Menikmati Jernihnya Telaga Biru Situ Cicerem

Menikmati Jernihnya Telaga Biru Situ Cicerem
Cirebon adalah kota kelahiran kedua orangtua, Dan semua sudah tahu pastinya kalau Cirebon banyak tempat sejarah sekaligus tempat wisata yang indah salah satunya yang sekarang jadi perbincangan semua yaitu Telaga Biru Situ Cicerem.

Dan saya termasuk yang paling lambat mengetahuinya karena baru 2 tahun yang lalu berkunjung kesana padahal sudah di buka sejak tahun 2010, dan termasuk tempat salah satu wisata instagramable yang ada di Jawa Barat.

telaga-biru-situ-cicerem

Sejarah Telaga Biru Biru Cicerem

Ternyata jarak antara Cicerem dekat dengan rumah Ibu di Halimpu tidak terlalu jauh hanya sekitar 30 menit. Cicerem kalau diartikan yaitu karam, namun belum diketahui yang pasti mengapa disebut Situ Cicerem. Menurut penjaga disana. Telaga Biru Situ Cicerem ini mempunyai sejarah yang unik, konon katanya telaga ini dulu hanya sebagai mata air yang kecil dan sebagai pusat tempat penyebaran agama islam di kuningan para wali sering berkumpul di telaga ini dan atas usul mereka telaga ini diperluas hingga bentuknya seperti sekarang.

Hingga akhirnya menjadi sebuah telaga yang saat ini menjadi sumber mata air masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Telaga Biru Situ Cicerem luas sekitar 3 hektar dengan kedalaman air sekitar 5 meter. memiliki air yang sangat jernih. Bahkan kejernihannya itu membuat ikan-ikan serta bebatuan di bagian dasar danau bisa terlihat dari permukaan. Telaga yang terletak di Desa Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Keasrian Telaga Biru Situ Cicerem Tetap Terjaga
Dari awal tempat ini sebelum dibuka tidak ada yang dirubah dari Telaga Situ cicerem khususnya hanya saja ada penambahan jembatan kayu yang berbentuk hati bagi yang ingin mengabadikan, juga adanya penambahan ayunan yang menjadi salah satu idola disana. Keasrian yang masih terjaga, Bahkan ada sebuah mata air yang selama ini masih mengeluarkan air jernih yang menuju ke telaga. Langkah ini diambil untuk menjaga dan melindungi fauna Indonesia.

Tidak hanya itu di Telaga Biru Situ Cicerem selain warna air yang biru, disini kita juga bisa melihat banyak jenis ikan air tawar yang menghuni Situ Cicerem. Dan yang lebih menariknya, pengujung diperkenankan untuk memberi makan. Katanya lagi ikan-ikan ini keramat karena tidak boleh dipancing apalagi sengaja ditangkap untuk dibawa pulang. Menurut sejarah ikan-ikan ini sudah ada sejak dulu kala. Walaupun benar atau tidaknya langkah yang kita ambil juga menjaga dan melindungi habitat fauna.

situ-cicerem
Berbagai macam ikan tawar ada di Telaga Biru Situ Cicerem

Yang mungkin kita tidak kehadiran ikan-ikan disini ikut menjaga kejernihan air Telaga Biru Situ Cicerem. Pokoknya kalau kalian kesana pasti akan dibuat takjub. Dengan berbagai macam ikan tawar yang berwarna-warni.

Selain ada Telaga Biru Situ Cicerem apabila kita berjalan ke arah barat ada bumi perkemahan yang biasa dipergunakan oleh anak-anak pramuka/sekolah. Kita juga bisa nih kalau memang ingin sengaja mengadakan kemah bersama keluarga, cuma belum tahu apakah pihak sana menyediakan alat perkemahan atau tidak.

telaga-biru-situ-cicerem
Salah satu spot favorit di Telaga Biru Situ Cicerem

Berwisata Tanpa Merusak
Kadang nih di tempat wisata kita sering menemukan sampah berserakan bekas air mineral atau plastik makanan kecil tidak terkecuali di Telaga Biru Situ Cicerem walaupun hanya sedikit hendaknya kita bisa menanamkan diri sendiri berwisata tanpa merusak alam. Menjaga keasrian, kebersihan lingkungan tentunya harus menjadi tanggung jawab kita bersama. Walaupun disana kita diperbolehkan untuk membawa makan dan minuman sendiri dari rumah.

