Ngopi di Dapur Solo Matraman

Ngopi di Dapur Solo Matraman
Hai semua setuju gak kalau minum kopi bikin kita rileks, bahkan ada nih, sebagian orang minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi,,, sepertinya sekarang minum kopi sudah menjadi trend bagi kalangan anak muda. Dulu minum kopi itu identik hanya untuk orangtua saja. Tapi saat ini mau meeting sama klien, ngumpul bareng teman, pasti ada menu kopi yang dipesan. Nah aku mau rekomendasi kopi yang punya ciri khas dan unik banget rasanya yaitu di Dapur Solo.

Tahu sendirikan Dapur Solo terkenal dengan hidangan Barat Jawa dan Timur Jawa-nya. Bahkan dulu sewaktu kerja di daerah BLok M aku sering makan siang di Dapur Solo Panglima Polim selain menunya memang khas dan selalu enak harganya juga gak terlalu mahal.

ngopi-di-dapur-solo-matraman

Kopi Dapur Solo Asli Kopi Lokal

Tapi kini Dapur Solo, menyajikan minuman kekinian yang pastinya pecinta kopi wajib banget mencicipinya, Kenapa dibilang unik biji kopinya kualitas yang terbaik dan berasal dari Indonesia yaitu daerah Toraja. Kopi ini termasuk kopi Toraja premium, yang berasal dari daerah terpencil di pegunungan Toraja Utara.

Untuk kopinya pun di grinding secara tradisional jadi membuat rasa kopi lebih khas seperti rasa aslinya. Ada berbagai jenis kopi yang disajikan seperti Es Kopi Susu Gula Aren yang merupakan signature Dapur Solo, ada Kopi Tetes Hitam, Kopi Alpukat Gula Aren, Kopi Hitam Putih, Kopi Jahe, Kopi Klotok, Kopi Rempah,  dan es Kopi Susu Jelly. Yang kesemuanya punya rasa yang unik dan berbeda.

es-kopi-susu-gula-aren-dapur-solo-matraman
Kopi Dapur Solo Matraman di grinding
secara tradisional

kopi-susu-alpukat-gula-aren-dapur-solo-matraman
Kopi Susu Alpukat Gula Aren

Aku sendiri memang jatuh cinta banget sama rasa es kopi susu gula arennya. Rasa kopinya masih kentara dengan siraman gula aren yang tidak terlalu manis, bikin kopi ini nikmat sekali apalagi kalau minum saat tengah hari, bikin rileks banget.

Dapur Solo Menyediakan Berbagai Kudapan Tradisional

Kalau ngopi tidak sah rasanya kalau tidak ada cemilan, nah yang uniknya lagi di dapur Solo ini menyediakan berbagai kudapan tradisional. Beda dengan cafe-cafe yang lainnya.

Karena pilihan biji kopinya yang khas cemilan yang disajikannya juga tidak kalah khas ada Serabi Solo, Sosis Solo, Bakwan Sayur, Gemblong Cotot khas Salatiga, dan Singkong goreng mentega yang empuk diberi topping keju. Benar deh perpaduan sempurna banget dan bikin kita betah berlama-lama di sini.

teman-ngopi- sosis-solo-dapur-solo-matraman
Sosis Solo Dapur Solo Matraman

ngopi-di-dapur-solo-matraman
Serabi Solo Dapur Solo Matraman

Oh iya hampir sama dengan cabang yang lainnya, Dapur Solo Matraman pun bangunannya mempunya ciri khas yang unik, kalau dilihat mengusung tema semi industrial, tradisional, modern dan elegan jadi satu. Interiornya banyak terpampang hiasan batik dari dinding, lantainya bahkan lukisan batik pun ada disetiap ruangan.

Kalau mau kesini jangan takut tidak kebagian  parkir karena selain parkiran di depan resto tersedia parkiran belakang yang cukup luas, ada mushola yang bersih. Tersedia bangku dan minuman gratis untuk para driver online.

Dan kalau mau mengadakan acara seperti acara ulang tahun, arisan ada ruangan serbaguna yang bisa menampung 60-80 orang. Juga ada ruangan meeting  lengkap dengan lcd dan  proyektornya. Ruangan meeting ini juga bisa digunakan untuk private party yang mempunyai pintu connecting.

ruangan-utama-dapur-solo-matraman

ngopi-di-dapur-solo-matraman
Interior Dapur Solo Matraman
yang bikin betah

Yang paling aku suka pas pintu masuk ada alunan musik gamelan Jawa menyambut kita. Bikin kangen kampung halaman dan suasana tambah adem pastinya karena ruangan utama bersih, nyaman dan  luas. 

Di depan pintu masuk ada sederet toples-toples kecil berisi rempah-rempah khas Jawa. Bersebelahan langsung dengan kasir. Di bagian atas meja menyuguhkan bubur manis khas Jawa seperti bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, dan lain-lain. Gimana tidak betah kalau disuguhkan makanan waktu kita kecil dulu.

Nah selanjutnya agak masuk kedalam di belakang kasir ada area coffe,  nah disinilah kita bisa melihat berbagai minuman disajikan. Baristanya ramah banget mau memperlihat dari awal menggiling biji kopi sampai tersajinya kopi yang kita pesan.

dapur-solo-matraman
Dapur Solo Matraman

So,,,,, gimana pasti penasaran kan? mau menikmati sajian kopi yang tersaji di Dapur Solo. Yuks kita ngopi di Dapur Solo Matraman, dijamin bikin nagih. Jangan khawatir Dapur Solo sudah bersertifikat halal. 


