuransi FWD, yang merupakan asuransi pertama yang memakai sistem digital, dari pendaftaran, pembayaran sampai ke polis.

Yang menawarkan asuransi jiwa dan kesehatan, asuransi umum, pruduk syariah dll. FWD fokus dalam mengembangkan pengalaman nasabah yang baru dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, didukung oleh teknologi digital terdepan. Melalui pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Coba saja download FWD Max lewat google play atau Appstore, pilih asuransi yang sesuai kita inginkan saran aku sih pilih asuransi bebas handal yang bisa kita beli dengan mudah melalui ifwd.co.id yang nilai premi murah dan sangat terjangkau.

fwd max
Aplikasi FWD MAX

Jadi nih kita memang harus sehat secara fisik, menjaga pola hidup sehat, dari olahraga, makanan sampai istirahat tapi tentunya keuangan kita pun harus jauh lebih sehat. Mulai berpikir ke depan untuk orang-orang yang kita cintai. Menjaga mereka dari kesulitan keuangan adalah bekal untuk hidup yang lebih sehat. Yaitu salah satunya memiliki asuransi. Sudah saatnya kita cerdas dalam literasi keuangan. Di jaman yang tentunya sudah modern lagi. Sehat itu penting tapi memiliki payung untuk sehat jauh lebih penting ,,

instagram  FWD : https://www.instagram.com/fwd_id

Semoga bermanfaat.

20 comments

  1. Boros atau tidaknya mengatur keuangan, ini hal yg sangat krusial ya mba.
    sayangnya banyak yg abai, dan ngga serius ber-literasi keuangan.
    semoga tips2 dari FWD bisa kita terapkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Neh iya Benet banget mba kutanya yg harus ngerem ini

      Delete
  2. Asuransi ini memang penting kita miliki sebagai pengcover semua layanan kesehatan, kecelakaan diri dll. FWD ini keren sekali ya bisa cover sesuai kebutuhan kita masing2.. Makasih kak rekomendasi asiransi FWD ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mempunyai Asuransi kelak Ada manfaatnya yang bisa Kita rasakan

      Delete
    2. Boleh lah kapan butuh langsung cek di artikel ini lagi.... sipp

      Delete
  3. Alhamdulillah Ramadhan tahun ini bisa lebih hemat, soalnya gak kemana-mana, kecuali #dirumahaja. Hehehe.
    YUPS, asuransi bisa mengalihkan risiko finansial. Kita udah capek-capek nabung berbulan-bulan, bertahun-tahun. Eeeh, pas sakit, blassss semua tabungan bisa abis dalam seketika kalo gak punya coveran asuransi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini salah satu manfaat Asuransi yg kadang Kita gal kepikiran ya

      Delete
  4. wah premi asuransi cuma Rp 10.000?

    lebih murah dari semangkuk bakso dong ya

    nah kalo beli bakso bisa bermangkok mangkok, kenapa nggak ikut asuransi

    agar finansial kita terproteksi, gak takut lagi meenghadapi hari esok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba jadi memang harus Tau detailnya juga

      Delete
  5. Iya selama ini masyarakat di kampung saya juga banyak yg tidak tertarik dengan asuransi karena selain kurang paham terkait pentingnya asuransi, juga sarana prasarana di kampung yang memang belum menunjang.

    ReplyDelete
  6. Iya bener juga sih mbak kalau dipikir-pikir kenapa asuransi agak sulit diterima, karena edukasi yang kurang serta dari segi harga juga. Makanya literasi keuangan seperti ini, jadi membuka wawasan agar lebih paham lagi tentang fungsi sesungguhnya asuransi

    ReplyDelete
  7. Asuransi menurutku penting banget Mbak Utie. Karena kita gak tau akan terjadi apa dengan kita di masa yang akan datang, terutama untuk masalah kesehatan. Bertumpu pada layanan publik dari pemerintah jangan diharap karena pelayanannya akan banyak dipengaruhi oleh situasi ekonomi negara, politik dan APBN. Jadi layanannya akan turun naik.

    Saya sejauh ini, alhamdulillah, bisa menikmati layanan asuransi dari kantor suami. Pake Asuransi FWD ini. Waktu kena DBD dan harus diopname lama, service FWD bagus banget. Yang dulu biasanya harus 5-6 jam baru bisa keluar karena ngurusin admin, dengan FWD cuma sekitar 1-2 jam saja. Cepat banget.

    ReplyDelete
  8. Asuransi merupakan salah satu bagian penting sebagai elemen produk jasa keuangan yang merupakan bagian dari literasi keuangan untuk memberikan persepsi tentang keuangan dan risiko serta proteksi di tengah masyarakat.

    ReplyDelete
  9. Asuransi memberikan kemudahan pemanfaat di kemudian hari, literasi keuangan memang dibutuhkan keluarga

    ReplyDelete
  10. Asuransi memberikan kemudahan pemanfaat di kemudian hari, literasi keuangan memang dibutuhkan keluarga

    ReplyDelete
  11. Saat ini, memiliki asuransi merupakan kebutuhan wajib yaa, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan

    ReplyDelete
  12. aku juga cuma punya asuransi dari pemerintah. semoga kalau ada uang lebih bisa daftar di asuransi yang lebih lengkap jaminannya.

    ReplyDelete
  13. wah preminya seriusan 10.000 jadi pengen ikutan

    ReplyDelete
  14. Huhu aku masih payah nih soal literasi keuangan. Jadinya sering ngerasa kalang kabut. Gak bagus banget deh ih. Tapi lumayan deh sekarang mah, sejak sering baca tulisan temen-temen jadi mulai banyak ngatur keuangan. Apalagi anak-anak udah mulai besar, perlu banyak biaya buat sekolah. Semoga semua bisa semakin cakap ya literasi keuangannya :D

    ReplyDelete
  15. Sepertinya masyarakat masih perlu banyak edukasi mengenai literasi keuangan terutama tentang asuransi ini ya karena masih banyak yang salah kaprah padahal kehadiran layanan asuransi ini justru dapat membantu masalah finansial.

    Apalagi di zaman canggih sekarang. Memilih asuransu bukan hal yang sulit dan rempong lagi karena sudah hadir aplikasi sepertu FWD inj yang bisa membantu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