Bagaimana Berwisata Tanpa Merusak?
Menjaga lingkungan sekitar harus dimulai dari diri sendiri. Contoh kecil, tidak merusak tempat wisata. Tidak sedikit pengunjung yang melakukan hal seperti ini. Misalnya mencoret-coret tempat wisata, seperti mengukir nama mereka di pohon, ini tentu sangat tidak diperkenankan,
  • Mengurangi Penggunaan Plastik
Saat ini menjaga lingkungan semakin gencar di kalangan kita semua yang sadar akan lingkungan. Langkah yang bisa kita ambil salah satunya adalah mulai mengurangi atau membatasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa membawa botol minum sendiri ketika hendak melakukan perjalanan travelling. Dan membawa tas belanjaan sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik secara perlahan.
  • Tidak Membuang Sampah Sembarangan
Ini point terpenting, walaupun satu sampah kecil yang kita buang dan kemudian orang lain mengikutinya itu jadi bahaya besar. Apalagi jika sampah kita jatuh ke air telaga, bukan tidak mungkin akan merusak ekosistem yang ada didalamnya. Tanamkan diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Fasilitas Telaga Biru Situ Cicerem

Fasilitas penunjang untuk kenyamanan para pengunjung yang datang seperti ketersediaan, kantin, mushola yang bersih nyaman, Beberapa bangku tempat duduk kayu untuk bersantai dan jajan di atas sambil menikmati telaga Biru Situ Cicerem.

Oh iya harga tiket yang tergolong murah, tiket masuk Rp 6.000 per orang, naik ayunan Rp 2.000, naik perahu Rp 35.000, dan parkir kendaraan Rp 5.000.

Rute Menuju Telaga Biru Situ Cicerem
Memang ke arah sana belum ada angkutan umum khusus tetapi untuk menuju lokasinya juga terbilang mudah. Ancer-ancernya Polsek Pasawahan dari sana kita sudah mendapatkan petunjuk arah menuju Situ Cicerem. Bisa sewa angkot dari pasar Cilimus ataupun naik ojek.

Selama PPKM Telaga Biru Situ Cicerem ditutup, walaupun sempat awal-awal pandemi kemarin dibuka, dengan menjalankan protokol kesehatan yang lengkap. Tersedianya beberapa tempat pencucian tangan. dan pengunjung diwajibkan memakai masker dan ada pengecekkan suhu.

Semoga Indonesia segera pulih dan kita bisa travellingan dengan bebas, dan tentunya tempat wisata di daerah manapun dibuka kembali, sehingga roda perekonomian di daerah sekitar tetap terjaga,


telaga-biru-situ-cicerem
Telaga Biru Situ Cicerem

Dan sampai kapanpun kita bisa menikmati jernihnya Telaga Biru Situ Cicerem, alami habitat floranya dan faunanya tumbuh subur. Telaga Situ Cicerem tetap menjadi sumber air bagi warga sekitarnya. Yang pastinya juga merupakan tempat wisata yang Indonesia bikin bangga. karena telaga yang satu-satunya airnya jernih, biru dan ada ekosistem fauna didalamnya.


utieadnu

*sejarah Telaga Biru Situ Cicerem source https://aboutcirebon.id/

24 comments

  1. Cakep banget tempatnya, kamu kapan kesana? Hiks semenjak pandemi aq bener2 anak rumahan ahahha

    ReplyDelete
  2. Aamiin. Aku pernah denger Telaga Biru Situ CIcerem ini dari temenku yang tinggal di Cirebon, belom sempet mampir waktu ke Cirebon, karena skedul padat. Ternyata memang indah, huhuy pisan ituu tempatnya bisa ayunan sambil ditonton ikan2 syantik ya Utiee.
    Btw itu murmer banget atulah masuknya, sma naik ayunan cuma 2K, sama aja kayak masuk ke toilet bayarnya.
    Semoga nanti makin ramai setelah PPKM dan tetep menjaga kelestariannya yaa.

    ReplyDelete
  3. Tempat wisata kalo sepi kelihatan banget indahnya ya..bisa ngerasain deh sejuknya disitu... Ikannya banyak pula.. Semoga bisa main kesini kalo pas lagi jalan ke daerah barat

    ReplyDelete
  4. Adeem.. Itu kesan pertama begitu lihat foto-fotonya. Aku udah berencana kalau pandemi selesai pengen liburan ke tempat wisata yang adem kayak gini

    ReplyDelete
  5. Masya Allah indahnya situ cicerem lihat ikan aja gemes banget. Kapan kapan mau numpang nginep di rumah ibu mba Utie

    ReplyDelete
  6. Pengen tanya itu ikan apa ya? ikan maskah? Bisa nih ditangkep satu terus dibakar jadi ikan bakar? galfok ama ikan yang gendut2.