Dapur Solo Matraman
Jl. Matraman Raya No.18, RT.2/RW.1, 
Kb. Manggis, Kec. Matraman,  
Jakarta Timur.
Telp  (021) 29822196



utieadnu

23 comments

Diah Woro Susanti said...

Dapur Solo emang rekomended. Aku suka banget sama kuliner tradisional kaya gini

Nefertite said...

Aku pernah ke Dapur Solo yang mana ya lupa, aku waktu itu makan cabuk rambak sama serani Solo.

Jajanan solo memang enak-enak dan selalu ngangeni

Bayu Fitri said...

Menu di dapur solo emang juara saya suka makan yang di Serpong mbak enak2 juga terbaik deh

DokterTaura said...

Aku paling favorit deh minum kopi panas sembari mencicipi kudapan tradisional yang low sugar... Apalagi suasana nya nyaman, bersih dan kekinian kayak di Dapur Solo... Didukung pelayanannya yang memuaskan. Pasti balik lagi dan lagi nih...

Maria G Soemitro said...

duh sosis solo nya bikin ngeces, cleguk ..... :D

tadi lihat Instagramnya mbak Utie dan berharap Dapur Solo ada cabangnya di Bandung

sayangnya gak ada, hiks harus ke jakarta dong

Annisa Rizki Sakih said...

Kalau kangen penganan Solo tinggal ke dapur Solo aja ya mbak. Kuliner Solo memang nyummy, Saya paling suka selat Solo dan Timlo

Shyntako said...

dapur solo ini, sosis solonya memang juara, enak banget asli, salah satu kesukaanku loh itu, plus makanannya juga enak-enak

Suci said...

Keliatan nyaman banget ini tempatnya ya kak.
Saya mesti ngga bisa minum kopi tapi tetep suka ke warung kopi / kafe.
Bisa pilih minuman lain dan itu jajanannya menyelerakan...

Saya suka masakan sunda. Beberapa kali dapat makanan rasa pedas manis sambelnya itu las di lidah org medan kaya saya

Cindi said...

Sosis Solo-nya sungguh menggoda, Mba...
Dan saya mupeng dengan kopinya yang disajikan dengan roasting manual gitu, asik...

Annie Nugraha said...

Tempatnya terlihat nyaman banget deh. Istagenic juga. Cantik di setiap sudut buat difoto. Lihat camilannya saya jadi kepengen sosis solo hahahaha. Pas banget dinikmati dengan hidangan kopi. Bisa juga sambil kerja atau ngobrol berlama-lama dengan teman-teman. Asiknya.

Okti Li said...

Sosis solo kalau dilihat dari gambar, di kampusnya mirip karoket itu namanya. Tapi biasanya isiannya bihun. Semacam gorengan gitu. Kalau isinya sosis wah pasti makin enak dong ya

Eureka-pedia said...

Nyaman bahasannya trmpat referensi inspirasi yaitu tempat ngopi di Matraman. Ide akan tereksplore.

Annisa Tang said...

Kalau di Balikpapan adanya Dapur Yogya, Mbak, dan aku selalu cocok dengan masakan Yogya seperti gudeg dan bakminya, pasti cocok juga dah dengan masakan Solo seperti Sosis Solo dan Serabinya. Semoga ntar bisa melancong ke sana.

Nurul bukanbocahbiasa said...

Sebagai pecinta masakan Solo, daku auto mupeengggg
Pengin bgt nyoba semua menunya
Super duper menggiurkan bgt

gemaulani said...

Itu kopi alpukat gula arennya menggoda sekali mbak. Aku penasaran plus sama sosis solonya yang dibungkus pakai kulit lumpia ya. Semoga suatu hari nanti bisa ke Dapur Solo juga

Ratri said...

Surabinya mauuuu... Sayang banget nggak tau tentang ini lebih awal. Baru balik dari Jakarta. Kan lumayan buat yg kangen Solo tapi perginya malah ke Jakarta hahaha

Fenni Bungsu said...

Kopi susu sama alpukat, jadi penasaran sama rasanya, kayak apa.
Kalau melihat penampakannya bikin ngiler sih inišŸ¤¤

Rizka Edmanda said...

Biasanya kalay nongkrong di coffee shop pilihan menu camilannga suka kenarat baratan gitu tapi jadi penasaran juga kesini karena malab banyak camilan tradisional

Lia Yuliani said...

Interior Kafe Dapur Solo Matraman bikin betah ya. Cakep banget. Instagramable pula. Jadi pengen deh cobain Soerabi Solo ama Kopi Gula Arennya.

lendyagassi said...

Mi apa...tempatnya senyaman ini...
Enak bangeett nongki di Dapur Solo Matraman.
Tapi melihat cafenya yang cozy, kalau masalah harga, aman di kantongs gak..kak Utie?

Aku paling suka sama cafe yang menyediakan tempat sholat dan wudlu yang nyaman.
Rasanya bisa berlama-lama di cafe deh..

Yanti Ani said...

Wahh langsung jatuh cinta sama varian minumannya, di desain dengan sangat menarik dan pasti rasanya enak ya! Cocok poll kalau mau nongkrong cantik hihii.

Tanti Amelia said...

Aku jadi inget waktu di awal ngeblog, diundang ke Dapur Solo, dan sampai sekarang mugnya yang keren banget itu masih dipake ibuku

Makanannya ga usah ditanya, enaaaak semua! Ga nyangka sekarang buka lini cafe, semoga sukses yaaa

Goresan hati said...

Mau dong nyobain kopi alpukatnya. Pecinta kopi dan alpukat nih. Interiornya mewah banget ya. Bakalan betah lama lama di sini