    ReplyDelete
  7. Sering lihat foto di destinasi ini di IG. Ternyata telaganya benar bersih ya, Mbak. Suka deh lihat ikan pada ngegerombol kayak gitu. Biasanya suka lihat kalau di resto-resto. Sekarang malah ada telaga yang banyak ikan begini

    ReplyDelete
  8. masyaallah. cantiknya telaga biru itu mba utie. btw, kenapa namanya biru ya? padahal lebih ke hijau warna airnya heheheh

    ReplyDelete
  9. naik ayunannya masih terjangkau ya mba Utie harganya. Ini aku sempet liat temen di ayunan situ hihi.
    Telaganya jernih ya, cakep banget klo gitu mah. Nggak sekedar hits terus eh nggak dijaga.
    Bener harus digongkaan berwisata tanpa merusak..

    ReplyDelete
  10. duh liat foto2ny aja kayanya seger banget dan bikin hati adem ya betah banget rasanya. aku setuju banget kalau berwisata memang gak boleh merusak alam, big big No.. jangan sampe wisata ini rusak akibat ulah pengunjung yg berwisata

    ReplyDelete
  11. Cakep banget ya tempatnya. Aku baru tau dari artikel ini soal telaga biru situ cicerem. Semoga pandemi cepat berlalu, jadi bisa main ke sana.

    ReplyDelete
  12. Beneran deh, betah banget berlama-lama disini. Pemandangan alamnya bikin kita terhipnotis gak pengen pulang, kayaknya nyaman banget apalagi lihat ikan2 itu...huhuhu, kangen jalan2 lihat alama

    ReplyDelete
  13. Semoga keindahannya selalu terjaga ya mbak, biasanya kalau wisata udah viral jadi banyak kekurangannya entah masalah sampah, retribusi dsb. Kalau deket pasti udah melipir kesitu deh

    ReplyDelete
  14. Kalau ga baca postingannya aku ga tau kalau ini ada di Indonesia hihihi. Telaga Biru Situ Cicerem semoga tetap bisa dijaga keasriannya ya mbak, apalagi di pinggir sungat juga masih banyak ikan-ikan gitu

    ReplyDelete
  15. Masya Allah, ini indah banget ogah terjaga sampai kapan pun. Salah satunya tidak mencemari dengan sampah kita sendiri. Dan moga juga ada kontrol yang bagus dari pihak pemerintah setempat agar saling Support secara sistem menjaga kelestariannya

    ReplyDelete
  16. Selalu menjaga di manapun kita berada, ini bagus banget plus bisa mengajarkan kebaikan kepada anak-anak juga. Kalau ke tempat wisata, ingat adab yang harus dijaga. Salah satunya tidak membuang sampah sembarangan.

    Nah ya...aku jadi rindu jalan-jalan, kak Utie..

    ReplyDelete
  17. Kita harus ambil peran ya dalam menjaga kebersihan tempat wisata. Apalagi yang secantik Situ Cicerem ini, sayang sekali jika airnya yang biru jernih dan banyak ikannya ini dikotori oleh sampah yang kita hasilkan.

    ReplyDelete
  18. adem banget ya kalau udah melihat banyak ikan2, pas mudik juga seru banget deh aku lihat kolam ikan Mbah Kakungnya anak2

    ReplyDelete
  19. Wow! Telaganya sampai seluas 3 hektar... mengingatkan saya pada Rawapening. Dan jernihnya luar biasa ya, telaga Situ Cicerem ini. Sebening itu, pastinya jadi sumber air dan penghidupan banyak orang di sekitarnya

    ReplyDelete
  20. Aku sempat ngerencanain mau ke sini, tapi covid nya makin tinggi jadi dibatalin deh. Sedih banget kalau mikirin kapan bisa ke sini nya karena nggak tau juga kapan covidnya beres. Pasti adem dan seger banget deh bisa lihat pemandangan telaga biru.

    ReplyDelete
  21. kok seruuu mbak
    telaga ijo apa biru mbak namanya
    tapi lihat mainan di danau gitu trus di bawahnya ada ikan-ikan unyu gitu kok terlihat seru bangte
    pengen bikin beginian dari dulu tapi belum tau ke mana
    kalau ke cirebn pengen juga mampirrr

    ReplyDelete
  22. Saya pernah ke Cirebon tapi gak tahu sama tempat wisata telaga ini mbak, dari cirebon kota ke sini jauh gak sih mbak? saya pas ke Cirebon cuma mampir ke resort yang ada di pinggir pantai itu lupa namanya

    ReplyDelete
  23. Kangennya sm wisata telaga. Aku gak pernah kesini mba tp keknya seruu. Kalau sekitar sunyi boleh nih dikunjungi. Alternatif buat melepas penat

    ReplyDelete
  24. Baguus mbak telaganya. Bening banget airnya. Memang penting banget ya kesadaran berwisata tanpa merusak alam. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga keasrian telaganya tetap terjaga ya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